Facebook Pixel Code Berat Badan Bayi 5 Bulan yang Normal dan Cara Menambahnya

Berat Badan Bayi Ideal 5 Bulan dan Cara Menambahnya

Berat Badan Bayi Ideal 5 Bulan dan Cara Menambahnya

 

Wajar jika Bunda bertanya-tanya berapa berat badan bayi 5 bulan yang ideal. Yuk, ketahui rata-rata BB bayi usia 5 bulan dan cara menambahnya dalam artikel ini!

Berat Badan Bayi 5 Bulan Idealnya Berapa?

Menurut Standar Antropometri Anak Kemenkes RI, rata-rata berat badan bayi usia 5 bulan adalah:

  • Bayi laki-laki: 6,0 - 8,4 kg dengan panjang badan mencapai 62 - 70 cm.

  • Bayi perempuan: 5,4 - 7,8 kg dengan panjang badan mencapai 60 - 68 cm. 

Tidak ada bayi 5 bulan yang berat badannya pasti sama persis. Namun, berat badan bayi di usia 5 bulan idealnya bisa naik 500 gram dari bulan sebelumnya.

Agar lebih yakin BB si Kecil sudah ideal di bulan ini, yuk terus monitor pertambahannya tiap bulan di dokter atau posyandu, lalu catat di Grafik Pertumbuhan Anak!

Cara Menaikkan Berat Bayi 5 Bulan agar Ideal 

Jika berat bayi 5 bulan masih kurang jauh dari rerata ideal di atas, Bunda harus cari cara menambahnya agar pertumbuhan bayi berjalan optimal. Misalnya dengan:

1. Lebih Sering Berikan ASI

Di usia 5 bulan, si Kecil sudah lebih aktif dari bulan-bulan sebelumnya. Agar ia bisa terus tumbuh dengan asupan gizi yang optimal, lanjutkanlah pemberian ASI sesuai kebutuhannya.

Bunda dapat berikan ASI tiap 2-3 jam sekali setiap hari, dan jangan tunda menyusui sampai bayi kelihatan lapar. 

Untuk memudahkan proses menyusui Bunda, yuk download e-book eksklusif Panduan Bunda Menyusui secara gratis!

2. Perhatikan Posisi Menyusui

Berat badan si Kecil mungkin stagnan karena bayi tidak mau menyusu. Penyebab utamanya adalah cara perlekatan dan cara menyusui yang salah. Berikut cara yang benar:

  • Gendong bayi di salah satu lengan menghadap ke arah dada Bunda.

  • Topang punggung bayi dengan lengan tersebut agar sejajar.

  • Miringkan sedikit kepala bayi ke arah belakang. 

  • Pastikan dagu bayi menempel ke payudara, tapi jangan sampai hidungnya tertutup atau terhalang.

  • Buka mulut bayi lebar-lebar dan masukkan sebagian besar areola (bagian bulat gelap yang menutupi puting payudara) ke dalam mulut bayi.

Perlekatan sudah tepat jika bibir bawah bayi terlipat keluar seperti dower dan terdengar suara bayi meneguk ASI. 

Baca Juga: Panduan Cara Menyusui yang Benar agar Bayi Kenyang ASI

3. Susui yang Lama

Susui bayi selama kurang lebih 20 menit pada setiap payudara. Jadi, jangan langsung stop menyusui atau buru-buru pindah puting jika payudara belum mengempis dan bayi belum terlihat kenyang.

Cara ini bantu menambah berat badan bayi 5 bulan karena ia bisa dapat kandungan lemak dari ASI hindmilk. Hindmilk adalah ASI berwarna putih pekat yang keluar di akhir sesi menyusui.

4. Bangunkan Bayi untuk Menyusu

Bunda boleh bangunkan bayi untuk menyusu di tengah waktu tidur siang dan tidur malamnya agar ia bisa mendapatkan ASI sesuai kebutuhan.

Coba bangunkan bayi tiap 2 jam sekali pada siang hari untuk menyusu dan setidaknya tiap 3-4 jam di malam hari sampai berat badan bayi ideal dapat tercapai. 

Baca Juga: Apakah Boleh Bayi Usia 5 Bulan Mulai Makan MPASI?

5. Konsumsi Makanan Pelancar ASI

Berat badan bayi belum ideal bisa jadi karena produksi ASI Bunda kurang. 

Agar ASI banyak dan lancar sampai si Kecil bisa makan selain ASI, Bunda dapat mengonsumsi makanan pelancar ASI seperti daun kelor, daun katuk, brokoli, bawang putih, bayam, dan jahe. 

6. Konsultasi ke Dokter

Jika sudah melakukan berbagai cara di atas tapi berat badan bayi 5 bulan tidak naik, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk cari tahu penyebab dan solusinya.

Bunda juga bisa bertanya langsung ke Sahabat Bunda Generasi Maju tentang bagaimana cara mengoptimalkan tumbuh kembang bayi di usia 5 bulan ini.

Semoga perjalanan meng-ASI-hi Bunda lancar terus, ya! Lalu, akan seperti apa kenaikan BB bayi di usia 6 bulan? Pantau terus tumbuh kembang bayi bersama Generasi Maju, Bun!

Referensi:

  1. Verywell. (2017). Reasons Your Breastfed Baby Is Not Growing as Expected. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/breastfed-baby-is-gaining-weight-slowly-4114196
  2. Lewis, R. (2020, October 23). Why Is My Baby Not Gaining Weight? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/baby-not-gaining-weight?utm_source=ReadNext#healthy-weight-gain
  3. IDAI | Kurva Pertumbuhan WHO. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/professional-resources/kurva-pertumbuhan/kurva-pertumbuhan-who
  4. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1321/teknik-menyusu-yang-benar
  5. IDAI | Bagaimana menyusui dengan benar? (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/bagaimana-menyusui-dengan-benar

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut