Facebook Pixel Code 13 Rekomendasi Mainan Anak 3 Tahun yang Edukatif

13 Rekomendasi Mainan Anak 3 Tahun yang Edukatif

13 Rekomendasi Mainan Anak 3 Tahun yang Edukatif

 

Penting untuk Bunda bisa menyediakan macam-macam mainan anak 3 tahun untuk mengasah keterampilan sosial, kognitif, motorik, dan emosional si Kecil agar makin siap bersekolah nanti.

Yuk, cek rekomendasi mainan edukatif untuk anak usia 3 tahun di sini! 

Rekomendasi Mainan Anak 3 Tahun Terbaik

Anak usia 3 tahun rata-rata sedang dalam fase paling aktifnya. Saat ini si kecil sedang suka-sukanya bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitar. 

Agar waktu bermainnya bermanfaat, berikanlah variasi mainan anak yang mendidik seperti:

1. Mainan Masak-masakan

Masak-masakan sebaiknya tidak hanya dibatasi untuk permainan anak perempuan. Anak laki-laki juga bisa main masak-masakan untuk mengajarkan disiplin dan bertanggung jawab.

Sebab, memasak adalah keterampilan bertahan hidup yang harus dimiliki setiap orang terlepas dari jenis kelaminnya.

Dengan main masak-masakan, anak juga dapat belajar bagaimana caranya memilih mengolah makanan yang sehat untuk dirinya sendiri.

2. Mainan Dokter-dokteran

Anak-anak pasti suka bermain pura-pura. Jadi jika si Kecil bosan main masak-masakan, coba ajak ia berpura-pura sebagai dokter dan Bunda adalah pasiennya.

Dengan berpura-pura, anak bisa belajar bagaimana seharusnya mereka berperilaku dan berkomunikasi di setiap situasi yang berbeda. 

Bermain pura-pura sebagai dokter dan pasien juga bisa melatih si Kecil untuk berempati dan mengekspresikan emosi mereka dengan cara yang sehat.

Baca Juga: 8 Permainan untuk Anak PAUD yang Seru dan Edukatif

3. Pasir Mainan (Pasir Kinetik)

Pasir kinetik merupakan pasir buatan yang teksturnya sangat lembut dan rapuh, tapi bisa tetap mempertahankan bentuknya saat diremas atau ditekan.

Pasir kinetik adalah rekomendasi mainan anak 3 tahun yang bagus untuk melatih perkembangan motorik halus dan mengeksplorasi indra si Kecil.

Selain itu, bermain dengan pasir kinetik juga sangat bermanfaat untuk melatih anak mengatur emosinya karena karena sensasinya yang menenangkan dan membuat rileks.

4. Buku Mewarnai dan Krayon

Aktivitas mewarnai juga bermanfaat untuk stimulasi perkembangan anak 3 tahun, Bun. 

Menurut IDAI, mewarnai dan menggambar membantu anak-anak meningkatkan kemampuan motorik halus dengan cara yang menyenangkan.

Sebab, si Kecil akan melatih kekuatan genggaman tangannya untuk memegang dan menggerakkan krayon di atas kertas.

Mewarnai berguna untuk memperkuat koordinasi tangan si Kecil saat memegang krayon, mendorong kreativitas, dan mengasah presisinya untuk menulis atau menggambar.

Selain itu, mewarnai dengan krayon juga membantu anak belajar tentang warna-warni dasar yang akan berguna saat sudah masuk sekolah nanti.

5.  Ular Tangga

Setiap aspek kehidupan memiliki peraturan yang harus ditaati dan dilaksanakan dengan baik.

Itu kenapa permainan papan tradisional seperti ular tangga, monopoli, dan halma menjadi rekomendasi mainan anak 3 tahun yang bagus untuk mengenalkan tentang aturan. 

Ia akan belajar bagaimana caranya bergantian urutan bermain, karena tahu itulah yang adil dan akan membuat semuanya merasa senang.

Dengan menaati aturan, ia tahu apa saja yang menjadi kewajiban dan apa saja yang menjadi haknya. 

Alhasil, si Kecil pun akan belajar bahwa dengan menaati aturan ia bisa menjalani hidup dengan merasa aman dan nyaman.

Sedangkan ketika “giliran”nya diserobot, ia mampu membela dirinya karena tahu bahwa merebut atau menyerobot bukanlah perilaku yang baik.

Selain itu, anak juga belajar mengelola emosi ketika menang atau kalah.

6. Puzzle

Anak usia 3 tahun biasanya bisa menyelesaikan puzzle 12 hingga 20 keping. Pastikan untuk memilih puzzle dengan potongan yang besar untuk menghindari risiko termakan si Kecil.

Mainan anak 3 tahun ini sangat baik untuk mengajarkan caranya berpikir logis dan memecahkan masalah dengan fokus dan berkonsentrasi.

7. Balok Kayu

Bunda bisa memberikan balok kayu susun warna-warna untuk mainan anak 3 tahun.

Permainan ini dapat melatih si Kecil agar semakin terampil belajar memecahkan masalah dan membantu koordinasi mata serta tangannya. 

Imajinasi anak juga bermain dengan permainan ini, Bun, karena si Kecil bisa “merakit” balok-balok plastik ini menjadi berbagai bentuk yang ia bayangkan.

Baca Juga: 5 Inspirasi Permainan untuk Mengembangkan Kognitif Anak

8. Mainan Alat Musik

Bermain instrumen musik mainan seperti piano mainan, gitar plastik, atau alat musik lainnya dapat membantu mengasah daya ingat serta koordinasi dan keterampilan motorik halus anak.

Penelitian juga mengaitkan bermain alat musik selama masa kanak-kanak dapat membantu anak belajar disiplin diri dan membangun kepercayaan diri yang lebih baik.

9. Plastisin

Mainan edukasi juga bermanfaat agar si Kecil tidak terus-terusan bermain gadget, lho!

Anak di atas 2 tahun harus sudah membatasi screen time hanya 1-2 jam per hari saja. Jadi Bunda bisa alihkan perhatian si Kecil dengan bermain plastisin.

Meremas dan membentuk plastisin juga berguna untuk menguatkan keterampilan motorik halus anak serta meningkatkan koordinasi antara mata dan tangannya.

Plastisin juga direkomendasikan sebagai mainan anak 3 tahun untuk melatih imajinasi.

10. Bola Sepak

Sama seperti main masak-masakan, bola sepak juga sebaiknya tidak dibatasi khusus anak laki-laki saja. Anak perempuan boleh bermain bola karena banyak manfaatnya.

Bermain bola dapat membantu mengasah keterampilan motorik kasar dan ketangkasan gerak anak. Bermain bola juga mengajarkan keterampilan sosial dan pentingnya sikap sportivitas.

Sikap sportif membantu anak memahami bahwa hidup pasti ada momen menang dan kalah, dan ini adalah hal yang wajar. 

Dengan begitu, anak akan belajar untuk bisa menerima kekalahan dengan lapang dada dan memantik usaha untuk bangkit lagi. 

Agar lebih seru, Bunda bisa ajak Ayah untuk bermain tangkap bola, dan memantulkannya seperti bola basket. Si Kecil pasti senang jika Ayah dan Bunda ikut bermain bersamanya.

11. Magnet Huruf

Untuk mengajarkan anak mengenal huruf dan angka sebelum mulai masuk sekolah, mainan edukasi yang bisa Bunda pilih adalah balok magnet angka dan alfabet.

Bunda bisa melafalkan bunyi huruf yang sedang dipegang dan minta anak untuk mengulangnya.

Bunda juga bisa merangkai dua huruf untuk mengenalkan bunyinya pada anak, misalnya menyusun huruf B dan A untuk dibaca “BA”, dan seterusnya.

12. Gelas Susun Warna-Warni

Bunda tidak perlu keluar ongkos banyak untuk menyediakan mainan anak 3 tahun ini. Cukup sediakan beberapa gelas plastik dengan warna dan ukuran yang berbeda-beda.

Kemudian, minta si Kecil untuk menyortir gelas berdasarkan kelompok warnanya. Coba ajak si Kecil menyebutkan warna yang sedang ia kerjakan untuk menambah kosa katanya.

Ajak juga si Kecil untuk menumpuk gelas dari ukuran yang paling besar ke paling kecil hingga menjadi sebuah menara, atau sebaliknya dari yang paling kecil ke paling besar.

Selain belajar tentang warna, permainan ini mengajarkan si Kecil tentang konsep matematika dasar yaitu ukuran besar kecil.

13. Meronce Manik-Manik

Bunda mungkin tak pernah terpikir bahwa meronce bisa dijadikan mainan anak 3 tahun. Nyatanya, meronce atau menguntai manik-manik sangat bermanfaat untuk perkembangan si Kecil di usia prasekolah.

Salah satu manfaat utamanya adalah melatih keterampilan motorik halus anak dengan mencapit dan menggenggam benda berukuran kecil.

Selain itu, meronce juga bisa mengasah keterampilan psikomotorik anak. Keterampilan psikomotorik adalah kemampuan anak mengontrol gerakan tubuhnya dengan akurat.

Biarkan si Kecil meronce dengan manik-manik pilihannya sendiri sampai ia berhasil membuat gelang atau kalung sesuka harinya.

Namun, jangan sekali-kali lepaskan perhatian Bunda dari si Kecil selama bermain, ya. Manik-manik ronce berukuran sangat kecil yang bisa tertelan olehnya.

Baca Juga: Anak Tidak Suka Main di Luar? Mungkin Ini Sebabnya, Bun

Nah, supaya waktu bermainnya lebih maksimal jangan lupa untuk lengkapi asupan nutrisinya dengan susu pertumbuhan yang terfortifikasi seperti SGM Eksplor 3+, ya!

Dengan stimulasi yang tepat dan nutrisi yang optimal, Bunda bantu mendukung si Kecil siap belajar dan tumbuh maksimal jadi generasi maju.

SGM Eksplor 3+ dilengkapi dengan IronC™, yaitu kombinasi unik zat besi & vitamin C, serta minyak ikan, DHA, Omega 3&6, tinggi kalsium & vitamin D, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu teruskan nutrisi si Kecil.

Tertarik mencoba? Yuk, daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju untuk dapatkan akses ke banyak informasi parenting terbaru serta beragam promo menarik lain seputar susu SGM Eksplor. Gratis!

 

Referensi:

  1. Development Milestones for Your 3-Year-Old Child - Children’s Health Orange County. (2023, February 8). Children’s Hospital of Orange County. https://www.choc.org/primary-care/ages-stages/3-years/
  2. Smith, L. (2022, May 13). How to Choose Toys for Preschoolers. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/how-to-choose-toys-for-preschoolers
  3. Frank, C. (2007). Choosing the Right Toys for the Right Age. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/choosing-right-toys-for-right-age
  4. ‌IDAI | Pemilihan Mainan Anak sesuai Fase Perkembangan. (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/cerdas-memilih-mainan-anak
  5. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/122/ayo-jenis-permainan-apa-yang-cocok-untuk-balita-anda
  6. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/604/peran-bermain-dalam-perkembangan-anak
  7. ‌Imagining, creating and play: toddlers. (2022, December 20). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/toddlers/play-learning/play-toddler-development/imagining-play-toddlers
  8. ‌Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline