Facebook Pixel Code 15 Stimulasi Bayi 3 Bulan yang Bagus untuk Perkembangannya

15 Stimulasi Bayi 3 Bulan Terbaik untuk Perkembangannya

15 Stimulasi Bayi 3 Bulan Terbaik untuk Perkembangannya

 

Stimulasi bayi 3 bulan yang tepat dapat memaksimalkan perkembangan. Yuk, cari tahu stimulasi seperti apa saja yang bagus untuk si Kecil pada artikel ini!

Aktivitas Stimulasi Bayi 3 Bulan

Tahukah Bunda bagaimana cara menstimulasi perkembangan bayi 3 bulan? Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bersama si Kecil di rumah: 

1. Melatih Bayi Tengkurap 

Tummy time dapat membantu memperkuat otot-otot leher dan bahu bayi agar lebih kuat. Jadi, pondasi dari keseimbangan, postur tubuh, serta gerakan bayi lebih baik. 

Tummy time sejak dini juga mendukung perkembangan motorik bayi, sehingga ia bisa lebih cepat untuk belajar berguling, merangkak, duduk, berdiri, hingga berjalan. 

Untuk tummy time, Bunda bisa tengkurapkan si Kecil di permukaan datar, seperti lantai yang dilapisi matras. Lakukan selama 1-3 menit tiap harinya. Pastikan selalu mengawasi si Kecil, ya. 

2. Berikan Mainan

Melalui bermain, bayi akan secara alami mengembangkan keterampilan fisik serta kemampuan berpikirnya secara bertahap

Untuk memberikan stimulasi bayi 3 bulan, pilihlah mainan yang lembut, tidak tajam, tidak gampang pecah, ukurannya cukup besar (supaya tidak berisiko tertelan), dan berwarna terang.

Gantung mainan di atas si Kecil, dengan begitu tangannya belajar menggapai dan matanya belajar mengikuti benda bergerak.

3. Sering-Sering Ajak Bayi Bicara

Mengajak si Kecil berbicara bisa bantu si Kecil membangun pondasi kemampuan bahasa dan sosial-emosionalnya. 

Saat diajak berbicara, kemungkinan besar ia akan memperhatikan wajah bunda dan mulai menirukan pola suara Bunda.  Oleh karena itu, pastikan Bunda selalu menanggapi ocehannya. 

Jadi, si Kecil akan terus terdorong untuk “berbicara”. Jangan lupa membuat kontak mata serta gunakan intonasi yang ceria. 

Baca Juga: 11 Rekomendasi Mainan Bayi 3 Bulan untuk Dukung Perkembangannya

4. Buat Beragam Ekspresi Wajah 

Saat diajak bicara, si Kecil akan memperhatikan wajah Bunda dengan seksama. Oleh karena itu, pastikan Bunda selalu menunjukkan beragam ekspresi muka.

Contohnya tersenyum lebar ketika membicarakan hal yang menyenangkan dan melipat bibir ketika membahas hal yang membuat Bunda sedih.

Perlahan, si Kecil akan mulai menirukan ekspresi wajah yang Bunda buat. Hal ini membantunya memahami hubungan antara ekspresi wajah dan perasaan (perkembangan bahasa non-verbal). 

5. Ajarkan Bayi Memegang Benda

Bayi usia 3 bulan sedang senang-senangnya mengeksplor dunia sekitar dengan tangannya. Untuk memfasilitasi hal ini, Bunda bisa meletakkan mainan di posisi yang dapat dijangkau. 

Pilih mainan yang mudah digenggam, berwarna terang, dan mengeluarkan suara. Setelah berhasil menjangkau mainan, bayi mungkin akan menggenggam dan menggoyangkannya. 

Saat hal ini terjadi, motorik halus, indera peraba, indera penglihatan, dan indera pendengaran si Kecil akan terstimulasi. 

6. Membuat Suara yang Menarik 

Pada usia 3 bulan, pendengaran bayi semakin sempurna sehingga ia lebih cepat tanggap terhadap suara dan berusaha mencari sumbernya. 

Bunda bisa menirukan berbagai macam suara untuk menarik minat si Kecil mendengarkan. Misalnya suara kucing, bebek, atau deru mobil, sebagai stimulasi pendengaran bayi. 

Bisa juga dengan menggoyangkan rattle (mainan yang berbunyi ketika digoyangkan). Stimulasi bayi 3 bulan ini bisa membuat pendengaran bayi lebih tajam dan jelas. 

7. Memanggil Nama si Kecil

Bunda juga bisa menstimulasi pendengaran dan kemampuan komunikasi si Kecil dengan memanggil namanya secara berulang. 

Bayi mungkin akan merespon panggilan namanya dengan menatap Bunda, melebarkan matanya, terlihat mendengarkan, atau tersenyum. 

8. Bacakan Buku

Salah satu manfaat membacakan bayi dongeng atau buku cerita, bisa bantu si Kecil membangun keterampilan mendengarkan dan mengingat.  

Di samping itu, aktivitas stimulasi bayi 3 bulan ini juga bisa memperkaya “tabungan” kosa katanya karena akan semakin banyak kata-kata baru yang ia dengar.

Pilih buku cerita dengan gambar berukuran besar dan berwarna cerah. Perlihatkan gambar tersebut pada bayi. Jangan lupa untuk menggunakan suara dan wajah yang ekspresif. 

9. Mengajak Tepuk Tangan

Tepuk tangan dapat diajarkan sedini mungkin. Caranya pegang kedua tangan si Kecil lalu tepukkan dengan lembut. 

Bunda perlu melakukan stimulasi tepuk tangan secara berulang. Bisa sambil bernyanyi atau memutarkan musik ceria supaya si Kecil semakin bersemangat. 

Tepuk tangan kelak akan menjadi salah satu pencapaian milestone pada usia 9 bulan, pada kategori koordinasi mata dan tangan serta kemampuan komunikasi non-verbal.

10. Nyanyikan Lagu

Bernyanyi lagu sederhana secara berulang-ulang, ternyata dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan sosial bayi, Bun. 

Nyanyikan lagu-lagu favoritnya bayi, atau yang membuat ia tersenyum senang dan bergoyang. Misalnya, lagu “Cicak di Dinding”, “Pelangi”, “Balonku”, atau lagu-lagu lainnya.

Jika dinyanyikan dengan mimik wajah dan ekspresi yang heboh, bayi pasti akan tersenyum berseri-seri.

11. Ajak Bercermin

Membiarkan bayi tummy time di depan cermin merupakan salah satu cara stimulasi bayi 3 bulan yang sangat baik. 

Sebab, ia akan termotivasi untuk tummy time lebih lama sambil memperhatikan ekspresi wajah yang ia buat. 

Bunda bisa ikut bermain di depan cermin bersama si Kecil lalu mengatakan, “Eh, itu siapa ya, Nak?” dengan mimik muka yang ekspresif. 

12. Main Cilukba

Walaupun terlihat sederhana, cilukba akan jadi permainan yang sangat menyenangkannya. Sebab, bayi pikir Bunda adalah pesulap andal yang bisa hilang dan muncul dengan cepat. 

Di samping itu, permainan ini akan bantu mengenalkan bayi pada sebuah konsep yang bernama object permanence. 

Yaitu pemahaman bahwa suatu benda atau orang tidak benar-benar menghilang dari dunia, ketika ia tidak terlihat dengan mata atau tidak terdengar suaranya. 

Ketika terstimulasi dengan baik, bayi akan mulai memahami konsep ini pada usia 8 bulan. 

13. Ajak Bercanda

Mengajak bayi bercanda dengan cara memberi sentuhan atau menggelitiknya, ternyata dapat membantu meningkatkan indera peraba si Kecil. 

Selain itu, Bunda atau Ayah juga bisa menyentuh hidung, dahi, atau kepala anak seraya mengucapkan “bip” dengan keras. 

Ini juga berguna membuatnya lebih ‘awas’ dengan memperhatikan gerakan tangan orang tuanya. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Bayi Overstimulasi dan Cara Mengatasinya

14. Biasakan Bertemu Banyak Orang

Membiasakan bayi bertemu orang baru penting agar ia terbiasa berinteraksi dengan orang-orang di luar keluarganya. 

Dengan begitu, bayi tidak akan mudah menangis atau rewel ketika mendadak dikelilingi orang banyak, atau berpisah dari Bunda untuk beberapa saat. 

Namun, Bunda perlu bersabar dan melakukannya pelan-pelan, ya, karena tidak semua bayi bisa langsung akrab dengan orang baru. 

15. Menyediakan Permainan Sensorik

Permainan sensorik atau sensory play dapat bantu menjembatani koneksi antar saraf dalam otak. Jadi, keterampilan bayi memahami informasi baru dan mengingatnya semakin kuat. 

Untuk melakukan permainan sensorik, Ibu bisa ajak si Kecil menyentuh benda dengan berbagai tekstur. Misalnya memberikan mainan berbulu atau buah yang dingin untuk dipegang.

Bunda bisa akses stimulasi bayi 3 bulan dan fitur edukatif lainnya untuk memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil menjadi generasi maju dengan mengunduh Panduan Tumbuh Kembang. Gratis!

Waspada Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan Bayi

Perkembangan bayi berbeda-beda, ada yang sedikit lebih cepat maupun lebih lambat. Namun, Bunda perlu waspada bila ia menunjukkan tanda keterlambatan perkembangan berikut: 

  • Mata bayi tak mengikuti benda yang bergerak di hadapannya. 
  • Tak berusaha meraih dan menggenggam benda. 
  • Tidak tersenyum pada orang lain. 
  • Tidak dapat mengangkat kepalanya. 
  • Belum mulai mengoceh. 
  • Pandangan matanya masih terlihat juling. 

Apabila Bunda melihat tanda bahaya tersebut, jangan ragu lagi untuk mengunjungi puskesmas, bidan, klinik, atau rumah sakit supaya bayi mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

Dengan begitu, ia bisa sedini mungkin mendapatkan penanganan yang tepat dan tumbuh optimal. 

Itulah informasi seputar stimulasi bayi 3 bulan. Bunda penasaran tidak bagaimana stimulasi bayi 4 bulan yang tepat dan efektif? 

Yuk, cari tahu cara stimulasi sesuai kelompok usia bayi serta tips tumbuh kembang lainnya bersama Generasi Maju!

Bersama-sama kita upayakan si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal, ya, Bunda!

Referensi:

  1. 3-4 months: baby development. (2022, December 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/3-4-months
  2. Learning, Play, and Your 1- to 3-Month-Old (for Parents). (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/learn13m.html
  3. ‌Language development: 3-12 months. (2023, December 19). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/language-development/language-3-12-months
  4. Bradley, S. (2020, March 23). Cue the Applause: When Do Babies Start Clapping? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/when-do-babies-clap#when-it-starts
  5. Morgan, K. K. (2021, March 10). Object Permanence: How Do Babies Learn It? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/baby/what-age-do-babies-have-object-permanence
  6. Developmental Milestones: Red Flags. (2023). Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/red-flags-to-watch-for/
  7. Chertoff, J. (2019, April 29). Guide to Tummy Time: When to Start and How to Make Tummy Time Fun. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/tummy-time#how-to
  8. Watson, S. (2009, October 19). Baby Development: Your 3-month-old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-3-months
  9. Help Me Grow MN. (2023). Helpmegrowmn.org. https://helpmegrowmn.org/HMG/HelpfulRes/EncourageHealthDev/3Months/index.html
  10. Rodgers, L. (2018, February 6). When Do Babies Play Peekaboo? What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/peek-a-boo/
  11. Parents Guide to Developmental Milestones. (2023, February 23). Child Mind Institute. https://childmind.org/guide/parents-guide-to-developmental-milestones/
  12. Rohit Garoo. (2014, October 28). 3 Months Old Baby Developmental Milestones. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/babys-third-month-a-development-guide_00102426/
  13. Khan, A. (2018, May 31). 3 Months Old Baby Activities. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/3-months-old-baby-activities-to-help-your-child-reach-the-upcoming-milestones/
  14. Overstimulation: babies and children. (2021, July 2). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/behaviour/common-concerns/overstimulation#what-is-overstimulation-nav-title
  15. Subramani, A. (2020, September 7). Exploring the Benefits of Sensory Play for Children. Only about Children. https://www.oac.edu.au/news-views/sensory-play/
  16. Shaw, G. (2013, September 19). Is My Baby On Track? Spotting Developmental Delays. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/spotting-developmental-delays-baby

Artikel Terpopuler