Facebook Pixel Code 8 Permainan untuk Anak PAUD yang Seru dan Edukatif

8 Permainan yang Seru dan Edukatif untuk Anak PAUD

8 Permainan yang Seru dan Edukatif untuk Anak PAUD


Ketika si Kecil sudah masuk PAUD, bermain akan menjadi rutinitas utamanya. Bermain bukan hanya untuk bersenang-senang, tetapi juga berperan penting dalam perkembangan si Kecil. Lantas, apa saja permainan edukatif yang seru untuk anak PAUD? Simak ragamnya di bawah ini yuk, Bun.

Ide Permainan untuk Anak PAUD

Pada usia ini, si Kecil makin senang bermain bersama teman sebayanya. Pada dasarnya, bermain dapat bantu mengasah keterampilan si Kecil di berbagai aspek untuk bantu kesiapan belajarnya. Bahkan, bermain juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian anak.

Kami sudah merangkum berbagai macam permainan anak PAUD yang menyenangkan dan dapat bisa si Kecil mainkan sendiri di rumah atau bersama-sama temannya. Menariknya lagi, tak ada yang kalah atau menang dalam setiap permainan ini, karena anak usia PAUD belum memahami konsep kompetisi sehingga belum bisa memproses artinya kalah dalam bermain.

1. Sambung Kata

Permainan sambung kata termasuk salah satu permainan yang tepat untuk meningkatkan kosakata pada anak usia PAUD. Meningkatkan kosakata yang dimiliki si Kecil akan dapat membantunya dalam berbahasa dan berkomunikasi. Selain itu, sambung kata mampu melatih si Kecil fokus mendengar perbedaan bunyi dan huruf.

Mudah saja memainkan permainan ini, Bunda dapat memberikan satu kata dengan tema tertentu yang akan terus dilanjutkan oleh si Kecil.

Misalnya dengan menyebutkan nama binatang, lalu biarkan si Kecil untuk menyebutkan nama binatang lain yang diawali huruf terakhir dari nama binatang sebelumnya, seperti gajah, dilanjutkan harimau, lalu ular, dan seterusnya.

2. Petak Umpet

Selanjutnya, permainan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk anak PAUD yaitu petak umpet.

Bermain petak umpet dapat meningkatkan kemampuan sosial si Kecil dengan melatihnya untuk bisa dan mau bermain bersama dengan orang lain. Selain itu, permainan ini mengenalkan anak kerja sama dan saling menolong.

Bermain petak umpet dapat dimainkan minimal 2 orang, tapi bermain beramai-ramai akan semakin menyenangkan. Caranya yaitu pemain pertama menutup matanya sambil menghitung angka dari 1 sampai 10, sementara pemain yang lain bersembunyi.

Setelah menyebutkan angka 10, pemain pertama membuka matanya dan mencoba menemukan pemain yang bersembunyi. 

Baca Juga: Ajak Si Kecil Aktif Bermain Bersama Kakak dan Adik dengan 5 Permainan Anak Ini

3. Lempar dan Tangkap Bola

Bermain dengan bola akan membuat aktivitas fisik menjadi lebih menyenangkan.

Permainan lempar dan tangkap bola dapat melatih otot, meningkatkan koordinasi tangan-mata, serta meningkatkan kesehatan tubuh. Ketika si Kecil bermain dengan bola, mereka akan melihat ketangkasannya akan meningkat, sehingga akan meningkatkan rasa percaya dirinya.

Permainan lempar dan tangkap bola bisa dimainkan bersama-sama, Bun. Caranya, ajak anak-anak dalam posisi melingkar. Setelah itu, minta anak untuk melempar bola ke arah temannya untuk ditangkap.

Baca Juga: Kreativitas dengan Permainan Tradisional

4. Jadi Patung

Permainan anak PAUD yang bisa jadi pilihan selanjutnya adalah jadi patung atau mungkin Bunda pernah mendengar mainan “jadul” tak patung atau ta’ patung. Bermain jadi patung ini merupakan cara bagus untuk mengembangkan konsentrasi dan fokus si Kecil.

Keterampilan mendengarnya juga ikut berkembang saat melakukan permainan ini. Anak harus mendengarkan dengan saksama saat menari. Begitu musik berhenti, ia harus berhenti menari dan berpura-pura menjadi patung. Jika kurang konsentrasi, anak bisa saja asyik menari dan mengabaikan isyaratnya. 

Baca Juga: Pahami 6 Aspek Perkembangan Anak di Usia Dini

5. Main Peran

Main peran atau role play merupakan permainan yang baik bahkan untuk segala usia, Bun. Sebab, permainan ini akan meningkatkan daya imajinasi si Kecil untuk mengikuti peran yang dimainkan. Permainan ini juga dapat membantu perkembangan sosial, emosional serta meningkatkan kemampuan berbahasa anak. 

Dalam bermain peran, Bunda bisa memberikannya mainan boneka, mainan masak-masakan, atau dokter-dokteran. Permainan ini akan semakin seru jika dilakukan dengan teman sebayanya. Biarkan mereka saling berimajinasi memainkan perannya, sehingga melatih kemampuan komunikasi mereka.

6. Permainan Lampu Lalu Lintas

Permainan lampu lalu lintas sangat bagus untuk mengajarkan artinya kesabaran pada si Kecil. Apalagi jika ia tidak suka berdiri diam. 

Memainkan permainan ini sangat mudah, Bun. Bunda tinggal menyebutkan warna-warna lampu lalu lintas. Jika hijau, minta anak berlari, kuning berarti berjalan, merah berhenti, dan tambahkan satu warna lagi, yakni putih, artinya mundur. Jadi, si Kecil hanya harus bergerak sesuai warna lampu lalu lintas.

Dengan permainan ini, anak juga jadi paham pentingnya menaati aturan atau instruksi Bunda. Menyenangkan bukan? Supaya makin seru, ajak teman-teman si Kecil ikut bermain, ya!

7. Bermain Rintangan

Melihat si Kecil yang suka berlarian di rumah atau melompat-lompat di atas sofa. Sebetulnya cara bermain seperti ini bermanfaat untuk mengasah motorik kasar serta melatih keseimbangan dan koordinasi tubuhnya.

Namun, tentu saja anak mesti bermain di tempat yang aman. Untuk menyalurkan energinya, Ibu bisa membuatkannya alas bermain. Misalnya dengan menebarkan secara acak kertas lipat beraneka warna di atas karpet yang empuk. Rekatkan kertas tersebut menggunakan double tape agar tidak mudah bergeser. 

Setelah selesai mengatur kertas, buat tantangan bahwa anak boleh berjalan di atas warna tertentu sesuai arahan Bunda. Misalnya, coba jalan di atas kertas berwarna merah saja, dan seterusnya. Tujuan permainan ini agar anak bisa mencapai titik akhir dari kertas yang dianjurkan untuk diinjak.

Agar tak terlalu membosankan, atur beberapa warna agak jauh sehingga ia harus melompat untuk mencapainya. Namun pastikan bahwa tempat bermainnya sudah aman dengan dasar yang empuk.

8. Undian Meniru Hewan

Anak-anak di usia prasekolah umumnya sangat suka belajar tentang hewan. Nah, Bunda bisa mengajaknya bermain mengenal nama-nama hewan lewat permainan ini.

Gambar beberapa jenis hewan di secarik kertas, lalu gulung dan masukkan ke mangkuk. Ajak anak mengambil satu gulungan kertas, lalu minta peragakan gerak gerik binatang yang tertulis tanpa mengeluarkan suara.

Si Kecil harus memeragakan ini sampai teman yang lain dapat menebak hewan apa yang diperagakannya.

Nah, itu dia berbagai macam permainan anak PAUD yang seru dan bermanfaat untuk tumbuh kembang si Kecil.

Ingin mencari inspirasi kegiatan lain yang juga menyenangkan untuk si Kecil? Kunjungi laman Sekolah Generasi Maju. Ada berbagai kegiatan seru dan edukatif yang mudah untuk dilakukan bersama-sama di rumah agar si Kecil makin siap bersekolah nanti. Yuk, kunjungi sekarang juga, Bun!

Nah, supaya waktu bermainnya lebih maksimal jangan lupa dampingi dengan asupan nutrisi dari makanan bergizi dan susu pertumbuhan yang terfortifikasi seperti SGM Eksplor 3+, ya!

SGM Eksplor 3+ dilengkapi dengan IronC (kombinasi unik zat besi & vitamin C) serta minyak ikan, DHA, Omega 3&6, tinggi kalsium & vitamin D, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu teruskan nutrisi si Kecil agar ia siap belajar.

Tertarik mencoba? Yuk daftar di Klub Generasi Maju untuk dapatkan berbagai promo dan penawaran menarik seputar susu SGM!

Referensi:

  1. The Power of Play: How Fun and Games Help Children Thrive. (2023). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/family-life/power-of-play/Pages/the-power-of-play-how-fun-and-games-help-children-thrive.aspx
  2. ‌Parents. (2015). Age-by-Age Guide to Toys. Parents. https://www.parents.com/fun/toys/kid-toys/toys-for-all-ages/
  3. ‌Mcilroy, T. (2020, September 18). The Benefits of Learning Through Play + The 16 Best Activities for Learning. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-learning-through-play/
  4. ‌IDAI | Pemilihan Mainan Anak sesuai Fase Perkembangan. (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/cerdas-memilih-mainan-anak
  5. ‌Word Games to Play With Kids. (2019). Scholastic.com. https://www.scholastic.com/parents/school-success/learning-toolkit-blog/word-games-to-play-kids.html
  6. Hide-and-seek | Definition, Rules, & Facts | Britannica. (2023). In Encyclopædia Britannica. https://www.britannica.com/topic/hide-and-seek-game
  7. ‌Bermain Sains. (n.d.). https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/anggun/images/2020/12_buku_BDR/Bermain_Sains-2.pdf
  8. ‌Playing with balls: activities for children 3-6 years. (2020, May 11). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/activity-guides/movement/playing-with-balls-activity
  9. ‌Mcilroy, T. (2021, March 29). 8 Benefits of the Musical Statues Game (and How to Play). Empowered Parents. https://empoweredparents.co/musical-statues-game/
  10. ‌Mcilroy, T. (2019, August 2). A Teacher’s Guide to 10 Must-Have Educational Toys for 4 Year Olds. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/educational-toys-for-4-year-olds/
  11. ‌WebMD Editorial Contributors. (2021, March 14). Types of Indoor Games That Are Good for Kids. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/types-of-indoor-games-that-are-good-for-kids
  12. ‌Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html
  13. ‌Manfaat Musik Bagi Anak. (2022). Ditpsd.kemdikbud.go.id. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/manfaat-musik-bagi-anak

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline