Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 2 Bulan, Apa yang Bisa Dilakukan si Kecil?

Perkembangan Bayi 2 Bulan, Apa yang Bisa Dilakukan si Kecil?

Perkembangan Bayi 2 Bulan, Apa yang Bisa Dilakukan si Kecil?

 

Bayi usia 2 bulan sudah bisa menggerakkan kepala sendiri dan bisa melihat dengan lebih baik. Lalu, apa lagi perkembangan bayi 2 bulan? Simak jawaban lengkapnya di sini!

Perkembangan Bayi 2 Bulan

Perkembangan bayi dari bulan ke bulan selalu ada yang baru, baik dari segi keterampilan motorik, kognitif, sensori, hingga keterampilan sosial dan komunikasi. Lalu, bayi 2 bulan bisa apa?

1. Mengangkat Kepala

Umumnya, bayi 2 bulan sudah bisa mengangkat kepala saat ditengkurapkan karena otot-otot lehernya sudah semakin kuat. 

Ia juga sudah bisa menggerakkan kepala dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Bahkan, beberapa bayi usia 2 bulan ada yang sudah bisa mengangkat sebagian badan bagian atasnya. 

2. Melihat Lebih Jelas

Penglihatan semakin jelas adalah capaian perkembangan bayi 2 bulan yang tak kalah penting. 

Ia sudah bisa melihat berbagai objek di sekitar yang berjarak kurang lebih 45 cm dari wajahnya. Ini berarti, si Kecil sudah bisa mengenali Bunda dan Ayah sebagai orang tuanya. 

Bayi usia 2 bulan juga sudah mulai melihat dengan fokus. Tentu ini bisa jadi kesempatan Bunda untuk memperkenalkan beraneka macam benda serta orang-orang terdekat kepada si Kecil. 

Baca Juga: Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk Anak

3. Melihat Perbedaan Warna

Bayi sudah bisa melihat perbedaan warna kontras seperti biru, kuning, dan merah dengan lebih jelas. Bahkan, ia mulai bisa membedakan warna-warna yang dilihatnya. 

Meski begitu, bayi biasanya masih suka melihat warna-warna cerah dan desain ataupun bentuk objek yang tegas. 

4. Tersenyum

Dua bulan pertama bayi sudah bisa tersenyum ketika melihat Bunda atau Ayahnya, saat mendengar suara yang lucu, atau ketika Bunda bernyanyi dan bercerita untuknya. 

Pada fase ini, tetap berikan stimulasi untuk bayi 2 bulan yang menarik perhatian dan membuatnya tersenyum.

Misalnya, mengajaknya mengobrol, bernyanyi, bercerita, atau sekadar menyapa si Kecil. 

5. Meraih Objek Bergerak

Di usia 2 bulan bayi juga sudah bisa melihat mengikuti gerakan objek di hadapannya, dan mungkin akan mencoba meraihnya.

Ini adalah pertanda bahwa koordinasi mata dan tangan bayi juga mulai berkembang pelan-pelan.

Bunda bisa menggunakan mainan bergerak dan memainkannya di hadapan wajah si Kecil. Coba perhatikan mata bayi yang akan mengikuti gerakan mainan tersebut. 

6. Mulai Coba Berkomunikasi

Di usia 2 bulan, si Kecil akan lebih banyak menangis. Namun, tangisan bayi karena haus dan lapar akan berbeda dengan tangisannya saat sakit.  

Tak hanya itu, ia mungkin akan memperlihatkan ragam ekspresi wajah dan bahasa tubuh untuk berkomunikasi. Contohnya saat bosan, kecewa, kesal, atau bahagia. 

7. Mengenali Suara

Bayi 2 bulan bisa apa lagi, ya? Perkembangan bayi 2 bulan juga ditandai dengan kemampuannya mengenali suara, termasuk membedakan suara-suara yang akrab di telinganya. 

Misalnya, suara Bunda, Ayah, Kakak, dengan suara yang asing baginya. Ia juga mulai menikmati suara orang yang mengajaknya bicara. 

8. Mengamati Tangan 

Bayi usia 2 bulan sedang senang-senangnya mengamati tangan dan mengenali jari. Di fase ini, bayi kerap membuka atau menutup tangan, atau menggenggam kedua tangannya bersamaan.

Tak jarang, si Kecil berusaha mengambil benda di dekatnya, walaupun terkadang ia tidak tahu bagaimana cara melepaskannya. 

9. Memasukkan Tangan ke Mulut

Bunda mungkin sering melihat si Kecil senang memasukkan tangannya ke dalam mulut. Tak perlu khawatir, ini merupakan bagian dari refleks menghisap bayi. 

10. Mengoceh

Bunda pasti menyadari bahwa si Kecil makin pandai mengoceh. Sebagian besar bayi 2 bulan akan mengatakan “ooh” dan “aah”, serta suara dengkuran. 

Untuk itu, Bunda bisa sering-sering mengajak bayi bicara. Meski bayi usia 2 bulan belum bisa merespons Bunda dengan bicara, mereka akan merespons dengan senyuman atau suara.

Baca Juga: Mengenal Growth Spurt, Fase Percepatan yang Buat BB Bayi Naik

Apa yang Diperiksa Dokter di Bulan ke-2?

Dokter akan memantau pertambahan panjang dan berat badan bayi di usia 2 bulan.

Umumnya, berat bayi laki-laki 2 bulan sekitar 3,4 - 5,7 kg dengan panjang badan 51 - 57 cm, dan BB bayi perempuan sekitar 3,2 - 5,4 kg dengan panjang tubuh 50 - 55 cm.

Bila dibutuhkan, pemeriksaan lain juga diperlukan untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi 2 bulan bergerak ke arah yang positif. Misalnya: 

  • Bentuk dan ukuran lingkar kepala
  • Refleks bayi baru lahir.
  • Kondisi mata dan fungsi penglihatannya. 
  • Mulut, telinga, hidung, dan tenggorokan.
  • Detak jantung dan sistem pernapasan. 
  • Area perut, dengan cara menekan lembut perut bayi untuk meraba sesuatu yang tidak biasa. 
  • Area leher dan ketiak.
  • Lengan, tulang belakang, pinggul, punggung, dan kaki untuk mengetahui apakah bayi dapat menggerakkannya, serta bertumbuh kembang dengan normal. 
  • Titik lunak kepala (fontanelles). 
  • Alat kelamin. 
  • Memeriksa ruam atau tanda lahir 

Bila ada vaksin yang perlu dilakukan di bulan ini, dokter mungkin akan menyertakannya di akhir sesi kunjungan dan menjadwalkan imunisasi selanjutnya. 

Baca Juga: Kenali Tanda Bayi Overstimulasi dan Cara Mencegahnya

Waspada Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan Bayi

Di bulan ini ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan. Segera konsultasikan ke dokter bila bayi menunjukkan tanda-tanda di bawah ini:

  • Bayi belum bisa tersenyum dalam 8 minggu setelah lahir.
  • Bayi terus gelisah dan rewel. 
  • Bayi masih terus mengepalkan tangannya.
  • Bayi tidak terkejut mendengar suara kencang dan keras.
  • Bayi tidak semangat bermain.
  • Bayi tidak menyusu dengan lancar.

Hal-hal di atas bisa saja menandakan bahwa bayi mengalami gangguan atau masalah kesehatan yang menghambat tumbuh kembangnya.

Begitu pula jika ada hal-hal lain yang mencurigakan terkait tumbuh kembangnya. Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. 

Nah, Bunda juga bisa mengetahui lebih banyak tentang perkembangan bayi dari bulan ke bulan melalui fitur Panduan Tumbuh Kembang, lho!

Baca Juga: Seperti Apa Perkembangan Bayi dari Bulan ke Bulan?

Perkembangan Bayi 2 Bulan ke 3 Bulan

Jelang usia 3 bulan, kemampuan penglihatan bayi akan semakin baik dan semakin bisa membedakan objek yang berbeda.

Bayi 2 bulan ke 3 bulan juga mulai coba berkomunikasi dengan Bunda lewat berbagai suara tangisan berbeda. Tangisan bayi karena lapar akan berbeda dengan tangisan saat bayi sakit.

Ia juga akan memperlihatkan ekspresi wajah dan bahasa tubuh tertentu sebagai bentuk komunikasi. Bahkan, ia sudah bisa memperlihatkan ekspresi wajah senang, sedih, dan kesal. 

Itu dia perkembangan bayi usia 2 bulan serta tanda-tanda keterlambatan yang perlu diwaspadai. Selanjutnya, seperti apa perkembangan bayi usia 3 bulan

Cari tahu informasi terbaru tentang perkembangan, stimulasi, hingga nutrisi penting yang dibutuhkan bayi di website Generasi Maju, Bun! 

Referensi:

  1. Watson, S. (2009, October 19). Baby Development: 1-2 Months Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-2-month-old#3-5
  2. Verywell. (2018). Your 2-Month-Old Baby’s Milestones & Development. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-2-month-old-baby-development-and-milestones-4171959
  3. Masters, M. (2018, December 27). 2-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-2.aspx
  4. 2-3 months: newborn development. (2023, February 21). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/development/development-tracker/2-3-months
  5. 1-2 months: newborn development. (2023, February 21). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/development/development-tracker/1-2-months
  6. Help Me Grow MN. (2023). Helpmegrowmn.org. https://helpmegrowmn.org/HMG/HelpfulRes/EncourageHealthDev/2Months/index.html
  7. Your baby’s growth and development - 2 months old. (2023, April 17). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-2-months-old
  8. Hirshlag, J. (2018, April 4). Your Guide to Well-Baby Visits. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/health-and-safety/well-baby-visits-guide/
  9. IDAI | Air Susu Ibu dan Tumbuh Kembang Anak. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/air-susu-ibu-dan-tumbuh-kembang-anak
  10. IDAI | Mengapa ASI Eksklusif Sangat Dianjurkan pada Usia di Bawah 6 Bulan. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/mengapa-asi-eksklusif-sangat-dianjurkan-pada-usia-di-bawah-6-bulan
  11. Rohit Garoo. (2016, March 18). Interesting Activities For Two-Month Old Baby : Yes, We’re Serious. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/two-month-old-baby-activities_00394343/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut