Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 3 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa?

Perkembangan Bayi 3 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa?

Perkembangan Bayi 3 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa?

 

Perkembangan bayi 3 bulan sudah jauh berbeda dengan bulan sebelumnya. Sekarang, bayi 3 bulan bisa menyangga kepala tetap tegak saat ditengkurapkan. Lalu, apa yang diperiksa dokter di bulan ini?

Perkembangan Bayi 3 Bulan, Sudah Bisa Apa? 

Selain sudah bisa menyusu lebih banyak dan lebih sering, bayi 3 bulan sudah bisa menunjukkan perkembangan seperti di bawah ini:

1. Mengangkat dan Menegakkan Kepala

Otot leher, punggung, dan tangan bayi sudah semakin kuat. Jadi ketika ditengkurapkan, bayi 3 bulan sudah bisa menopang badan dengan kedua tangan dan menegakkan kepalanya sendiri. 

Saat Bunda menggendong bayi dalam posisi tegak, kepalanya juga sudah tak lagi bergetar seperti sewaktu baru lahir.

2. Berguling

Di usia 3 bulan, bayi akan mulai bisa berguling ke telentang saat ditengkurapkan. Ia akan berguling untuk meraih mainan atau benda lain yang menarik perhatian. 

Mulai usia 3 bulan juga bayi akan pelan-pelan belajar tengkurap dengan mencoba berguling ke sisi kanan atau kiri tubuhnya, hingga berganti posisi dari telentang ke tengkurap. 

3. Tersenyum dan Tertawa

Tahap perkembangan bayi 3 bulan selanjutnya dari aspek keterampilan sosial dan emosional.

Si Kecil sekarang semakin sering tersenyum saat melihat Bunda dan Ayah, juga bisa tertawa geli ketika diajak bercanda, karena ia mulai bisa mengenali dan membedakan wajah orang-orang di dekatnya. 

Si Kecil juga senang melihat sesuatu yang menarik perhatian. Itu kenapa, penting untuk memberikan mainan bayi 3 bulan yang berwarna-warni dan bisa bersuara.

4. Senang Menendang

Otot-otot kaki bayi di bulan ini sudah lebih kuat sehingga keterampilan motorik kasarnya pun mulai berkembang.

Maka itu, umumnya bayi 3 bulan sudah bisa meregangkan dan menegakkan kakinya saat Bunda gendong dan coba berdirikan di atas pangkuan. 

Si Kecil pun mulai suka menendang-nendang dan meregangkan kaki sebagai tanda “mencari perhatian”. 

Baca Juga: 15 Cara Stimulasi Bayi 3 Bulan untuk Optimalkan Perkembangannya

5. Membuka dan Menutup Kepalan Tangan

Perkembangan bayi 3 bulan juga ditandai dengan keterampilan motorik halus yang lebih baik. Sekarang, si Kecil sudah bisa membuka dan menutup kepalan jarinya sendiri. 

Di usia ini bayi juga mulai bisa meraih benda terdekat untuk digenggam dan menggoyangkan benda tersebut. Si Kecil mungkin akan mencoba memasukkan benda ke dalam mulut. 

Jadi, jauhkan benda-benda yang kotor dan yang berpotensi membahayakan si Kecil.

6. Berceloteh

Di usia ini, menangis bukan lagi satu-satunya cara bayi berkomunikasi untuk menyampaikan keinginannya.

Ketika lapar mungkin bayi 3 bulan tidak akan langsung menangis, tapi merengek atau berusaha mencari Bunda lebih dulu.

Bayi 3 bulan juga mulai bisa mengoceh yang terdengar seperti “aah”, “muh-muh”, atau “bah-bah” seolah merespon ucapan Bunda.

7. Mata Mengikuti Arah Gerakan Benda

Di usia ini, si Kecil sudah bisa mengenali wajah Bunda dan Ayah. Selain itu, umumnya bayi 3 bulan sudah bisa mengenali objek yang berjarak 38 cm dari matanya.

Penglihatannya yang semakin tajam membuat si Kecil tertarik pada benda-benda berwarna terang. Tatapan si Kecil akan mengikuti arah mainan yang Bunda gerakkan di dekat wajahnya. 

8. Menoleh ke Sumber Suara Terdekat

Perkembangan bayi 3 bulan dari aspek ketajaman pendengarannya juga semakin baik.

Bayi 3 bulan sudah bisa mengenali suara orang-orang terdekatnya dan mampu mengenal dari arah mana suara itu berasal. 

Begitu mendengar suara yang menarik perhatiannya, ia akan menolehkan kepala ke arah sumber suara. 

9. Menangis Ketika Berhenti Bermain

Apabila diamati, bayi usia 3 bulan sudah bisa menunjukkan minat lebih besar dalam berinteraksi dengan orang lain. Terutama dengan orang-orang di sekitarnya. 

Oleh karena itu, pada usia ini bayi mulai menikmati permainan sederhana seperti bermain kerincingan atau ci-luk-ba. 

Si Kecil juga mungkin menangis ketika permainan dihentikan sebagai cara menunjukkan keinginan untuk terus berinteraksi dan mendapatkan perhatian Bunda. 

Baca Juga: Mengenal Fase Growth Spurt Bayi, Tanda-Tandanya, dan Cara Mengatasinya

10. Meniru Ekspresi Wajah 

Perkembangan bayi 3 bulan selanjutnya ditunjukkan dengan kemampuannya dalam mengamati dan meniru ekspresi wajah orang lain. 

Jadi, ketika Bunda tersenyum ia akan ikut tersenyum. Ketika Bunda mengernyit, ia juga akan berusaha mengernyitkan wajahnya.

Bukan hanya itu, bayi pada usia ini mungkin juga mulai menirukan gerakan Bunda. Misalnya, ikut mendongakkan atau memiringkan kepalanya. 

Untuk memudahkan Bunda mengoptimalkan perkembangan bayi usia 3 bulan, yuk manfaatkan tools Panduan Tumbuh Kembang Gratis

Apa yang Diperiksa Dokter di Bulan ke-3?

Di bulan ini, dokter akan memeriksa berapa pertambahan panjang dan berat badan bayi, juga pertambahan lingkar kepalanya.

Berat badan bayi 3 bulan masih bisa dibilang normal apabila tidak kurang dari 4 kilogram dan tidak jauh lebih berat dari 6,6 kilogram, dengan panjang badan kurang lebih 57-64 cm.

Dokter juga akan memeriksa sampai mana kelengkapan vaksin bayi. Bila ada imunisasi bayi yang perlu dilakukan bulan ini, dokter akan menyertakannya di akhir sesi pemeriksaan. 

Baca Juga: Tabel Panjang dan Berat Badan Bayi 0-12 Bulan Menurut WHO

Tanda Keterlambatan Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Perlu Diwaspadai

Pemeriksaan rutin juga membantu dokter mendeteksi tanda-tanda keterlambatan perkembangan bayi yang mungkin terjadi di bulan ini. 

Jadi, Bunda perlu waspada bila bayi 3 bulan belum bisa:

  • Menunjukkan respons pada suara keras. 

  • Menyadari keberadaan tangannya. 

  • Tersenyum saat mendengar suara Bunda. 

  • Mengikuti benda bergerak di depannya. 

  • Meraih benda di sekitarnya dan menggenggam benda yang berhasil diraih.

  • Mengangkat kepala dengan baik. 

Setiap bayi harus rutin kontrol ke dokter atau puskesmas tiap bulan untuk mendapatkan pemeriksaan DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak).

Baca Juga: Perkembangan Bayi 0-12 Bulan dan Tanda Keterlambatannya

Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan

Di akhir bulan ke-3 menuju 4 bulan, si Kecil makin aktif berceloteh dan makin suka berguling sebagai tanda bayi mulai belajar tengkurap.

Tumbuh kembang setiap bayi bisa berbeda. Ada bayi yang cepat belajar tengkurap dan ada pula yang butuh waktu berproses. Perbedaan ini sangat wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. 

Untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya di masa transisi ini, Bunda dapat sering-sering mengajak si Kecil bicara dan merespon celotehan, hingga lebih sering melakukan tummy time.

Lalu, akan seperti apa, ya, perkembangan bayi usia 4 bulan nanti? Terus pantau dan dampingi tumbuh kembang si Kecil dalam 1000 hari pertamanya bersama Generasi Maju, yuk!

​​​​Referensi: 

  1. Watson, S. (2009, October 19). Baby Development: Your 3-month-old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-3-months

  2. 3-month-old baby: Development, Milestones & Growth. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/3-month-old-baby-milestones-and-development_718

  3. Help Me Grow MN. (2023). Helpmegrowmn.org. https://helpmegrowmn.org/HMG/HelpfulRes/EncourageHealthDev/4Months/index.html

  4. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG STANDAR ANTROPOMETRI ANAK. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf. 

  5. Your baby’s growth and development - 3 months old. (2023, April 3). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-3-months-old

  6. Verywell. (2018). Your 3-Month-Old Baby’s Milestones & Development. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-3-month-old-baby-development-and-milestones-4172049

  7. Masters, M. (2018, December 27). 3-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-3.aspx#section-tips

  8. IDAI | Mengapa ASI Eksklusif Sangat Dianjurkan pada Usia di Bawah 6 Bulan. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/mengapa-asi-eksklusif-sangat-dianjurkan-pada-usia-di-bawah-6-bulan

  9. IDAI | ASI Eksklusif pada Ibu yang Bekerja. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/asi-eksklusif-pada-ibu-yang-bekerja

  10. IDAI | Air Susu Ibu dan Tumbuh Kembang Anak. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/air-susu-ibu-dan-tumbuh-kembang-anak

  11. Hirshlag, J. (2018, April 4). Your Guide to Well-Baby Visits. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/health-and-safety/well-baby-visits-guide/

  12. Signs that your baby is having a growth spurt: photos. (2015). BabyCentre UK. https://www.babycentre.co.uk/l25014779/signs-that-your-baby-is-having-a-growth-spurt-photos

  13. Developmental Milestones: 3 Months. (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Developmental-Milestones-3-Months.aspx

  14. Smith-Garcia, D. (2020, November 6). 3-Month-Old Sleep Schedule: Samples, Tips, and More. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/3-month-old-sleep-schedule#sample-schedules

  15. 3-4 months: baby development. (2022, December 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/3-4-months

  16. Khan, A. (2018, May 31). 3 Months Old Baby Activities. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/3-months-old-baby-activities-to-help-your-child-reach-the-upcoming-milestones/

  17. IDAI | Pentingnya Pemantauan Tumbuh Kembang 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak. (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/pentingnya-pemantauan-tumbuh-kembang-1000-hari-pertama-kehidupan-anak

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut