Facebook Pixel Code Anak Susah Makan? Simak 7 Trik Sukses Menghadapinya !

Anak Susah Makan? Simak 7 Trik Sukses Menghadapinya !

Anak Susah Makan? Simak 7 Trik Sukses Menghadapinya !

Menghadapi anak susah makan

Bunda kewalahan mengatasi Anak Susah Makan yang enggan makan sayur? Banyak anak tidak menyukai sayur-sayuran hijau karena cenderung terasa hambar. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Sayuran adalah salah satu nutrisi penting yang tidak boleh diabaikan.

Sayuran adalah sumber nutrisi agar anak bisa tumbuh sehat dengan tubuh kuat dan tinggi. Konsumsi sayur juga dapat memaksimalkan kapasitas otak agar anak tumbuh cerdas dan pintar.

Coba tujuh trik sukses membuat anak suka makan sayur berikut ini :

1. Tambah Mentega

Bagi lidah anak, sayuran mungkin terasa agak pahit karena lidah mereka masih sensitif. Karena itu, menolak sayuran seperti sudah menjadi insting mereka. Supaya anak suka makan sayur, coba masak menggunakan mentega yang kaya vitamin A, E, dan D3.

2. Pilih Sayuran Segar

Semakin segar sayuran yang diolah, akan semakin lezat rasanya. Karena itu, penting bagi Bunda untuk selalu memastikan kesegaran sayuran sebelum diolah. Usahakan untuk langsung mengolah sayuran yang baru dibeli. Menyimpan sayuran, misalnya disimpan di dalam kulkas dalam waktu lama, bisa mengurangi kesegarannya. Sayuran yang tidak segar pun akan terlihat kurang menarik di piring. Hal ini bisa berakibat buah hati semakin tidak berselera menyantapnya.

3. Cari Sayuran yang Disukai Anak

Di antara banyaknya pilihan sayur, Bunda harus cermat memperhatikan mana yang menjadi kesukaan anak. Sajikan berbagai olahan sayuran secara bergantian setiap hari agar anak tidak bosan. Perhatikan bagaimana respon dan reaksinya terhadap sayuran yang Bunda sajikan. Kemudian Bunda bisa mencari berbagai resep dan cara mengolah beberapa sayuran favorit buah hati agar ia tidak bosan.

4. Kreasi Penyajian

Ada istilah “kita makan dengan mata sebelum dengan mulut”. Orang dewasa kadang memang tidak terlalu bawel dengan tampilan makanan. Namun, anak-anak bisa sangat kritis terhadap penyajian makanannya. Karena itu, Bunda harus lebih kreatif dalam menyajikan sayur untuk buah hati.

Berikan kesan menyenangkan terhadap makan sayuran dengan tempat makan lucu, atau bentuk penyajian yang menarik. Hindari memaksa buah hati makan jenis makanan tertentu dengan ancaman atau membuat makan sayur sebagai hukuman. Hal ini malah akan membuat anak semakin enggan bahkan tidak akan mau makan sayur.

5. Jadikan Menu Pembuka

Anak akan lebih toleran dengan menu yang disantapnya saat ia lapar. Karena itu, sebaiknya sajikan sayuran sebagai makanan pembuka. Biasakan anak menyantap sup sayuran, seperti sayur bayam sebelum masuk ke hidangan utama berupa nasi dan lauk. Ini akan meminimalkan alasan si buah hati untuk menolak sayuran.

6. Ajak Anak Berpartisipasi

Tumbuhkan rasa suka buah hati terhadap sayuran dengan mengajaknya berpartisipasi dalam mengolah menu makanannya sendiri. Bunda bisa mulai dengan menanyakan apa yang ingin ia makan harini, kemudian ajak ia ke pasar atau supermarket untuk memilih sendiri sayurannya. Bunda juga bisa sambil mengajarkannya cara memilih sayuran yang bagus dan segar.

Ajak anak melihat dan membantu Bunda di dapur saat menyiapkan sayuran untuk menu makannya. Melihat perjalanan dan proses sayuran dari mulai dibeli sampai disajikan di piring akan menumbuhkan antusiasme buah hati untuk mencoba pilihannya sendiri.

7. Konsisten

Riset menunjukkan anak-anak yang telah mencoba 8-10 jenis makanan baru, termasuk sayuran, akan cenderung menerima makanan tersebut sebagai bagian dari menunya.

Jadi, bunda tidak boleh menyerah dan terus gunakan trik pintar di atas supaya anak suka makan sayuran!

Baca Juga: Rajin Minum Susu Bikin Gigi Sehat? Yuk Simak Penjelasannya!

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline