Facebook Pixel Code Berat Bayi 2 Bulan yang Ideal dan Cara Mencapainya

Berat Bayi 2 Bulan yang Ideal dan Cara Mencapainya

Berat Bayi 2 Bulan yang Ideal dan Cara Mencapainya

 

Penting bagi Bunda mengetahui berat bayi 2 bulan yang ideal. Lalu, berapa kisaran berat badan bayi yang normal di bulan ke-2 ini, dan bagaimana cara menaikkannya?

Berat Badan Bayi 2 Bulan yang Ideal

Berat bayi 2 bulan idealnya naik di kisaran 900 gram dari bulan sebelumnya. Menurut Tabel Standar Antropometri Anak Kemenkes RI, berikut berat badan bayi 2 bulan yang ideal:

  • Bayi laki-laki: 4,3 - 6,3 kg dan panjang badan 54,4 - 64,4 cm.
  • Bayi perempuan: 3,9 - 5,8 kg dan panjang badan 53,0 - 63,2 cm.

Lalu, normalkah bayi usia 2 bulan punya berat badan 6 kg? Berat badan bayi 2 bulan 6 kg - 6.3 kg masih terbilang normal.

Agar lebih yakin, rutinlah bawa si Kecil ke dokter untuk ditimbang setiap bulan agar memastikan perkembangan bayi sudah sesuai usianya.

Bunda juga bisa pantau terus perubahan berat dan panjang badan bayi setiap bulan lewat Grafik Pertumbuhan Anak di Diary Generasi Maju, lho. Gratis!

Cara Mencapai Berat Bayi 2 Bulan yang Ideal

Pertambahan berat badan adalah salah satu kriteria pertumbuhan yang penting untuk dipantau rutin. Berikut adalah cara menambah berat bayi 2 bulan yang bisa Bunda lakukan:

1. Pastikan Bayi Dapatkan Lemak dari ASI

Asupan lemak merupakan salah satu kunci penting menaikkan berat badan bayi. Untuk si Kecil yang baru berusia 2 bulan, asupan lemak bisa didapat dari ASI hindmilk.

ASI hindmilk adalah jenis ASI kental yang keluar menjelang akhir sesi menyusui. Lemak yang terkandung lebih tinggi dibanding ASI yang baru keluar di awal sesi menyusui. 

Agar si Kecil bisa mendapatkan hindmilk, biarkan dulu ia menyusu di satu sisi payudara sampai benar-benar kenyang. Jangan berpindah-pindah payudara terlalu cepat.

2. Susui Bayi Sampai Kenyang

Berat badan bayi akan bertambah tergantung pada keseluruhan volume susu yang ia dapatkan setiap kali menyusu. Jadi, yang penting sebenarnya adalah menyusui bayi sampai kenyang.

Untuk bayi 2 bulan, susuilah selama 10 menit di setiap sisi. Jika ia masih belum kenyang menyusu di satu sisi, barulah pindahkan ke payudara satunya.

Bayi sudah kenyang minum ASI jika ia refleks mencabut mulutnya sendiri dari payudara Bunda dan pegangan tangannya juga perlahan-lahan lepas sendiri.

Baca Juga: Kebutuhan ASI Bayi 0-6 Bulan dan Tanda Kenyang Menyusu 

3. Perbanyak Produksi ASI

Menyusui merupakan cara utama menaikkan berat bayi 2 bulan, karena ASI adalah satu-satunya makanan pokok.

Maka itu, penting bagi Bunda mengonsumsi makanan sehat yang bisa menambah suplai ASI agar kebutuhan bayi selalu terpenuhi. 

Beberapa makanan yang dapat membantu memperlancar produksi ASI adalah oatmeal, pepaya, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan brokoli, bawang putih, jahe, dan daun kelor.

4. Perbaiki Cara Menyusui

Jika berat bayi 2 bulan belum ideal sesuai standar di bulan ini, mungkin cara menyusui Bunda masih kurang tepat sehingga si Kecil kurang mendapat ASI.

Berikut adalah cara menyusui yang benar agar bayi cukup ASI:

  • Posisikan bayi agar seluruh badannya menghadap dan menempel ke badan Bunda.
  • Posisikan dagu bayi agar menempel ke area payudara, lalu buka mulut bayi lebar-lebar.
  • Masukkan seluruh puting dan sebagian besar bagian bawah areola ke dalam mulut bayi.
  • Pastikan perlekatan bayi sudah benar dengan melihat bibirnya sudah terlipat ke arah bawah (seperti “dower”).

Jika terdengar bunyi isapan pelan dan dalam yang disertai bunyi tegukan, artinya cara menyusui Bunda sudah tepat.

Baca Juga: 10 Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu dan Cara Mengatasinya

5. Menyusui Lebih Sering

Menyusui lebih sering adalah salah satu cara menambah berat badan bayi 2 bulan yang efektif dan sangat dianjurkan.

Jadi, cobalah mengatur jadwal menyusui bayi setiap 2–3 jam sekali selama 10 menit setiap hari untuk menambah berat badan si Kecil.

6. Buat Bayi Terjaga Saat Menyusu 

Saat menyusui si Kecil, jaga ia agar tidak sampai terlelap dulu sehingga ia benar-benar mendapatkan ASI cukup demi menaikkan berat badannya. 

Bunda dapat menggelitik telapak kaki bayi dengan lembut saat membangunkannya, mengganti payudara, mengubah posisi menyusui dari duduk ke berbaring, dan bantu ia menyendawakannya.

7. Bangunkan Bayi di Waktu Menyusu

Kalau si Kecil masih banyak tidur dan terlihat jarang menyusu paling tidak 8 kali dalam sehari, sebaiknya, Bunda perlu lebih sering membangunkannya agar ia minum susu.

Supaya berat badannya bertambah, coba bangunkan si Kecil setiap 2 jam sekali di siang hari untuk menyusu dan paling tidak tiap 3-4 jam di malam hari. 

Bunda juga bisa, lho, dapatkan tips dan panduan ASI Eksklusif selengkapnya di Panduan Menyusui Gratis untuk memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Yuk, terus pantau tumbuh kembang si Kecil setiap bulannya bersama Generasi Maju!

8. Skin to Skin dengan si Kecil

Melakukan skin-to-skin (kontak kulit ke kulit) ternyata dapat memicu produksi hormon oksitosin sehingga dinilai mampu menambah produksi ASI. 

Bunda dapat mendekap dan menggendong bayi supaya ia merasa lebih nyaman sehingga meningkatkan nalurinya agar mampu menyusui lebih sering. 

Itu dia informasi mengenai berat bayi 2 bulan dan cara menaikkannya agar ideal. Lantas, akan seperti apa berat badan bayi di usia 3 bulan nanti? Yuk, cari tahu juga!

Referensi:

  1. IDAI | Bagaimana menyusui dengan benar? (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/bagaimana-menyusui-dengan-benar
  2. Pelly, J. (2020, March 23). What Is Hindmilk and How Can You Make Sure Your Baby Gets Enough? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/breastfeeding/hindmilk#why-it-is-important
  3. Breastfeeding FAQs: How Much and How Often (for Parents). (2019). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/breastfeed-often.html
  4. Galactagogues | La Leche League Canada - Breastfeeding Support and Information. (2018). Lllc.ca. https://www.lllc.ca/galactagogues
  5. Felipe Penagos Tabares, Bedoya, J. V., & Zulma Tatiana Ruiz-Cortés. (2014). Pharmacological Overview of Galactogogues. Veterinary Medicine International, 2014, 1–20. https://doi.org/10.1155/2014/602894
  6. KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA STANDAR ALAT ANTROPOMETRI DAN ALAT DETEKSI DINI PERKEMBANGAN ANAK https://yankes.kemkes.go.id/unduhan/fileunduhan_1660894423_735923.pdf
  7. Managing Poor Weight Gain in Your Breastfed Infant. (2019). https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/breastfeeding-your-baby/mismanaged-breastfeeding
  8. Trust), C. (2020, December 15). My baby is not gaining weight | Baby & toddler, Feeding articles & support | NCT. NCT (National Childbirth Trust). https://www.nct.org.uk/baby-toddler/feeding/common-concerns/my-baby-not-gaining-weight
  9. Parents. (2017). What To Do When Your Breastfed Baby Is Not Growing as Expected. Parents. https://www.parents.com/breastfed-baby-is-gaining-weight-slowly-4114196

Artikel Terpopuler