Facebook Pixel Code 8 Ide Stimulasi untuk Maksimalkan Perkembangan Bayi 4 Bulan

8 Ide Stimulasi untuk Maksimalkan Perkembangan Bayi 4 Bulan

8 Ide Stimulasi untuk Maksimalkan Perkembangan Bayi 4 Bulan

 

Rasanya baru kemarin si Kecil terlahir ke dunia, ya, dan kini usianya sudah memasuki 4 bulan. Meski baru beberapa bulan hadir ke dunia, pasti Bunda telah melihat banyak sekali kemampuan baru yang ditunjukkan bayi. Nah, supaya tumbuh kembangnya makin optimal di usia 4 bulan ini, Bunda juga perlu mendukungnya dengan stimulasi yang tepat.

Yuk, simak artikel ini sampai selesai, Bun, untuk cari tahu berbagai tips maupun ide stimulasi yang tepat untuk bayi usia 4 bulan!

Bayi Usia 4 Bulan Sudah Bisa Apa? 

Stimulasi yang tepat idealnya harus sesuai dengan kemampuan si Kecil dan mengikuti pencapaian yang diraih bayi setiap bulan, Bun. Hal ini bertujuan untuk menghindari bayi mengalami kelelahan karena stimulasi yang berlebihan.

Ketika bayi kelelahan, ia mungkin merasa kewalahan dan jadi tidak bersemangat untuk bermain karena aktivitasnya melebihi dari kemampuan yang baru ia miliki di usia tersebut.

Oleh karena itu, Bunda perlu tahu dulu sudah sejauh apa perkembangan bayi pada usia 4 bulan ini sehingga stimulasi yang diberikan juga akan sesuai usianya.

Secara umum, Bun, bayi 4 bulan sudah bisa:

  • Bisa mengangkat kepalanya setinggi 90 derajat.

  • Bisa berguling (membalik badan) sendiri, dari tengkurap ke telentang dan sebaliknya.

  • Bisa menggapai dan menggenggam benda di dalam jangkauan.

  • Melihat dengan jarak yang lebih jauh dan lebar daripada usia sebelumnya.

  • Membedakan merah dan hijau.

  • Mengikuti arah benda yang bergerak.

  • Berceloteh dengan nada tinggi, seperti ‘oooh’, ‘gaa’, ‘guuu’,  ‘ma-ma-ma’, ‘pa-pa-pa’.

  • Menirukan suara yang ia dengar dari orang terdekatnya.

  • Menoleh ke arah suara benda yang mengeluarkan nada, seperti suara mainan keyboard yang Bunda pencet.

  • Menirukan ekspresi Bunda saat bermain. Ketika Bunda tersenyum ia ikut tersenyum, dan ketika bunda mengerutkan dahi si Kecil juga akan ikut mengerutkan dahinya.

  • Memasukkan tangan ke dalam mulut. 

  • Memegang mainan atau benda lainnya.

  • Menunjukkan emosi, seperti tertawa, tersenyum, ingin menangis, atau kesal.  

Bunda juga bisa memantau apakah perkembangan si Kecil sudah sesuai dengan usianya atau belum dengan mengunduh E-Book Catatan Perkembangan Anak secara gratis. Bunda dapat memantau tumbuh kembang si Kecil lewat E-Book ini mulai dari si Kecil baru lahir hingga usia 2 tahun nanti, lho! 

Aktivitas untuk Stimulasi Bayi Usia 4 Bulan 

Siapa sih yang tidak ingin tumbuh kembang buah hatinya berjalan secara optimal dan kelak menjadi generasi maju? Semua pasti menginginkannya, termasuk Bunda!

Maka, agar tumbuh kembang si Kecil sesuai milestone-nya, Bunda perlu memberikan stimulasi yang tepat secara berkelanjutan. Aktivitas apa saja yang dapat menstimulasi perkembangan bayi di usia 4 bulan?

1. Ngobrol dengan si Kecil

Pada usia 4 bulan si Kecil umumnya sudah mulai bisa berceloteh dan menirukan suara. Untuk menstimulasi si Kecil, Bunda dapat mengajak si Kecil ngobrol sambil melakukan aktivitas sehari-hari. 

Bunda bisa sering mengajak si Kecil bicara ketika melakukan aktivitas sehari-hari, seperti saat memandikan bayi (“Nak, ayo kita mandi dulu yuk! Gimana, airnya sudah cukup hangat belum? Habis mandi sudah wangi, kita jalan-jalan ke taman yuk”), memakaikan pakaian (“Bunda suka deh kalau Adik lagi pakai baju merah ini, kelihatan cantik/gagah banget!”), mengganti popok (“Wah, hari ini pupnya banyak ya! Ini tandanya Adik sehat, lho!”), hingga waktu menyusu. 

Usahakan untuk terbiasa mengajak ngobrol bayi dengan struktur bahasa yang baik dan benar ya, Bun, dan tidak memakai bahasa cadel seperti “mimi cucu” atau “dede mau mam ciang apa?”

Si Kecil pasti memang belum bisa merespon ucapan Bunda, tapi berbicara dengan bahasa yang jelas ini dapat membantunya mendengar berbagai macam kata baru yang bisa memperkaya kosakata serta kemampuannya berbicara nanti.

Pun ketika si Kecil berceloteh, respon ucapannya dengan nada antusias dan ceria meski Bunda tidak mengerti apa maksudnya. Ketika mendengar Bundanya merespon, ia akan lebih bersemangat untuk berceloteh begini, ia akan makin bersemangat untuk berceloteh.

2. Membacakan Buku Cerita

Tidak ada kata terlalu dini untuk membacakan cerita kepada si Kecil. Bahkan semenjak ia masih di dalam perut pun Bunda sudah bisa mulai membacakan buku. Nah, di usianya yang ke empat bulan ini, membacakan buku akan menambah kemampuan berbicara dan berpikir bayi. 

Ia akan mengenal lebih banyak kosa kata, suara, dan mimik wajah. Bahkan pada satu poin si Kecil mungkin akan menirukan apa yang Bunda ucapkan dan mimik wajah yang Bunda lakukan.

Agar stimulasi ini berjalan maksimal, Bunda dapat membacakan buku cerita yang memiliki gambar-gambar besar dengan warna-warna tajam. Deskripsikan kejadian apa yang ada pada setiap halaman sambil menunjuk dan menyebutkan nama tiap-tiap objek yang ada. 

3. Berguling Bersama si Kecil

Untuk menstimulasi si Kecil agar dapat berguling, Bunda dapat meletakkan bayi di atas perutnya alias melakukan tummy time.

Kemudian Bunda dapat meletakkan mainan dengan warna-warna terang untuk menarik perhatian bayi. Buat suara-suara menarik dan ucapkan kata-kata penyemangat dengan nada ceria untuk memotivasi bayi membalikkan badannya.

Ketika si Kecil berhasil membalikkan badan, Bunda dapat memberikan pujian dengan bertepuk tangan. Beberapa waktu kemudian, letakkan lagi si Kecil pada posisi tummy time agar ia kembali berlatih menggulingkan badan. 

4. Mencari Sumber Suara

Ajarkan si Kecil untuk mengenali sumber suara dengan meletakkan mainan yang mengeluarkan bunyi-bunyian pada sisi kanan tubuhnya. Saat ia sudah menoleh ke sumber bunyi, pindahkan mainan tersebut ke sisi lain agar si Kecil kembali belajar mencari sumber suara.

Selain dengan mencari dan mengikuti suara dari mainan, Bunda juga dapat berulang-ulang memanggil nama si Kecil untuk melatihnya memahami asal suara sekaligus mengenali namanya sendiri. 

5. Mengenalkan Anggota Tubuh

Bunda juga bisa memberikan stimulus pada bayi untuk mengenali anggota tubuhnya dengan menyentuh kaki, perut, hidung, tanga, dan anggota tubuh bayi yang lain sambil menyerukan nama bagian tubuh yang disentuh. 

Contohnya Bunda dapat mengatakan, “Mana ya kaki Adik? Oh ini dia kakinya!” sambil memegang dan mengangkat kedua kaki si Kecil.

Di lain waktu, coba kenalkan si Kecil dengan anggota tubuh Bunda, misalnya “Ini hidung Adik dan ini hidung Bunda” sambil membiarkan si Kecil menyentuh hidung Bunda.

6. Meraih Mainan

Untuk meningkatkan kemampuan meraih dan menggenggam, Bunda dapat meletakkan si kecil pada posisi tengkurap dan menyediakan mainan yang berwarna cerah atau yang mengeluarkan bunyi si sekitar bayi. 

Jadi, bayi akan tertarik untuk merentangkan tangan dan badannya mendekati mainan tersebut. Untuk membantu agar bayi fokus, sediakan 1 sampai 2 mainan saja di sekelilingnya. Pastikan letak mainannya jangan terlalu jauh ya, Bun! 

7. Melatih Duduk

Salah satu pencapaian bayi di bulan ke-4 ini adalah kemampuan berguling dari posisi telentang ke tengkurap ataupun sebaliknya. Ia juga sudah bisa menelungkupkan tubuh dan menahan berat tubuh dengan dadanya. 

Nah, tahukah Bunda kalau kemampuan berguling ini juga menjadi fondasi dari keterampilan duduk? Jadi, kini Bunda sudah boleh pelan-pelan melatih si Kecil belajar duduk. Mula-mula, cobalah dudukkan Si Kecil di pangkuan Bunda sambil bersandar di punggung, kemudian coba sesekali dudukkan di kursi bayi, atau sandarkan di tembok di atas lantai beralas selimut empuk.

Jaga sekeliling tubuh si Kecil dengan bantal, ya, agar ia tidak jatuh dan terantuk ketika mencoba duduk. Bila Si Kecil sudah bisa duduk tegak, pegangi badannya.

Sampai ia sudah bisa bangkit duduk sendiri dari posisi tengkurap atau berbaring, latih dengan dudukkan si Kecil di tempat tidur atau lantai beralaskan selimut tanpa menggunakan sandaran. 

8. Nyanyikan Lagu

Selain mengajaknya berbicara, cara stimulasi lainnya di bulan ke-4 ini adalah dengan mengajak si Kecil bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan kognitif, bahasa, dan sosialnya. 

Coba nyanyikan lagu kesukaannya atau yang membuat ia tersenyum atau bergoyang. Misalnya, lagu ‘Satu Satu Aku Sayang Ibu’, ‘Cicak di Dinding’, atau lagu anak-anak yang liriknya mudah. 

Nyanyikan lagu seraya memperlihatkan mimik wajah dan ekspresi yang heboh untuk menarik perhatiannya. 

Itulah beberapa stimulasi yang dapat Bunda coba di rumah untuk memaksimalkan tumbuh kembang bayi di usia 4 bulan ini. 

Apabila Bunda masih memiliki pertanyaan atau kekhawatiran seputar capaian perkembangan bayi, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter, ya!

 

Referensi:

  1. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020.

  2. “Infant Development: Milestones from 4 to 6 Months.” Mayo Clinic, 2020, www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-development/art-20048178. Accessed 9 Dec. 2022.

  3. ‌CDC. “Important Milestones: Your Baby by Four Months.” Centers for Disease Control and Prevention, 5 July 2022, www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-4mo.html#tips. Accessed 9 Dec. 2022.

  4. ‌“Default - Stanford Medicine Children’s Health.” Stanfordchildrens.org, 2019, www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=age-appropriate-speech-and-hearing-milestones-90-P02169. Accessed 9 Dec. 2022.

  5. ‌“4-Month Infant Developmental Milestones | Help Me Grow MN.” Helpmegrowmn.org, 2022, helpmegrowmn.org/HMG/DevelopMilestone/4Months/index.html. Accessed 9 Dec. 2022.

  6. “Birth to One Year.” Asha.org, 2022, www.asha.org/public/speech/development/01/. Accessed 9 Dec. 2022.

  7. ‌“Language Development: 4 to 7 Months.” HealthyChildren.org, 2022, www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Language-Development-4-to-7-Months.aspx#:~:text=At%20about%20four%20months%2C%20she,statement%20or%20asking%20a%20question. Accessed 9 Dec. 2022.

  8. ‌Expressiveconnections.org, 2015, www.expressiveconnections.org/post/grasp-patterns-and-fine-motor-development. Accessed 9 Dec. 2022.

  9. ‌“Infant Vision Development: What Can Babies See?” HealthyChildren.org, 2022, www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Babys-Vision-Development.aspx. Accessed 9 Dec. 2022.

  10. “Your Child’s Development: 4 Months (for Parents) - Nemours KidsHealth.” Kidshealth.org, 2022, kidshealth.org/en/parents/development-4mos.html. Accessed 9 Dec. 2022.

  11. “Your Baby’s Hearing, Vision, and Other Senses: 4 Months (for Parents) - Nemours KidsHealth.” Kidshealth.org, 2022, kidshealth.org/en/parents/sense47m.html. Accessed 9 Dec. 2022.

  12. ‌“Your Child’s Development – Birth to 4 Months.” Startingblocks.gov.au, 26 July 2022, www.startingblocks.gov.au/your-childs-development/birth-to-4-months. Accessed 9 Dec. 2022.

  13. “Your Baby’s Developmental Milestones at 4 Months.” Unicef.org, 2020, www.unicef.org/parenting/child-development/your-babys-developmental-milestones-4-months#:~:text=Your%20little%20one%20is%20growing,%2C%20frustration%2C%20discomfort%20and%20sleepiness. Accessed 9 Dec. 2022.

Artikel Lainnya

Ketahui Umur Berapa Bayi Bisa ...

Bayi sudah bisa melihat jelas dan memfokuskan pandangannya menginjak umur 12 bulan. Ini tahapan dan...

Umur Ideal Bayi Bisa Tengkurap ...

Bayi umumnya bisa tengkurap setelah usia 3 bulan ketika sudah lebih mahir mengangkat dan menahan...

Umur Berapa Bayi Bisa Bicara? ...

Bayi umumnya mulai belajar bicara kata sederhana, seperti “mama” atau “papa” di usia 6-12...

Umur Berapa Bayi Bisa Duduk ...

Idealnya, bayi mulai bisa duduk dengan bantuan di sekitar umur 4-6 bulan. Lantas, di umur berapa...

Perkembangan Bayi 5 Bulan, Si Kecil ...

Setelah memasuki bulan kelima, si Kecil akan menunjukkan berbagai milestones atau perubahan...

Menu MPASI Umur 6 Bulan untuk ...

Demi tumbuh kembang bayi yang optimal, Bunda perlu memberikan MPASI saat si Kecil memasuki usia 6...


Artikel Terpopuler

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Seperti Apa Perkembangan Bayi ...

Baca Selengkapnya >

MPASI yang Tepat untuk ...

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut