Facebook Pixel Code 3 Penyebab Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap & Stimulasinya

Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap: Penyebab dan Stimulasinya

Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap: Penyebab dan Stimulasinya

 

Melihat bayi 4 bulan belum bisa tengkurap mungkin menimbulkan pertanyaan dalam benak Bunda, apakah ini normal? Yuk, baca informasi di bawah ini untuk ketahui cara stimulasinya!

Normalkah Bayi Usia 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap?

Wajar jika bayi 4 bulan belum bisa tengkurap, karena mulai di bulan inilah si Kecil baru akan belajar tengkurap dengan usahanya sendiri. 

Pada usia 4 bulan, bayi umumnya baru mulai belajar berguling dan mendorong dadanya ke atas menggunakan siku atau lengan bawah saat ditengkurapkan oleh Bunda.

Sebagian besar bayi 4 bulan juga baru mulai bisa menahan kepalanya tetap tegak saat ditengkurapkan, karena otot-otot leher dan torsonya kini sudah cukup kuat untuk menahan beban.

Penyebab Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap 

Ada banyak hal yang dapat memengaruhi kecepatan bayi belajar tengkurap, antara lain: 

1. Kurang Stimulasi

Untuk dapat tengkurap secara mandiri, bayi membutuhkan kesempatan untuk berlatih serta dukungan positif dari Bunda secara berkesinambungan. 

Jika bayi terbiasa dibaringkan tanpa diajak bermain atau diletakkan di kursi bayi, ia akan kehilangan kesempatan untuk bergerak dan melatih kekuatan ototnya. 

2. Bayi Terlahir Prematur

Bayi yang terlahir prematur umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengembangkan kemampuan fisik daripada bayi yang terlahir dengan normal. 

Sebab, saat terlahir sebenarnya organ tubuh si Kecil belum terbentuk secara sempurna. Perkembangan organ-organ tersebut akan disempurnakan setelah ia lahir. 

Namun Bunda tidak perlu terlalu khawatir ketika bayi 4 bulan belum bisa tengkurap, sebab lama-kelamaan mereka dapat mengejar  ketertinggalan tersebut. 

3. Keterlambatan Perkembangan Motorik

Bayi yang mengalami keterlambatan perkembangan umumnya cenderung akan lebih lambat  daripada teman-teman sebayanya untuk mencapai milestone perkembangan motorik, termasuk tengkurap sendiri.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Usia 4 Bulan Belajar Duduk?

Cara agar Bayi 4 Bulan Cepat Tengkurap

Untuk bantu bayi agar lebih cepat tengkurap, Bunda dapat melakukan stimulasi berikut secara rutin: 

1. Tengkurapkan Bayi (Tummy Time)

Tummy time sangat penting untuk mendukung perkembangan otot inti leher, punggung, dan bahu.

Selain itu, tummy time juga merupakan posisi sempurna yang dapat memberikan kesempatan pada bayi untuk belajar berguling.

Bunda bisa melakukannya dengan durasi singkat, yaitu 1-2 menit. Seiring kekuatan si Kecil yang meningkat, perlahan naikkan durasi tummy time antara 10-15 menit.  

2. Pasang Cermin di Depan Bayi

Melihat pantulan dirinya sendiri di cermin akan menarik perhatian si Kecil dan mempertahankan minatnya selama tummy time.

Untuk menstimulasi bayi yang belum memiliki kekuatan leher untuk mengangkat kepalanya, pasang cermin rendah sejajar mata bayi. 

Jika si Kecil sudah bisa menahan kepalanya tetap tegak saat ditengkurapkan, tempatkan cermin di sudut agak lebih tinggi. Agar ia terlatih mengangkat kepalanya lebih lama. 

Baca Juga: 12 Stimulasi Bayi 4 Bulan Terbaik untuk Tumbuh Kembangnya

3. Pancing dengan Mainan Menarik

Jika bayi 4 bulan belum bisa tengkurap sendiri, coba stimulasi lebih lanjut menggunakan mainan yang berwarna terang. 

Pegang mainan menarik di atas bayi yang sedang berbaring telentang, lalu gerakkan ke kanan dan ke kiri. Biarkan ia mengulurkan tangannya untuk meraih mainan tersebut.

Proses meraih mainan akan bantu bayi memindahkan tumpuan berat badannya dari satu sisi ke sisi yang lain hingga akhirnya bisa berguling ke posisi tengkurap tanpa bantuan. 

4. Tarik Perhatian Bayi dengan Mainan Bersuara

Gerakan kepala menoleh ke kanan dan ke kiri saat posisi tummy time maupun telentang ternyata akan diikuti oleh seluruh anggota badan si Kecil. 

Untuk memotivasi si Kecil agar menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri, Bunda bisa terlebih dahulu memegang mainan yang bersuara di depan si Kecil.

Kemudian, perlahan gerakkan mainan ke sisi kanan atau kiri kepala bayi, lalu letakkan. Biarkan ia mengikuti gerakan tangan Bunda dan mencari sumber suara dengan menggulingkan badan.

5. Membantu Bayi Berguling

Untuk memberikan contoh bagaimana caranya berguling, Bunda bisa memberikan dorongan pada badan bayi yang sedang dalam posisi telentang untuk membalik tubuh ke satu sisi.

Untuk menggulingkan bayi ke arah kiri, Bunda dapat menyilangkan kaki kanan bayi ke arah kiri dengan satu tangan. Gunakan tangan satunya untuk menyangga dada si Kecil. 

Setelah itu, balik tubuh si Kecil dengan sempurna. Biarkan ia tengkurap selama beberapa detik. Pada umumnya ia akan membalikkan badan ke posisi terlentang dengan sendirinya. 

Baca Juga: 10 Ciri Bayi 4 Bulan Cerdas dan Cara Stimulasinya

6. Ciptakan Lingkungan yang Aman 

Bunda perlu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan positif jika bayi 4 bulan belum bisa tengkurap.

Patikan tempat bayi belajar tengkurap sudah dialasi matras bermain atau karpet sehingga kepalanya tidak terbentur. Singkirkan juga bantal dan benda lain yang mungkin menghalangi. 

Bunda juga perlu menunjukkan mimik wajah ceria dan intonasi suara yang bersemangat ketika ia mulai belajar berguling. Jangan lupa juga untuk memuji usahanya membalikkan badan.  

Kapan Bayi Dikatakan Terlambat Tengkurap?

Pada umumnya bayi sudah bisa tengkurap sendiri dan membalikkan badannya kembali ke posisi telentang pada usia 6-7 bulan. 

Jadi jika bayi belum bisa tengkurap sendiri di umur 6-7 bulan, ini mungkin menandakan adanya gangguan perkembangan motorik atau masalah kesehatan tertentu. 

Untuk membantu Bunda mengamati proses pencapaian keterampilan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, Bunda bisa memanfaatkan tools Panduan Tumbuh Kembang. Gratis!

Di dalam tools ini, Bunda juga bisa mendapatkan berbagai e-book eksklusif, stimulasi sesuai tahapan usia si Kecil, dan grafik tumbuh kembang interaktif. 

Bagaimana Jika Bayi Tidak Bisa Tengkurap?

Jika bayi 4 bulan belum bisa tengkurap, jangan terlalu khawatir. Tengkurap adalah keterampilan motorik yang memerlukan proses belajar secara bertahap. Kunci suksesnya adalah ketelatenan dan kasih sayang dari Bunda. 

Namun jika setelah usia 6 bulan bayi masih tidak bisa tengkurap, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis tumbuh kembang.

Dengan begitu, si Kecil segera mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, diagnosis, dan penanganan yang tepat sedini mungkin.

Semoga artikel ini membantu!

Referensi: 

  1. CDC. (2023, January 20). Important Milestones: Your Baby By Four Months. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-4mo.html
  2. 2020: Tummy time shown to aid infant development - University of Wollongong – UOW. (2020). Uow.edu.au. https://www.uow.edu.au/media/2020/tummy-time-shown-to-aid-infant-development.php#:~:text=%E2%80%9CTummy%20time%20strengthens%20the%20infant’s,move%2C%20crawl%20and%20roll.%E2%80%9D
  3. Baby Developmental Milestones by Month. (2021). Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/22063-baby-development-milestones-safety
  4. Movement Milestones: Babies 4 to 7 Months. (2023). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Movement-4-to-7-Months.aspx
  5. IDAI | Mengenal Keterlambatan Perkembangan Umum pada Anak. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenal-keterlambatan-perkembangan-umum-pada-anak
  6. Elaine. (2022, June 20). When Can Baby Roll Over? Tips to Help Baby Roll. Pathways.org. https://pathways.org/when-can-baby-roll-over-tips-to-help-baby-roll/
  7. Crider, C. (2022, September 26). When Do Babies Start to Roll Over? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/when-do-babies-roll-over#how-they-learn
  8. Villines, Z. (2020, September 29). When do babies roll over? Age and how to help them. Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/when-do-babies-roll-over#signs

Artikel Terpopuler