Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 4 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Perkembangan Bayi 4 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Perkembangan Bayi 4 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

 

Usia 4 bulan adalah masa yang menyenangkan karena si Kecil sudah bisa diajak interaksi. Apa lagi perkembangan bayi 4 bulan yang patut diperhatikan? Waspadai juga tanda-tanda keterlambatannya, ya!

Perkembangan Bayi 4 Bulan 

Di usia ini, bayi umumnya sudah bisa tersenyum pada orang yang menarik perhatiannya. Lalu, apa saja yang sudah bisa dilakukan bayi usia 4 bulan?

1. Berguling untuk Tengkurap

Bayi 4 bulan sudah bisa berguling sendiri dari posisi telentang ke tengkurap ataupun sebaliknya, karena otot-otot perut dan tangannya sudah kuat.

Saat tengkurap, bayi juga sudah bisa mengangkat dan menahan kepalanya sedikit untuk melihat ke atas.

Jika bayi 4 bulan belum bisa tengkurap, jangan dulu khawatir karena ini baru permulaan bayi belajar tengkurap.

2. Menendang Benda

Tidak hanya tangan dan perut, otot kakinya juga sudah semakin kuat seiring bertambahnya usia.

Ketika dalam posisi telentang, bayi sudah dapat meluruskan kakinya sendiri. Kemudian, kakinya sudah bisa mendorong atau menendang benda yang ada di dekatnya. 

3. Meraih dan Memegang Benda

Dari segi keterampilan motorik, perkembangan bayi 4 bulan juga ditandai dengan koordinasi tangan, kaki, dan mata yang sudah semakin baik. 

Bayi 4 bulan sudah bisa melihat mainan atau benda di sekitar yang menarik perhatian, kemudian bergerak mendekat untuk meraih dan memegangnya. 

Selain itu, si Kecil juga sudah bisa menggoyangkan mainan kerincingan favoritnya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Bayi 4 Bulan Cerdas dan Cara Stimulasinya

4. Memasukkan Benda ke Mulut

Bayi 4 bulan sudah bisa memegang benda menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seolah mencapit. Tak jarang ia juga akan memasukkan benda di sekitarnya ke dalam mulut. 

Maka Bunda perlu lebih jeli lagi pantau gerak-gerik si Kecil. Jauhi barang-barang yang berpotensi bahaya bagi si Kecil, seperti gelas dan piring beling, pisau, jarum, pensil, atau mainan berukuran kecil.

5. Mulai Berceloteh

Perkembangan bayi 4 bulan semakin sering berceloteh sepatah dua patah kata. Ia akan coba berceloteh apa pun sebagai bentuk respon terhadap orang yang mengajaknya bicara. 

Saat namanya dipanggil oleh Bunda dan Ayah, si Kecil akan menoleh sambil tersenyum berseri-seri.  

Bayi bisa tersenyum berseri-seri saat diajak bercanda dan mengobrol, serta ketika melihat wajah orang yang dikenalnya. 

6. Meniru Kata-Kata

Tak hanya berceloteh, terkadang si Kecil akan meniru kata-kata yang biasa didengarnya dengan memperhatikan gerakan bibir orang lain. Seperti ‘ooo’, ‘aaaah’, ‘ma-ma’, dan ‘da-da’. 

Untuk menstimulasi kemampuan bicaranya, Bunda bisa melatih dengan mengajaknya komunikasi dengan mengucapkan kata-kata sederhana. Misalnya, ‘mama’, ayah, ‘papa’, atau ‘kakak’. 

Baca Juga: Umur Bayi Bisa Bicara dan Cara Deteksi Keterlambatan Bicara 

7. Mengenali Warna 

Memasuki usia 4 bulan, perkembangan penglihatan bayi sudah jauh lebih baik. Bayi sudah bisa melihat dan membedakan warna merah, biru, kuning, dan hijau. 

Bunda bisa melatih bayi 4 bulan dengan berikan benda warna-warni, misalnya buku, bola, mainan, pakaian, dan kancing baju dengan lebih dari 2 jenis warna untuk mempertajam penglihatannya.

8. Mengikuti Benda Bergerak

Tidak hanya mengenal warna, penglihatan si Kecil sudah semakin tajam sehingga bisa mengikuti mainan bergerak. Ia juga bisa melihat pergerakan orang yang berada di seberang ruangan. 

9. Menunjukkan Ekspresi 

Dari sisi keterampilan sosial dan emosional, perkembangan bayi 4 bulan sudah bisa menunjukkan berbagai ekspresi. 

Bayi usia 4 bulan sudah bisa menunjukkan ekspresi wajah kesal, ingin marah, dan frustasi bila Bunda menghentikan waktunya untuk bermain, atau bila Bunda tidak memenuhi keinginannya saat itu. 

10. Belajar Duduk

Bayi umur 4 bulan boleh mulai belajar duduk. Bayi akan belajar duduk dengan memiringkan badannya terlebih dahulu. Kemudian, menopang tubuh untuk bangun dan duduk menggunakan lengan.

Namun, Bunda masih harus menopang punggungnya dengan bantal setelah ia berhasil duduk agar ia tidak menggelongsor jatuh.

Bunda juga dapat mengetahui perkembangan bayi dari bulan ke bulan dan tips mengoptimalkannya melalui tools Panduan Tumbuh Kembang. Yuk, coba sekarang, gratis! 

Waspada Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan Bayi

Setiap bayi akan melewati proses tumbuh kembang yang berbeda-beda. Terkadang, Bunda perlu melakukan berbagai stimulasi untuk bayi bisa berjalan optimal. 

Meski demikian, Bunda perlu waspada apabila:

  • Bayi 4 bulan belum bisa bereaksi sama sekali saat melihat wajah Bunda atau Ayah. 
  • Bayi 4 bulan belum bisa merespon saat mendengar suara Ayah dan Bunda.
  • Bayi 4 bulan belum bisa mengeluarkan suara apa pun.

Tanda-tanda keterlambatan lain yang juga harus diwaspadai seiring waktu adalah:

  • Tidak tertarik dengan benda atau suara apa pun di sekitarnya.
  • Membuka jari-jari tangan atau menendang. 
  • Sering menekuk kedua kaki. 
  • Tidak merasa kaget saat mendengar bunyi atau suara keras.
  • Merasa tidak gembira, atau gelisah.

Maka, Bunda perlu segera berkonsultasi ke dokter apabila si Kecil memperlihatkan salah satu atau berbagai tanda tersebut.

Baca Juga: Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap Normalkah?

Perkembangan Bayi 4 Bulan Menuju 5 Bulan

Di usia 4 bulan menuju 5 bulan, bayi akan lebih sering menggulingkan tubuh dari posisi tengkurap ke telentang dan sebaliknya. 

Mereka semakin responsif terhadap suara dan mampu mengenali suara orang tua serta merespons dengan tawa atau suara gembira. 

Pada usia ini pula, tangisan bayi akan semakin berkurang. Bayi 4 bulan menuju 5 bulan akan mulai memperlihatkan ekspresi yang beragam, seperti marah, kesal, senang, atau frustrasi. 

Selanjutnya, seperti apa perkembangan bayi di usia 5 bulan nanti? Yuk, perhatikan terus tumbuh kembang si Kecil bersama Generasi Maju, Bun!

Referensi:

  1. Watson, S. (2009, October 20). Baby Development: Your 4-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-4-month-old
  2. Your baby’s growth and development - 4 months old. (2023, April 3). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-4-months-old
  3. Verywell. (2018). Your 2-Month-Old Baby’s Milestones & Development. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-2-month-old-baby-development-and-milestones-4171959
  4. 2-month-old baby: Development, Milestones & Growth. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/2-month-old-baby-milestones-and-development_717
  5. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG STANDAR ANTROPOMETRI ANAK. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf. 
  6. Help Me Grow MN. (2023). Helpmegrowmn.org. https://helpmegrowmn.org/HMG/HelpfulRes/EncourageHealthDev/4Months/index.html 
  7. CDC. (2023, January 20). Important Milestones: Your Baby By Four Months. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-4mo.html
  8. IDAI | Mengapa ASI Eksklusif Sangat Dianjurkan pada Usia di Bawah 6 Bulan. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/mengapa-asi-eksklusif-sangat-dianjurkan-pada-usia-di-bawah-6-bulan
  9. IDAI | ASI Eksklusif pada Ibu yang Bekerja. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/asi-eksklusif-pada-ibu-yang-bekerja
  10. IDAI | Air Susu Ibu dan Tumbuh Kembang Anak. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/air-susu-ibu-dan-tumbuh-kembang-anak
  11. Hirshlag, J. (2018, April 4). Your Guide to Well-Baby Visits. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/health-and-safety/well-baby-visits-guide/
  12. 4-5 months: baby development. (2022, December 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/4-5-months
  13. Movement Milestones: Babies 4 to 7 Months. (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Movement-4-to-7-Months.aspx

 

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut