Facebook Pixel Code Berat Badan Bayi 7 Bulan yang Ideal dan Cara Menambahnya

Berat Badan Ideal Bayi 7 Bulan dan Cara Menambahnya

Berat Badan Ideal Bayi 7 Bulan dan Cara Menambahnya

 

Bunda perlu tahu berapa berat badan bayi 7 bulan yang ideal untuk mengantisipasi risiko stunting sejak dini. Lalu, bagaimana cara menambah berat badan bayi di bulan ini?

Berat Badan Ideal Bayi 7 Bulan Menurut WHO

Berdasarkan Grafik Pertumbuhan WHO, bayi 7 bulan berat badan normalnya ada di rentang:

  • Bayi laki-laki: 6,7-9,2 kg dengan panjang badan 64,8-71,3 cm.

  • Bayi perempuan: 6,0-8,6 kg dengan panjang badan 62,7-69,6 cm.

Setiap bayi tumbuh dengan kecepatan yang berbeda. IDAI menyarankan Bunda untuk rutin menimbang berat badan bayi setiap bulan untuk memantau arah pertumbuhannya.

Jika setelah 2 kali penimbangan BB bayi 7 bulan masih sangat jauh dari standar ideal di atas, hal ini dapat menandakan underweight (berat badan rendah) dan bisa berisiko stunting. 

Bunda juga bisa mengecek berat badan bayi setiap bulan menggunakan Grafik Pertumbuhan Anak!

Cara Menambah Berat Badan Bayi 7 Bulan

Bila Bunda khawatir akibat si Kecil memiliki berat badan yang kurang, simak tips menaikkan berat badan bayi usia 7 bulan di bawah ini!

1. Lanjutkan ASI Eksklusif 

Penelitian membuktikan bahwa meneruskan pemberian ASI eksklusif setelah 6 bulan adalah cara paling efektif untuk menurunkan risiko stunting sekaligus meningkatkan berat badan bayi. 

Susui si Kecil setiap 1 atau 2 jam sekali di antara pemberian MPASI agar kebutuhan gizi si Kecil tercukupi.

2. Berikan MPASI Tinggi Protein

Memberikan MPASI tinggi protein adalah kunci menambah berat badan bayi 7 bulan. Bayi usia 6-11 bulan perlu 15 gram protein per hari yang kurang lebih setara 2 butir telur ayam.

Dilansir dari American Academy of Pediatrics, inilah beberapa pilihan protein hewani untuk MPASI si Kecil:

  • Dada ayam

  • Hati ayam

  • Telur (telur ayam, telur puyuh)

  • Ikan (kembung, sarden, bandeng, kakap, tuna, teri).

  • Daging sapi

  • Olahan susu seperti yogurt dan keju

  • Protein nabati, seperti tahu, tempe, selai kacang, kacang polong, dan brokoli.

Bingung mau masak apa hari ini? Yuk, dapatkan kumpulan resep MPASI dan beragam tips bermanfaatnya di Panduan MPASI Gratis!

3. Berikan Camilan Lemak Sehat 

Jika BB si Kecil stagnan atau turun terus, mungkin karena ia tidak mengonsumsi cukup lemak.

Untuk camilan bayi 7 bulan, Bunda bisa berikan snack yang terbuat atau mengandung kaldu ayam, minyak zaitun, selai kacang, susu, keju, kacang-kacangan, dan yogurt tawar full-fat.

Berikan juga buah-buahan tinggi kalori seperti alpukat, pisang, dan pir sebagai variasi menu camilan untuk menambah berat badan bayi 7 bulan.

4. Tambah Asupan Zat Besi dan Vitamin C

Zat besi punya peranan penting dalam tumbuh kembang bayi dengan mencegah risiko anemia dan malnutrisi yang menjadi faktor utama stunting.

Jadi, berikanlah si Kecil makanan mengandung zat besi seperti daging sapi, hati sapi, hati ayam, bayam, dan telur.

Jangan lupa, dampingi asupan zat besi dengan vitamin C dari buah-buahan seperti jambu biji, stroberi, jeruk, mangga, pepaya, dan kiwi untuk bantu memaksimalkan penyerapan gizi penting.

Baca Juga: Panduan Pemberian MPASI untuk Bayi 7 Bulan dan Resepnya

5. Buat Jadwal Makan yang Teratur

Membuat jadwal makan dapat menjadi solusi meningkatkan berat badan bayi 7 bulan. 

Selain sarapan, makan siang, dan makan malam, buat juga jadwal makan camilan di siang dan sore hari. 

Selalu perhatikan tanda-tanda lapar yang si Kecil tunjukkan. Bila si Kecil merasa lapar di luar jadwal makannya, jangan ragu untuk memberinya camilan atau makan ya, Bun.

6. Tambah Porsi Makan Bayi 

Saat ingin menambah jumlah porsi MPASI si Kecil, lakukanlah secara bertahap.

Misalnya yang awalnya si Kecil hanya makan 3 sendok, coba tunggu sebentar untuk melihat reaksinya lalu tawarkan lagi setengah sendok.

Bila ia terlihat menikmatinya, Bunda bisa menambah porsinya perlahan-lahan. Pujilah si Kecil saat ia berhasil makan lebih banyak supaya ia semakin semangat.

Baca Juga: Bayi Susah Makan Saat Awal MPASI? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

7. Jangan Paksa Anak Makan 

Bila si Kecil terlihat tidak menyukai atau menolak makan, jangan paksa ia makan apalagi menghabiskannya ya, Bun. 

Tetaplah tenang dan ganti dengan makanan yang ia inginkan. Memarahi atau memaksa anak akan membuat pengalaman makannya jadi tidak menyenangkan. 

Itu dia berbagai cara meningkatkan berat badan bayi 7 bulan untuk mencapai angka idealnya. Dengan cara yang tepat dan sehat, BB si Kecil perlahan bisa naik, kok. 

Tetap semangat, ya, Bunda!

 

Referensi:

  1. “Average Baby Weight: Chart and Development.” Www.medicalnewstoday.com, 2 July 2019, www.medicalnewstoday.com/articles/325630#what-to-expect.

  2. “Beyond Chicken Nuggets: Protein-Rich Alternatives for Picky Eaters.” HealthyChildren.org, www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/Beyond-Chicken-Nuggets.aspx.

  3. “Healthy Fats and Unhealthy Fats: The Basics.” Raising Children Network, raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/nutrients/fats.

  4. “How to Increase Baby Weight: Breastfeeding, Formula, and Solids.” Healthline, 21 July 2020, www.healthline.com/health/baby/how-to-increase-baby-weight.

  5. IDAI. “Pentingnya Memantau Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak (Bagian 1).” IDAI, www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1.

  6. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dalam PMK No 2 Tahun 2020 Tentang Standar Antropometri Anak. 2020.

  7. Medise, Bernie Endyarni. “The Role of Iron for Supporting Children’s Growth and Development.” World Nutrition Journal, vol. 5, no. 1-1, 29 June 2021, pp. 16–24, https://doi.org/10.25220/wnj.v05.s1.0003.

  8. NHS. “Fussy Eaters.” Nhs.uk, 7 Dec. 2020, www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/fussy-eaters/.

  9. Susianto SC, Suprobo NR, Maharani M (2022) Early Breastfeeding Initiation Effect in Stunting: A Systematic Review. Asian J Heal Res 1:1–6. doi:https://doi.org/10.55561/ajhr.v1i1.11   

  10. “What to Feed at 7 to 9 Months - Start for Life.” Nhs.uk, 13 June 2023, www.nhs.uk/start-for-life/baby/weaning/what-to-feed-your-baby/7-to-9-months/.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut