Facebook Pixel Code Manfaat dan Dampak Bayi Kekurangan Zat Besi Berikut Ini

Manfaat dan Dampak Bayi Kekurangan Zat Besi Berikut Ini

Manfaat dan Dampak Bayi Kekurangan Zat Besi Berikut Ini

Iron deficiency, atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai masalah kekurangan zat besi, merupakan problematika yang sering terjadi di masa akhir bayi atau saat usia balita. Penyebabnya, pada masa-masa ini, otak manusia sedang mengalami perkembangan yang signifikan dan membutuhkan asupan zat besi yang cukup agar berhasil melakukannya.

Lantas, apa saja, sih, dampak bayi kekurangan zat besi? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak dulu manfaat dari kandungan yang satu ini!

Manfaat Zat Besi bagi Tubuh Bayi

Pada dasarnya, zat besi (Fe) adalah mineral pada makanan yang juga merupakan komponen hemoglobin. Jika Bunda belum tahu, hemoglobin termasuk dalam salah satu jenis sel darah merah erythrocyte yang berfungsi untuk memindahkan oksigen dari paru-paru menuju berbagai jaringan tubuh manusia.

Tapi, bukan hanya itu saja! Pasalnya, zat besi sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak. Beberapa peran zat besi tersebut adalah mendukung metabolisme otot, pertumbuhan fisik, perkembangan neurologis, fungsi sel, dan sintesis hormon. Menarik, bukan?

Dampak Bayi Kekurangan Zat Besi

Setelah memahami fungsinya, sebaiknya Bunda memahami dampak kekurangan zat besi pada buah hati secara lebih spesifik. Sebab, sebagian dampaknya bukan hanya terjadi dalam jangka pendek, tapi juga dapat terwujud di masa depan. Berikut adalah beberapa dampak bayi kekurangan zat besi tersebut!

  • Iron Deficiency Anemia – Dikenal juga sebagai “anemia akibat kekurangan zat besi”, kondisi ini dapat mengakibatkan hambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

  • Gangguan Sistem Imun – Anemia akibat kekurangan zat besi dapat melemahkan sistem imun tubuh si Kecil, Bun! Akibatnya, si Kecil jadi gampang sakit.

  • Gangguan Kognitif – Kemampuan kognitif meliputi cara si Kecil berpikir dan memecahkan masalah. Gangguan pada sisi kognitif dapat memengaruhi pendidikannya di masa depan.

  • Gangguan Sosial-emosional – Sisi ini meliputi kesadaran diri (self-awareness) dan juga mengendalikan diri (self-management) dan juga hubungan sosial. Bila ada gangguan pada aspek ini, tentu saja si Kecil akan mengalami kesulitan saat berhubungan dengan orang lain.

  • Gangguan Motorik – Gangguan ini meliputi perkembangan motorik yang terhambat yang memengaruhi postur dan gerak tubuhnya (termasuk koordinasi berbagai bagian tubuh).

  • Risiko Penyakit Jantung dan Paru – Selain gangguan-gangguan di atas, gangguan pada jantung dan paru bisa menjadi akibatnya. Jika dibiarkan, gangguan ini mampu sebabkan detak jantung yang abnormal dan fungsi jantung yang gagal.

Demikian informasi seputar dampak bayi kekurangan zat besi. Intinya, penuhi kebutuhan zat besi lewat pola makan dengan nutrisi lengkap dan seimbang. Kemudian, bila perlu, jangan ragu untuk memberi buah hati produk SGM Eksplor dengan formula Pro-gress Maxx serta IronC. Berikut adalah rangkaian produk tersebut, Bun!

Di dalam seluruh varian di atas, si Kecil akan merasakan kebaikan formula Pro-gress Maxx, yakni meliputi kandungan minyak ikan, omega-3 & omega-6, protein, kalsium & vitamin D, serat pangan, serta vitamin C dan zinc untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Kemudian, yang terpenting, ada juga formula IronC yang merupakan gabungan dari zat besi serta vitamin C untuk penyerapan yang sempurna untuk menghindari bayi kekurangan zat besi. Selamat mencoba, ya, Bunda!

Sumber:

https://doi.org/10.1301/nr.2006.may.s34-s43

https://ods.od.nih.gov/factsheets/Iron-HealthProfessional/

https://doi.org/10.15537/smj.2015.2.10289ttp://

www.healthofchildren.com/C/Cognitive-Development.html

https://www.edutopia.org/blog/why-sel-essential-for-students-

weissberg-durlak-domitrovich-gullotta

https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/adhd/Pages/Learning-

Motor-Skills-and-Communication-Disorders.aspx

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/nutritional/iron-deficiency-anaemia

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline