Facebook Pixel Code 10 Ciri Bayi Cerdas Usia 8 Bulan dan Tips Stimulasinya

10 Ciri Bayi Cerdas Usia 8 Bulan dan Tips Stimulasinya

10 Ciri Bayi Cerdas Usia 8 Bulan dan Tips Stimulasinya

 

Kecerdasan bayi dapat dilihat dari seberapa cepat si Kecil mencapai tahapan perkembangannya, Bun. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui ciri bayi cerdas usia 8 bulan.

Apa Saja Ciri Bayi Cerdas Usia 8 Bulan?

Bunda dapat menilai kecerdasan bayi 8 bulan dengan mengamati ciri-ciri sebagai berikut:

1. Perhatiannya Lama

Salah satu ciri bayi 8 bulan yang cerdas adalah kemampuannya bisa fokus dalam waktu lebih lama dibandingkan bayi lain. Bayi umumnya memiliki rentang fokus 10-15 menit untuk bermain.

Misalnya, saat Bunda membacakan buku cerita, bayi menunjuk-nunjuk pada gambar yang ada di buku. Artinya si Kecil memperhatikan setiap detail cerita dengan baik.

Jika si Kecil bisa mempertahankan fokusnya lebih lama dari rata-rata, ini bisa menandakan keterampilan kognitif bayi optimal.

2. Rasa Penasaran Tinggi

Ciri bayi cerdas usia 8 bulan juga ditandai dengan rasa ingin tahu yang besar untuk mengeksplorasi dunia di sekitarnya dan belajar tentang berbagai hal baru.

Selain itu, bayi 8 bulan juga sudah mulai memahami konsep ketetapan objek, yang berarti bayi menyadari bahwa objek tetap ada meskipun tidak terlihat.

Misalnya, ketika Bunda menyembunyikan mainan di belakang punggung, ia bisa menunjukkan rasa ingin tahunya dengan semangat bergerak ke arah Bunda untuk mencari mainan tersebut.

3. Memiliki Daya Ingat yang Baik

Bayi 8 bulan yang cerdas juga umumnya memiliki memori yang baik, Bun. Ia bisa mengingat tempat-tempat yang pernah dikunjungi sebelumnya dan di mana mainan favoritnya disimpan.

Saat bertambah usia, mungkin bayi lain akan melupakan hal-hal tertentu, namun si Kecil dapat mengingat setiap informasi yang sudah diproses oleh otaknya. 

4. Motoriknya Gesit

Ciri bayi 8 bulan yang cerdas dari segi keterampilan motorik dapat dilihat dari kemahirannya menggunakan tangannya untuk mengoper mainan dan menggenggam benda-benda kecil.

Dari segi motorik kasar, bayi cerdas biasanya sudah mulai belajar merangkak karena merangkak biasanya mulai di usia 6-9 bulan.

Beberapa bayi juga mungkin mulai berlatih berdiri sendiri dengan berpegangan pada furnitur.

5. Mampu Menunjukkan Empati

Pada tahap ini, bayi 8 bulan juga bisa dikatakan cerdas jika bisa mengekspresikan emosinya dengan lebih jelas dan bisa meniru tindak-tanduk orang di sekitarnya.

Contohnya, ketika bayi mendengar seseorang menangis, si Kecil mungkin akan merespons dengan menangis juga. Hal ini menunjukkan rasa empati bayi pada orang lain.

6. Lebih Suka Bermain Sendiri

Ciri bayi cerdas usia 8 bulan juga dapat terlihat dari perilaku si Kecil yang cenderung lebih suka bermain sendirian. 

Bayi tidak keberatan atau lebih asyik untuk bermain dengan puzzle, boneka, atau mainan lainnya sendirian.

Terkadang, bayi bahkan lebih memilih untuk berinteraksi dengan anak yang lebih besar daripada dengan bayi sebayanya. 

7. Lebih Aktif Bergerak

Bayi yang cerdas cenderung memiliki tingkat energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi lain sebayanya.

Meskipun mungkin memiliki pola tidur yang lebih sedikit, bayi cerdas pada usia ini tidak mudah rewel atau mengalami gangguan tidur, Bun.

Bayi memanfaatkan energinya tersebut dengan bermain, mengeksplorasi lingkungan sekitar, belajar dan juga berinteraksi. 

8. Cenderung Lebih Ekspresif

Selain itu, ciri bayi cerdas usia 8 bulan juga ditunjukkan dengan si Kecil yang lebih ekspresif.

Pada tahap ini, bayi mulai banyak mengoceh dan mungkin sudah mulai mengucapkan kata-kata sederhana seperti "mama" dan "dada". 

Bayi yang cerdas juga cenderung suka melakukan kontak mata dengan orang lain yang mengajaknya bicara. Ini menunjukkan bahwa si Kecil tertarik dalam interaksi tersebut.

9. Responsif

Tanda bayi yang cerdas bisa dilihat dari kesigapannya merespons hal-hal yang terjadi di sekitarnya, baik yang ia suka atau tidak.

Misalnya, cepat menoleh ke arah Bunda yang memanggil namanya dan melakukan kontak mata atau tersenyum, tapi tidak kepada orang asing karena ia tahu ia tidak mengenalnya.

Ketika melihat benda yang baginya menakutkan atau mendengar suara keras, ia bisa merespon dengan menangis sebagai cara mengkomunikasikan ketidaknyamanannya.

10. Aktif Berkomunikasi

Bayi 8 bulan yang cerdas bisa Bunda perhatikan dari kemampuannya untuk berkomunikasi tidak hanya secara verbal dengan suara celoteh, tapi juga gerak tubuh dan pemahamannya.

Sebagai contoh, jika Bunda mengenalkan bola berwarna merah, di lain hari ia bisa mencoba menunjuknya atau meraih sambil berceloteh untuk memberi tahu Bunda ia ingin bermain dengan bola merah tersebut.

Bunda juga bisa cek milestone bayi dari bulan ke bulan di Panduan Tumbuh Kembang untuk pastikan perkembangannya optimal, lho! 

Baca Juga: 8 Aktivitas Stimulasi untuk Bayi Usia 8 Bulan

Aktivitas untuk Stimulasi Kecerdasan Bayi 8 Bulan

Setelah memahami ciri-ciri bayi cerdas pada usia 8 bulan, Bunda dapat memberikan stimulasi yang sesuai untuk mendukung perkembangan kecerdasannya. Berikut rekomendasinya:

1. Ajak Bayi Mengobrol

Ajaklah bayi untuk berbicara dan berikan jeda singkat saat si Kecil mulai mengoceh untuk merespons percakapan Bunda. 

Semakin sering Bunda mengajak bayi untuk berbicara, semakin banyak pula kosakata yang si Kecil pelajari.

Hal ini akan membantu stimulasi bahasa bayi dan keterampilan komunikasi untuk si Kecil di masa mendatang, Bun.

2. Buat Jalur Rintangan

Agar bayi cepat duduk dan merangkak, Bunda bisa meletakkan berbagai rintangan di sekitar area bermain, seperti bantalan sofa, guling, atau kotak mainan di lantai. 

Kemudian, biarkan bayi menunjukkan kecerdasannya dalam menemukan cara untuk melewati rintangan tersebut.

Bayi mungkin akan merangkak ke atas, ke bawah, atau bahkan mencoba untuk mengelilinginya. 

3. Ajak Bayi Berbelanja ke Supermarket

Selain itu, salah satu cara untuk mencerdaskan bayi adalah dengan mengajak si Kecil untuk mengeksplorasi di luar rumah, misalnya dengan pergi berbelanja di supermarket.

Di sana, terdapat banyak hal baru yang bisa ditemui dan dieksplorasi oleh bayi. 

Si Kecil dapat melihat dan menyentuh berbagai jenis buah-buahan, sayuran, atau peralatan rumah tangga yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya. 

4. Permainan Cilukba

Bun, permainan sederhana seperti cilukba ternyata efektif untuk optimalkan ciri bayi cerdas usia 8 bulan.

Saat bermain cilukba, si Kecil akan secara bertahap mengasah kemampuan kognitifnya dengan memahami konsep dasar bahwa benda bisa hilang dan muncul kembali.

5. Biasakan Berhitung

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk membantu bayi cerdas usia 8 bulan adalah dengan membiasakan si Kecil dengan konsep berhitung.

Sebagai contoh, ketika Bunda menggendong bayi sambil menuruni anak tangga, Bunda dapat menghitung langkah-langkahnya secara bersama-sama. 

Dengan membiasakan menghitung dengan suara keras, si Kecil akan terbiasa dengan konsep angka dan urutan.

6. Membacakan Buku

Pada usia 8 bulan, bayi sudah mampu memperoleh manfaat dari aktivitas membaca buku cerita, lho.

Bayi pada usia ini dapat belajar mengenali rangkaian kata dalam cerita sederhana jika buku dibacakan dua atau tiga kali berturut-turut.

Oleh karena itu, membaca buku menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk merangsang perkembangan kecerdasan bayi. 

Itu dia penjelasan lengkap mengenai ciri bayi cerdas usia 8 bulan plus kegiatan stimulasinya, Bun. Semoga si kecil tumbuh cerdas dan maksimal, ya!

 

Referensi:

  1. Parents. (2022). 8 Signs of a Healthy Baby. Parents. https://www.parents.com/baby/development/social/8-signs-of-a-healthy-baby/
  2. ‌Bhattacharjee, D. (2019, June 17). 18 Signs of Intelligent Baby. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/15-signs-of-intelligent-baby/
  3. ‌Parents. (2015). 50 Simple Ways to Make Your Baby Smarter. Parents. https://www.parents.com/baby/development/intellectual/50-simple-ways-to-make-your-baby-smarter-0/
  4. ‌Crider, C. (2020, August 28). Raising a Smart Baby: How to Build Your Child’s Brain Power. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/smart-baby
  5. ‌Masters, M. (2018, December 27). 8-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-8.aspx
  6. Your 8-month-old baby’s growth and development. (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/8-month-old-baby-milestones-and-development_725

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline