Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 2 Bulan ke 3 Bulan dan Stimulasinya

Perkembangan Bayi 2 Bulan ke 3 Bulan dan Stimulasinya

Perkembangan Bayi 2 Bulan ke 3 Bulan dan Stimulasinya

 

Penting untuk tahu seperti apa perkembangan bayi 2 bulan ke 3 bulan agar Bunda bisa berikan stimulasi yang tepat di bulan ke-3 nanti. Yuk, cari tahu milestone menuju 3 bulan dan cara stimulasinya!

Perkembangan Bayi 2 Bulan Menuju 3 Bulan

Menuju usia 3 bulan, bayi sudah bisa melihat, mendengar, dan menggerakkan kepalanya dengan lebih baik. Lalu, apa lagi yang terjadi jelang bulan ke-3 usia bayi?

1. Mengikuti Objek Bergerak

Penglihatan bayi dari usia 2 bulan ke 3 bulan sudah jauh lebih baik. Bayi 2 bulan biasanya sudah mulai fokus dan mampu mengikuti objek bergerak dengan matanya.

Di usia 2 bulan sampai 3 bulan, jarak fokus penglihatan bayi adalah 2-25 cm dari wajahnya. Jarak ini sama jauhnya antara wajah si Kecil ke wajah Bunda saat ia digendong menyusui.

Menuju usia 3 bulan, bayi akan mulai mampu membedakan warna dengan lebih jelas. 

2. Menegakkan Leher dan Kepala

Otot-otot leher bayi usia 2 bulan sudah lebih kuat jelang 3 bulan. Jadi, si Kecil sudah mulai bisa menegakkan leher untuk menahan kepalanya ketika digendong atau ditengkurapkan.

Selain itu, bayi sudah bisa menggerakkan kepala dari kanan ke kiri maupun sebaliknya.

Baca Juga: Seperti Apa Perkembangan Bayi dari Bulan ke Bulan?

3. Meraih Benda Terdekat

Perkembangan bayi 2 bulan ke 3 bulan dari segi visual dan motorik juga termasuk koordinasi gerak mata dan lengan yang cukup baik untuk memukul benda bergerak di dekatnya.

Namun, bayi belum bisa membedakan dua sasaran atau menggerakkan mata di antara dua gambar dengan mudah.

4. Mengenali Suara

Kemampuan mengenali dan menikmati suara orang-orang di sekitarnya mulai ditunjukkan si Kecil menjelang usia 3 bulan. 

Si Kecil sudah bisa membedakan suara Bunda dan Ayah dengan suara yang jarang didengarnya. 

5. Mencoba Berkomunikasi

Menuju usia 3 bulan, Bunda akan menyadari tangisan bayi karena lapar akan berbeda dengan tangisannya saat kesakitan. 

Ia juga akan menunjukkan berbagai ekspresi wajah dan bahasa tubuh sebagai caranya berkomunikasi. Misalnya ekspresi senang, sedih, kecewa, hingga kesal. 

6. Senang Mengamati Jari Tangan

Bayi usia 2 bulan ke 3 bulan sering kali mengamati tangan dengan cara membuka atau menutup, atau menepuk kedua tangannya bersamaan. 

Terkadang, ia berusaha mengambil benda yang ada di hadapannya meski ia tidak tahu bagaimana cara melepaskannya kemudian. 

7. Memasukkan Tangan ke Mulut

Tak hanya mengamati jari tangan, bayi di usia ini juga senang memasukkan tangannya ke dalam mulut sebagai bagian dari refleks mengisap bayi. 

Bunda tak perlu khawatir atau melarangnya, cukup pastikan tidak ada benda berbahaya di dekatnya yang berisiko membahayakan si Kecil.

8. Berat Badan Bertambah

Pada perkembangan bayi 2 bulan ke 3 bulan, yang terlihat jelas juga pertumbuhan fisik yang pesat. Idealnya, berat badan bayi 2 bulan sudah bertambah minimal 900 gram dari bulan lalu. 

Di bulan depan, berat badan bayi 3 bulan minimal harus bertambah 800 gram dari BBnya saat ini.

Jadi, jangan lupa untuk selalu ukur BB dan TB si Kecil secara berkala dan masukkan data pertumbuhannya di Grafik Pertumbuhan Anak untuk pastikan pertumbuhannya maksimal.

Bunda juga dapat mengetahui lebih banyak perkembangan bayi dari bulan ke bulan lewat fitur Panduan Tumbuh Kembang Anak

Cara Stimulasi Perkembangan Bayi 2 Bulan ke 3 Bulan

Supaya perkembangan bayi menuju 3 bulan semakin maksimal, Bunda dapat melakukan berbagai stimulasi sebagai berikut:

1. Penuhi Kebutuhan ASI

Supaya si Kecil dapat tumbuh optimal, terus berikan ASI eksklusif sampai setidaknya bayi berusia 6 bulan. 

Umumnya, kebutuhan ASI bayi usia 2 bulan adalah sekitar 120-150 ml untuk satu kali minum. Bunda dapat menyusui si Kecil 6-10 kali dalam sehari. 

2. Sering-Sering Ajak Bayi Bicara

Di usia 2 bulan menuju 3 bulan, Ibu dan Ayah dapat rutin mengajak si Kecil bicara. 

Selalu respon atau balas suaranya dengan perkataan Ibu. Coba gunakan atau tiru suara bayi yang lucu saat berbicara dengannya.

3. Lakukan Kontak Mata

Saat mengajak si Kecil bicara, Bunda dapat sambil menatapnya dengan penuh kasih. Tidak hanya saat bicara, Bunda bisa melakukan kontak mata ketika menyusui dan belajar tengkurap. 

Melakukan kontak mata pada si Kecil saat bicara, menyusui, dan belajar tengkurap dapat bantu mengembangkan perkembangan kognitif dan emosionalnya, lho. 

Baca Juga: 7 Ide Stimulasi yang Tepat untuk Bayi 2 Bulan

4. Belajar Tengkurap

Cara memaksimalkan perkembangan bayi 2 bulan ke 3 bulan berikutnya adalah mengajak bayi belajar tengkurap. Ajarkan bayi tengkurap selama 10-15 menit tiap 2-3 kali sehari. 

Posisikan bayi tengkurap di atas permukaan datar dan bersih, seperti lantai beralaskan selimut. Dengan begitu, ia akan belajar mengangkat kepala dan lehernya. 

5. Selalu Beri Sentuhan

Sering memberikan sentuhan sangat penting di awal-awal bulan kehidupannya. Stimulasi ini dapat membuatnya merasa sangat tenang, nyaman, dan dicintai. 

Bunda dapat memberikan lebih banyak sentuhan pada bayi 2 bulan ke 3 bulan dengan cara mencium, memeluk, mengelus, menggendong, atau mengayunnya. 

6. Sering Tersenyum pada si Kecil

Saat mengajak si Kecil bicara dan bercanda, jangan lupa selalu menyelipkan senyuman, Bun. Langkah ini bantu melepas hormon alami dalam tubuhnya agar ia merasa aman dan nyaman.

Melemparkan senyuman pada bayi diketahui dapat mendukung perkembangan kognitifnya sekaligus membangun ikatan yang kuat dengan orang tua. 

Baca Juga: 15 Ide Stimulasi untuk Bayi 3 Bulan 

7. Letakkan Mainan Gantung atau yang Bergerak

Cara memaksimalkan perkembangan bayi 2 bulan ke 3 bulan selanjutnya adalah dengan meletakkan mainan gantung yang bergerak di dekatnya. 

Memberikan mainan gantung atau mainan bergerak dapat merangsang penglihatannya. Tak hanya itu, langkah ini dapat merangsang kemampuan motoriknya dalam meraih benda tersebut.

Lalu, akan seperti apa perkembangan bayi usia 3 bulan? Yuk, monitor terus perkembangan bayi setiap bulan dan stimulasi yang dibutuhkannya agar tumbuh maksimal bersama Generasi Maju!

 

Referensi:

  1. Watson, S. (2009, October 19). Baby Development: 1-2 Months Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-2-month-old#3-5
  2. Your baby’s growth and development - 2 months old. (2023, December 11). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-2-months-old
  3. Parents. (2024). Every Milestone Your Baby Will Reach at 2 Months Old. Parents. https://www.parents.com/two-month-old-milestones-feeding-development-and-more-8550252
  4. Masters, M. (2018, December 27). 2-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-2.aspx
  5. 2-3 months: newborn development. (2023, February 21). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/development/development-tracker/2-3-months

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut