Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 6 Bulan ke 7 Bulan dan Stimulasinya

Perkembangan Bayi 6 Bulan ke 7 Bulan dan Stimulasinya

Perkembangan Bayi 6 Bulan ke 7 Bulan dan Stimulasinya

 

Perkembangan bayi 6 bulan ke 7 bulan ditunjukkan dengan kemampuan si Kecil yang semakin pesat. Lalu, apa saja stimulasi yang dapat Bunda berikan menuju usia 7 bulan?

Bagaimana Perkembangan Bayi 6 Bulan Menuju 7 Bulan?

Menuju bulan ke-7, bayi sudah bisa merangkak dan mulai tumbuh gigi. Kemudian, apa lagi yang terjadi jelang usia 7 bulan ini?

1. Merangkak dan Merayap

Perkembangan bayi 6 bulan menuju 7 bulan ditandai dengan kemampuan si Kecil yang semakin mahir dalam merangkak, berguling-guling, dan merayap. 

Ia juga akan menggeser tubuhnya dalam posisi tengkurap dengan perut menyentuh lantai. 

Mengingat si Kecil yang sudah semakin aktif menjelajah, Bunda perlu memastikan area yang aman guna mendukung gerakannya.

2. Duduk Sendiri Tanpa Disangga

Jelang usia 7 bulan, bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa disangga bantal atau bersandar pada tubuh Bunda. 

Walau begitu, Bunda bisa tetap menempatkan bantal ataupun penyangga di belakang tubuh si Kecil ketika ia sedang belajar duduk dan bermain.

3. Pintar Mengoceh

Perkembangan bayi 6 bulan ke 7 bulan juga ditunjukkan dengan kemampuannya mengoceh. Kini, ia sudah bisa mengoceh “ga-ga-ga-ga”, “ya-ya-ya”, “ma-ma-ma”, “bbbbb”, atau “mmm”. 

Bayi juga sudah bisa tertawa terbahak-bahak saat Bunda mengajaknya bercanda atau bicara.

4. Mulai Memahami Kata

Menuju usia 7 bulan, bayi sudah bisa memahami kata-kata yang diucapkan orang tuanya. Contoh, paham kata “jangan” dan “tidak boleh” meski ia mungkin tidak akan patuh sepenuhnya.

Selain itu, bayi sudah dapat memperlihatkan berbagai ekspresi wajah menggemaskan sebagai caranya berkomunikasi. Misalnya, tersenyum lebar, cemberut, kecewa, ataupun kesal. 

Baca Juga: Apakah Normal Bila Bayi Usia 6 Bulan Belum Bisa Berdiri Tegak?

5. Tumbuh Gigi

Antara usia 5 bulan sampai 7 bulan, Bunda mungkin mendapati ada gigi yang muncul.

Supaya nyaman, berikan buah potong dingin untuk bantu mengurangi rasa nyeri karena bayi tumbuh gigi

6. Mengambil dan Memegang Benda

Perkembangan bayi 6 bulan ke 7 bulan ditunjukkan dengan kemampuannya dalam mengambil dan meraih benda menggunakan satu tangan, dan mengopernya ke tangan lain. 

Tak berhenti sampai di situ, sekarang ia sudah mantap memegang sippy cup, juga menggunakan sendok. 

Jari telunjuk dan ibu jarinya pun sudah dapat mengambil objek kecil seperti makanan seukuran genggaman jari (finger food). 

7. Kenal Wajah Orang-orang Terdekatnya

Dari bulan ke-6 menuju ke-7, bayi mulai kenal wajah orang-orang terdekat yang sering dilihatnya. Ia pun mulai nyaman berinteraksi dengan kakek, nenek, om, dan tante. 

Namun, saat bertemu dengan orang asing di luar yang biasa ia temui, ia mungkin masih merasa takut, bahkan menangis. 

Tak perlu khawatir, itu karena si Kecil butuh waktu untuk “berkenalan” dan beradaptasi dengan orang-orang yang jarang ditemui sehari-hari. 

Baca Juga: Perkembangan Motorik Bayi dari Bulan ke Bulan

8. Takut Pisah dari Bunda 

Di rentang usia ini, bayi ingin “menempel” terus dan sulit berpisah dari Bunda. Alhasil, ia akan menangis apabila Bunda meninggalkannya walaupun sebentar.

Untuk mengatasinya, Bunda bisa berikan pelukan dan ciuman hangat pada si Kecil sebelum pergi meninggalkannya. 

Bunda juga bisa tahu lebih banyak mengenai capaian perkembangan bayi bulan ini dan bulan-bulan selanjutnya melalui fitur Panduan Tumbuh Kembang Anak

Bagaimana Cara Memaksimalkan Perkembangan Bayi 6 Bulan?

Agar perkembangan bayi 6 bulan ke 7 bulan berjalan optimal, Bunda bisa lakukan berbagai hal di bawah ini:

1. Ajak Ngobrol

Cara memaksimalkan perkembangan dari usia 6 menuju bayi 7 bulan bisa dengan sering-sering ajak ngobrol. 

Bunda bisa ajak bicara sambil bercerita tentang aktivitas sehari-hari. Berikan respon seekspresif mungkin bila si Kecil mengeluarkan ocehan. 

2. Sering Ajak Bermain

Bunda bisa sering-sering ajak si Kecil bermain. Misalnya, pancing bayi dengan meletakkan mainan di luar jangkauannya, lalu minta ia untuk mengambilnya. 

Ajak juga si Kecil untuk bermain cilukba, atau main sembunyi dan temukan benda. 

Baca Juga: Ragam Ide Aktivitas untuk Stimulasi Bayi 6 Bulan

3. Bacakan Buku Cerita

Membacakan buku cerita juga dapat menjadi cara memaksimalkan perkembangan bayi 6 bulan ke 7 bulan. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya.

Bunda bisa pilih buku ukuran besar yang penuh warna, buku dengan gambar timbul, atau buku bergambar ilustrasi dengan tekstur. 

Walaupun bayi belum dapat membolak-balikkan halaman buku. Aktivitas ini dapat menjadi momen bonding yang tepat antara Bunda dan si Kecil.

4. Latihan Merangkak dan Duduk

Bunda bisa meletakkan beberapa mainan di luar jangkauannya untuk melatih bayi merangkak. Pastikan ia mau bergerak ke arah mainan menggunakan kedua tangan dan lututnya. 

Jika si Kecil sudah jago merangkak, coba dudukkan bayi di kursi menggunakan bantal supaya ia tidak jatuh ke belakang. 

Selanjutnya, biarkan bayi duduk di lantai tanpa diberi bantal atau penyangga. 

5. Main Cilukba

Bermain cilukba dapat melatih pemahaman bayi bahwa sesuatu yang tidak terlihat tidak hilang permanen, melainkan hanya tidak terlihat. 

Bunda bisa melakukan permainan ini dengan buat bayi fokus terhadap Bunda, memanfaatkan gorden jendela rumah, atau menyembunyikan mainan favoritnya, untuk bermain cilukba. 

6. Ajarkan Cara Makan Sendiri

Di usia 6 bulan, si Kecil bukan hanya sudah bisa diperkenalkan MPASI untuk dukung tumbuh kembangnya. Pada waktu ini, Bunda juga dapat mulai mengajarkannya makan sendiri. 

Mula-mula, coba beri biskuit bayi atau buah segar dalam potongan kecil-kecil supaya ia bisa menggenggam dan memasukkannya ke dalam mulut. 

Apabila sudah terbiasa, coba ajarkan si Kecil untuk memegang sendok makannya. 

7. Pancing dengan Mainan

Bunda bisa meletakkan beberapa mainan di luar jangkauan bayi untuk melatihnya meraih mainan. 

Gerak-gerakkan atau bunyi-bunyikan mainan tersebut depan si Kecil sambil mengajaknya bicara supaya ia mau mengambil mainan tersebut. 

Langkah ini juga dapat bantu meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan penglihatan bayi. 

Itu dia perkembangan bayi 6 bulan ke 7 bulan dan cara memaksimalkan tumbuh kembangnya yang perlu Bunda ketahui.

Terus pantau perkembangan si Kecil setiap bulan dan stimulasi yang dibutuhkannya supaya dapat tumbuh optimal bersama Generasi Maju.

Referensi: 

  1. Masters, M. (2018, December 27). 7-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-7.aspx#section-symptoms
  2. 6-7 months: baby development. (2024, February 27). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/6-7-months#
  3. Watson, S. (2009, October 21). Baby Development: Your 7-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-7-month-old
  4. Your baby’s growth and development - 7 months old. (2023, April 3). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-7-months-old
  5. Verywell. (2022). Does My Baby Recognize Me? Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/when-babies-recognize-parents-5218236#toc-does-my-baby-recognize-me
  6. The Bump Editors. (2022, June 8). 6-Month-Old Baby. Thebump.com; The Bump. https://www.thebump.com/baby-month-by-month/6-month-old-baby
  7. Baby milestones: seven to 12 months. (2022). BabyCenter. https://www.babycentre.co.uk/a6477/baby-milestones-seven-to-12-months

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut