Facebook Pixel Code Umur Berapa Bayi Bisa Melihat? Ini Tahapan dan Stimulasinya

Umur Berapa Bayi Bisa Melihat? Ini Tahapan dan Stimulasinya

Umur Berapa Bayi Bisa Melihat? Ini Tahapan dan Stimulasinya

 

Di umur berapa bayi bisa melihat? Yuk, ketahui seperti apa tahapan perkembangan penglihatan bayi dan cara stimulasinya, serta ciri-ciri gangguan penglihatan yang perlu diwaspadai!

Umur Berapa Bayi Bisa Melihat?

Bayi sudah bisa melihat sejak hari pertama dilahirkan, tapi pandangannya masih buram dan kabur sampai 40 hari pertama. Bayi bisa melihat dengan jelas dan fokus di usia 12 bulan.

Di umur 12 bulan, bayi juga sudah bisa fokus melihat objek yang bergerak cepat, melihat detail halus lebih baik, dan mulai melihat variasi warna dalam spektrum lebih luas. 

Tahapan Perkembangan Penglihatan Bayi

Memantau umur berapa bayi bisa melihat penting agar Bunda tahu progresnya sudah sesuai jalur atau ada masalah yang perlu dikonsultasikan. Berikut tahapan perkembangannya:

1. Penglihatan Bayi Usia 0-3 Bulan

Penglihatan bayi di 4 minggu pertama masih sangat samar-samar dan ia hanya bisa melihat dalam warna hitam, putih, dan abu-abu.

Jarak pandang bayi baru lahir juga masih pendek, hanya sekitar 20-25 cm dari wajahnya. Jarak ini sama jauhnya dengan jarak antara Bunda dan bayi saat menyusui.

Di usia 2 bulan sampai 3 bulan, mata bayi sudah bisa mengikuti gerakan objek dan melihat wajah yang dikenali. Ia juga mulai lebih baik membedakan warna-warna primer yang cerah.

2. Penglihatan Bayi Usia 4-6 Bulan

Di bulan ke-4, bayi sudah bisa melihat dengan lebih tajam dan mulai bisa membedakan kontras warna yang lebih lembut. Matanya juga bisa bergerak mengikuti benda dan orang di sekitarnya.

Setelah usia 5 bulan, bayi sudah mulai bisa mengikuti gerakan benda yang besar dan cepat, seperti bola yang menggelinding atau menoleh ketika sadar ada kucing yang berlari di dekatnya. 

Memasuki usia 6 bulan, koordinasi tangan dan mata bayi jauh meningkat Jadi, kadang ia akan mencoba menatap suatu objek sebentar, lalu perlahan coba meraihnya. 

Baca Juga: Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja?

3. Penglihatan Bayi Usia 7-9 Bulan

Rata-rata perkembangan penglihatan bayi di bulan ke-7 tak jauh berbeda dari usia 6 bulan, di mana ia mampu melihat objek dalam bentuk 3 dimensi (panjang, lebar, kedalaman).

Bayi juga akan semakin senang melihat wajah orang tuanya dengan lebih jelas. Namun, mereka mungkin juga tertarik melihat buku yang memperlihatkan benda-benda dikenalnya.

Di umur 9 bulan, bayi sudah bisa melihat dari jarak dekat dan jauh dengan lebih baik. Ia bahkan bisa memfokuskan pandangan pada objek yang bergerak cepat.

4. Penglihatan Bayi Usia 10-12 Bulan

Mulai umur 10 bulan, bayi mulai bisa menilai jarak dengan cukup baik. Di usia 12 bulan, bayi bisa melihat dunia sekitarnya sebaik penglihatan orang dewasa normal. 

Bayi usia 12 bulan sudah bisa melihat mana benda yang jauh dan dekat darinya. Jadi, bayi juga akan dapat mengenali orang-orang yang dia kenal datang dari kejauhan.

Ia juga mungkin mulai suka melihat benda dengan bagian yang bisa bergerak, dan akan menghabiskan waktu menatap dan memainkan benda-benda ini untuk mencoba cari tahu cara kerjanya.

Bunda juga bisa memantau lebih jauh soal perkembangan bayi setiap bulannya melalui tools Panduan Tumbuh Kembang, lho!

Baca Juga: Umur Berapa Bayi Bisa Bicara? Ini Cara Deteksi Speech Delay pada Bayi

Cara Stimulasi Penglihatan Bayi

Setelah mengetahui umur berapa bayi bisa melihat jelas, sekarang saatnya Bunda memberikan stimulasi yang tepat untuk melatih penglihatan bayi, seperti:

  • Di usia 1 bulan, bantu ia mengenali wajah dan ekspresi Bunda dengan sering-sering mengganti posisi menyusu. 

  • Berikan mainan bayi dengan warna hitam dan putih dipadu warna primer, seperti biru, kuning, dan merah ketimbang warna pastel. 

  • Sering bicara dengan bayi seraya menunjukkan ekspresi wajah menyenangkan.

  • Ajak si Kecil jalan-jalan ke luar rumah untuk melihat hewan, tumbuh-tumbuhan, pepohonan, atau kendaraan yang lalu-lalang.

  • Ajak si Kecil bermain cilukba untuk melatih bayi paham bahwa objek akan terus ada meski tidak terlihat.

  • Gantungkan mainan yang berbunyi, berwarna terang, atau yang memancarkan cahaya di atas tempat tidur, atau di dekat si Kecil saat ia belajar tengkurap.

Sebagai catatan, jika si Kecil terlahir prematur sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum melakukan stimulasi di atas. Penglihatan bayi prematur justru perlu dilindungi dari paparan cahaya terang untuk sementara.

Baca Juga: 14 Ide Aktivitas untuk Stimulasi Bayi 6 Bulan

Ciri-Ciri Bayi Tidak Bisa Melihat

Mengetahui umur berapa bayi bisa melihat jelas dapat menjadi patokan perkembangan bayi, sekaligus mengantisipasi risiko gangguan yang mungkin terjadi, seperti:

  • Kelopak mata merah atau berkerak.

  • Pupil jadi berwarna putih, keabu-abuan, atau kuning.

  • Salah satu atau kedua mata tidak sama pergerakannya, secara terus-menerus.

  • Cenderung sangat sensitif terhadap paparan cahaya.

  • Saat melihat sesuatu, bayi suka memiringkan kepalanya di satu sisi saja. Ini bisa jadi karena satu mata berkembang lebih cepat dibanding sebelahnya.

  • Mata terus melotot.

  • Bayi terus menyentuh mata tanda gatal atau iritasi.

Segera pergi ke dokter anak jika terlihat ciri-ciri bayi tidak bisa melihat atau perkembangan indranya tidak membaik, ya!

Bunda juga bisa bertanya langsung ke Sahabat Bunda Generasi Maju jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar tumbuh kembang bayi dan stimulasinya.

 

Referensi:

  1. Timmons, J. (2019, December 6). When Do Newborn Babies Start to See? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/when-do-newborns-start-to-see
  2. Rodgers, L. (2018, February 6). When Do Babies Play Peekaboo? What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/peek-a-boo/#timing
  3. Verywell. (2022). Tips for Developing Your Baby’s Visual Tracking Skills. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/baby-vision-developing-visual-tracking-skills-284476
  4. IDAI | Merangsang Fungsi Penglihatan pada Bayi ( Bagian I). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/merangsang-fungsi-penglihatan-pada-bayi-bagian-i
  5. IDAI | Perawatan Bayi Baru Lahir. (2014). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/perawatan-bayi-baru-lahir
  6. Parents. (2023). Understanding Your Baby’s Developing Vision. Parents. https://www.parents.com/baby/development/physical/understanding-your-babys-developing-vision/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut