Facebook Pixel Code 15 Buah untuk Bayi 9 Bulan yang Cocok Buat MPASI

15 Buah untuk Bayi 9 Bulan yang Cocok Buat MPASI

15 Buah untuk Bayi 9 Bulan yang Cocok Buat MPASI

 

Sudah sekitar 3 bulan ini, Bunda dengan sabar memberi si Kecil MPASI. Pada usia ini, kira-kira apa saja buah untuk bayi 9 bulan yang cocok? Langsung cek jawabannya di bawah, yuk!

Pilihan Buah untuk Bayi 9 Bulan

Menurut IDAI, bayi 9 bulan perlu diberikan makanan bertekstur yang dicincang halus, dicincang kasar, atau makanan yang bisa dipegang anak.

Pilihan buah berikut bisa diberikan sebagai MPASI, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

1. Pisang

Meski sudah bisa diberikan sejak usia 6 bulan, pisang juga ideal sebagai buah untuk bayi 9 bulan. Apalagi pisang sangat mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau.

Pisang kaya akan karbohidrat untuk memberi energi bagi si Kecil. Buah tropis ini juga mengandung asam folat, vitamin B6, vitamin C, dan kalium yang baik untuk kesehatan kulit, penyerapan zat besi, dan pencernaan bayi.

2. Alpukat

Buah ini kaya serat dan lemak sehat yang dibutuhkan pencernaan dan perkembangan otak bayi.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin B untuk mendukung pertumbuhan, serta vitamin E dan zinc untuk kesehatan sistem imunnya.

Bunda perlu mencacah alpukat terlebih dulu sebelum memberikan ke bayi 9 bulan. Tak perlu terlalu halus, justru baik jika masih bertekstur.

Baca Juga: Aturan Pemberian MPASI 9 Bulan dan Ide Resepnya

3. Melon

Melon kaya akan kalium, asam folat, vitamin B6 serta vitamin C.

Buah ini juga kaya antioksidan, senyawa fenolik, dan flavonoid, yang bisa mendukung hidrasi bayi, keseimbangan elektrolit, sistem saraf, metabolisme, dan kekebalan tubuh si Kecil.

4. Semangka Tanpa Biji

Semangka kaya mikronutrien seperti vitamin dan mineral yang tentunya mendukung tumbuh kembang bayi.

Karena mengandung 90% air, makan semangka secara rutin bisa jadi cara mudah dan enak untuk memastikan si Kecil tetap terhidrasi.

Bunda cukup menyajikannya dengan dipotong dadu, lho. Pilih semangka tanpa biji agar bayi terhindar dari risiko tersedak. 

5. Kiwi

Kiwi menyajikan serat larut dan tidak larut untuk mendukung pencernaan dan perkembangan mikrobioma usus bayi.

Kandungan vitamin C dan E di dalamnya juga tinggi, sehingga mendukung fungsi organ dan membantu pertumbuhan dan perbaikan sel.

Cara penyajiannya mudah, cukup kupas kiwi dan potong kecil-kecil, kiwi siap disajikan untuk bayi 9 bulan.

6. Mangga

Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam mangga dapat mencukupi kebutuhan bayi. Mulai dari memperkuat tulang, membantu pembentukan pembuluh darah dan kolagen, serta membantu proses penyembuhan.

Agar bayi 9 bulan makin semangat makan mangga, Bunda bisa membentuknya seperti cangkang kura-kura!

7. Pepaya

Buah pepaya kaya vitamin A dan C, nutrisi penting untuk mendukung penglihatan, sistem kekebalan tubuh, dan kulit bayi. Pepaya juga menyajikan banyak vitamin B, E, dan tentunya serat.

Pastikan untuk memilih pepaya matang sebagai buah untuk bayi 9 bulan. Sebab pepaya yang belum matang mengandung lateks yang bertindak sebagai iritan.

8. Pir

Jika bayi sedang sembelit, ada baiknya memberinya pir. Pir termasuk buah paling tinggi serat. Dalam satu buah pir, mengandung kira-kira sekitar 6 gram serat.

Buah pir juga bagus sebagai pemanis alami untuk MPASI si kecil. Campurkan puree pir dengan bubur, pasti makin enak! 

9. Nanas

Nanas sarat vitamin C. Selain baik untuk sistem kekebalan bayi, vitamin C juga membantu tubuhnya menyerap zat besi dari makanan lain. 

Mangan, nutrisi penting lainnya dalam nanas, pun membantu mendukung pertumbuhan dan metabolisme yang sehat. Potong nanas sekecil genggaman tangan agar bayi mudah mengunyahnya. 

10. Stroberi

Seperti nanas, mangga, dan kiwi, stroberi juga kaya akan vitamin C. Biji stroberi bahkan mengandung beberapa asam lemak omega-3 yang penting untuk penglihatan, sistem saraf, dan otak bayi. 

Menariknya, buah ini mengandung lebih dari 50 polifenol, yaitu senyawa antioksidan dan agen anti-inflamasi untuk menjaga kesehatan sel dan seluruh tubuh bayi.

11. Jeruk

Jeruk terkenal menawarkan dosis tinggi vitamin C, yang membantu sistem kekebalan tubuh si Kecil. Jeruk juga mengandung nutrisi lain seperti kalium, asam folat, dan tiamin.

Kandungan airnya yang tinggi juga menjaga bayi tetap terhidrasi. Pastikan Bunda telah membersihkan serabut-serabut sebelum memberikan jeruk ke bayi. 

12. Aprikot

Aprikot mengandung senyawa yang disebut karotenoid. Beberapa di antaranya diubah tubuh menjadi vitamin A untuk mendukung kesehatan mata, kekebalan tubuh, dan kulit bayi.

Meski bayi 9 bulan boleh makan buah aprikot, namun hindari memberikan terlalu banyak karena bisa menyebabkan perut kembung dan penumpukan gas.

13. Blueberry

Meskipun tidak mudah menemukan blueberry di Indonesia, buah ini ternyata baik untuk bayi 9 bulan. Blueberry mengandung vitamin K, mangan, vitamin C, serat, hingga berbagai mineral. 

Blueberry juga merupakan sumber terbaik antosianin, sejenis fitonutrien yang bertanggung jawab atas warna biru gelapnya. Hancurkan blueberry dan suapkan ke si Kecil. Sebab jika diberi utuh, bayi bisa tersedak.

14. Persik

Persik menawarkan kandungan serat, vitamin E, vitamin A, vitamin C. Bahkan kulit persik juga sangat tinggi antioksidan—senyawa yang bermanfaat menjaga kesehatan bayi.

Memang agak susah mendapatkan persik segar. Bunda bisa memberikan persik kalengan dan beku untuk si Kecil, namun pastikan tidak ada gula tambahan.

15. Anggur 

Anggur adalah sumber karbohidrat, serat, kalium, vitamin C dan K yang baik, selain antioksidan.

Nutrisi ini akan memberikan sumber energi, mendukung fungsi pencernaan, membantu fungsi jantung, meningkatkan penyerapan zat besi, dan mendukung perkembangan tulang bayi.

Baca Juga: 8 Jenis Sayuran yang Baik untuk MPASI Bayi 6-12 Bulan

Berapa Banyak Buah untuk Bayi 9 Bulan?

Pada usia 9–11 bulan, bayi perlu mengkonsumsi makanan sekitar 125 ml per kali makan, sebanyak 3-4 kali sehari, dan bisa ditambah 1-2 kali camilan sehat/hari tergantung nafsu makannya.

Buah untuk bayi 9 bulan ini termasuk ke dalam kategori camilan sehat. Mengkonsumsi berbagai jenis makanan, termasuk buah memberikan bayi kesempatan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Dari daftar buah di atas, mana favorit si Kecil?

Kalau Bunda kebetulan sedang kehabisan ide untuk sajikan menu MPASI apa lagi buat si Kecil, langsung cek Panduan MPASI ya, untuk mendapatkan banyak informasi terkait makanan bayi sarat nutrisi.

Ada juga panduan dalam bentuk video yang mudah Bunda ikuti, lho.

 

Referensi:

1. IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi

2. When Can Babies Eat Bananas? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/banana/

3. Avocados for Babies - How to Introduce Avocado to Babies. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/avocado/

4. Honeydew Melon - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/honeydew-melon/

5. WebMD Editorial Contributors. (2021, March 2). When Can a Baby Eat Watermelon? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/baby/when-can-a-baby-eat-watermelon

6. Kiwi for Babies - Can Babies Eat Kiwi? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/kiwi/

7. WebMD Editorial Contributor. (2020, September 22). Health Benefits of Mangoes. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-mango

8. Papaya for Babies - First Food for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/papaya/

9. How to Introduce Pears to Babies. (2022, February 9). USA Pears. https://usapears.org/how-to-introduce-pears-to-babies/‌

10. WebMD Editorial Contributors. (2021, March 14). When Can a Baby Have Pineapple? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/baby/when-can-a-baby-have-pineapple

11. Strawberries for Babies - When Can Babies Eat Strawberries? (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/strawberry/

12. WebMD Editorial Contributors. (2021, March 17). When Can a Baby Have Orange? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/baby/when-can-a-baby-have-orange

13. Apricots for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/apricot/

14. WebMD Editorial Contributors. (2021, March 11). When Can a Baby Have Blueberries? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/baby/when-can-a-baby-have-blueberries

15. Peach for Babies - Can Babies Eat Peach? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/peach/

16. Feeding your baby: 6–12 months. (2019). Unicef.org. https://www.unicef.org/parenting/food-nutrition/feeding-your-baby-6-12-months

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut