Facebook Pixel Code Tekstur Makanan Bayi 9 Bulan yang Tepat dan Cara Pemberian

Tekstur Makanan Bayi 9 Bulan yang Ideal dan Cara Mengenalkannya

Tekstur Makanan Bayi 9 Bulan yang Ideal dan Cara Mengenalkannya

 

Tekstur makanan bayi 9 bulan sudah harus naik dari bulan sebelumnya. Lantas, seperti apa tekstur MPASI 9 bulan dan bagaimana cara mengenalkan tekstur baru pada si Kecil?

Tekstur MPASI 9 Bulan Menurut IDAI

Menurut IDAI, bayi 9 bulan sudah bisa makan makanan bertekstur agak kasar. Bunda hanya perlu blender makanan tanpa disaring lagi. Jadi, teksturnya masih sedikit halus tapi terlihat ada grinjil-grinjilnya.

Contoh makanannya adalah bubur nasi kasar, nasi tim lembek, atau sayuran yang sudah dihaluskan tetapi tidak terlalu encer seperti puree. 

Cara Naik Tekstur MPASI untuk Bayi 9 Bulan

Memperkenalkan tekstur makanan baru pada bayi 9 bulan tentu akan sangat menantang. Untuk itu, ketahui cara menaikkan tekstur MPASI untuk bayi usia 9 bulan berikut ini:

1. Pertimbangkan Kesiapan Bayi

Sebelum naik tekstur, perhatikan dulu apakah si Kecil benar-benar siap makan makanan baru. Kesiapan si Kecil bisa dilihat dari apakah ia sudah mampu menelan makanan halus dengan lancar.

Lihat juga apakah si Kecil sudah mulai tidak tertarik dengan tekstur makanan yang encer, serta apakah ia menunjukkan gerakan mengunyah menggunakan giginya. 

Baca Juga: Aturan Pemberian MPASI 9 Bulan dan Ide Resepnya

2. Berikan Porsi Kecil

Bunda bisa berikan tekstur makanan bayi 9 bulan yang baru dalam porsi kecil. Perhatikan reaksinya, apakah ia tampak nyaman dengan tekstur tersebut atau tidak.

Memberikan tekstur MPASI 9 bulan langsung dalam jumlah banyak bisa memicu si Kecil menolak makanannya, bahkan membuatnya merasa stres. 

Bunda juga bisa coba berikan cemilan bayi yang mengikuti tekstur baru ini.

3. Kenalkan dengan Makanan Favoritnya

Mulailah dengan menambahkan sedikit tekstur pada makanan yang sudah disuka si Kecil.

Jadi bila si Kecil suka makan puree buah naga, coba blender wortel sebentar saja dan tidak usah disaring lagi sehingga terdapat potongan kecil yang masih mudah dikunyah.

Coba juga menggabungkan makanan dengan tekstur berbeda dalam satu hidangan. Misalnya, tambahkan puree sayuran lembut ke dalam bubur nasi kasar.

4. Jangan Memaksa si Kecil

Mengenalkan dan menaikkan tekstur MPASI 9 bulan yang baru memang tidak mudah. Oleh karena itu, pastikan Bunda tetap sabar dan konsisten mencobanya. 

Mengenalkan tekstur makanan bayi 9 bulan mungkin perlu beberapa kali percobaan sampai si Kecil benar-benar terbiasa. 

Oleh karena itu, Bunda tidak perlu memaksa si Kecil menghabiskan makanannya. Naikkan tekstur MPASI baru secara perlahan sesuai respons si Kecil.

Baca Juga: Cara Menyimpan dan Menghangatkan MPASI yang Benar

Selain makanan bertekstur kasar, bayi 9 bulan juga sudah boleh diberikan makanan utuh seukuran genggaman tangan (finger food) karena sudah lebih mahir menggunakan jari telunjuk dan ibu jarinya. 

Jika butuh tips dan rekomendasi lebih lanjut soal resep makanannya, yuk unduh Panduan MPASI secara gratis!

Referensi:

  1. IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi
  2. Baby feeding chart: Baby food by age guide. (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/age-by-age-guide-to-feeding-your-baby_1400680
  3. Stages of weaning. (2022). HSE.ie. https://www2.hse.ie/babies-children/weaning-eating/weaning/stages/
  4. NHS Choices. (2024). 7 to 9 months. https://www.nhs.uk/start-for-life/baby/weaning/what-to-feed-your-baby/7-to-9-months/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut