Facebook Pixel Code 10 Cara Membangunkan Bayi untuk Menyusu yang Ampuh

10 Cara Membangunkan Bayi untuk Menyusu yang Ampuh

10 Cara Membangunkan Bayi untuk Menyusu yang Ampuh

 

Selain menyusu, tidur merupakan rutinitas bagi bayi baru lahir sepanjang harinya. Tidur juga banyak memberikan manfaat bagi kesehatan si Kecil. Namun, terkadang bayi bisa tidur lebih lama dan melewati jadwal menyusunya. Lantas, bagaimana cara membangunkan bayi yang sedang tidur pulas agar mau menyusu? Yuk, simak selengkapnya pada artikel ini.

Cara Membangunkan Bayi yang Benar

Bagi sebagian orang tua, momen si Kecil tidur mungkin menjadi waktu terbaik untuk beristirahat atau sekedar "me time" dari aktivitas merawat si Kecil.

Makanya, sudah menjadi hal wajar ketika Bunda enggan membangunkan si Kecil ketika terlelap, apalagi melihat wajahnya yang tenang dan begitu pulas saat tertidur.

Akan tetapi, penting bagi Bunda agar tidak melewatkan waktu menyusu walaupun si Kecil masih tertidur. Mengingat bayi baru lahir hanya mengonsumsi ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Namun, Bunda harus tahu bagaimana cara membangunkan bayi untuk menyusu dengan tepat. Berikut penjelasannya:

1. Membelai Lembut

Walaupun belaian lembut bisa membuat bayi menjadi tertidur, Bunda juga bisa melakukan belaian sebagai salah satu cara ampuh membangunkan bayi.

Ini karena bayi masih mempunyai rasa sensitif pada sesuatu gerakan. Nah, Bunda bisa memanfaatkannya dengan membelai lembut bagian kaki dan lengannya hingga terbangun.

2. Menyanyikan Lagu

Melantunkan lagu bisa menjadi cara membangunkan bayi untuk menyusu secara perlahan dan bahkan dapat membantu menghindari tangisannya. Lagu-lagu yang dinyanyikan dengan lembut dapat memberikan rasa nyaman dan aman pada bayi.

3. Menggendongnya dengan Posisi Tegak

Bayi sering kali merasa nyaman dan aman saat ia mendapatkan dukungan di sekitarnya, dan posisi tegak memungkinkan bayi untuk lebih mudah melihat lingkungan sekitarnya. Ini bisa menjadi cara jitu membangunkan bayi dari tidur dengan lebih mudah.

Baca Juga: Bayi Lebih Baik Tidur Pakai Bantal atau Tidak?

4. Melepaskan Pakaian

Melepas pakaian bayi secara perlahan adalah salah satu cara yang baik untuk membantu si Kecil terbangun dengan perlahan.

Gerakan lembut ketika membuka baju membantu bayi terbangun tanpa terkejut, sehingga bayi merasa lebih nyaman. Hal ini juga memungkinkan Bunda untuk bersentuhan dan berinteraksi dengan si Kecil.

5. Menyalakan Cahaya Kamar

Bayi masih mempunyai mata yang sensitif terhadap cahaya. Cahaya yang tiba-tiba berubah dapat memengaruhi tidur bayi dan membuatnya terbangun.

Memanfaatkan perubahan cahaya adalah salah satu cara yang baik untuk merangsang bayi bangun secara perlahan. Bunda dapat mencoba menyalakan cahaya kamar tidur atau mengubah cahaya dari terang menjadi redup secara bertahap.

6. Mengganti Popok

Mengganti popok bayi adalah salah satu cara efektif membangunkan bayi secara perlahan. Gerakan yang lembut dan perawatan yang diberikan saat mengganti popok dapat membantu bayi terbangun tanpa terkejut.

Selain itu, mengganti popok adalah tindakan yang perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga kebersihan si Kecil serta menghindarkan bayi dari risiko ruam popok.

7. Memberikan Waslap

Menggunakan waslap yang basah dan dingin dengan hati-hati di dahi bayi adalah cara membangunkan bayi yang lain. Perlu Bunda ingat suhu waslap haruslah nyaman dan tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

Saat menggunakan waslap dingin, Bunda perlu memperhatikan reaksi si Kecil. Beberapa bayi mungkin merasa terkejut atau tidak nyaman dengan perubahan suhu yang tiba-tiba.

8. Berbicara Perlahan dengan Bayi

Memanggil si Kecil dengan perlahan serta mengajaknya berbicara dengan suara yang tenang dan lembut bisa menjadi salah satu cara membangunkan bayi untuk menyusu.

Bayi dapat merespons suara Bunda dan suara yang akrab dengan telinganya. Bunda dapat mencoba memanggil nama si Kecil atau menggunakan suara-suara yang dikenal oleh bayi, seperti memanggil “sayang” atau “anak pintar”.

9. Membuka Selimut atau Bedong

Membuka selimut atau bedongan bayi juga bisa Bunda lakukan agar bayi terbangun. Namun, perlu dilakukan dengan hati-hati agar bayi tidak terlalu terkejut atau merasa tidak nyaman. Pastikan gerakan Bunda tidak terlalu tiba-tiba atau kasar.

10. Memposisikan Tidur Bayi ke Arah Payudara

Banyak bayi memiliki naluri yang kuat untuk mendeteksi keberadaan payudara Bunda. Hal ini sering disebut sebagai "insting menyusu" dan merupakan cara alami untuk membantu bayi menemukan sumber makanannya.

Mendekatkan payudara ketika si Kecil tertidur mungkin akan membuatnya terbangun dan langsung ingin menyusu. 

Baca Juga: Durasi Jam Tidur yang Ideal untuk Bayi Sesuai Usianya

Mengapa Perlu Membangunkan Bayi untuk Menyusu?

Bayi baru lahir tidur terus karena ia memerlukan lebih banyak waktu tidur daripada anak-anak dan orang dewasa untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Ketika bayi tidur, otaknya mempunyai waktu untuk tumbuh dan membentuk jaringan saraf yang mendukung kemampuan berpikir, belajar, dan membentuk perilakunya.

Bahkan, tidur yang cukup juga berkontribusi dalam pertumbuhan fisik bayi yang dapat membantu tumbuh lebih tinggi dan memperbaiki keterampilan motorik.

Akan tetapi, penting untuk Bunda tetap perlu menyusui bayi walaupun harus mengganggu waktu tidur si Kecil. Berikut ini beberapa alasan pentingnya membangunkan bayi untuk minum ASI.

1. Menghindari Si Kecil Kelaparan

Sudah menjadi hal penting untuk memberikan ASI pada bayi setiap dua hingga tiga jam sekali. Sebab, bayi memiliki pencernaan yang kecil, sehingga mampu mencerna ASI dengan cepat.

Maka dari itu, dalam rentang waktu tersebut, bayi memerlukan lebih banyak ASI untuk mengisi perutnya. Apabila tidak memberikan cukup ASI kepada bayi, perutnya akan kosong.

2. Bisa Meningkatkan Berat Badan Bayi

Pada umumnya, bayi yang baru lahir akan mengalami penurunan berat badan pada beberapa hari pertama setelah lahir. Untuk itu, memberikan ASI pada si Kecil lebih sering menjadi cara yang tepat untuk membantunya tumbuh dan menambah berat badan.

Sebaiknya Bunda dapat memastikan jadwal pemberian ASI lebih sering lagi dan kapan saja ketika bayi menunjukkan tanda-tanda lapar.

3. Melancarkan Produksi ASI

Produksi ASI dipengaruhi oleh seberapa sering bayi menyusu. Dengan kata lain, semakin sering dan efektif Bunda memberi ASI kepada si Kecil, semakin banyak ASI yang akan dihasilkan oleh tubuh.

Jadi, penting untuk membangunkan bayi selain agar ia bisa menyusu teratur dan sesuai kebutuhannya, tapi juga untuk membantu kelancaran produksi ASI Bunda.

Susuilah si Kecil secara berkala, kapan saja saat ia lapar, dan tidak terlalu lama di antara sesi menyusui untuk membantu menjaga produksi ASI yang cukup.

4. Menghindari Bayi Menjadi Rewel saat Bangun

Bayi yang baru lahir atau masih dalam usia beberapa bulan pertama kehidupannya mempunyai siklus makan yang tidak teratur. Selain itu, pola tidurnya juga belum konsisten.

Ketika bayi tertidur, ia mungkin mengabaikan rasa lapar, tetapi ketika bayi terbangun, rasa laparnya bisa sangat kuat terasa, dan bayi mungkin mengekspresikannya dengan merengek atau menangis. Untuk itulah, penting bagi Bunda agar menyusui secara teratur pada waktu yang tepat.

Itu dia beberapa cara membangunkan bayi untuk menyusu yang bisa Bunda terapkan. Yang terpenting, lakukanlah semua tindakan ini dengan lembut dan penuh perhatian agar bayi tidak terkejut atau merasa tidak nyaman ketika dibangunkan.

Bun, jangan lupa juga untuk kunjungi Diary Generasi Maju untuk mendapatkan berbagai informasi, panduan, dan fitur untuk maksimalkan tumbuh kembang si Kecil. Yuk, kunjungi sekarang juga!

Referensi:

  1. Verywell. (2013). 12 Ways to Wake Your Sleepy Baby Up to Breastfeed. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/breastfeeding-a-sleepy-baby-431589
  2. ‌Murkoff, H. (2015, April). Do I Have to Wake My Baby Up to Feed? What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/ask-heidi/wake-to-feed.aspx#awake
  3. ‌Waking Up Is (Sometimes) Hard to Do. (2023). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/sleep/Pages/Waking-Up-Is-Sometimes-Hard-to-Do.aspx#
  4. ‌Mrunal. (2018, July 4). 10 Best Ways to Wake Up a Sleeping Baby for Feeding. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-ways-to-wake-up-a-sleeping-baby-for-feeding/
  5. ‌How Much Sleep Do Babies and Kids Need? | Sleep Foundation. (2020, September 24). Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/children-and-sleep/how-much-sleep-do-kids-need
  6. ‌How much sleep does your baby need? (2021). BabyCentre UK. https://www.babycentre.co.uk/a7645/how-much-sleep-does-your-baby-need

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline