Facebook Pixel Code 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Laki-Laki Usia 2 Tahun

10 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Laki-Laki Usia 2 Tahun

10 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Laki-Laki Usia 2 Tahun


Bermain adalah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi anak-anak. Bermain tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa menjadi media yang mendukung tumbuh kembang si Kecil. Namun, apa saja rekomendasi mainan yang cocok untuk anak laki-laki usia 2 tahun?

Perlu Bunda ketahui bahwa penting untuk memberikan mainan sesuai usia si Kecil. Anak butuh stimulasi yang berbeda pada setiap tahap perkembangannya. Anak tidak bisa dipaksa untuk bermain jika mainannya tidak sesuai dengan usianya.

Jika anak Bunda laki-laki, ada beberapa rekomendasi mainan edukasi yang pas untuknya. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Manfaat Mainan Edukasi untuk Anak

Mainan edukasi dapat membantu anak mempelajari hal-hal baru dengan cara yang menarik. Apalagi di usia 2 tahun, biasanya anak sangat aktif dan mulai penasaran dengan sekitarnya. Berikut beberapa manfaat mainan edukasi untuk anak.

  • Melatih imajinasi anak-anak.

  • Mendorong interaksi si Kecil dengan orang lain, sehingga tahapan komunikasi anak semakin berkembang.

  • Mengajarkan pemecahan masalah dan logika.

  • Meningkatkan koordinasi tangan dan mata anak.

  • Membuat belajar jadi menyenangkan.

  • Mendorong kepribadian si Kecil agar bertanggung jawab, dapat bekerja sama dengan teman sebayanya, dan mematuhi peraturan yang ada dalam permainan.

  • Meningkatkan bonding atau ikatan hubungan dengan Bunda, Ayah, atau anggota keluarga lain.

  • Membantu si Kecil mengenal kelemahan dan kelebihan yang ada pada dirinya.

Pada dasarnya, anak memiliki waktu konsentrasi yang sangat pendek. Oleh karena itu, mereka mudah beralih dengan mainan yang dimilikinya. Nah, inilah peran mainan edukasi untuk anak. Mainan edukasi akan mengajarkan anak keterampilan baru dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Ajak Si Kecil Aktif Bermain Bersama Kakak dan Adik dengan 5 Permainan Anak Ini

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Laki-Laki 2 Tahun

Seiring bertambahnya usia, anak-anak juga membutuhkan mainan yang berbeda. Misalnya, untuk anak usia 2 tahun, mereka harus mendapatkan mainan yang bisa mengasah kreativitasnya, mendorong imajinasi serta keterampilan mereka.

Oleh karena itu, Bunda harus selektif memilih mainan edukasi untuk si Kecil. Berikut rekomendasi mainan edukasi untuk anak laki-laki 2 tahun yang bisa jadi pilihan. 

1. Drum Mainan

Alat musik drum mempunyai manfaat untuk anak terutama laki-laki lho, Bun. Anak akan belajar cara mengekspresikan diri dengan bermain drum. Drum bukan hanya sekadar alat musik, tapi juga salah satu media untuk menyalurkan semua emosi yang ada pada diri anak.

2. Balok Susun

Selanjutnya, mainan edukasi untuk anak laki-laki usia 2 tahun adalah balok susun. Permainan ini tidak pernah ketinggalan zaman, Bun. Manfaatnya untuk si Kecil juga beragam, yaitu mendorong kreativitas anak dan melatih kemampuan motorik.

Selain itu, bermain balok susun juga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada si Kecil.

Baca Juga: Kreativitas dengan Permainan Tradisional

3. Miniatur Hewan

Mainan miniatur hewan juga bisa Bunda berikan untuk anak laki-laki usia 2 tahun. Mainan ini dapat membantu anak-anak belajar menggunakan kata-kata untuk bercerita. Si Kecil akan berimajinasi dengan miniatur hewannya. Permainan imajiner ini bermanfaat untuk perkembangan sosial dan emosional anak.

4. Sepeda Roda Tiga

Mainan yang mencakup aktivitas fisik seperti sepeda roda tiga bisa membantu perkembangan fisik, dan melatih keseimbangan anak saat bermain sepeda.

Tidak hanya itu, permainan ini juga dapat mendorong interaksi dengan teman sebaya karena biasanya anak-anak akan bermain sepeda bersama.

Jika si Kecil masih dalam proses belajar, sebaiknya dampingi dulu, ya, Bun. Jangan biarkan anak bermain sepeda di jalan yang ramai kendaraan. Selain itu, pilih sepeda roda tiga yang memiliki roda besar, karena jenis sepeda ini lebih aman.

Baca Juga: Pahami 6 Aspek Perkembangan Anak di Usia Dini

5. Truk Pemadam Kebakaran

Anak laki-laki Bunda pasti menyukai mainan truk pemadam kebakaran. Mainan ini termasuk permainan imajinatif. Biarkan si Kecil berimajinasi menjadi seorang pemadam kebakaran. Mainan ini dapat mendorong pemikiran kreatif dan pemecahan masalah.

Bunda bisa membuatkan gedung atau rumah-rumahan dari kardus bekas. Ajak anak berimajinasi jika terjadi kebakaran pada bangunan tersebut, dan biarkan si Kecil berpura-pura menjadi petugas pemadam yang sedang memadamkan api.

6. Puzzle

Mainan edukasi puzzle mungkin bisa disebut sulit tapi menarik. Puzzle mempunyai banyak manfaat untuk anak, yaitu dapat mendorong penalaran dan pemikiran logis. Karena menyelesaikannya butuh waktu lama, puzzle juga mengajarkan kesabaran, dan membangun memori pada si Kecil.

Pilih puzzle dengan kepingan yang besar dan tidak terlalu sebagai permulaan. Bunda juga bisa memilihkan gambar puzzle yang disukai anak agar ia semakin tertarik saat bermain.

7. Magnet Huruf

Mainan edukasi magnet huruf juga bisa jadi pilihan untuk anak laki-laki usia 2 tahun. Bunda bisa mengenalkan huruf pada si Kecil dengan bermain magnet huruf yang ditempel di kulkas. Mempelajari alfabet juga bermanfaat untuk si Kecil agar ia lebih siap saat prasekolah

8. Plastisin (Clay)

Mainan edukasi ini mungkin pernah dimainkan juga saat Bunda masih kecil. Ya, plastisin memiliki beragam manfaat untuk anak, yaitu untuk melatih imajinasi mereka serta memperkuat otot-otot kecil di jari si Kecil. Hal ini dapat membantu ketangkasan dan bermanfaat untuk memegang pensil dan belajar menulis.

9. Mainan Alat Perkakas

Mainan alat perkakas termasuk dalam pretend play, Bun. Pretend play adalah permainan yang memberikan kesempatan kepada anak untuk berpura-pura menjadi karakter lain dan menjalaninya sesuai keinginan mereka.

Mainan alat perkakas bermanfaat untuk meningkatkan motorik halus anak, terutama pada saat anak menggenggam, memutar, atau memukul palu. Koordinasi antara mata dan tangan si Kecil juga akan berkembang dalam permainan ini. Saat anak memukul paku dengan palu mainan, matanya akan fokus pada ketepatan memakunya.

Baca Juga: Perkembangan Motorik Anak Usia 1-3 Tahun dan Tips Stimulasinya

Nah, itu dia berbagai pilihan mainan edukasi untuk anak laki-laki usia 2 tahun yang bisa jadi referensi Bunda. Jadi, mau pilih mainan yang mana untuk si Kecil?

Jangan lupa, sambil menemani anak bermain, Bunda juga harus lengkapi kebutuhan gizi si Kecil setiap hari dengan memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti  SGM Eksplor 1+.

Karena, susu SGM 1+ adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik zat besi & vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi penting yang diperlukan si Kecil hingga 2x lipat. Dilengkapi juga dengan DHA, minyak ikan, Omega 3 & 6, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani. ​

Ingin mencari inspirasi kegiatan lain yang juga seru untuk bantu anak belajar? Yuk, daftarkan diri Bunda jadi member Klub Generasi Maju untuk dapatkan beragam artikel serta tips terbaru seputar tumbuh kembang anak.

Referensi:

  1. Benefits of Drumming for Toddlers. (2019, January 31). DrumRadar. https://www.drumradar.com/benefits-of-drumming-for-toddlers/
     
  2. Ten Things Children Learn From Block Play. (2015). NAEYC. https://www.naeyc.org/resources/pubs/yc/mar2015/ten-things-children-learn-block-play
     
  3. Ready for a Tricycle? (2023). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/safety-prevention/at-play/Pages/Ready-For-A-Tricycle.aspx
     
  4. ‌The Best Tricycles for Toddlers Who Are Ready to Ride. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/best-tricycles-for-toddlers-5207582‌
     
  5. Learning the Alphabet. (2019). Scholastic.com. https://www.scholastic.com/parents/books-and-reading/reading-resources/developing-reading-skills/learning-alphabet.html
     
  6. Playdough Power. (2023). NAEYC. https://www.naeyc.org/our-work/families/playdough-power‌
     
  7. BabySparks. (2020). Kid-Sized Tools: Why We Love Them. Babysparks.com. https://babysparks.com/2020/04/16/kid-sized-tools-why-we-love-them/
     
  8. ‌5 Benefits of Pretend Play. Parents. https://www.parents.com/benefits-of-pretend-play-6828493
     
  9. Toy Buying Tips for Babies & Young Children: AAP Report Explained. (2023). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/What-to-Look-for-in-a-Toy.aspx
     
  10. How Do Educational Toys Benefit A Child? (2017, June 19). Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/educational-toys/
     
  11. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/122/ayo-jenis-permainan-apa-yang-cocok-untuk-balita-anda
     
  12. Smith, L. (2022, May 13). How to Choose Toys for Preschoolers. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/how-to-choose-toys-for-preschoolers
     

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline