Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 7 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Perkembangan Bayi 7 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Perkembangan Bayi 7 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

 

Perkembangan bayi 7 bulan jauh berbeda dari bulan sebelumnya. Di bulan ini, si Kecil akan mulai belajar merangkak dan duduk. Lalu, bayi 7 bulan sudah bisa apa lagi, ya?

Perkembangan Bayi 7 Bulan

Ada berbagai capaian tumbuh kembang di bulan ke-7 yang penting untuk disimak. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Bisa Duduk Sendiri

Bayi 7 bulan sudah bisa duduk tegak tanpa bantuan. Bayi 7 bulan umumnya sudah mulai bisa bangkit sendiri untuk duduk dari posisi tengkurap dengan mendorong kedua lengannya ke atas.

Kemudian, si Kecil akan belajar menyeimbangkan diri sendiri di posisi duduk dengan mencondongkan tubuh ke depan dan menopang badan dengan satu tangannya. 

Di usia ini, otot punggung dan leher bayi juga sudah cukup kuat menopang badan dan kepalanya tetap tegak. Jadi, bayi bisa duduk sendiri tanpa perlu bersandar pada Bunda.

Baca Juga: Normalkah Jika Bayi 7 Bulan Belum Bisa Duduk?

2. Meraih dan Menggenggam Benda

Bayi 7 bulan sudah bisa meraih benda atau mainan yang letaknya agak jauh dari dirinya. 

Kini, ia juga sudah mampu menggoyang-goyangkan mainan atau memindahkannya dari tangan satu ke tangan lain. 

Jadi, tidak jarang kalau benda apa pun yang berhasil digenggamnya akan ia coba masukkan ke dalam mulut sebagai caranya untuk belajar hal-hal baru.

3. Melihat Objek Hanya Sebagian

Bayi umur 7 bulan juga sudah bisa melihat objek yang hanya terlihat sebagian. 

Meski tidak terlihat secara utuh, si Kecil mungkin penasaran dan akan mencoba meraih untuk mengambil suatu benda. 

4. Cari Benda Tersembunyi

Perkembangan bayi 7 bulan dari segi keterampilan kognitif termasuk sudah bisa memahami konsep bahwa objek akan terus ada bahkan ketika ia tidak dapat merasakannya, baik dengan melihat, mendengar, menyentuh, membaui.

Bunda bisa tahu si Kecil mulai memahami ketetapan objek jika ia mulai mencari-cari mainan yang baru saja Bunda sembunyikan atau bermain cilukba. 

Mereka suka mencari sesuatu saat tertutup dan merasa senang bisa menemukan mainan yang tadinya ada kemudian “hilang”.

5. Merespon Saat Dipanggil

Dari segi komunikasi, perkembangan bayi usia 7 bulan sudah bisa menoleh dan merespons ketika namanya dipanggil. Ini tandanya si Kecil sudah tahu kalau dia memiliki nama, lho! 

6. Mulai Merangkak

Merangkak adalah salah satu capaian perkembangan bayi 7 bulan dari segi keterampilan motorik yang menarik diperhatikan.

Dengan lengan dan kaki, ia akan mengangkat tubuh bangkit ke posisi duduk dari tengkurap. 

Lalu, ia akan coba menggoyang-goyangkan tubuhnya ke depan dan belakang untuk berpindah dari duduk ke posisi merangkak.

Setelah terbiasa mengubah posisi badan, ia mulai merangkak ke depan. Terkadang, beberapa bayi akan mencoba merayap, yaitu bergerak dengan menyeret perut dalam posisi tengkurap. 

Baca Juga: 9 Stimulasi agar Bayi Cepat Duduk dan Merangkak

7. Menunjukkan Ekspresi dan Emosi

Bayi umur 7 bulan sekarang juga sudah bisa menunjukkan berbagai ekspresi menggemaskan. 

Bayi akan tertawa dan tersenyum lebar saat diajak bercanda, dan mengeluarkan suara-suara lucu ketika hatinya senang. 

Bayi juga bisa ngambek ketika Bunda melarangnya atau bilang “tidak”. Ia mungkin akan berekspresi cemberut saat Bunda berhenti menyuapi makanan.

8. Banyak Berceloteh

Kebanyakan bayi 7 bulan sudah semakin banyak berceloteh. Misalnya, mengeluarkan kata “ba”, “ma”, “da”, “ga”, atau yang lainnya. 

Selain mengucapkan “ba-ba-ba-ba”, ia kini sudah bisa berceloteh “ma-ma-ma”, “ba-ga”, “ma-ga”, “mmmm”, “bbbbb”, dan lain-lain. 

Bunda bisa merespon celotehannya dengan meniru suara ocehannya atau menjawab celotehannya seantusias mungkin. Langkah ini dapat membantunya belajar bicara, lho!

9. Berkomunikasi dengan Bahasa Tubuh

Di usia 7 bulan, bayi sudah bisa berkomunikasi secara nonverbal menggunakan bahasa tubuh.

Misalnya, mengatupkan mulutnya untuk menandakan bahwa ia tidak ingin makan, atau melambaikan tangannya untuk pamitan saat Ayah pergi bekerja.

10. Mengenal Wajah Anggota Keluarga

Bayi 7 bulan bisa mengenali wajah-wajah orang di sekitarnya, sehingga ia mulai merasa nyaman dengan anggota keluarga terdekatnya, seperti kakak atau kakek dan neneknya.

Ia mungkin akan menunjukkan keterikatan yang kuat kepada Bunda dan anggota keluarga dekat lainnya,

11. Bereaksi Terhadap Orang Baru 

Ketika bertemu dengan orang yang belum pernah ia lihat atau orang yang jarang ditemuinya sehari-hari, ia akan menarik diri dan bahkan menangis karena takut. 

Ini wajar terjadi karena ia hanya belum terbiasa. Hal ini mungkin muncul sebagai kecemasan akan perpisahan dan ketakutan terhadap orang asing.

Bunda tak perlu khawatir karena memang butuh waktu yang tidak sebentar sampai bayi bisa beradaptasi dengan orang-orang baru.

12. Gigi Pertama Tumbuh

Salah satu perkembangan bayi 7 bulan yang bisa Bunda perhatikan adalah adanya tunas gigi bayi muncul dari gusi. Kondisi ini ditandai dengan bayi mengeces dan lebih rewel dari biasanya. 

Umumnya, dua gigi depan (gigi seri tengah), baik atas maupun bawah, muncul lebih dulu, disusul gigi depan berlawanan.

Bunda juga bisa pastikan perkembangan bayi sudah sesuai tahapan usianya atau belum lewat fitur Catatan Perkembangan Anak. Tunggu apalagi? Yuk, coba sekarang!

Baca Juga: Cara Stimulasi Bayi Usia 7 Bulan agar Tumbuh Kembang Optimal

Apa yang Diperiksa Dokter di Bulan ke-7?

Dokter akan memeriksa lingkar kepala, panjang tubuh, dan berat badan bayi 7 bulan. Umumnya, berat badan bayi meningkat sekitar 300 gram dari bulan sebelumnya. 

Jadi, berat badan bayi laki-laki usia 7 bulan antara 6,7-10 kg dengan panjang badan 65 - 73 cm. Sementara berat bayi perempuan 7 bulan berkisar antara 6-9,5 kg dengan panjang 63-71,5 cm.

Dokter juga akan mengecek sudah sampai mana kelengkapan imunisasi bayi. Jika ada imunisasi yang terlewat, atau perlu dilakukan bulan ini, dokter mungkin akan menyertakannya.

Waspada Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan Bayi

Bunda tak perlu khawatir apabila bayi usia 7 bulan belum bisa duduk dan merangkak. Ini karena usia bayi belajar merangkak baru dimulai pada bulan ke-7 hingga bulan ke-10. 

Setiap bayi berkembang dengan cara dan kecepatan berbeda. Selama bayi terus memperoleh keterampilan baru dan tidak malah kehilangan keterampilan yang sudah ia miliki sebelumnya.

Bunda perlu waspada apabila bayi 7 bulan belum bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Belum bisa merangkak.
  • Belum menunjukkan ketertarikan untuk meraih benda atau mainan.
  • Belum mengenali orang tuanya, termasuk tidak menoleh saat namanya dipanggil. 
  • Belum mengoceh atau mengenali suara.
  • Belum bisa membuat kontak mata dengan orang yang mengajaknya bicara. 

Perkembangan Bayi 7 Bulan ke 8 Bulan

Memasuki bulan ke-8, bayi semakin aktif merangkak ke sana kemari dan menjelajah ruangan. Ia semakin penasaran dengan banyak hal di sekitarnya. 

Contoh, ia akan mencermati benda-benda dari dekat, membenturkan balok, menjatuhkan mainan, dan coba menemukan mainan yang disembunyikan. 

Di perkembangan bayi 8 bulan nanti, gerakan mata dan tangan bayi sudah terkoordinasi dengan baik. Ini artinya, mereka bisa menggunakan jari-jari mungilnya untuk mengambil benda dan makanan. 

Semoga informasi ini bermanfaat, ya! 

Referensi:

  1. 7-8 months: baby development. (2024, February 22). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/7-8-months#
  2. Medical Care and Your 4- to 7-Month-Old (for Parents). (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/med47m.html
  3. Watson, S. (2009, October 22). Baby Development: Your 7-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-7-month-old#1
  4. Developmental Milestones: 7 Months. (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Developmental-Milestones-7-Months.aspx
  5. Your baby’s growth and development - 7 months old. (2023, April 3). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-7-months-old
  6. Verywell. (2018). Your 7-Month-Old Baby’s Milestones and Development. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-7-month-old-baby-development-and-milestones-4172912
  7. \PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG STANDAR ANTROPOMETRI ANAK. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf. 
  8. IDAI | Mengenal Keterlambatan Perkembangan Umum pada Anak. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenal-keterlambatan-perkembangan-umum-pada-anak
  9. When Does Teething Start? (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/teething-tooth-care/Pages/Teething-4-to-7-Months.aspx
  10. Trust), C. (2024, April 4). Has my baby started teething? the signs to look out for | Baby & toddler articles & support | NCT. NCT (National Childbirth Trust). https://www.nct.org.uk/baby-toddler/teething/has-my-baby-started-teething-signs-look-out-for

 

Artikel Terpopuler