Facebook Pixel Code 15 Cemilan Bayi 6 Bulan yang Enak dan Bergizi Lengkap

15 Rekomendasi Cemilan Bayi 6 Bulan yang Sehat dan Bergizi

15 Rekomendasi Cemilan Bayi 6 Bulan yang Sehat dan Bergizi

 

Sedang bingung mau buat apa untuk cemilan bayi 6 bulan? Simak rekomendasi cemilannya di artikel ini, yuk, Bun! 

Rekomendasi Cemilan Bayi 6 Bulan

Bunda boleh memberikan si Kecil hingga 2 kali cemilan dalam 2 jam sebelum atau sesudah jadwal makan utamanya. Berikut adalah pilihan snack bayi 6 bulan yang terbaik untuk tumbuh kembangnya: 

1. Tahu Putih Kukus

Tahu mengandung protein nabati paling lengkap. 

Selain itu, tahu juga mengandung nutrisi penting lain yang dibutuhkan bayi untuk bertumbuh dan berkembang dengan baik seperti lemak, karbohidrat, zat besi, kalsium, zinc, dan vitamin A.

Pilih tahu putih yang teksturnya lembut. Kukus tahu hingga masak, lalu lumatkan dan diberi sedikit mentega tanpa garam supaya semakin bernutrisi.

2. Otak-Otak Ikan

Ikan bisa diolah menjadi otak-otak tenggiri kukus, bola-bola tuna kepal, atau somay untuk cemilan bayi 6 bulan.

Ikan merupakan jenis protein hewani yang bagus sebagai sumber zat besi untuk cemilan MPASI.

Ikan jenis tertentu, terutama ikan air laut seperti ikan teri dan kembung, juga tinggi omega-3 dan DHA yang bagus untuk perkembangan otak.

Baca Juga: 7 Ikan yang Bagus untuk MPASI Kaya Nutrisi

3. Telur Rebus

Telur bisa jadi cemilan bayi yang kaya protein serta kolin dan zat besi untuk perkembangan otaknya.

Untuk menyajikannya, Bunda dapat merebus telur kemudian melumatkannya menjadi puree. 

Selain itu, Bunda juga dapat menyajikan telur orak-arik lembut dengan lemak tambahan dari keju dan mentega. Pastikan teksturnya cukup lembut agar bisa dikunyah bayi. 

Namun, Bunda harus memastikan si Kecil bebas dari alergi telur. Jika ia menunjukkan reaksi alergi, seperti ruam pada kulit, segera periksakan ke dokter.

4. Yogurt 

Yogurt memiliki tekstur yang lembut dan halus, mirip dengan puree sehingga sangat cocok untuk cemilan bayi usia 6 bulan. 

Yogurt juga mengandung bakteri baik probiotik yang dapat bantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara melindungi sistem pencernaan dari bakteri jahat. 

Pilihlah yogurt varian original yang tidak mengandung gula maupun perasa buatan. Sebab, kedua bahan makanan tersebut tidak baik bagi tubuh si Kecil. 

5. Puree Waluh

Waluh alias kabocha atau labu kuning tinggi serat untuk mencegah sembelit dan diare pada bayi MPASI. Labu kuning juga mengandung vitamin A yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil.

Selain dibuat menjadi puree semi encer, Bunda juga bisa mengukus potongan labu kuning sampai lunak untuk si Kecil latihan mengunyah.

Boleh tambahkan saus krim keju sebagai cocolan untuk menambah nilai gizinya.

6. Pasta Lunak

Tekstur pasta kenyal dan lembut, membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai cemilan bayi 6 bulan yang umumnya baru mulai tumbuh gigi. 

Bunda dapat merebusnya hingga lunak. Tidak perlu ditambah garam ya, Bun. Sebab garam tidak baik bagi kesehatan ginjal si Kecil yang belum berkembang sempurna. 

Jika ingin memberikan pasta sebagai finger food, Bunda bisa memilih jenis makaroni atau fasili. Bentuknya lebih mudah dipegang dan tidak mudah membuat tersedak. 

Baca Juga: Panduan MPASI 6 Bulan, Jadwal Makan, dan Ide Menunya

7. Apel Kukus

Apel kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan bayi, seperti karbohidrat, serat, vitamin C, kalium, dan protein nabati. Rasanya juga manis sehingga pasti enak untuk cemilan bayi 6 bulan. 

Agar dapat dikonsumsi bayi usia 6 bulan, apel terlebih dahulu dikukus hingga lunak. Setelah itu, Ibu dapat melumatkannya menjadi puree atau memberikannya sebagai finger food. 

Supaya semakin kaya rasa dan nutrisi, Bunda dapat menambahkan selai kacang ke dalam puree atau membubuhkannya di ujung finger food. Pastikan selai kacang bebas gula tambahan.

8. Puree Buah Naga 

Buah naga merah rasanya sedikit manis dan segar. Teksturnya lembut dan memiliki warna yang cerah sehingga sangat menarik untuk si Kecil. 

Buah satu ini juga memiliki kandungan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh bayi usia 6 bulan, antara lain antioksidan, kalsium, zat besi, vitamin B, vitamin C, dan karotenoid. 

Karotenoid sendiri zat alami yang memberi warna merah pada buah naga. Nutrisi satu ini sangat baik untuk kesehatan mata dan dapat bantu tingkatkan kekuatan imun tubuh si Kecil. 

9. Kentang Rebus

Kentang yang direbus kemudian ditumbuk halus juga dapat menjadi salah satu cemilan bayi 6 bulan. Bahan makanan satu ini kaya akan folat, zat besi, vitamin B6 dan zinc. 

Selain itu kentang juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk menunjang kekebalan tubuh dan kolin yang penting untuk perkembangan otak. 

10. Timun, Wortel, dan Tomat Iris

Bunda bisa merebus atau mengukus potongan wortel, brokoli, kubis, buncis, dan kembang kol untuk dijadikan snack bayi 6 bulan.

Di waktu lain, Bunda boleh berikan potongan timun, romaine lettuce (selada romaine), atau tomat segar yang sudah dicuci bersih terlebih dulu. 

Sayuran-sayuran ini tinggi vitamin A sebagai salah satu nutrisi yang penting untuk dikejar asupannya dari makanan, dan vitamin C untuk maksimalkan penyerapan zat besi dari MPASI.

Selain disajikan dalam bentuk potongan, Bunda juga dapat mengolah sayuran dalam bentuk puree (bubur halus).

10. Ubi Kukus

Berbeda dengan kentang yang cenderung terasa tawar, ubi memiliki rasa yang cenderung manis sehingga dapat Bunda manfaatkan untuk menawarkan citarasa baru kepada si Kecil. 

Bukan hanya lezat di lidah, ubi juga mengandung vitamin A yang dapat bantu menjaga kesehatan mata, kulit, dan imun sistem bayi. 

Ada pula vitamin B6 yang bagus untuk perkembangan otak dan serat pangan yang dapat menunjang kesehatan saluran cerna si Kecil. 

Baca Juga: 8 Jenis Sayuran yang Baik untuk MPASI Bayi 6-12 Bulan

11. Alpukat 

Alpukat kaya akan serat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi. Buah satu ini juga kaya akan asam lemak sehat yang dibutuhkan untuk perkembangan otak. 

Selain itu, alpukat juga kaya vitamin B, vitamin E, dan zinc yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan sistem imun tubuh. 

Bunda dapat mengolah alpukat menjadi puree atau dipotong-potong menjadi finger food. Celupkan ke dalam yogurt untuk menambah nutrisinya. 

12. Keju Potong

Mulai usia 6 bulan, bayi boleh makan keju yang telah dipasteurisasi (dimasak hingga steril) dan rendah sodium seperti keju cheddar, mozzarella, atau ricotta

Untuk memperkenalkan keju sebagai cemilan bayi 6 bulan, Bunda dapat memilih keju yang lembut dan memotongnya tipis-tipis untuk digenggam.

Keju adalah salah satu makanan yang tinggi risiko alergi sehingga sebaiknya perkenalkan keju di rumah. Dengan begitu, Bunda dapat mengamati reaksi yang ditunjukkan si Kecil. 

13. Puree Pisang 

Pisang memiliki tekstur lembut dan rasa manis sehingga sangat cocok untuk diperkenalkan pada bayi usia 6 bulan. Bunda bisa berikan pisang dalam bentuk puree maupun finger food. 

Buah ini tinggi karbohidrat, folat, vitamin B6, vitamin C, dan kalium. Selain itu, buah pisang juga mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada beri-berian, rempah, dan sayur. 

Supaya tidak membuat bayi sembelit, pastikan Bunda memberikan pisang yang telah matang sempurna, ya. Hindari pisang yang masih bersemburat hijau. 

14. Buah Pir Kukus

Secara alami, buah pir memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak air sehingga umumnya disukai oleh bayi. 

Untuk menyajikan buah pir menjadi cemilan bayi 6 bulan, pilih pir yang benar-benar empuk atau dikukus dulu hingga lunak tanpa mengupas kulitnya. 

Pir mengandung nutrisi penting seperti serat, vitamin K, kalium, dan vitamin C. Bagian kulitnya kaya antioksidan, jadi tetap berikan pada bayi walaupun nanti ia akan melepehnya. 

15. Bubur Gandum (Oatmeal)

Oatmeal kaya akan karbohidrat sehat dan serat khusus bernama betaglukan yang sangat baik bagi kesehatan usus dan kekebalan tubuh bayi. 

Selain itu, terkandung pula sejumlah nutrisi penting lain seperti folat, kolin, zat besi, magnesium, selenium, dan masih banyak lagi. 

Oatmeal dapat disajikan dengan dicampur ASI dan dimasak hingga matang. 

Baca Juga: MPASI Pertama Bayi Sebaiknya Buah atau Bubur?

Apabila Bunda ingin mendapatkan kompilasi menu MPASI enak dan bergizi lengkap untuk setiap tahapan usia bayi, yuk unduh E-book Panduan MPASI sekarang. Gratis! 

Tips Memberikan Cemilan untuk Bayi 6 Bulan

Nah melansir IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), berikut beberapa panduan tips memberikan cemilan sehat untuk bayi 6 bulan:

  • Berikan cemilan secara terjadwal.

  • Makan cemilan sambil duduk di highchair atau dipangku ibu. 

  • Cermati komposisi bahan dalam komposisi makanan kemasan. 

  • Jangan berikan cemilan sebagai hadiah. 

  • Jauhkan distraksi saat makan cemilan seperti smartphone, tablet,  televisi, mainan berisik, dan lain sebagainya. 

  • Kenalkan makanan baru sebanyak 10-15 kali dalam berbagai kesempatan yang berbeda.

  • Hindari makanan kecil yang tinggi gula, garam, dan lemak jahat. 

  • Batasi pemberian jus buah, karena cenderung tinggi gula namun rendah nutrisi. 

  • Jangan berikan makanan yang mengandung madu karena dapat menyebabkan keracunan bernama infant botulism pada bayi di bawah 12 bulan.

  • Jangan memberikan makanan bertekstur keras atau berbentuk bulat untuk menghindari risiko bayi tersedak. 

Itulah informasi seputar cemilan bayi 6 bulan yang perlu Bunda ketahui. Jadi semakin semangat bukan menyiapkan cemilan untuk si Kecil, bukan?

Semangat terus mendampingi perjalanan MPASI si Kecil, ya!

 

Referensi:

  1. Petre, A. (2018, December 13). What Is Tofu, and Is It Healthy? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/what-is-tofu#nutrition

  2. Atli Arnarson BSc, PhD. (2019, May 8). Apples 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/foods/apples

  3. ‌NHS Choices. (2024). Salt in your diet. https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/food-types/salt-in-your-diet/

  4. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1981/mengenal-manfaat-betakarotin

  5. Dragon Fruit (Pitaya) for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/dragon-fruit-pitaya/

  6. Avocados for Babies - How to Introduce Avocado to Babies. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/avocado/

  7. Contributing, T. (2021, May 4). Introducing Cheese to Your Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-feeding/when-can-babies-eat-cheese

  8. When Can Babies Eat Bananas? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/banana/

  9. How to Prepare Pear for Babies - First Foods - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pear/

  10. NHS Choices. (2024). Help your baby enjoy new foods. https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/help-your-baby-enjoy-new-foods/

  11. IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi?utm_source=newsletter&utm_medium=email&utm_campaign=idai-newsletter&utm_content=Booklet+Pemberian+Makanan+Pendamping+Air+Susu+Ibu+%28MPASI%29

  12. IDAI | SULIT MAKAN PADA BAYI DAN ANAK. (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/sulit-makan-pada-bayi-dan-anak

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline