Facebook Pixel Code 15 Buah untuk Bayi 8 Bulan yang Aman Dikonsumsi

15 Buah untuk Bayi 8 Bulan yang Aman Dikonsumsi

15 Buah untuk Bayi 8 Bulan yang Aman Dikonsumsi

 

Di usia 8 bulan, bayi sudah bisa diberikan buah-buahan yang dipotong berukuran kecil. Apa saja pilihan buah untuk bayi 8 bulan sebagai selingan di antara menu utama MPASI-nya?

Pilihan Buah untuk Bayi 8 Bulan

Bayi usia 8 buah sudah bisa diberikan buah-buahan tinggi vitamin C, zat besi, serat, serta omega 3 (DHA). Berikut pilihan buah untuk bayi usia 8 bulan: 

1. Pisang

Pisang memiliki rasa manis dengan tekstur lembut yang aman diberikan pada bayi.

Pisang mengandung karbohidrat, zat besi, vitamin C, vitamin B6, asam folat, dan kalium. Selain itu, pisang mengandung serat tinggi yang baik untuk menjaga sistem pencernaan si Kecil. 

Bunda dapat mengolahnya menjadi puree pisang atau smoothies pisang yang bernutrisi. 

2. Pepaya

Pepaya mengandung banyak nutrisi penting untuk pertumbuhan si Kecil. Di antaranya asam folat, vitamin A, magnesium, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin K, kalium, kalsium, dan serat. 

Kandungan vitamin C di dalamnya diketahui lebih banyak daripada buah-buahan tinggi vitamin C lainnya seperti jeruk, apel, dan pisang. 

Sajikan buah untuk bayi 8 bulan ini dengan cara dihaluskan, atau dipotong kecil-kecil agar si Kecil bisa memakannya langsung. 

3. Apel

Bayi usia 8 bulan juga sudah bisa diberikan buah-buahan padat seukuran genggaman jari (finger food). Salah satunya adalah apel. 

Apel mengandung vitamin C, A, B6, asam folat, dan serat. Berbagai nutrisi ini dapat bantu mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil dan mendukung penyerapan zat besi. 

Selain memotong apel menjadi finger food sebagai camilan sehat bayi, Bunda juga bisa mengolahnya menjadi bubur yang dihaluskan.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Bayi

4. Mangga

Buah untuk bayi 8 bulan berikutnya yang bisa Bunda berikan adalah mangga. Kandungan serat, vitamin C, A, dan B6 di dalamnya dapat bantu meningkatkan fungsi kognitif si Kecil. 

Berikan mangga untuk bayi 8 bulan dengan cara dipotong kecil seukuran genggaman bayi, atau diolah menjadi jus buah yang menyegarkan.

5. Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi buah yang baik untuk bayi 8 bulan. Kandungan seratnya yang tinggi dapat mendukung kesehatan pencernaan bayi. 

Selain itu, alpukat mengandung lemak sehat omega 3 yang baik untuk perkembangan otak dan pemenuhan nutrisi di masa tumbuh kembangnya. 

Bunda bisa mengolah alpukat menjadi minuman smoothies menyegarkan, atau biarkan si Kecil memakannya secara langsung sebagai camilan di sela-sela makanan utama MPASI.

6. Semangka

Kandungan air yang tinggi pada semangka membuatnya cocok dijadikan sebagai pilihan buah untuk bayi usia 8 bulan. 

Selain menyegarkan dan mampu menambah cairan dalam tubuh, semangka memiliki kandungan antioksidan dan beta-karoten yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil.  

7. Pir

Pir termasuk jenis buah-buahan yang aman dikonsumsi si Kecil sejak masih bayi. Tak hanya serat, pir mengandung vitamin C, kalium, magnesium, kalsium, dan asam folat.

Jika ia tampak bosan memakan potongan buah pir, cobalah berkreasi dengan membuat pir saus cokelat yang dapat mengguggah seleranya. 

Baca Juga: Tekstur MPASI 8 Bulan yang Perlu Bunda Ketahui

8. Kiwi

Pilihan buah untuk bayi 8 bulan selanjutnya adalah kiwi. Walaupun rasanya cenderung asam, Bunda dapat berikan untuk menambah pengalaman makan si Kecil. 

Kiwi tinggi kandungan vitamin C untuk bantu optimalkan penyerapan zat besi dari makanan lain, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuhnya. 

9. Buah Naga

Tekstur buah yang sangat lembut dan warnanya yang menarik menjadikan buah naga sangat bagus diberikan pada bayi usia 8 bulan. 

Buah naga tinggi akan vitamin C dan zat besi untuk bantu mengoptimalkan penyerapan zat besi dan nutrisi penting sehingga lebih mudah diserap tubuh. 

Cukup sajikan potongan buah naga seukuran genggaman jari dan biarkan si Kecil memakannya secara langsung, Bun.

10. Jeruk

Tidak hanya mengandung vitamin C yang tinggi untuk memperkuat kekebalan tubuhnya, buah jeruk juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti asam folat dan kalium. 

Untuk bayi berusia 8 bulan, Bunda dapat memberikan jeruk dengan ukuran yang lebih besar. Pastikan bijinya sudah dibuang, kemudian biarkan si Kecil memakannya. 

11. Melon

Melon adalah buah untuk bayi 8 bulan yang sangat bernutrisi. Buah ini mengandung vitamin C, B6, asam folat, kalium, dan antioksidan yang melimpah. 

Beragam nutrisi tersebut dapat bantu meningkatkan daya tahan tubuh, metabolisme, hingga mendukung perkembangan sarafnya. 

Supaya lebih mudah dicerna, Bunda dapat memberikan buah melon dalam bentuk puree.

Baca Juga: Makanan Bayi 8 Bulan untuk Kecerdasan Otak dan Resepnya

12. Jambu Biji

Jambu biji menjadi pilihan makanan bayi 8 bulan selanjutnya. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya disebut dapat mengurangi keparahan terkena flu pada bayi. 

Serat pada buah satu ini dapat bantu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Berikan jambu biji dengan mengolahnya sebagai minuman jus dan smoothies. 

Jika ingin memberikannya sebagai finger food, pastikan biji yang terdapat pada buahnya sudah dibuang ya, Bun. 

13. Stroberi

Stroberi merupakan buah mengandung zat besi yang baik untuk bayi usia 8 bulan. Selain tinggi zat besi dan vitamin C, kandungan antioksidan di dalamnya dapat menjaga kesehatan sel darah merah.

Bunda bisa menyajikannya langsung pada si Kecil setelah dicuci bersih. Jika bosan, olah buah stroberi menjadi minuman jus, puding buah, atau es lolipop.

14. Tomat

Tomat bisa dijadikan pilihan buah untuk bayi 8 bulan. Kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya sangat penting dalam mengoptimalkan fungsi penglihatan bayi. 

Ada pula kandungan vitamin K untuk membentuk dan memperkuat tulang seiring dengan pertumbuhan bayi. 

Bunda bisa memasukkan beberapa irisan buah tomat ke dalam menu salad sayur atau buah untuk dapat dinikmati si Kecil.

15. Kurma

Kurma juga dapat diberikan sebagai buah untuk bayi usia 8 bulan. Kurma mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. 

Untuk menyajikannya pada si Kecil, Bunda bisa menghaluskannya menjadi puree terlebih dahulu, atau mengukusnya hingga lembut supaya mudah dimakan.

Berapa Banyak Buah untuk Bayi 8 Bulan? 

Pemberian buah-buahan sejak si Kecil masih usia bayi sangatlah penting untuk membantu ia terbiasa dengan pola makan sehat di kemudian hari.

Meski demikian, buah-buahan harus diberikan dalam jumlah yang tepat untuk memastikan keseimbangan nutrisi yang baik. 

Untuk usia 8 bulan, Bunda bisa berikan ragam buah-buahan sebagai camilan sebanyak   ¼ sampai ½ cangkir per hari.

Jika diberikan terlalu banyak, buah tinggi serat justru dapat menghambat penyerapan zat gizi pada bayi. 

Itu dia berbagai pilihan buah untuk bayi 8 bulan yang bisa diberikan. Bingung cari inspirasi resep menu dari buah-buahan di atas? Yuk, unduh Panduan MPASI dari Generasi Maju, sekarang! 

 

Referensi:

  1. Mrunal. (2018, July 26). Giving Kiwi to Babies – Health Benefits & Recipes. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/kiwi-for-babies-benefits-recipes-and-more/
  2. How to Prepare Pear for Babies - First Foods - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pear/
  3. How much should my baby eat? A guide to baby food portions. (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/how-much-food-should-my-baby-eat-a-visual-guide_40005798
  4. Health. (2024). 7 Ways Eating More Bananas Can Boost Your Health. Health. https://www.health.com/bananas-8413931
  5. IDAI | Nutrisi pada Bayi dan Batita di Era New Normal Pandemi Covid 19. (2020). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/nutrisi-pada-bayi-dan-batita-di-era-new-normal-pandemi-covid-19
  6. Superadmin. (2018, July 8). Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://promkes.kemkes.go.id/?p=8904
  7. Aparna. (2019, September 20). Dates for Babies: Nutritional Value, Benefits and Precautions. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/dates-for-babies/
  8. Nair, A. (2018, May 22). Mango for Babies – Health Benefits and Recipes. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/mango-for-babies-health-benefits-and-recipes/#nutritionfactsofmango
  9. Arora, M. (2018, September 12). Dragon Fruit for Baby - Is it Safe to Give Your Child? FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/dragon-fruit-for-baby-is-it-safe-give-your-child/
  10. ‌Honeydew Melon - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/honeydew-melon/
  11. ‌‌Papaya for Babies - First Food for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/papaya/
  12. Vegetables and fruits - Healthy Eating for Babies Age 6-12 Months. (2023, June 8). Healthy Eating for Babies Age 6-12 Months. https://www.gov.nl.ca/healthyeating/baby/offering-healthy-foods/what-foods-should-i-offer-my-baby/vegetables-and-fruit/
  13. Khan, A. (2018, June 21). Tomatoes for Babies – When to Introduce, Benefits, Soup Recipes & More. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/tomatoes-for-babies-health-benefits-and-soup-recipe/
  14. Ware, M. (2017, December 21). What are the health benefits of papaya? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/275517#nutrition

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut