Facebook Pixel Code 10 Makanan Bayi 6 Bulan untuk Kecerdasan Otak yang Optimal

10 Makanan Bayi 6 Bulan untuk Dukung Kecerdasan Otak

10 Makanan Bayi 6 Bulan untuk Dukung Kecerdasan Otak

 

Peran makanan yang Bunda berikan kepada bayi sejak usia 6 bulan lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan gizi harian. Makanan MPASI si Kecil juga berperan penting dalam mendukung perkembangan otaknya. Tapi, tahukah Bunda apa saja contoh makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak yang optimal? 

Cari tahu rekomendasinya di artikel ini, ya, Bun.

Contoh Makanan Bayi 6 Bulan untuk Kecerdasan Otak yang Optimal

Otak bayi sebenarnya sudah mulai berkembang, bahkan sebelum si Kecil lahir, Bun. Proses pembentukan sel-sel otak dimulai saat bayi masih dalam kandungan. 

Namun, penting untuk diingat bahwa faktor lingkungan, termasuk stimulasi dan asupan nutrisi juga berperan dalam perkembangan otak.

Tahun pertama kehidupan bayi adalah masa yang sangat kritis dalam perkembangan si Kecil, dan nutrisi yang mereka terima dapat mempengaruhi keterampilan kognitif dan fokusnya.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang contoh makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak, Bunda harus tahu dulu kandungan nutrisi apa saja yang harus si Kecil dapatkan. Terutama nutrisi untuk perkembangan otak.

Beberapa nutrisi khusus yang dapat menunjang perkembangan otak anak secara lebih optimal adalah omega-3 & 6, DHA, zat besi, kolin, dan asam folat.

Lantas, makanan bayi 6 bulan apa saja yang bisa mendukung kecerdasan otak dengan optimal? Berikut rekomendasinya:

1. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang sangat kaya nutrisi yang bisa dijadikan sebagai makanan bayi 6 bulan. Telur umum dikenal sebagai makanan kaya protein. Selain itu, dalam kuning telur mengandung zat bernama kolin, yang dapat membantu mendukung perkembangan daya ingat bayi. 

Kolin adalah nutrisi penting yang membantu dalam pembentukan sel-sel otak dan jaringan saraf, sehingga berperan dalam perkembangan kognitif dan fungsi otak anak. 

2. Ikan Kembung

Saat mendengar kata "ikan untuk kecerdasan otak," banyak orang mungkin berpikir tentang ikan salmon. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan yang bagus untuk MPASI dengan nilai gizi yang sama tinggi dengan harganya lebih terjangkau.

Menurut informasi dari Kementerian Kesehatan RI, kadar omega-3 ikan kembung bahkan bisa 1,5 kali lebih tinggi daripada ikan salmon, dengan kandungan DHA 5,7 g per 100g daging ikan.

Ikan kembung juga mengandung protein yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. 

3. Daging Sapi

Zat besi adalah mineral yang sangat penting dalam mendukung konsentrasi dan energi si Kecil. Daging sapi tanpa lemak merupakan salah satu makanan bayi 6 bulan sebagai sumber zat besi yang paling baik diserap oleh tubuh.

Bahkan, hanya dengan mengonsumsi 1 ons daging sapi per hari telah terbukti membantu tubuh dalam menyerap zat besi dari sumber makanan lainnya. Selain manfaat zat besi, daging sapi juga mengandung zinc, mineral yang berperan dalam meningkatkan daya ingat. 

4. Hati Ayam

Tahukah Bunda? Kekurangan zat besi bisa berdampak negatif pada kecerdasan si Kecil. Anemia defisiensi besi pada anak yang berusia di bawah 2 tahun dapat mengakibatkan anak kesulitan dalam menangkap informasi, bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa dampak negatif ini dapat berlanjut hingga dewasa.

Oleh karena itu, pastikan bahwa kebutuhan zat besi si Kecil dapat terpenuhi dengan baik. Untuk bayi berusia 6-12 bulan misalnya, kebutuhan zat besinya sekitar 11 mg per hari. 

Salah satu pilihan yang bisa Bunda pertimbangkan adalah memberikan hati ayam, karena hati ayam memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya. 

Baca Juga: MPASI Pertama Bayi Sebaiknya Buah atau Bubur?

5. Alpukat

Buah alpukat juga merupakan contoh makanan bayi 6 bulan yang sangat bermanfaat untuk perkembangan kognitif bayi. Alpukat dikenal sebagai sumber lemak tak jenuh, yang mampu meningkatkan aliran darah ke otak.

Selain itu, buah alpukat juga mengandung banyak fitonutrien yang memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi bayi. Fitonutrien adalah senyawa-senyawa alami dalam tanaman yang memiliki potensi untuk melindungi sel-sel otak dan mendukung perkembangan kognitif yang optimal pada si Kecil. 

6. Kacang-kacangan

Tidak hanya sumber protein hewani, Bunda juga memberikan alternatif lain dari sumber nabati, seperti kacang-kacangan. Pilihan kacang seperti kedelai, kenari, almond, dan kacang tanah juga termasuk dalam makanan yang baik untuk perkembangan kognitif.

Kacang juga mengandung zinc, yang berperan dalam meningkatkan daya ingat dan perkembangan otak serta dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada si Kecil. 

Penting untuk diingat bahwa bayi mungkin tidak dapat mengonsumsi kacang dalam bentuk utuh karena berisiko tersedak. Oleh karena itu sebagai solusinya, Bunda dapat menghaluskan kacang dan menambahkannya ke dalam bubur bayi untuk memberikan manfaat nutrisi tersebut dengan lebih aman.

7. Jeruk

Menambahkan jeruk ke dalam pola makan bayi dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan si Kecil, termasuk kesehatan kognitif.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid, seperti jeruk, dapat meningkatkan aktivitas saraf dan aliran darah ke otak, yang berpotensi meningkatkan fungsi kognitif bayi.

Selain itu, vitamin C yang tinggi dalam jeruk dapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga sebanyak 2 kali lipat agar lebih mudah dan cepat digunakan oleh tubuh. 

8. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk perkembangan kognitif bayi. Brokoli kaya akan vitamin B esensial, seperti folat, riboflavin, dan vitamin B6, yang berperan penting dalam pengembangan saraf dan sistem saraf bayi. 

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, brokoli bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk mendukung kesehatan dan perkembangan otak si Kecil.

9. Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu produk turunan susu yang cocok untuk dimasukkan dalam menu MPASI si Kecil. Yoghurt mengandung lemak yang penting untuk mendukung kesehatan kognitif bayi. Lemak dalam yoghurt berperan dalam menjaga sel-sel otak dalam kondisi yang optimal untuk mengirim dan menerima informasi.

Yoghurt dapat dikenalkan kepada bayi saat mencapai usia 6 bulan, asalkan yoghurt yang diberikan adalah jenis plain atau tidak mengandung tambahan gula atau pemanis buatan. 

10. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran hijau adalah sumber yang kaya akan asam folat dan vitamin yang penting. Sayuran seperti bayam dan kangkung juga mengandung banyak antioksidan yang dapat berperan dalam mendukung pertumbuhan sel-sel otak baru.

Meskipun memiliki banyak manfaat, sayuran yang baik untuk bayi ini tidak seharusnya menjadi makanan utama dalam pola makan si Kecil, melainkan hanya sebagai bahan makanan pendamping. 

Jadi, sebaiknya prioritaskan terlebih dahulu asupan protein, zat besi, karbohidrat dan lemak yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Cemilan bayi 6 Bulan yang Sehat

Resep Makanan Bayi 6 Bulan untuk Kecerdasan Otak 

Nah, Bunda sudah tahu makanan apa saja yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi. Sekarang saatnya Bunda menyontek resep makanan untuk membuatnya. Berikut ragam resep makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak, seperti: 

1. Bubur Hati Ayam Wortel

Bahan yang diperlukan:

  • Nasi putih secukupnya. 

  • 15 gram wortel. 

  • 15 gram hati ayam, cincang halus. 

  • 10 gram brokoli. 

  • 1 siung bawang merah dan bawang putih. 

  • 1 lbr daun salam. 

  • 200 ml kaldu ayam.

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak di atas wajan, lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai aromanya keluar. 

  2. Masukkan hati ayam dan masak sampai matang. 

  3. Tuang kaldu ayam, lalu masak sampai mendidih. 

  4. Masukkan nasi putih, wortel, dan brokoli, kemudian aduk-aduk sampai teksturnya menjadi bubur. 

  5. Bila perlu, Bunda bisa menghaluskan bubur dengan menyaringnya atau blender hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.

2. Bubur Tim Ikan Kembung dan Bayam

Bahan yang diperlukan: 

  • Nasi putih secukupnya. 

  • 10 gram (1 sdm) ikan kembung, haluskan. 

  • 20 gram bayam, iris tipis. 

  • 1 siung bawang merah dan bawang putih. 

  • 200 ml air matang. 

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai aromanya keluar. 

  2. Masukkan ikan dan bayam. 

  3. Tambahkan air matang, lalu aduk sampai menjadi bubur.

  4. Saring atau blender hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.

3. Nasi Tim Telur Daging Sapi

Bahan yang diperlukan:

  • 15 gram beras putih. 

  • 15 gram daging sapi cincang. 

  • 1 butir telur. 

  • 10 gram brokoli. 

  • 1 siung bawang merah dan bawang putih.

Cara membuat: 

  1. Tim beras putih dengan air matang secukupnya, masak sampai teksturnya lembut. 

  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai aromanya keluar. 

  3. Masukkan daging sapi, telur, dan brokoli, lalu masak sampai matang. 

  4. Blender atau saring semua bahan tersebut, bila perlu untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan. 

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak beserta ide menu resep yang bisa dicoba. Jadi, jangan lupa untuk selalu memberikan makanan bernutrisi agar dapat membantu si Kecil mencapai potensi kecerdasan yang optimal.

Baca Juga: Cara Menyimpan dan Menghangatkan MPASI yang Benar

Jangan lupa juga untuk kunjungi Diary Generasi Maju untuk mendapatkan berbagai informasi, panduan, dan fitur untuk maksimalkan tumbuh kembang si Kecil, lho! Yuk, kunjungi sekarang juga, Bun!

Referensi:

  1. ‌Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Kemkes.go.id. https://www.kemkes.go.id/article/print/18032900001/sumber-protein-bukan-hanya-susu.html
  2. Krueger, A. (2013, May 30). 7 Brain Foods for Kids. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/add-adhd/childhood-adhd/features/brain-foods-kids
  3. ‌Jeanie Lerche Davis. (2008, June 4). Top 10 Brain Foods for Children. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/brain-foods-for-children
  4. ‌Kubala, J. (2021, April 12). 9 Brain Foods for Kids. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/brain-food-for-kids#2.-Berries
  5. ‌Albert, J. (2015, February 25). 10 Foods That Will Boost Your Baby’s Brainpower. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/foods-that-will-boost-your-babys-brainpower_00329675/
  6. ‌IDAI | Pastikan Bayi Anda Cukup Zat Besi? (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pastikan-bayi-anda-cukup-zat-besi
  7. ‌Bouchez, C. (2007, October 16). How to Raise a Smart Baby. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/brain-development
  8. ‌When Can Babies Eat Yogurt? - First Foods for Babies - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/yogurt/
  9. ‌Parents. (2015). 50 Simple Ways to Make Your Baby Smarter. Parents. https://www.parents.com/baby/development/intellectual/50-simple-ways-to-make-your-baby-smarter-0/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline