Facebook Pixel Code 16 Buah untuk Bayi 6 Bulan yang Bagus untuk MPASI

16 Buah untuk Bayi 6 Bulan yang Bagus untuk MPASI

16 Buah untuk Bayi 6 Bulan yang Bagus untuk MPASI

 

Selain makanan pokok, bayi 6 bulan boleh dikenalkan dengan buah-buahan untuk penuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral. Apa saja buah untuk bayi 6 bulan yang bagus sebagai MPASI pertama?

Pilihan Buah yang Bagus untuk Bayi 6 Bulan

Setiap jenis buah memiliki beragam kandungan nutrisi yang penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Berikut ini ragam buah untuk bayi 6 bulan:

1. Buah Naga

Buah naga sangat baik untuk bayi 6 bulan karena teksturnya sangat lembut dan rasa manisnya tidak begitu kuat.

Kandungan seratnya yang tinggi juga bagus untuk meningkatkan pergerakan usus dan juga melancarkan pencernaan.

Selain itu, buah naga kaya vitamin c dan zat besi untuk bantu memaksimalkan penyerapan zat besi dari sumber hewani (heme) dan nutrisi penting lainnya agar lebih mudah diserap tubuh bayi.

2. Kiwi

Bayi umur 6 bulan boleh makan buah kiwi meski rasanya cenderung asam. Coba berikan sedikit dulu untuk si Kecil mengenal sensasi rasa yang baru ini.

Manfaat kiwi untuk bayi 6 bulan yaitu dapat meredakan sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi.

Sebagai MPASI pertama, buah kiwi juga bagus karena tinggi vitamin c untuk membantu optimalkan penyerapan zat besi dari makanan lain sekaligus membangun kekebalan tubuh.

3. Melon

Buah melon bagus sebagai buah untuk bayi 6 bulan karena mengandung kalium, folat, vitamin B6 dan C, serta antioksidan yang banyak manfaatnya.

Nutrisi ini membantu menjaga keseimbangan elektrolit, mendukung perkembangan sistem saraf, metabolisme, serta meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. 

Bayi usia 6 bulan boleh makan buah melon asalkan dalam bentuk puree agar teksturnya lebih halus dan mudah dicerna.

Baca Juga: MPASI Pertama Bayi Sebaiknya Buah Potong atau Bubur?

4. Pepaya

Buah pepaya bagus untuk MPASI pertama karena rasa manisnya tidak begitu tajam dan teksturnya juga lembut untuk dikunyah bayi.

Manfaat buah pepaya untuk bayi 6 bulan antara lain adalah mendukung penglihatan, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan kulit berkat kandungan vitamin A, C, dan seratnya.

Bahkan, kandungan vitamin C dalam pepaya lebih banyak dibandingkan dengan beberapa buah lain seperti apel, pisang, dan jeruk. 

5. Pisang

Pisang bagus sebagai buah untuk MPASI pertama karena kaya karbohidrat yang penting untuk memberikan energi, serta mengandung nutrisi seperti folat, vitamin B6, dan vitamin C.

Selain itu, pisang juga tinggi serat, yang bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan si Kecil.

6. Alpukat

Selain pisang, buah alpukat juga sering menjadi pilihan buah untuk bayi 6 bulan.

Alpukat kaya akan serat yang sangat dibutuhkan oleh bayi untuk mendukung pencernaan dan asam lemak sehat omega-3 untuk pembentukan otak yang optimal.

7. Pir

Pir kaya akan serat yang penting untuk membantu perkembangan usus bayi serta menjaga kesehatan pencernaannya.

Selain itu, pir mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin K, vitamin C, dan kalium.

Bayi 6 bulan boleh makan buah pir selama buahnya sudah Bunda olah terlebih dulu menjadi puree lembut agar sesuai dengan kemampuan pencernaan bayi.

8. Apel

Apel mengandung serat, vitamin B6, dan C, serta antioksidan yang berperan penting dalam pertumbuhan si Kecil.

Nutrisi-nutrisi ini tidak hanya membantu dalam menjaga sistem pencernaan bayi tapi juga mendukung proses metabolisme dan penyerapan zat besi.

Apel dan pir memiliki tekstur yang cenderung mirip. Oleh karena itu, buah apel perlu diolah terlebih dahulu menjadi puree jika ingin diberikan pada si Kecil

9. Mangga

Mangga juga merupakan pilihan buah yang bagus untuk MPASI bayi 6 bulan, karena memberikan ragam nutrisi yang penting. 

Manfaat buah mangga untuk bayi 6 bulan yaitu mencegah sembelit karena kandungan seratnya, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan fungsi kognitif berkat vitamin B6.

Baca Juga: 15 Cemilan Bayi 6 Bulan yang Enak dan Bergizi Lengkap

10. Semangka

Semangka bagus juga diberikan sebagai buah untuk bayi 6 bulan, karena teksturnya yang lembut, banyak air, dan rasa manisnya tidak kuat atau “giung”.

Semangka mengandung antioksidan likopen yang kuat, yang kadarnya bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan tomat, serta fitonutrien lainnya seperti beta-karoten.

Nah, beta-karoten ini sangat penting dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh bayi.

11. Jeruk

Jeruk terkenal memiliki kandungan vitamin C tinggi, yang sangat penting untuk menguatkan sistem imun si Kecil sekaligus memaksimalkan penyerapan zat besi dari makanan.

Selain itu, jeruk juga kaya akan nutrisi lain seperti kalium, folat, dan kandungan air yang tinggi, sehingga membantu bayi tetap terhidrasi dengan baik.

Untuk bayi usia 6 bulan, Bunda bisa memotong jeruk dengan ukuran agak besar, kemudian buang bijinya, dan biarkan bayi menyesap jeruk tersebut. 

12. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C, serta serat yang berperan dalam meningkatkan kesehatan usus bayi.

Bahkan, biji stroberi mengandung beberapa asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga penglihatan bayi, perkembangan sistem saraf, dan kognitif.

Sebelum memberikan stroberi untuk bayi, olah dulu menjadi puree halus karena stroberi berpotensi membuat bayi tersedak. 

13. Kurma

Kurma bagus dikenalkan sebagai buah untuk bayi 6 bulan, karena kaya akan energi serta merupakan sumber mineral penting seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium.

Cara mengenalkan kurma pada bayi adalah dengan menghaluskannya atau mengukus sampai lembut agar mudah dimakan si Kecil tanpa risiko tersedak. 

14. Tomat

Tomat bisa dijadikan sebagai bahan campuran makanan untuk MPASI bayi 6 bulan.

Vitamin K, yang banyak ditemukan dalam tomat, bermanfaat untuk membentuk tulang yang kuat seiring dengan pertumbuhan bayi.

Tomat juga mengandung vitamin A yang penting untuk optimalkan fungsi penglihatan si Kecil.

15. Jambu Biji

Jambu biji termasuk buah yang sangat menyehatkan untuk bayi berusia 6 bulan.

Buah ini kaya akan serat dan vitamin C yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil dan membantu dalam penyerapan zat besi.

Bahkan, jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang empat kali lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. 

16. Labu Kuning

Labu kuning bagus sebagai buah MPASI pertama karena mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin C dan beta-karoten untuk imun, zat besi dan fosfor untuk optimalkan kognitif bayi.

Labu kuning juga mengandung triptofan yang membantu tubuh memproduksi serotonin untuk merangsang rasa kantuk sehingga si Kecil bisa tidur lebih nyenyak.

Bayi 6 Bulan Boleh Makan Buah Berapa Banyak?

Mengenalkan buah untuk bayi 6 bulan bagus untuk membantu ia terbiasa makan sehat.

Namun sebagai perkenalan, porsinya tidak perlu langsung banyak dan terlalu sering. Cukup berikan buah sebagai camilan sebanyak 1/2 potong atau 1/4 gelas buah segar per hari.

Alasannya karena buah kaya serat yang sebenarnya dapat menghambat penyerapan zat gizi pada bayi jika asupannya terlalu banyak.

Cara Mengolah Buah untuk Bayi 6 Bulan

Sebelum mengenalkannya, ada beberapa cara mengolah buah untuk bayi yang perlu Bunda perhatikan, antara lain:

  • Pilih buah-buahan segar dan 100% matang agar rasanya enak dan nutrisinya terjamin.

  • Cuci buah sampai bersih dengan air mengalir sebelum diolah atau diberikan langsung pada bayi.

  • Jika menggunakan buah segar yang keras seperti pir atau apel, kupas kulit dan buang bijinya sebelum dimasak agar teksturnya lebih mudah dihaluskan.

  • Masak buah-buahan sampai empuk sebelum dipotong atau dihaluskan.

  • Tawarkan buah-buahan tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya agar bayi belajar rasa manis alami.

Nah, itu dia berbagai pilihan buah yang bagus untuk MPASI pertama. Dari semua pilihan buah, mana kira-kira yang paling disukai si Kecil nih, Bun?

Tidak usah bingung cari inspirasi resep MPASI yang bergizi, karena Bunda bisa dapatkan kompilasi resep MPASI lengkap dan E-Book gratis dengan mengunduh Panduan MPASI dari Diary Generasi Maju!

Referensi:

  1. Arora, M. (2018, September 12). Dragon Fruit for Baby - Is it Safe to Give Your Child? FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/dragon-fruit-for-baby-is-it-safe-give-your-child/
  2. ‌Honeydew Melon - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/honeydew-melon/
  3. ‌Mrunal. (2018, July 26). Giving Kiwi to Babies – Health Benefits & Recipes. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/kiwi-for-babies-benefits-recipes-and-more/
  4. ‌Papaya for Babies - First Food for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/papaya/
  5. ‌When Can Babies Eat Bananas? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/banana/
  6. ‌Avocados for Babies - How to Introduce Avocado to Babies. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/avocado/
  7. ‌How to Prepare Pear for Babies - First Foods - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pear/
  8. ‌Can Babies Eat Apples - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/apple/
  9. ‌WebMD Editorial Contributors. (2021, March 2). When Can a Baby Eat Watermelon? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/baby/when-can-a-baby-eat-watermelon
  10. ‌WebMD Editorial Contributors. (2021, March 17). When Can a Baby Have Orange? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/baby/when-can-a-baby-have-orange
  11. ‌Strawberries for Babies - When Can Babies Eat Strawberries? (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/strawberry/
  12. ‌Aparna. (2019, September 20). Dates for Babies: Nutritional Value, Benefits and Precautions. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/dates-for-babies/
  13. ‌Guava (Firm) for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/guava-firm/
  14. ‌IDAI | Nutrisi pada Bayi dan Batita di Era New Normal Pandemi Covid 19. (2020). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/nutrisi-pada-bayi-dan-batita-di-era-new-normal-pandemi-covid-19
  15. Vegetables and fruits - Healthy Eating for Babies Age 6-12 Months. (2023, June 8). Healthy Eating for Babies Age 6-12 Months. https://www.gov.nl.ca/healthyeating/baby/offering-healthy-foods/what-foods-should-i-offer-my-baby/vegetables-and-fruit/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut