Facebook Pixel Code 10 Mainan Bayi 6 Bulan untuk Optimalkan Perkembangannya

10 Rekomendasi Mainan Bayi 6 Bulan untuk Stimulasi Perkembangannya

10 Rekomendasi Mainan Bayi 6 Bulan untuk Stimulasi Perkembangannya

Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain. Jadi, pilihan mainan yang Bunda berikan juga akan berperan besar untuk mendukung tumbuh kembangnya. Memberikan mainan yang tepat dapat membantu melatih keterampilan motorik, kognitif, serta sensorik si Kecil. Lantas, apa saja jenismainan yang bagus untuk bayi 6 bulan? 

Simak berbagai rekomendasi mainan untuk bayi 6 bulan sekaligus tips memilihnya!

Bayi 6 Bulan Sudah Bisa Apa Saja?

Sebelum mengetahui jenis mainan yang tepat untuk si Kecilusia 6 bulan, Bunda perlu tahu seperti apa perkembangan bayi pada rentang usia ini.

Lantaran, mainan yang Bunda berikan idealnya mesti sesuai dengan usia bayi dan mengikuti milestone yang sudah ia capai di setiap bulan agar bisa sejalan dengan tumbuh kembangnya. Sebab, tidak semua mainan cocok untuk dimainkan bayi.

Jika tidak sesuai usia atau tahapan, maka mainan hanya sekadar dimainkan sembarangan tanpa arah, alias tidak ada unsur edukatifnya untuk mendapatkan hasil yang optimal pada perkembangan anak. Sementara kalau Bunda memberikan mainan yang susah, si Kecil tentu akan kesulitan memainkannya dan akhirnya malah tidak mau bermain.

Maka itu, stimulasi apa pun yang diberikan ke si Kecil sebaiknya sudah disesuaikan dengan kemampuan di usianya, ya!

Nah, berikut ini perkembangan bayi pada usia 6 bulan sehingga Bunda tidak akan keliru memberikan stimulasi sesuai usianya:

  • Sudah mulai babbling, ia akan meniru suara yang dia dengar, seperti “da”, “ma”, atau “oh”.

  • Mulai mengenal wajah orang di sekitarnya, meraih, menggenggam mainan, lalu akan segera merangkak.

  • Tampak senang dan menanggapi emosi orang lain.

  • Bisa membedakan wajah orang yang dikenalnya.

  • Menanggapi dan mengenali namanya ketika dipanggil.

  • Mulai menyatukan bunyi vokal dan suara konsonan.

  • Si Kecil mulai bisa duduk tanpa sandaran.

  • Bisa berguling di kedua arah.

Menurut Psikolog klinis Daniel Marston, PhD, ABPP, mainan untuk bayi 6 bulan sebaiknya yang bisa merangsang rasa penasaran dan keterampilan motoriknya karena di usia ini pergerakannya sudah semakin dinamis. Jadi, sebagai contoh, Bunda sebaiknya memberikan mainan yang merangsang si Kecil untuk meraih atau mengejar mainan. 

Sembari bermain, ajak anak terus berkomunikasi dengan memberikan pengertian yang benar. Misalnya, permainan menyusun ring donat. 

Contohkan pada si Kecil untuk memasukkan donat yang berukuran paling besar melalui ujung cone sambil memberikan pengertian bahwa benda-benda yang besar lebih dululah yang bisa masuk. Ketika si Kecil mencoba memasukkan ring donat yang kecil, beri tahu bahwa urutannya kurang tepat dan harusnya dimulai dari yang ukurannya besar lebih dulu. 

Anak di bawah setahun memorinya hanya bertahan 24-36 jam, Bun. Jadi tiap kali diajak bermain sebaiknya terus diajak ngobrol dan diberi pengertian. Tanpa pengulangan, memori jangka panjang tidak akan tercipta.

Baca Juga: 13 Ide Aktivitas untuk Stimulasi Bayi 6 Bulan

Rekomendasi Mainan yang Bagus untuk Bayi 6 Bulan

Pada usianya yang sudah 6 bulan, si Kecil akan mulai mengoceh, duduk sendiri, bahkan makan makanan padat. Untuk mendukung pencapaiannya di usia 6 bulan ini, Bunda bisa memberikan mainan yang bagus untuk menstimulasi keterampilannya, seperti:

1. Boneka Anjing Pintar

Mainan bayi 6 bulan ini merupakan boneka yang bisa bernyanyi, bermain, dan menari. Biasanya, boneka anjing pintar dilengkapi dengan mode untuk diam. 

Jadi, Bunda bisa mengatur kapan si Kecil akan berhenti memainkan boneka anjing pintar. Dengan memainkan mainan ini, si Kecil bisa belajar tentang kata pertamanya, angka, dan warna.

2. Mainan Piring Tumpuk

Mainan bayi 6 bulan ini terdiri cangkir dengan warna-warna yang cerah akan membantu si Kecil untuk menumpuk dan menuangkan. Biasanya, setiap cangkir mempunyai variasi lubang yang berbeda di bagian bawah.

Nantinya, si Kecil bisa bermain dengan lebih seru karena ia bisa mengisinya dengan air atau pasir, lalu melihatnya menetes.

Bermain mainan ini, bisa membantu si Kecil belajar untuk membedakan berbagai warna yang berbeda.

3. Kaca Mainan

Dengan kaca mainan, waktu tengkurap atau tummy time jauh lebih menyenangkan. Mainan ini mudah dipasang di mana saja, salah satunya di lantai.

Jika kaca mainan dilengkapi dengan objek, seperti kepik maka si Kecil bisa berusaha untuk bermain dengan kepik itu. Wah, seru sekali ya, Bu!

Tidak hanya itu, mainan untuk bayi usia 6 bulan ini juga akan membantu si Kecil meningkatkan penglihatannya yang sedang berkembang.

4. Bola Sensorik

Permainan bola sensorik bisa membantu si Kecil untuk menggelinding, mencengkram, melempar, dan memantul. Mainan bayi 6 bulan ini memiliki warna yang beragam dan teksturnya mudah digenggam oleh si Kecil.

Permainan bola sensorik memiliki desain warna cerah sehingga mainan ini sangat serbaguna untuk anak-anak dari segala usia. 

5. Bola Gelembung yang Mengapung

Permainan ini bisa dipakai si Kecil saat sedang mandi. Setiap bolanya mempunyai cincin bertekstur di bagian luar dan mainan menyenangkan yang di dalamnya bisa bergetar dan berputar. 

Mainan ini bisa merangsang indra peraba, penglihatan, dan pendengaran bayi.

Bola gelembung yang mengapung ini tampak lebih menarik untuk dimainkan karena di dalamnya ada berbagai bentuk karakter lucu, seperti kura-kura, kerang, atau pinguin.

Baca Juga: 9 Cara Stimulasi agar Bayi Cepat Duduk dan Merangkak

6. Mainan Menyusun Bola Cincin

Permainan menyusun bola cincin bisa mendukung kemampuan koordinasi tangan-mata hingga merasakan tekstur baru. Mainan untuk bayi 6 bulan ini hadir dengan delapan cincin berukuran berbeda dan bisa mendukung keterampilan motorik halus si Kecil.

Tekstur yang beragam pada permainan ini juga bisa mendukung si Kecil yang sedang tumbuh gigi, membantu mengembangkan koordinasi tangan-mata, dan keterampilan motorik halusnya.

7. Mainan Kubus

Walaupun sejumlah bayi berusia 6 bulan belum bisa jalan, di usianya ini ia senang melatih keterampilan duduk dan merangkak. Maka itu, mainan kubus bisa menjadi pilihan yang bagus untuk bayi usia 6 bulan.

Si Kecil bisa menikmati kelima sisi kubus sambil duduk di lantai, bergeser, atau merangkak ke arah kubus. Permainan ini mampu mendukung keterampilan motorik si Kecil.

8. Mainan Kerincing

Mainan kerincing dilengkapi dengan tekstur yang menyenangkan, sehingga tepat untuk memperkenalkan pembelajaran taktik. Biasanya, mainan ini dilengkapi dengan lampu.

Mainan kerincing ini bisa digunakan untuk menstimulasi pendengaran dengan beberapa lampu berwarna yang mendorong keterampilan visual si Kecil.

9. Buku Kain

Buku sangat penting dikenalkan mulai dari usia 6 bulan. Kenapa? Karena pada usia ini, si Kecil bisa sangat ahli meniru kegiatan Mama dalam membaca buku.

Maka itu, Bunda bisa memberikan buku yang tahan kunyah, sobek, dan tidak beracun untuk dimainkan oleh si Kecil. Alternatif buku yang bisa digunakan bisa terbuat dari kain.

10. Matras Piano Mainan

Mainan bayi 6 bulan ini sangat interaktif untuk tumbuh kembang si Kecil dengan berbagai fase, mulai dari berbaring, telentang, tengkurap, hingga duduk.

Matras ini mempunyai lima tuts piano yang menyala, lengkungan mainan yang bisa diposisikan ulang, dan empat pengaturan musik supaya selalu tetap beralur.

Dengan permainan ini, si Kecil bisa mengeksplorasi berbagai pengaturan sensorik, penemuan, bahkan eksplorasi.

Itulah berbagai contoh mainan untuk bayi usia 6 bulan, Bu. Kira-kira mana yang Ayah dan Bunda pilih untuk si Kecil? Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mainan anak dan tetap mengawasinya ketika ia bermain, ya!

Perlu diingat juga, Bun, bahwa setiap bayi berkembang dengan kecepatannya sendiri. Ada yang bisa belajar cepat, tapi ada juga yang butuh waktu lebih sampai ia merasa lebih percaya diri dengan keterampilan barunya.

Jadi, yang perlu Ayah dan Bunda lakukan adalah terus mengawasi setiap perkembangan si Kecil dan berikan stimulasi yang tepat agar perkembangannya terus maju ke arah yang positif sesuai usianya. 

Bunda juga bisa memantau apakah perkembangan si Kecil sudah sesuai dengan usianya atau belum dengan mengunduh E-Book Catatan Perkembangan Anak secara gratis.

Referensi:

  • “Your Baby’s Developmental Milestones at 6 Months.” Www.unicef.org, www.unicef.org/parenting/child-development/your-babys-developmental-milestones-6-months#:~:text=At%206%20months%2C%20your%20baby.

  • https://www.facebook.com/verywell. “The 6 Best Developmental Toys for 6 Month Olds of 2019.” Verywell Family, 2019, www.verywellfamily.com/best-developmental-toys-for-6-month-olds-4169712.

  • Perry, Christin. “The Best Toys for 6-Month-Olds, according to Experts.” Www.thebump.com, 1 Nov. 2022, www.thebump.com/a/best-toys-for-6-month-old.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline