Facebook Pixel Code Apakah Bayi Usia 5 Bulan Boleh Makan MPASI Dini?

Bolehkah Mulai Pemberian MPASI 5 Bulan?

Bolehkah Mulai Pemberian MPASI 5 Bulan?

 

IDAI merekomendasikan memulai pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) idealnya pada umur 6 bulan. Namun, pemberian lebih dini pada kasus tertentu dibolehkan asalkan dengan persetujuan dokter. Lalu, apa syarat boleh mulai MPASI 5 bulan dan jenis makanan apa yang bisa diberikan sebagai MPASI dini? 

Simak jawaban selengkapnya pada artikel ini ya, Bun.

Apakah Bayi 5 Bulan Boleh Makan MPASI?

Sebelum usia 6 bulan, bayi hanya bisa menghisap dan menelan makanan cair seperti ASI. Yang perlu dipahami, setiap bayi bertumbuh kembang dengan cara yang berbeda-beda. Maka, dokter bisa saja merekomendasikan pemberian MPASI lebih awal di usia 5 bulan pada beberapa bayi yang memang membutuhkan.

Jadi, memulai pemberian MPASI 5 bulan hanya boleh setelah mendapat persetujuan dari dokter anak jika memang ada indikasi medis tertentu yang membahayakan kondisi bayi.

Misalnya malnutrisi kronis atau pertumbuhan yang lambat, seperti berat badan kurang. Selama proses pemberian MPASI 5 bulan pun harus dengan pengawasan ketat dari dokter anak dan ahli gizi untuk memastikan cara dan menu makannya tepat.

Tanpa persetujuan dan pengawasan langsung dari dokter, pemberian MPASI terlalu dini (kurang dari 4 bulan) tidak disarankan karena dapat meningkatkan beberapa risiko, seperti:

  • Gangguan proses pencernaan karena perut bayi di bawah usia 6 bulan belum cukup berkembang dan belum memproduksi enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan.

  • Meningkatkan risiko munculnya alergi makanan karena sistem kekebalan tubuhnya belum cukup matang.

Kenapa MPASI Mulai di Usia 6 Bulan?

Semakin usianya bertambah, kebutuhan energi dan nutrisi si Kecil mulai melebihi apa yang dapat disediakan oleh ASI. Maka, asupan makanan selain ASI sangat dibutuhkan untuk bantu memenuhi kebutuhan tersebut.

Usia 6 bulan dianggap sebagai waktu yang tepat untuk memulai MPASI karena ini adalah masa transisi untuk memenuhi asupan gizi yang tidak lagi bisa dipenuhi hanya dari ASI, terutama zat besi. Jadi untuk mengejar tambahan kebutuhan ini, bayi perlu mendapatkannya dari makanan.

Selain itu, sistem pencernaan bayi di usia 6 bulan sudah cukup kuat untuk mencerna makanan selain ASI dan mulai memproduksi enzim yang dibutuhkan untuk pencernaan. Jadi, bayi sudah mampu mengunyah, mengolah, mencerna, serta menyerap zat gizi makanan selain ASI setelah usianya genap 6 bulan.

Otot-otot tubuh bayi di usia ini sudah cukup berkembang, termasuk otot rangka badan yang membantunya untuk duduk dan otot-otot rahang yang membantunya mengunyah.

Mulai usia 6 bulan pun si Kecil sudah mampu untuk duduk dan sistem kekebalan tubuhnya sudah lebih kuat sehingga ia bisa lebih beradaptasi terhadap makanan baru.

Baca Juga: Panduan Pemberian MPASI Pertama di Usia 6 Bulan 

midbanner mpasi bayi 5 bulan

Syarat Memulai MPASI 5 Bulan

Kesiapan bayi untuk memulai MPASI sangat tergantung pada milestone yang telah si Kecil capai dan perkembangan saluran pencernaannya. 

Selalu konsultasikan dengan dokter anak jika Bunda mempertimbangkan untuk mulai memberikan MPASI di 5 bulan. Dokter biasanya hanya memperbolehkan bayi menerima MPASI dini bila ada kondisi medis tertentu, seperti bayi kurus atau berat badan kurang dan usia bayi sudah berusia lebih dari 4 bulan.

Dokter pada umumnya bisa memberi lampu hijau untuk mulai pemberian MPASI 5 bulan jika berat badannya cukup dan bayi menunjukkan tanda-tanda kesiapan makan berikut ini:

  • Otot leher bayi sudah cukup kuat untuk menopang berat kepalanya sendiri. Bayi juga sudah harus memiliki kontrol terhadap kepalanya ketika didudukkan di kursi makan atau high chair.

  • Bayi sudah memperlihatkan minat untuk makan ketika disodori makanan. Tanda lainnya adalah ia terlihat bersemangat ketika ada makanan di depannya atau mencoba menggapai makanan yang Bunda makan.

  • Bayi bisa menelan makanan yang lebih kental dari ASI. Jika bayi mengeluarkan kembali bubur sumsum yang Bunda sodorkan, misalnya, itu pertanda ia belum siap menerima MPASI.

  • Berat badan bayi cukup. Pada beberapa bayi, berat badannya saat berusia 5 bulan akan mencapai dua kali berat badan lahir. Selain itu, berat badan bayi di atas 6 kg juga sudah dianggap bisa diberi MPASI dini.

Ingat, MPASI dini hanya bisa dilakukan pada bayi dengan usia minimal 4 bulan. Jika bayi Bunda tergolong kurus atau bahkan sudah memenuhi persyaratan MPASI tapi belum genap 4 bulan, Bunda sangat tidak disarankan memberi makanan padat selain ASI tanpa sepengetahuan dokter.

Baca Juga: Mengapa si Kecil Butuh MPASI yang Bernutrisi? 

Jenis Makanan yang Boleh untuk MPASI 5 Bulan

Jika dokter sudah membolehkan dan si Kecil sudah siap mulai MPASI, Bunda harus mulai mencari tahu makanan apa saja yang tepat untuk kebutuhan nutrisi tambahannya.

Yang paling penting Bunda perlu memberikan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi yang memadai. Selain itu, perlu diperhatikan pula asupan protein hewani dalam makanan yang diberikan untuk MPASI.

Vitamin dan mineral juga menjadi faktor penting dalam makanan pendamping ASI, terutama zat besi, seng, dan vitamin A, karena kandungannya dalam ASI tidak lagi mencukupi kebutuhan bayi. 

Sumber utama zat besi adalah daging merah, meskipun sayuran hijau mengandung zat besi yang tinggi, namun penyerapannya kurang efisien.

Berikut ini beberapa makanan MPASI 5 bulan yang aman dan dapat memenuhi tambahan gizi bayi:

1. Hati Ayam

Salah satu protein hewani yang mempunyai banyak nutrisi untuk bayi adalah hati ayam.

Kandungan pada hati ayam dapat memenuhi semua jenis asam amino yang dibutuhkan pada bayi. Termasuk di dalamnya terdapat vitamin C yang berperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh pada bayi, serta menyerap zat besi.

Hati ayam juga mempunyai tekstur yang mudah dihaluskan, sehingga sangat mudah memasak hati ayam. Bunda hanya perlu mengukusnya hingga lembut lalu campur dengan bubur nasi dan haluskan. Ini dapat membuat si Kecil untuk mencoba merasakan tekstur dan rasa makanan lain.

2. Daging Sapi

Daging sapi merupakan sumber protein hewani yang mengandung banyak zat besi dan asam folat.

Kandungan zat besi pada daging sangat penting untuk mencegah stunting, Bun. Namun, Bunda harus memasak daging dengan hati-hati sebagai MPASI untuk bayi usia 5 bulan.

Daging haruslah dimasak hingga lunak dan matang. Selain itu, pastikan juga daging tidak memiliki tulang atau bagian yang tajam.

Bunda dapat menyajikan daging dengan campuran sayur atau sumber karbohidrat, jangan lupa untuk dihaluskan agar mudah dicerna oleh si Kecil.

3. Telur

Telur bisa dianggap sebagai makanan paling banyak manfaat untuk pertumbuhan bayi. Namun, Bunda harus benar-benar pastikan telur matang sempurna sebelum diberikan pada bayi. 

Telur yang dimasak hingga matang seperti direbus akan sangat mudah untuk dihaluskan, sehingga cocok untuk MPASI bayi usia 5 bulan.

Telur juga mengandung sumber protein termasuk lemak jenuh, kolestrol, dan DHA untuk perkembangan kognitif bayi.

Hal terpenting untuk memberikan MPASI 5 bulan dengan tekstur yang halus encer atau semi cair. Coba dulu berikan 2 kali sehari sebanyak 2-4 sendok makan. Secara bertahap Bunda mulai memberikan MPASI dengan tekstur yang lebih kental sesuai pertumbuhan usia si Kecil.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai MPASI bayi 5 bulan. Bunda juga bisa unduh Panduan MPASI untuk mendapatkan resep lengkap untuk MPASI dan informasi seputar MPASI secara gratis. Yuk, download sekarang juga, Bun!

 

Referensi:

  1. IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi

  2. ‌World. (2019, December 20). Complementary feeding. Who.int; World Health Organization: WHO. https://www.who.int/health-topics/complementary-feeding#tab=tab_1

  3. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/351/pentingnya-dan-tahap-pemberian-mpasi-pada-bayi

  4. ‌Is baby ready for solid foods? (Developmental signs of readiness) • KellyMom.com. (2011, August 2). KellyMom.com. https://kellymom.com/nutrition/starting-solids/solids-when/

  5. ‌Introducing solids: why, when, what and how. (2022, May 4). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/breastfeeding-bottle-feeding-solids/solids-drinks/introducing-solids

  6. ‌IDAI | Makanan Pendamping ASI (MPASI). (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/makanan-pendamping-asi-mpasi

  7. Parents. (2014). How to Introduce Your Baby’s First Food. Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/solid-foods/starting-solids-guide/

  8. ‌Baby feeding chart: Baby food by age guide. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/age-by-age-guide-to-feeding-your-baby_1400680#articlesection2

  9. ‌IDAI | Memberi Makan pada Bayi: Kapan, Apa, dan Bagaimana? (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana

  10. ‌Machard, B. (2018, December 11). 21 Homemade Baby Food Recipes. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/childrens-health/homemade-baby-food-recipes#7-9-months

  11. ‌NHS Choices. (2023). Your baby’s first solid foods. https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/babys-first-solid-foods/‌

  12. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/245/manfaat-konsumsi-brokoli-untuk-anak

  13. ‌Anak Tak Butuh Sayur dan Buah Berlebihan. (2018). Jatengprov.go.id. https://jatengprov.go.id/publik/anak-tak-butuh-sayur-dan-buah-berlebihan/

  14. ‌NHS Choices. (2023). Vitamins for children. https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/vitamins-for-children/

  15. ‌Cegah Stunting, Protein Hewani Harus Ada dalam MPASI – Info Sehat FKUI. (2020, October 5). Ui.ac.id. https://fk.ui.ac.id/infosehat/cegah-stunting-protein-hewani-harus-ada-dalam-mpasi/

  16. ‌Albert, J. (2014, June 13). Top 5 Ideas For 5 Months Baby Food. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/food-ideas-for-your-5-months-baby_0077112/

  17. ‌When Can Babies Eat Eggs? Are Eggs Safe for Babies? First Foods. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/eggs/

  18. Nemours. (2018). KidsHealth - the Web’s most visited site about children’s health. Kidshealth.org. https://kidshealth.org/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline