Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan dan Stimulasinya

Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan dan Stimulasinya

Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan dan Stimulasinya

 

Perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan ditandai dengan kemampuannya berceloteh, membalas senyum, dan berguling. Yuk, cari tahu penjelasan lengkap dan cara stimulasinya di sini!

Bagaimana Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan? 

Bunda perlu ingat bahwa perkembangan setiap bayi berbeda-beda. Namun, bayi usia 3 menuju 4 bulan pada umumnya akan menguasai capaian tumbuh kembang berikut ini: 

1. Bisa Menegakkan Kepala ke Atas 

Pada tahapan usia ini, umumnya kemampuan otot-otot leher bayi sudah lebih kuat sehingga mampu menegakkan kepala dengan lebih baik. 

Maka ketika digendong atau diletakkan dalam posisi duduk, si Kecil akan lebih sering menegakkan kepalanya tanpa perlu dibantu atau disangga oleh Bunda. 

Sedangkan saat tummy time (tengkurap), si Kecil mungkin akan terlihat mengangkat tinggi kepalanya dan menyangga tubuhnya dengan kedua tangan (seperti posisi push-up). 

2. Berguling

Perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan terkait motorik kasar selanjutnya adalah ia mulai bisa berguling sendiri, dari posisi tengkurap ke posisi telentang. 

Bayi biasanya berguling untuk meraih mainan atau benda lain yang menarik perhatiannya. Oleh karena itu, ia memerlukan perhatian ekstra agar tidak meraih benda berbahaya atau terbentur. 

3. Mengenali Sumber Suara

Saat ada suara yang menarik perhatian, si Kecil akan berusaha menoleh ke sumber suara. 

Terkadang ia juga bereaksi dengan cara lain seperti mengerutkan alis, diam sejenak dan mendengarkan, atau tersenyum saat mendengar suara familiar yang disukainya. 

Baca Juga: Berat Badan Bayi 3 Bulan yang Ideal dan Cara Menaikkannya

4. Lebih Ceriwis

Di usia ini, bayi seolah tampak mendengarkan saat Bunda mengajaknya berbicara. Kemudian, ia akan mulai mencoba menimpali kata-kata Bunda dengan ocehannya. 

Si Kecil mungkin akan mencoba mengajak Bunda berbicara dengan mengeluarkan suara seperti “aaaah” atau “oooh”. 

5. Suka Memandangi Wajah Bunda

Suka memandangi wajah Bunda merupakan salah satu perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan yang bisa diamati. 

Hal ini karena kedua bola matanya sudah mampu memahami jarak suatu objek  Jadi, bayi bisa melihat detail wajah Bunda dengan lebih jelas. 

Selain itu, ia juga akan menunjukkan ketertarikan untuk mengamati wajah-wajah baru yang ada di sekitarnya. 

6. Bisa Membedakan Warna

Perkembangan bayi 3 bulan ke 4 bulan dalam aspek penglihatan sudah semakin baik. Karena itu, ia sudah menyadari bahwa benda di sekitarnya memiliki warna yang berbeda. 

Warna yang paling mudah disadari perbedaannya pada usia ini adalah merah dan hijau. 

Kemampuannya membedakan warna, juga dapat membuat si Kecil cenderung menyukai mainan dengan warna tertentu. 

7. Mengikuti Benda Bergerak

Penglihatan yang semakin baik juga membuat mata bayi mampu mengikuti benda yang sedang bergerak cepat.

Meski begitu, kebanyakan bayi usia ini belum bisa menangkap benda bergerak yang menjadi targetnya. Sebab, koordinasi mata dan tangannya belum berkembang sempurna. 

Baca Juga: Durasi Ideal Jam Tidur untuk Bayi Sesuai Tahapan Usianya

8. Belajar Lebih Banyak Emosi 

Pada usia ini, si Kecil akan sibuk mempelajari berbagai emosi baru. Caranya adalah dengan mendengarkan kata-kata dan memperhatikan ekspresi wajah Bunda. 

Ia akan coba menghubungkan ekspresi wajah yang Bunda buat dengan kata-kata yang Bunda ucapkan. 

Melalui observasi itu, bayi akan mengerti bahwa nada tinggi dengan wajah tersenyum menunjukkan rasa senang. Lalu, wajah murung dan nada rendah menunjukkan rasa sedih.

9. Lebih Pintar Mengekspresikan Emosi

Perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan juga dapat diamati dari kemampuannya dalam mengekspresikan emosi yang sedang dirasakan.  

Bunda mungkin akan melihat si Kecil tertawa lepas, tersenyum ketika mendengar atau melihat hal-hal yang disukai, dan membuat suara-suara seperti “ah-guu” untuk mengekspresikan diri. 

10. Sudah Bisa Ditinggal Bunda

Di usia 3 menuju 4 bulan, kemampuan melihat si Kecil sudah hampir sempurna. Maka dari itu, ia sudah bisa melihat dengan jelas benda-benda yang terletak beberapa meter di depannya.

Oleh karena itu, saat Bunda perlu mengambil popok baru atau mengambil air minum di seberang ruangan, si Kecil sudah tidak terlalu rewel lagi. 

Sebab, si Kecil tetap bisa melihat Bunda dengan jelas. Ia akan mengamati Bunda beraktivitas dari tempatnya berbaring. 

Baca Juga: Apa Itu 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) dan Cara Mengoptimalkannya 

Bagaimana Cara Memaksimalkan Perkembangan Bayi 3 Bulan? 

Untuk memaksimalkan perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan, Bunda perlu memberikan stimulasi yang tepat, antara lain: 

1. Mengajak Bayi Bicara

Bunda perlu sering-sering mengajak si Kecil bicara untuk menstimulasi kemampuan bahasa dan emosinya. Mulai dari menceritakan apa saja yang sedang Bunda  atau si Kecil lakukan. 

Ketika berbicara, pastikan Bunda menatap mata si Kecil dan membuat ekspresi muka yang hangat. Dengan begitu. si Kecil semakin pintar mengaitkan antara kata-kata dan perasaan. 

2. Respon Celotehan Bayi

Walaupun hanya celotehan tanpa makna, tapi Bunda perlu memberikan respon seolah sedang mengobrol dengan si Kecil. 

Hal ini penting untuk memotivasi si Kecil agar terus berceloteh, meningkatkan kemampuan bahasa, dan kemampuannya memahami komunikasi dua arah. 

Jadi, ketika Bunda berbicara, bayi akan mendengarkan. Setelah itu, baru giliran bayi menanggapi ucapan Bunda. Begitu pula sebaliknya. 

3. Membacakan Buku Cerita

Membacakan buku cerita meningkatkan kemampuan bahasa, menulis, dan membaca si Kecil di kemudian hari.  

Selain itu, membaca bersama juga akan meningkatkan bonding antara Bunda dan si Kecil. Dengan demikian, si Kecil merasa aman dan dicintai sepenuh hati. 

Pilih buku dengan gambar besar dan berwarna terang. Perlahan, bacakan buku menggunakan ekspresi dan nada yang ekspresif. Pangku bayi agar ia dapat melihat gambar dengan baik. 

Baca Juga: Kenali Apa Itu Growth Spurt dan Tanda-Tandanya pada Bayi

4. Menggantung Mainan 

Saat si Kecil tummy time, Bunda dapat menggantung mainan menarik di depan bayi. Aktivitas ini bertujuan untuk menstimulasi kekuatan leher dan kontrol kepala si Kecil. 

Ketika dalam posisi berbaring, gantung mainan dengan jarak yang cukup dekat. Dengan begitu, si Kecil dapat latihan meraih dan menggenggamnya. 

5. Meletakkan Mainan Bersuara di Sekitar Bayi

Untuk menstimulasi perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan pada aspek motorik, Bunda dapat meletakkan mainan yang berwarna terang atau mengeluarkan bunyi di sekitarnya. 

Dengan begitu, si Kecil termotivasi untuk menoleh, mengangkat kepala, atau berguling untuk menemukan sumber suara dan meraihnya. 

6. Meletakkan Mainan Bergerak di Dekat Bayi

Bunda juga dapat meletakkan mainan yang bergerak sekitar 60 cm di depan bayi selama tummy time. 

Biarkan mainan bergerak perlahan mendekati wajah bayi. Tujuan dari stimulasi ini adalah melatih koordinasi mata dan tangan si Kecil agar semakin baik. 

Dengan demikian, lama-kelamaan si Kecil dapat menangkap benda yang bergerak menggunakan kedua tangannya. 

7. Buat Jadwal Harian

Bunda dapat mulai membuat jadwal harian yang dilaksanakan dengan rutin. Dengan melakukan rutinitas yang mirip setiap hari, si Kecil akan merasa lebih aman. 

Untuk membuat jadwal harian, sesuaikan dengan ritme tidur si Kecil dan rutinitas keluarga Bunda. Jangan memaksakan jadwal orang lain yang tampak lebih “ideal”. 

Baca Juga: Tanda-Tanda Bayi Alami Overstimulasi dan Cara Mengatasinya

8. Menyiapkan Ruang Aman

Pastikan si Kecil berbaring di karpet bermain yang cukup tebal dan luas sehingga badannya tidak sakit ketika berguling atau kepalanya terbentur. 

Singkirkan juga benda-benda berbentuk kecil, tajam, dan memiliki permukaan yang kasar. Contohnya kelereng, bola bekel, gunting kuku, jarum pentul, balok kayu, dan meja. 

Benda-benda tersebut dapat membuat si Kecil tersedak, terluka, hingga cedera. 

Itulah beberapa hal yang dapat Bunda lakukan untuk stimulasi perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan. Lantas bagaimana perkembangan bayi di usia 4 bulan

Dapatkan tips stimulasi tumbuh kembang lainnya sesuai tahapan usia si Kecil secara eksklusif dengan fitur Panduan Tumbuh Kembang.

Bukan hanya itu, dengan fitur tersebut Bunda juga bisa mendapatkan panduan menyusui dan grafik tumbuh kembang interaktif. 

Referensi:

  1. 3-4 months: baby development. (2022, December 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/3-4-months
  2. Your baby’s growth and development - 3 months old. (2024, May 6). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-3-months-old
  3. Developmental milestones: hearing. (2022). BabyCenter. https://www.babycentre.co.uk/a6509/developmental-milestones-hearing
  4. Masters, M. (2015, September 2). When and What Can Babies See? What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-vision
  5. Learning, Play, and Your 1- to 3-Month-Old (for Parents). (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/learn13m.html
  6. Reading with babies from birth. (2023, August 24). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/literacy-reading-stories/reading-from-birth
  7. Learning, Play, and Your 1- to 3-Month-Old (for Parents). (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/learn13m.html%E2%80%8C

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut