Facebook Pixel Code 15 Cara Mengatasi Pilek pada Bayi 0-3 Bulan

15 Cara Mengatasi Pilek pada Bayi Baru Lahir (0-3 Bulan)

15 Cara Mengatasi Pilek pada Bayi Baru Lahir (0-3 Bulan)

 

Melihat si Kecil yang rewel karena pilek pasti membuat Bunda cemas, ya. Yuk, cari tahu cara mengatasi pilek pada bayi 0 bulan atau baru lahir!

Cara Alami Mengatasi Pilek pada Bayi Baru Lahir

Bayi usia 0-3 bulan bisa pilek setidaknya enam kali dalam setahun karena imunnya belum kuat. Beberapa cara yang bisa Bunda lakukan saat bayi newborn pilek adalah:

1. Menyusui Bayi Lebih Sering

ASI mengandung antibodi yang dapat membantu melawan kuman penyebab pilek dan menyediakan nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, lebih seringlah tawarkan ASI pada si Kecil. ASI menghidrasi tubuh bayi dari dalam untuk membantu mengencerkan ingus yang mengental di hidung agar ia bisa bernapas lebih lancar.

2. Pakai Alat Sedot Ingus

Bayi baru lahir belum mampu menyedot ingusnya sendiri. Jadi, Bunda dapat bantu legakan pernapasannya dengan menggunakan alat sedot ingus.

Hindari menyedot langsung hidung bayi dengan mulut Bunda karena cara tersebut tidak higienis. Justru, hal ini bisa meningkatkan risiko penularan kuman.

3. Gunakan Obat Tetes Hidung Saline

Bunda juga dapat meneteskan 1-2 tetes larutan nasal drops ke dalam hidung bayi sebagai cara cara mengatasi pilek pada bayi 0 bulan untuk membantu mengencerkan ingus.

Gunakan alat pengisap yang sesuai untuk mengeluarkan ingus dari setiap lubang hidung bayi dengan lembut.

Alternatif lainnya, Bunda bisa menengkurapkan bayi di atas dada untuk membantu ingus keluar dari hidung bayi secara alami.

4. Pijat Lembut Area Hidung

Pijat di area hidung juga ampuh sebagai cara mengatasi pilek pada bayi baru lahir yang alami.

Caranya, berikan pijatan lembut menggunakan ujung jari dengan gerakan mengusap vertikal yang dimulai dari alis, kemudian ke batang hidung, tulang pipi, dan bawah kepala bayi. 

Ulangi dari awal dengan gerakan melingkar.

Baca Juga: 10 Cara Aman Membersihkan Hidung Bayi

5. Pasang Humidifier di Ruangan

Gunakan humidifier atau pelembab udara di kamar sebagai cara mengatasi pilek pada bayi 0 bulan yang aman tanpa efek samping.

Humidifier dapat meningkatkan kelembapan udara di sekitar bayi, jadi membantu melunakkan lendir dan meringankan gejala pilek. 

Tapi, jangan lupa membersihkan humidifier secara rutin untuk mencegah bakteri dan penumpukan jamur yang bisa memicu alergi pada si Kecil.

6. Buat Ruang Uap

Kalau Bunda tidak punya alat pelembab udara, tidak perlu khawatir. Bunda bisa membuat sauna sendiri di kamar mandi sebagai cara alami mengatasi pilek pada bayi baru lahir.

Caranya, masukkan air panas ke dalam bak mandi dengan pintu kamar mandi yang tertutup. Biarkan sejenak sampai ruangan terisi uap hangat.

Setelah itu, Bunda bisa ajak dan gendong si Kecil selama 10-15 menit di dalam kamar mandi sambil mengajak ngobrol atau membacakan buku agar tidak bosan.

Uap hangat yang terhirup bantu mengencerkan ingus yang membuat hidung bayi mampet. Ingus mampet inilah yang membuat bunyi napas bayi grok-grok saat pilek.

7. Perbanyak Tidur

Tidur berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat pada bayi. 

Saat tidur, tubuh bayi akan memperkuat daya tahan tubuhnya, sehingga membantu melawan virus atau kuman yang mungkin mengganggu kesehatan si Kecil.

Untuk membantu bayi tidur nyenyak, Bunda dapat memeluknya dengan lembut. Pelukan Bunda dapat meredakan rasa tidak nyaman serta membantu bayi menjadi lebih rileks.

8. Mandi Air Hangat

Jika pilek disertai dengan gejala demam, cara mengatasi pilek pada bayi 0 bulan yang paling ampuh adalah mandi air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas.

Bunda dapat menyeka badan bayi menggunakan spons atau kain waslap yang direndam air hangat. Diperas dulu, ya, supaya tidak menetes ke mana-mana.

Suhu hangatnya bisa bantu mengencerkan ingus yang menyumbat pernapasan si Kecil dan membuatnya bisa tidur nyenyak. 

9. Gunakan Kapas Basah

Pakailah kapas bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk membantu mengeluarkan ingus dari hidung. 

Usapkan kapas tersebut di sekitar area bawah lubang hidung untuk membersihkan ingus yang mungkin sudah berkerak.

Cara ini membantu menjaga saluran hidung bayi tetap bersih, sehingga bayi bisa bernapas dengan lebih lega. 

10. Jaga Lingkungan Tetap Bersih

Cara mengatasi pilek pada bayi baru lahir yang ampuh yaitu dengan menjaga lingkungan tetap bersih.

Apabila memiliki hewan peliharaan di rumah, pastikan untuk membersihkan sisa bulu hewan peliharaan secara teratur. 

Hal ini penting untuk mengurangi paparan alergen yang bisa memperburuk gejala pilek pada bayi.

11. Posisikan Kepala Lebih Tinggi di Kasur

Pilek bisa membuat bayi sulit bernapas dan mengganggu tidur nyenyaknya.

Untuk mengatasinya, Bunda bisa menyelipkan lipatan handuk di bawah kasur tidur bayi untuk meningkatkan posisi kepala.

Namun, hindari penggunaan bantal pada bayi baru lahir karena bisa meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Posisi kepala yang lebih tinggi membantu mengatasi lendir yang menyumbat hidung, sehingga bayi bernapas dengan lebih mudah.

12. Usap Perlahan Punggung Bayi

Cara mengatasi pilek pada bayi 0 bulan juga bisa dengan menepuk-nepuk lembut punggungnya untuk meringankan sesak di dada. 

Pertama, Bunda bisa meletakkan bayi di atas matras yang empuk. Kemudian, dengan lembut, tangkupkan telapak tangan Bunda dan tepuk-tepuk punggung bayi secara perlahan. 

Gerakan ini membantu melonggarkan lendir di saluran pernapasan bayi.

13. Balurkan Dada dengan Minyak Telon

Oleskan tipis-tipis minyak telon pada area dada si Kecil adalah cara alami untuk mengatasi pilek pada bayi baru lahir.

Minyak telon memancarkan sensasi hangat yang khas untuk mengencerkan dahak di saluran napas bayi agar ia bisa bernapas lebih lega.

Baca Juga: 8 Cara Alami Mengeluarkan Dahak pada Bayi 0-12 Bulan

14. Jauhkan Bayi dari Paparan Asap Rokok

Apakah Ayah atau ada anggota keluarga lain yang merokok di rumah, Bun? Peringatkan untuk tidak pernah merokok di dalam rumah sebagai dasar perawatan bayi baru lahir yang wajib dipatuhi

Faktanya, bayi yang terpapar asap rokok lebih susah sembuh dari pilek. Asap rokok dapat mengiritasi tenggorokan dan hidung bayi, sehingga memperburuk gejala pileknya.

Paparan asap rokok juga dapat meningkatkan risiko bayi mengalami komplikasi pilek yang lebih serius seperti penyakit bronkitis atau pneumonia. 

15. Hindari Penggunaan Obat Tanpa Resep Dokter

Pilek pada bayi sebenarnya tidak berbahaya dan biasanya sembuh sendiri. Selama bayi tetap aktif dan masih mau menyusu, gejala pilek akan mereda seiring waktu.

Jadi, jangan gegabah langsung memberikan obat dari apotek tanpa resep dokter, ya. Sembarangan memberikan obat batuk dan pilek pada bayi kurang dari 6 bulan berisiko efek samping yang serius.

Sebelum memberikan obat apapun kepada bayi, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Semoga si Kecil cepat sembuh, ya.

Jika Bunda masih punya pertanyaan atau kekhawatiran soal kesehatan si Kecil, jangan ragu bertanya langsung ke Sahabat Bunda, yuk!

Referensi:

  1. Greenlaw, E. (2013, October). 5 Ways to Treat Your Baby’s Stuffy Nose. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/baby-stuffy-nose#1-3
  2. ‌How to Treat a Stuffy Nose in Babies and Toddlers. (2023). Utentclinic.com. https://www.utentclinic.com/news/how-to-treat-a-stuffy-nose-in-babies-and-toddlers
  3. ‌A baby’s nose and throat viral infection-Common cold in babies - Diagnosis & treatment - Mayo Clinic. (2021). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold-in-babies/diagnosis-treatment/drc-20351657
  4. ‌Colds (0-12 Months). (2022). Seattle Children’s Hospital. https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/colds-0-12-months/
  5. Natural cold remedies for babies, toddlers, and kids. (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/health/illness-and-infection/safe-home-remedies-for-your-childs-cough-cold-or-flu_10014077
  6. ‌WebMD. (2024). Natural Cold Remedies for Babies. WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-natural-cold-remedies
  7. ‌First Aid: Common Cold (for Parents). (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/common-cold-sheet.html

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut