Facebook Pixel Code 9 Vitamin untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan

9 Vitamin Nafsu Makan untuk Anak 2 Tahun

9 Vitamin Nafsu Makan untuk Anak 2 Tahun

 

Memberikan vitamin untuk anak 2 tahun merupakan salah satu upaya yang dapat Bunda lakukan untuk bantu menambah nafsu makannya. Apa saja vitamin untuk anak yang susah makan?

Vitamin untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan

Jika si Kecil susah makan, asupan vitamin dan mineral tertentu mungkin menurun sehingga mempengaruhi nafsu makannya. Berikut sederet vitamin untuk bantu naikkan selera makan si Kecil: 

1. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin paling penting untuk meningkatkan nafsu makan untuk anak 2 tahun. Sebab, vitamin C membantu penyerapan zat besi dari makanan yang ia makan.

Semakin banyak zat besi yang diserap tubuh, kadar leptin (hormon pemicu kenyang) semakin turun sehingga memicu rasa lapar dan nafsu makan meningkat. 

Kombinasi asupan vitamin C dan zat besi juga membantu menekan risiko anak terkena anemia, yang salah satu gejalanya adalah penurunan nafsu makan.

2. Vitamin D

Vitamin D juga termasuk vitamin yang bagus untuk anak 2 tahun susah makan, karena secara langsung mengatur produksi hormon leptin yang memunculkan rasa kenyang.

Beberapa penelitian juga melaporkan bahwa vitamin D mengatur produksi hormon adiponektin untuk mengatur nafsu makan dan asupan makanan.

Vitamin D anak dapat dipenuhi dari bermain sambil berjemur sinar matahari pagi. Selain mendapatkan vitamin D, bermain juga menguras energi yang bisa memicu rasa lapar.

Baca Juga: Resep Makanan untuk Anak Usia 2 Tahun yang Susah Makan

3. Vitamin B1 

Vitamin untuk anak 2 tahun yang susah makan selanjutnya adalah vitamin B1. 

Penelitian menunjukkan kadar vitamin B1 rendah dalam tubuh menurunkan nafsu makan. Hal ini berkaitan dengan peran thiamin untuk bantu otak mengenali rasa lapar dan kenyang. 

Ketika asupan vitamin ini kurang, anak bisa merasa cepat kenyang padahal asupan makanannya masih kurang. 

4. Vitamin B12

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan B12 terkadang dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Mengkonsumsi asupan vitamin B12 tambahan dapat membantu mengembalikan nafsu makan anak ke tingkat normalnya.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12, Bunda dapat menambahkan daging unggas, daging merah, ikan, dan produk susu ke dalam menu harian si Kecil. 

5. Zinc

Rendahnya kadar zinc dan vitamin B1 dalam tubuh dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Itu kenapa zinc harus ada dalam suplemen vitamin untuk anak 2 tahun yang susah makan.

Zinc bekerja meningkatkan produksi hormon ghrelin yang mengatur rasa lapar. Apabila produksi ghrelin menurun, anak akan kehilangan nafsu makan. 

Zinc juga mempengaruhi kerja indra pengecap dan penciuman anak. Gangguan pada fungsi kedua indra ini bisa membuat makan terasa tidak nikmat sehingga anak tidak nafsu makan. 

6. Omega 3

Hasil studi menunjukkan bahwa suplementasi asam lemak omega 3 dan DHA selama tiga minggu mampu meningkatkan rasa lapar dan keinginan anak untuk makan. 

Oleh karena itu, Bunda bisa memberikan makanan kaya akan omega 3 seperti salmon, tuna, haring, sarden, hingga susu terfortifikasi minyak ikan untuk kembalikan nafsu makan anak. 

7. Kurkumin

Carilah vitamin untuk anak 2 tahun yang mengandung zat kurkumin jika ia sedang susah makan. Kurkumin telah lama dikenal sebagai penambah nafsu makan anak yang efektif.

Kurkumin terbukti mengendalikan sekresi hormon GLP-1. Di dalam tubuh, DGLP-1 bekerja mengurangi nafsu makan dan memunculkan rasa kenyang sehingga membatasi asupan makanan.

Zat kurkumin banyak terkandung dalam kunyit dan temulawak, yang biasa diolah menjadi jamu penambah nafsu makan anak. 

8. Gingerol

Anak terkadang juga kehilangan selera makan ketika perutnya terasa mual. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, Bunda dapat memberikan bahan makanan yang mengandung gingerol seperti jahe. 

Selain redakan mual, jahe juga bantu tingkatkan respon sistem pencernaan sehingga perut lebih cepat kosong. Dengan demikian, nafsu makan si Kecil bisa lebih baik.

Bunda bisa menyajikan jahe dengan cara diseduh dengan air panas lalu ditambah dengan madu agar rasanya lebih disukai si Kecil. 

9. Zat Besi

Salah satu dampak anemia defisiensi zat besi pada anak adalah hilangnya nafsu makan.

Penelitian menunjukkan bahwa asupan zat besi tambahan menghasilkan peningkatan nafsu makan yang lebih baik dan berpengaruh terhadap asupan energi anak.

Anak-anak yang menerima zat besi tambahan juga mengalami pertambahan berat badan lebih cepat dan bisa lebih awal mencapai milestone perkembangan yang diharapkan.

Baca Juga: 13 Makanan Penambah Berat Badan Anak yang Enak Bergizi

Selain dari makanan dan suplementasi vitamin untuk anak 2 tahun, Bunda juga dapat bantu lengkapi asupan nutrisi di atas dari susu pertumbuhan yang telah difortifikasi seperti SGM Eksplor 1+

SGM Eksplor 1+ adalah satu-satunya susu pertumbuhan anak dengan IronS™ (kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C) untuk dukung penyerapan nutrisi 2x lipat. 

Dilengkapi juga dengan DHA 100% berkualitas dari minyak ikan tuna dan nutrisi penting lainnya untuk dukung tumbuh kembang maksimal si Kecil agar siap menjadi generasi maju.

Yuk, daftar di Klub Generasi Maju untuk dapatkan lebih banyak informasi penting soal cara pemenuhan gizi anak sekaligus promo dan hadiah menarik dari setiap pembelian produk SGM!

Referensi:

  1. Patrick, R. P., & Ames, B. N. (2015). Vitamin D and the omega‐3 fatty acids control serotonin synthesis and action, part 2: relevance for ADHD, bipolar disorder, schizophrenia, and impulsive behavior. the FASEB Journal, 29(6), 2207–2222. https://doi.org/10.1096/fj.14-268342

  2. Symptoms of Vitamin D Deficiency (Children and Adults). Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/symptoms-of-vitamin-d-deficiency-7963631

  3. IDAI | Pastikan Bayi Anda Cukup Zat Besi? (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pastikan-bayi-anda-cukup-zat-besi

  4. Van, G. (2020, October 26). 14 Signs of Iron Deficiency Anemia. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/iron-deficiency-signs-symptoms

  5. Panoff, L. (2018, May 18). What Is Thiamine Deficiency? All You Need to Know. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/thiamine-deficiency-symptoms#8-symptoms

  6. Moradi, S., Mohamadreza Alivand, Yaser KhajeBishak, Mohamad AsghariJafarabadi, Alipour, M., Chilibeck, P. D., & Alipour, B. (2021). The effect of omega3 fatty acid supplementation on PPARγ and UCP2 expressions, resting energy expenditure, and appetite in athletes. BMC Sports Science, Medicine & Rehabilitation, 13(1). https://doi.org/10.1186/s13102-021-00266-4

  7. Leech, J. (2020, October 7). 11 Proven Health Benefits of Ginger. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-ginger#11-health-benefits

  8. S. Bolkent, R. Yanardag, S. Bolkent, Mutlu, O., Yildirim, S., K. Kangawa, Y. Minegishi, & Suzuki, H. (2006). The Effect of Zinc supplementation on Ghrelin-Immunoreactive Cells and Lipid Parameters in Gastrointestinal Tissue of Streptozotocin-Induced Female Diabetic Rats. Molecular and Cellular Biochemistry, 286(1-2), 77–85. https://doi.org/10.1007/s11010-005-9095-1

  9. Semeco, A. (2017, September 18). 13 Ways to Increase Your Appetite. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-to-increase-appetite#TOC_TITLE_HDR_16

  10. 15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Secara Ilmiah, Perkuat Imun! (2017). Jogjaprov.go.id. https://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/15-manfaat-kunyit-untuk-kesehatan-secara-ilmiah-perkuat-imun#:~:text=Kunyit%20mengandung%20zat%20kurkumin%20yang%20bekerja%20meningkatkan%20daya%20tahan%20tubuh

  11. Renny F, Yuni Sufyanti Arief, & Ni. (2010). Curcuma and Honey Increases Body Weight of Toddler. Jurnal Ners, 5(1), 49–54. https://media.neliti.com/media/publications/119219-ID-none.pdf

  12. Probiotics and prebiotics: What you should know. (2022). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/probiotics/faq-20058065

  13. Renny F, Yuni Sufyanti Arief, & Ni. (2010). Curcuma and Honey Increases Body Weight of Toddler. Jurnal Ners, 5(1), 49–54. https://media.neliti.com/media/publications/119219-ID-none.pdf

  14. WebMD Editorial Contributors. (2021, March 12). When Can a Baby Have Honey? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/baby/when-can-a-baby-have-honey

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut