Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 5 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa?

Perkembangan Bayi 5 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa?

Perkembangan Bayi 5 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa?

 

Perkembangan bayi 5 bulan mengalami banyak kemajuan dari bulan-bulan sebelumnya. Ia mulai belajar tengkurap dan duduk sendiri. Apa yang bisa dilakukan untuk optimalkan perkembangannya?

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Bayi usia 5 bulan mengalami perkembangan pada aspek motorik, kognitif, bahasa, hingga sosial dan emosionalnya. Jadi, apa yang sudah bisa dilakukan oleh bayi 5 bulan?

1. Semakin Pintar Berceloteh

Perkembangan bayi 5 bulan ditandai dengan kemampuannya yang semakin pintar berceloteh. 

Ia mungkin akan mengucapkan kata-kata tanpa makna seperti “ba-ba-ba”, “ma-ma-ma”, atau “da-da-da” untuk berkomunikasi dan menarik perhatian orang-orang di sekitarnya. 

2. Melihat Benda Berwarna Mencolok 

Di usia 5 bulan, penglihatan bayi belum sempurna. Namun, si Kecil sudah bisa melihat dengan lebih jelas dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Jadi, ia sekarang akan senang melihat objek berbentuk unik dan berwarna cerah, seperti merah, biru, dan kuning, bahkan yang memiliki corak dan pola tertentu. 

3. Berguling dan Tengkurap

Normalnya bayi usia 5 bulan sudah bisa berguling dari posisi telentang ke tengkurap, dan sebaliknya. 

Di umur bayi bisa tengkurap, ia akan belajar mengangkat badannya dengan meluruskan tangan dan kaki, juga melengkungkan punggungnya sebagai persiapannya merangkak nanti.  

Untuk mengurangi risiko cedera, pastikan Bunda selalu temani bayi saat belajar tengkurap. Saat ia tertidur, segera ubah posisi jadi telentang untuk cegah sindrom kematian mendadak (SIDS). 

Baca Juga: Apakah Normal Bayi Usia 5 Bulan Belum Bisa Tengkurap?

4. Mulai Duduk Sendiri

Perkembangan bayi 5 bulan biasanya sudah mulai belajar duduk karena otot-ototnya sudah cukup kuat menopang badannya. 

Namun, punggungnya masih perlu disangga dari belakang supaya bisa duduk lebih lama tanpa oleng terjatuh. Terkadang bayi juga duduk bertumpu pada kedua tangannya di depan tubuh.

Bunda bisa tahan punggungnya dengan tangan atau tumpukan bantal, atau menyandarkan si Kecil di sandaran sofa. 

5. Paham Konsep Objek Permanen

Dari sisi kognitifnya, bayi usia 5 bulan akan mulai mengenal konsep objek permanen. 

Itu artinya, si Kecil bisa mengerti apa yang mulanya bisa dilihat lalu menghilang dari pandangan yang sebenarnya masih ada, bukan hilang begitu saja. Ia hanya tidak bisa melihatnya.

Jadi, di usia ini si Kecil sudah tidak langsung menangis jika Bunda pergi sebentar dari pandangannya. Ia juga mungkin senang bermain cilukba atau mencari mainan tersembunyi. 

6. Mengayunkan Benda yang Dipegang

Bayi usia 5 bulan sudah bisa melakukan apa lagi, ya? Si Kecil dapat mengayunkan atau mendorong benda yang menarik perhatiannya. Misalkan ketika ia berhasil menarik kerincingan. 

Selain itu, bayi juga mahir untuk memindahkan benda dari tangan kiri ke kanan maupun sebaliknya. Ini adalah bentuk perkembangan bayi usia 5 bulan dari aspek motoriknya

7. Membuat Benda Bergerak

Dari segi kognitifnya, perkembangan bayi 5 bulan sudah bisa memahami kalau tindakan yang ia lakukan bisa menyebabkan suatu benda bergerak.

Misalnya kalau ia mendorong bola atau menendang boneka, benda tersebut akan bergulir menjauh.

Kemampuan barunya ini juga bisa jadi sesuatu yang menghibur si Kecil, juga untuk menarik perhatian Bunda.

8. Mengenali Namanya

Meski masih belum memahami kata-kata yang diucapkan orang lain, bayi usia 5 bulan sudah bisa mengenali namanya. Jadi, si Kecil akan menoleh ketika Bunda memanggil namanya. 

Selain itu, si Kecil juga sudah mulai memahami suara yang sering didengarnya. Misalkan, suara mesin mobil dinyalakan, suara TV, atau gonggongan anjing. 

Baca Juga: Umur Berapa Bayi Bisa Bicara dan Cara Deteksi Telat Bicara 

9. Menunjukkan Emosi dan Perasaannya

Perkembangan bayi 5 bulan yang juga ditunjukkan si Kecil adalah emosi dan perasaannya. 

Di usia ini, si Kecil mampu menunjukkan berbagai macam perasaan mulai dari gembira, kesal, marah, bosan, bahkan menangis.

Ia juga sudah bisa memberi tahu Bunda bila bosan dan ingin digendong. Caranya dengan mengangkat kedua lengan dan menangis jika Bunda mengabaikan atau meninggalkannya.

10. Berinteraksi dengan Orang Lain

Usia 5 bulan adalah masa awal bayi mengenal orang-orang yang ada di sekitarnya. Di usia ini, si Kecil mulai memiliki kedekatan khusus dan senang jika bermain dengan Bunda atau Ayah. 

Sebaliknya, si Kecil akan merasa cemas dan tidak aman ketika bertemu orang asing. Reaksi ini merupakan proses belajar yang normal untuk merasa aman dengan hal di sekitarnya.

Supaya Bunda bisa tahu apakah capaian milestone si Kecil dari bulan ke bulan sudah sesuai dengan tahapan usianya, yuk cek di Catatan Perkembangan Anak. Gratis!

Cara Stimulasi Bayi 5 Bulan

Bunda dapat membantu agar perkembangan bayi 5 bulan ini lebih optimal dengan mengajarkan hal-hal sebagai berikut: 

1. Latih Duduk

Bila bayi usia 5 bulan belum bisa duduk sendiri, Bunda tak perlu khawatir. Ini sangatlah normal, karena ia hanya butuh waktu lebih banyak untuk menguatkan otot-ototnya.

Latih kekuatan otot si Kecil dengan mendudukkannya di kursi dengan sandaran, bersandar pada bantal, atau dengan disangga tangan Bunda. 

Jika ia sudah bisa duduk tegak, coba dudukkan si Kecil tanpa sandaran di lantai yang dialasi selimut atau karpet tebal.

Baca Juga: Cara Stimulasi Bayi agar Bisa Duduk Sendiri

2. Letakkan Mainan di Dekatnya

Aktivitas stimulasi bayi 5 bulan berikutnya adalah letakkan mainan yang dapat menarik perhatian di sekitar si Kecil. 

Meletakkan mainan akan bantu optimalkan koordinasi mata dan tangannya, sekaligus meningkatkan kemampuan panca indranya, seperti penglihatan dan pendengaran. 

Pilih mainan warna-warni mencolok atau yang menimbulkan suara. Pastikan permukaannya lembut dan tidak mengandung bagian-bagian kecil yang mudah lepas. 

3. Ajak Temukan Barang Hilang

Untuk ajarkan motorik halus serta pemahaman bayi tentang objek permanen, Bunda dapat mengambil mainan favorit si Kecil kemudian menyembunyikannya. 

Bisa dibalik badan Bunda, di balik bantal, atau di bawah selimut. Pastikan si Kecil melihat proses Bunda menyembunyikan benda tersebut.

Kuncinya, jangan sembunyikan mainan sepenuhnya, ya. Tetap beri petunjuk dengan memperlihat sebagian sisi mainan. Dengan begitu, si Kecil terpancing untuk mencarinya. 

4. Bacakan Buku Cerita Bergambar

Membacakan buku cerita bergambar merupakan salah satu cara stimulasi kemampuan bahasa dan komunikasi yang sangat baik bagi perkembangan bayi 5 bulan.

Gunakan intonasi, suara, dan mimik wajah yang berbeda-beda saat Bunda membacakan buku cerita. Tujuannya supaya si Kecil tertarik dan mampu memahami hubungan antara kata dan perasaan. 

Kalau bisa, Bunda pilih buku cerita dengan gambar besar, warna-warni, dan bertekstur. Dengan begitu, indra penglihatan dan peraba si Kecil turut terstimulasi. 

Baca Juga: Ragam Ide Aktivitas untuk Stimulasi Bayi 5 Bulan

5. Main Cilukba

Selain menyenangkan, permainan cilukba ternyata dapat bantu optimalkan perkembangan bayi 5 bulan untuk mengasah interaksi sosial dan pemahaman akan konsep objek permanen. 

Selain menggunakan kedua telapak tangan, supaya semakin seru, Bunda juga dapat bermain cilukba menggunakan gorden rumah, selimut, bantal, dan lain sebagainya. 

Buat ekspresi wajah yang semangat dan ceria agar si Kecil semakin tertarik dengan permainan ini dan dapat tertawa senang. 

6. Sering Ajak Ngobrol

Bantu perkembangan bahasa dan komunikasi si Kecil dengan mengajaknya berbicara. Gunakan kata-kata sederhana untuk menarasikan kegiatan yang Bunda lakukan bersamanya. 

Biasanya si Kecil akan berceloteh seolah sedang menanggapi perkataan Bunda. Pastikan Bunda mendengarkan sambil membuat kontak mata dan membuat raut wajah seekspresif mungkin. 

Dengan begitu,si Kecil dapat belajar memahami hubungan antara kata-kata dan perasaan. 

7. Ajak Bernyanyi

Menyanyikan lagu anak-anak dengan ekspresi wajah ceria dan gestur tubuh yang semangat bisa jadi stimulasi bayi 5 bulan yang menyenangkan. 

Contohnya, Bunda menyanyikan lagu Cicak-Cicak di Dinding. Pada lirik lagu, “Hap! Lalu ditangkap!” Bunda dapat memeragakan gerakan menangkap kepada si Kecil.

Atau, saat menyanyikan lagu berjudul “Tepuk Tangan Suka Suka’, Bunda bisa sambil mengajak si Kecil bertepuk tangan.

8. Bermain dengan Bayi Lain

Sesekali Bunda bisa mengajak si Kecil untuk bermain atau bersosialisasi dengan bayi lain seusianya. 

Bunda dapat mengajak si Kecil ke taman dekat rumah atau janjian dengan Bunda-Bunda lain yang memiliki bayi berusia sebaya untuk berkumpul bersama. 

Kegiatan bermain bersama ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan sosial si Kecil. Ia dapat mengenal wajah baru dan belajar bahwa wajah baru tidak selalu berbahaya. 

Baca Juga: Apakah Bayi Usia 5 Bulan Boleh Diberikan MPASI Dini?

Demikian penjelasan mengenai perkembangan bayi 5 bulan dan cara tepat stimulasinya. Lantas, akan seperti apa perkembangan bayi usia 6 bulan nanti?

Pantau terus perkembangan, cara stimulasi, hingga asupan nutrisi si Kecil melalui website Generasi Maju, Bun. 

 

Referensi:

  1. Chaunie Brusie, RN. (2018). Your 5-Month-Old Baby’s Development & Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-5-month-old-baby-development-and-milestones-4172566
  2. Watson, S. (2009, October 27). Baby Development: Your 5-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-5-months#1
  3. 5-6 months: baby development. (2020, March 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/5-6-months
  4. What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-5.aspx. 
  5. Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-5-months-old. 
  6. Your 5-month-old baby’s growth and development. (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/5-month-old-baby-milestones-and-development_720
  7. Masters, M. (2018, December 27). 5-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-5.aspx#section-baby
  8. Raypole, C. (2019, July 30). All About Object Permanence and Your Baby. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/object-permanence#age
  9. Tummy Time (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2019). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/tummy-time.htm
  10. Feeding your baby: When to start with solid foods. (2019). Unicef.org. https://www.unicef.org/parenting/food-nutrition/feeding-your-baby-when-to-start-solid-foods
  11. Starting your baby on solid foods (weaning). (2022). HSE.ie. https://www2.hse.ie/babies-children/weaning-eating/weaning/solid-foods/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut