Facebook Pixel Code Rajin Minum Susu Bikin Gigi Sehat? Yuk Simak Penjelasannya!

Rajin Minum Susu Bikin Gigi Sehat? Yuk Simak Penjelasannya!

Rajin Minum Susu Bikin Gigi Sehat? Yuk Simak Penjelasannya!

 

Benarkah susu bikin gigi sehat? Ternyata benar Bun, ada banyak manfaat susu untuk pertumbuhan gigi yang sehat. Susu mengandung banyak vitamin dan mineral untuk memperkuat gigi dan melindunginya dari kerusakan. 

Gigi anak terus tumbuh seiring dengan bertambahnya usia anak. Memasuki usia 3 tahun, anak rata-rata sudah memiliki 20 gigi sulung atau gigi susu. Tentu Bunda berharap si Kecil memiliki pertumbuhan gigi yang sehat. Memberikan susu yang kaya nutrisi bisa menjadi cara untuk mendukungnya. Dengan memberikan susu, si Kecil bisa mendapatkan beragam manfaat baik untuk giginya. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut! 

Manfaat Susu untuk Pertumbuhan Gigi

Susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt mengandung nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan gigi dan kesehatan gusi. Inilah berbagai manfaat susu untuk gigi anak yang perlu Bunda ketahui.

1. Memperkuat Gigi

Susu mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Nutrisi ini membantu memperkuat enamel gigi, yakni lapisan terluar gigi yang melindungi gigi. Susu juga mengandung fosfor yang bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan kalsium. Kalsium dan fosfor diperlukan untuk membantu menjaga kekuatan enamel agar tidak mudah terkikis dan berlubang. 

2. Mencegah Terbentuknya Gigi Berlubang

Bunda tentu khawatir bila gigi si Kecil rusak dan berlubang. Tenang Bun, susu mengandung mineral bernama kasein yang bisa membantu mencegah pengikisan gigi. Terutama pengikisan yang terjadi akibat makanan yang bersifat asam, contohnya makanan manis. Mineral ini bekerja dengan cara menetralkan sifat asam tersebut dan bekerja bersama kalsium untuk mencegah terbentuknya gigi berlubang. 

3. Merawat Kesehatan Gusi 

Tidak hanya gigi, minum susu juga membantu merawat kesehatan gusi si Kecil. Sebab, susu mengandung laktoferin, sejenis protein dalam susu yang mampu mencegah perkembangan bakteri penyebab penyakit gusi. Misalnya, bakteri penyebab plak pada gigi yang bila dibiarkan juga akan mengganggu kesehatan gusi. Laktoferin mampu mencegah bakteri-bakteri tersebut menempel pada gigi dan gusi. 

Baca Juga: Nutrisi untuk Bantu Dukung Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun ke Atas

4. Memperkuat Tulang Rahang 

Minum susu juga memperkuat tulang rahang yang membuat gigi bergerak saat mengunyah makanan. Rahang yang kuat juga membantu mempertahankan kekuatan gigi lebih lama. 

5. Memperbaiki Kerusakan Gigi

Susu bisa memperbaiki gigi yang rusak ternyata bukan mitos, loh Bun! Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu bermanfaat untuk remineralisasi, yakni proses mengganti mineral penyusun gigi yang telah rusak agar sehat dan kuat kembali. 

6. Merangsang Produksi Air Liur 

Air liur berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Susu dapat merangsang produksi air liur untuk mencegah penyakit gusi, kerusakan gigi, dan berbagai infeksi mulut.

Berapa Banyak Susu yang Perlu Diminum Setiap Hari agar Gigi Sehat? 

Agar gigi kuat dan sehat, American Dental Association merekomendasikan 700 mg kalsium per hari untuk anak usia 1-3 tahun dan 1.000 mg untuk anak usia 4-8 tahun. Untuk anak-anak, kalsium banyak tersedia dalam susu. Lantas, berapa banyak susu yang perlu diminum agar gigi si Kecil sehat? 

Susu memang disarankan sebagai nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. AAP merekomendasikan anak usia 3 tahun untuk minum susu sebanyak  470 ml-700 ml per hari. 

Meski susu banyak mengandung nutrisi yang penting, beberapa anak mungkin alergi susu sapi atau intoleransi laktosa. Bunda bisa memenuhi kebutuhan kalsium si Kecil dari sumber lain, seperti ikan, sayur-sayuran seperti kangkung dan sawi, atau lauk nabati seperti tahu. Bunda juga bisa mengganti susu sapi dengan susu kedelai, bila anak tidak alergi kedelai. Makanan tersebut juga kaya akan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan gigi.  

Baca Juga: Cari Tahu 5 Manfaat Minum Susu untuk Anak 3 Tahun di Sini!

Demikian penjelasan tentang berbagai manfaat susu untuk pertumbuhan gigi. Bunda bisa memberikan susu dengan jumlah yang dianjurkan di atas. Selain itu, Bunda juga perlu memberikan makanan bergizi seimbang untuk si Kecil. Artinya, selain memberikan susu, Bunda juga perlu melengkapi nutrisinya dengan lauk hewani, sayur serta buah-buahan.  

Bunda, lengkapi juga kebutuhan nutrisi si Kecil dengan memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi, seperti susu SGM Eksplor 3+.

SGM Eksplor 3+ dilengkapi dengan IronCâ„¢, yakni kombinasi unik zat besi & vitamin C, tinggi kalsium & vitamin D, dan nutrisi penting lainnya untuk bantu teruskan nutrisi si Kecil agar siap belajar!

Referensi: 

  1. ADA Science & Research Institute, LLC. (2023). Nutrition and Oral Health. Ada.org. https://www.ada.org/resources/research/science-and-research-institute/oral-health-topics/nutrition-and-oral-health
     
  2. Better Health. (2023, October 6). Teeth development in children. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/teeth-development-in-children#caring-for-baby-teeth
     
  3. Emily Lee, et al. (2023). Dairy and Dental Health. https://cdn-prod.dairyaustralia.com.au/-/media/dairy/files/health-resources/health-professionals/dairy-and-dental-health-factsheet.pdf?rev=ab9d5ba0f6c14143b631ef0301791fb3&hash=39CC0ECBAE3DCAA07813E55B7D399456
     
  4. Anna Petherick. (2012). Milk Promotes Oral Health. https://www.milkgenomics.org/?splash=milk-promotes-oral-health
     
  5. Summit Dental Health. (2019). Is Milk Good For Your Teeth?. https://summitdentalhealth.net/is-milk-good-for-your-teeth/
     
  6. Gerry Curatola. (2022). IS MILK GOOD FOR YOUR TEETH? FACTS & PRECAUTIONS. Rejuvdentist.com. https://www.rejuvdentist.com/nutrition-and-oral-health/is-milk-good-for-teeth/
     
  7. Natalie D. Muth. (2023). Recommended Drinks for Children Age 5 & Younger. Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/recommended-drinks-for-young-children-ages-0-5.aspx

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut