Facebook Pixel Code Suhu Normal Bayi Baru Lahir dan Cara Mengukurnya

Suhu Normal Bayi Baru Lahir dan Cara Mengukurnya

Suhu Normal Bayi Baru Lahir dan Cara Mengukurnya

 

Sebagai orang tua baru, penting mengetahui berapa suhu normal bayi baru lahir. Yuk, ketahui jawaban dan cara mengukur suhu tubuh bayi yang tepat dalam artikel ini!

Berapa Suhu Normal Bayi Baru Lahir?

Suhu normal bayi baru lahir berada di kisaran 36,5 – 37° Celsius. Bayi dikatakan demam apabila suhu tubuhnya mencapai di atas 38° Celsius.

Sebaliknya, dikatakan mengalami hipotermia atau suhu tubuh kurang, jika turun sampai 35,5° Celsius ke bawah. Kondisi ini tidak boleh disepelekan, terutama pada bayi baru lahir. 

Suhu bayi dapat berubah karena dipengaruhi aktivitas, seperti Bunda terlalu lama menjemurnya, pun waktu pengukuran. Suhu tubuh akan menurun di pagi hari dan naik di malam hari.

Bagaimana Cara Mengetahui Suhu Normal Bayi?

Untuk mengetahui suhu normal bayi dengan akurat, Bunda perlu menggunakan termometer. Beda jenis termometer, beda pula cara pengukurannya. Berikut penjelasannya:

1. Gunakan Termometer di Ketiak

Salah satu cara mengetahui suhu bayi baru lahir yang akurat adalah mengukurnya di ketiak. Pastikan termometer menyentuh kulit si Kecil secara langsung. 

Tunggu sampai termometer bunyi ‘bip’. Lepas termometer dan lihat hasil suhu tubuhnya. Bersihkan termometer dan simpan di tempat semula bila sudah selesai digunakan.

2. Gunakan Termometer Tembak

Untuk mengetahui suhu normal bayi melalui dahi, dekatkan termometer tembak ke arah dahi tanpa perlu menempelkannya secara langsung. 

Tunggu beberapa saat sampai termometer berbunyi. Bunda dapat mengecek hasilnya, apakah suhu tubuh bayi normal atau sebaliknya.  

Baca Juga: 15 Cara Mengatasi Pilek pada Bayi Baru Lahir (0-3 Bulan)

3. Gunakan Termometer Lewat Anus

Suhu tubuh bayi baru lahir sampai usia 3 bulan juga dapat diketahui dari termometer rektal. Posisikan bayi tengkurap di atas permukaan kasur, dengan cara menekuk kedua lutut dan mengangkat kedua paha.

Buka celana bayi dan lebarkan kedua kakinya. Oleskan pelumas di bagian ujung termometer. Masukkan ujung termometer secara perlahan. Tunggu sampai termometer berbunyi.

Namun Bunda mesti berhati-hati, sebab IDAI tidak menyarankan untuk mengukur suhu tubuh bayi melalui dubur secara rutin karena dikhawatirkan akan mencederai bayi.

4. Gunakan Termometer Telinga

Tarik sedikit telinga bayi secara perlahan untuk menempatkan termometer. Ukur suhu dengan menahan termometer sampai bunyi ‘bip’ sebagai tanda pengukuran selesai. 

Segera lepas termometer dan lihat hasil suhu tubuh bayi normal atau tidak.

5. Gunakan Termometer Lewat Mulut

Cara mengetahui suhu normal bayi baru lahir juga bisa melalui oral. Cukup letakkan ujung termometer di bagian bawah lidah bayi, pastikan ia menutup mulut dan bibirnya. 

Tunggu sampai termometer berbunyi ‘bip’ dan lihat hasilnya apakah suhu tubuh bayi normal atau tidak.

Apa Penyebab Suhu Bayi Meningkat?

Suhu tubuh naik dari batas normal adalah gejala demam pada bayi yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

  • Infeksi virus, seperti flu, infeksi saluran pernapasan atas, dan gastroenteritis (muntaber). 

  • Infeksi bakteri, yang umum termasuk infeksi telinga, pneumonia, dan infeksi saluran kemih.

  • Imunisasi bayi. Reaksi ini adalah tanda bahwa tubuhnya sedang membangun kekebalan terhadap penyakit. 

  • Tumbuh gigi juga bisa menyebabkan sedikit peningkatan suhu tubuh bayi. 

  • Menggunakan pakaian tebal atau berada di lingkungan yang panas dapat menyebabkan suhu tubuh bayi meningkat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Demam pada Bayi Setelah Imunisasi

Itu dia berbagai informasi seputar suhu normal bayi baru lahir dan cara mengetahuinya dengan akurat. Penting sebagai orang tua untuk mengetahui suhu tubuh normalnya sebagai salah satu cara merawat bayi baru lahir.

Bunda juga bisa bertanya seputar topik tumbuh kembang si Kecil lainnya yang normal seperti apa, lewat Sahabat Bunda. Yuk, hubungi sekarang lewat WhatsApp!

Referensi:

  1. IDAI | Demam: Kapan Harus ke Dokter? (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/demam-kapan-harus-ke-dokter
  2. IDAI | HIPOTERMIA PADA BAYI BARU LAHIR: KAPAN HARUS MEMBAWA BAYI KE DOKTER? (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/hipotermia-pada-bayi-baru-lahir-kapan-harus-membawa-bayi-ke-dokter
  3. Wright, S. A. (2020, October 5). What Is the Normal Body Temperature Range? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/what-is-normal-body-temperature#temperature-ranges
  4. Nall, R. (2020, January 18). What is normal body temperature for adults, babies, during pregnancy, and all else you need to know. Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323819#how-to-measure
  5. How to take your child’s temperature the right way. (2022). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/thermometer/art-20047410
  6. Fever (High Temperature) In Kids (for Parents). (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/fever.html

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut