Facebook Pixel Code 11 Rekomendasi Mainan Bayi 3 Bulan untuk Perkembangannya

11 Rekomendasi Mainan Bayi 3 Bulan untuk Dukung Perkembangannya

11 Rekomendasi Mainan Bayi 3 Bulan untuk Dukung Perkembangannya


Bayi memerlukan stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya di usia 3 bulan ini, dan salah satunya adalah mainan. Mainan memiliki banyak peran dalam perkembangan si Kecil, mulai dari mengasah keterampilan motorik, kognitif, fisik, sampai kepekaan sensori. Untuk tahu rekomendasi mainan yang cocok untuk bayi 3 bulan, simak ulasannya berikut ini!

Hal Penting saat Memilih Mainan Bayi 3 Bulan

Agar bayi bisa mendapatkan semua manfaat tersebut dengan maksimal, Bunda tidak boleh sembarangan memilih mainan. Sebab, tidak semua mainan yang ada di toko itu cocok diberikan untuk si Kecil. Jadi, Bunda harus memilih mainan yang sesuai dengan usianya. Berikut adalah beberapa pertimbangannya:

  • Berikan mainan yang berukuran kecil seukuran tangannya untuk membantunya belajar meraih dan menggenggam barang tanpa bantuan. Memberikan mainan yang terlalu besar justru akan membuatnya kesulitan sehingga jadi enggan bermain. 

  • Berikan mainan yang banyak fungsi. Dengan memainkan satu mainan si Kecil bisa mendapatkan banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Misalnya, mainan kerincingan warna-warni yang bisa melatih kepekaan indera pendengaran serta koordinasi matanya. Mainan kerincingan juga bisa menjadi “pancingan” agar si Kecil mau belajar berguling dan tengkurap.

  • Cek keamanannya. Pastikan mainan menggunakan cat yang aman untuk anak-anak, plastik bebas BPA, dan bahan ramah bayi lainnya karena bayi di usia ini sangat suka memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut. Pilih juga mainan yang mudah dibersihkan.

Baca juga: Permainan untuk Anak Perempuan yang Mengasah Otak

Rekomendasi Jenis Mainan Bayi 3 Bulan

Ada banyak pilihan mainan untuk bayi usia 3 bulan yang bisa Ayah dan Bunda berikan:

1. Mainan Gantung

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bayi usia 3 bulan mulai berinteraksi dengan dunia di sekitarnya bahkan mereka akan mulai menggenggam mainan yang menggantung.

Mainan play gym atau mainan untuk menggantung mampu memberikan hiburan sambil menstimulasi keterampilan motorik halus. Mainan ini juga didesain dengan warna yang menarik bagi si Kecil dan baik untuk perkembangan matanya.

2. Matras Bermain 

Ketika si Kecil menginjak usia 3 bulan, ia akan menghabiskan waktu untuk lebih terjaga dan tertarik untuk lebih sering mengangkat kepalanya. Maka itu, matras perut yang berwarna-warni dan nyaman merupakan mainan yang tepat untuk anak usia 3 bulan.

Dalam hal ini, penting untuk mempertimbangkan aksesori tambahan, misalnya dilengkapi dengan cermin. Aksesori ini bisa membuat si Kecil penasaran mengamati pantulan yang muncul di cermin dan membuat waktu tengkurap si Kecil jadi lebih lama!

3. Mainan Gigitan Bayi

Mainan untuk bayi 3 bulan ini mampu mendukung aktivitas si Kecil ketika mereka ingin mengeksplor area di mulutnya, apalagi jika mereka akan tumbuh gigi.

Dengan mainan ini, Bunda tidak perlu khawatir jika si Kecil memasukkan benda-benda asing ke mulutnya. Sebab mainan gigitan bayi dirancang khusus agar si Kecil bisa mengeksplorasi gusinya dengan aman. Namun Bunda tetap perlu memastikan mainan gigitan si Kecil dalam kondisi bersih ya, Bun!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Edukatif untuk Anak 1 Tahun

4. Mainan Kerincingan

Pada usia 3 bulan, bayi sedang melatih genggamannya dan ia seringkali belajar memegang mainan di tangannya. 

Nah, mainan ini didesain agar kemampuan memegang bayi semakin cakap. Bentuknya beragam, yang paling umum yakni berbentuk stick karakter yang disukai bayi.

Mainan untuk bayi usia 3 bulan ini juga aman digunakan apabila si Kecil berusaha untuk memasukkannya ke dalam mulut.

5. Buku Kain

Seperti namanya, mainan untuk bayi 3 bulan ini sebenarnya adalah buku. Umumnya buku terbuat dari kertas mudah rusak dan robek.

Oleh karena itulah, buku pembelajaran ini dibuat dari bahan kain dan dilengkapi mainan menggantung. Berbagai aksesori tersebut merupakan fitur yang tepat untuk pemenuhan eksplorasi sensorik si Kecil.

6. Boneka Binatang

Boneka binatang mengajarkan si Kecil belajar mengenal nama-namba binatang dan suara yang dikeluarkannya, karena. Kadang tipe mainan ini dilengkapi dengan audio yang bila mengeluarkan suara maupun bunyi-bunyian.

7. Kursi Goyang untuk Bayi

Pada usia 3 bulan, si Kecil bisa melihat apa yang terjadi dan berinteraksi dengan kursi yang ia pakai. Maka itu, mainan berbentuk kursi goyang bisa merangsang si Kecil untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar tahap awal.

Keuntungan lain yang si Kecil dapatkan dari mainan ini adalah ia jadi semakin aktif bergerak.

8. Bola Jaring

Rekomendasi lain mainan bayi 3 bulan dapatberbentuk bola yang mudah untuk digenggam. Mainan ini mempunyai 32 lubang jari. Tujuannya, agar bayi semakin mahir dalam memegang, menjelajah, atau menggoyang mainan tersebut.

Tidak hanya mudah dibengkokan atau ditekan, mainan ini juga bisa digulung ke depan dan ke belakang. 

Baca Juga: Rekomendasi Mainan Anak Sesuai Usia untuk Tahap Tumbuh Kembang

9. Boneka Tangan

Selanjutnya, Ayah dan Bunda juga bisa memberikan boneka tangan sebagai ide mainan lainnya untuk si Kecil. Dengan mainan ini, Bunda bisa menggerakan tangan ke atas dan ke bawah lalu berputar-putar sambil menyebutkan nama si Kecil.

Adanya interaksi saat memainkan mainan ini bisa mempererat jalinan kasih antara bayi dengan orangtuanya. 

10. Mainan Lampu

Mainan lampu mempunyai lampu berwarna pelangi yang menyala dan masing-masing mampu mengeluarkan suara yang berbeda ketika si Kecil mendorongnya.

Dengan fitur-fitur itu, si Kecil bisa terstimulasi untuk tengkurap dan berupaya untuk mengambilnya.

11. Mainan Kubus

Di usianya yang ke-3 bulan, si Kecil cocok untuk memiliki mainan berbentuk kubus dengan suara, pola, garis, atau lingkaran. Keenam sisinya ditutupi warna-warna cerah dengan berbagai bentuk dan tekstur. 

Mainan ini bisa digunakan agar si Kecil tertarik untuk lebih sering tengkurap. Ini membantunya untuk belajar duduk.

Nah, jangan lupa pastikan juga untuk selalu sigap mengawasi si Kecil ketika bermain dengan mainan, ya!

Bunda juga bisa memantau apakah perkembangan si Kecil sudah sesuai dengan usianya atau belum dengan mengunduh E-Book Catatan Perkembangan Anak secara gratis. Bunda dapat memantau tumbuh kembang si Kecil mulai dari si Kecil baru lahir hingga usia 2 tahun nanti, lho!

Referensi:

  • Pandve, HarshalT. “Selecting the Right Toys for Your Child Is Not a Child′S Play.” Indian Journal of Community Medicine, vol. 35, no. 2, 2010, p. 367, https://doi.org/10.4103/0970-0218.66867. Accessed 4 Sept. 2019.

  • “The Best Toys for 3-Month-Old Babies.” Happiest Baby, www.happiestbaby.com/blogs/baby/best-toys-3-month-old-baby#:~:text=Great%20toys%20for%203%2Dmonth.

  • Fritz, Anne. “The Best Toys for 3-Month-Olds.” What to Expect, 10 Nov. 2022, www.whattoexpect.com/baby-products/toys/best-toys-for-3-month-olds/.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline