Facebook Pixel Code 5 Alasan Mengapa Vitamin C Sangat Penting Buat Anak

5 Alasan Mengapa Vitamin C Sangat Penting Buat Anak

5 Alasan Mengapa Vitamin C Sangat Penting Buat Anak

Vitamin C merupakan nutrisi yang bisa larut dalam air dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh anak. Tubuh manusia sendiri tidak bisa mensintesis vitamin C dengan sendirinya. Itulah sebabnya untuk memenuhi kebutuhan vitamin satu ini hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu dan juga suplemen bila diperlukan.  Agar lebih jelas, berikut apa saja alasan penting memberikan vit C buat anak. 

Alasan Penting Mengonsumsi Vitamin C 

Membuat Sistem Kekebalan Jadi Lebih Kuat 

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang akan memberikan proteksi bagi sel-sel yang ada dalam tubuh agar terhindar dari kerusakan akibat dari paparan radikal bebas.

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Vitamin C buat anak juga akan membantu membentuk dan memperbaiki tulang, sel darah merah, dan jaringan. Dengan begini, risiko seperti memar atau terluka akibat dari jatuh dan tergores bisa dikurangi. 4 Vitamin C juga akan menjaga gusi tetap sehat, membantu penyembuhan luka agar bisa lekas pulih, dan menghindari infeksi.

Membantu Penyerapan Zat Besi 

Vitamin C untuk anak juga sangat penting untuk mendukung penyerapan zat besi. Dengan begitu, jika ada anak yang mengalami kekurangan zat besi bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin C.

Mendorong Pembentukan Kolagen

Vitamin C membantu untuk menjaga kesehatan tulang dan kulit dengan mendorong produksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein yang ada di berbagai bagian tubuh termasuk tulang dan kulit. Dengan memenuhi asupan vitamin C buat anak, tulang jadi terjaga kepadatannya dan kulit lebih sehat. 

Baca Juga: 16 Sumber Vitamin C yang Bagus untuk Anak

Membantu Proses Pembentukan Carnitine dan Neurotransmitter 

Carnitine membantu menyebarkan dan memecah asam lemak menjadi energi. Sedangkan neurotransmitter merupakan senyawa yang ada di dalam otak bertugas untuk mendukung penyampaian sinyal di sistem saraf yang satu ke sel saraf yang lain.7

Kebutuhan Vitamin C Anak 

Setelah mengetahui apa saja alasan pentingnya vit c buat anak, Bunda perlu tahu berapa kebutuhan asupan ini dalam sehari. Berdasarkan dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan vitamin C setiap anak berbeda berdasarkan umur dan jenis kelamin.

Usia

Laki-laki

Perempuan

0 –5 bulan

40mg

40mg

6 – 11 bulan

50mg

50mg

1 – 3 tahun

40mg

40mg

4 – 6 tahun

45mg

45mg

7 – 9 tahun

45mg

45mg

10 – 12 tahun

50mg

50mg

13 – 15 tahun

75mg

65mg

16 – 18 tahun

90mg

75mg


Sumber Vitamin C yang Dapat Diberikan pada Anak 

Umumnya sumber vitamin C ada pada sayur dan buah. Beberapa sayur yang kaya vitamin C di antaranya paprika merah dan hijau, kentang, bayam, dan brokoli. Sedangkan buah yang kaya akan vitamin C yaitu kiwi, mangga, melon, jambu biji, jeruk, dan pisang.

Selain dari makanan, asupan vitamin C buat anak juga bisa diperoleh dari susu formula yang juga diperkaya dengan berbagai asupan penting lainnya untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil agar dalam tumbuh kembangnya memiliki Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yaitu tumbuh tinggi, berpikir cepat, percaya diri, gigih, dan aktif bersosialisasi. 

Bunda bisa berikan susu formula SGM Eksplor 1+ Pro-gress Maxx dengan IronC atau SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC dalam keseharian Si Kecil. 

Ada beragam kandungan di dalamnya yaitu zat besi dan vitamin C. Dua kandungan ini bila digabung disebut IronC di mana membantu penyerapan maksimal nutrisi penting bagi Si Kecil, seperti kalsium & vitamin D, omega 3 & 6, minyak ikan, zinc, dan serat pangan serta nutrisi penting lainnya.

Bunda bisa menemukan SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx untuk usia 1-3 tahun di pasaran baik minimarket maupun supermarket dalam dua varian yaitu vanilla dan madu. Sedangkan SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx untuk usia 3-5 tahun tersedia dalam tiga varian yaitu madu, cokelat, dan vanila. SGM Eksplor Plus Pro-gress Maxx tersedia dalam empat varian ukuran 150gram, 400gram, 600gram, dan 900gram.

Artikel Lainnya

10 Obat Batuk Alami yang Efektif ...

Obat batuk alami untuk anak dapat Bunda buat dengan mudah menggunakan bahan yang ada di dapur,...

Tanda-tanda Speech Delay pada Anak ...

Speech delay adalah keterlambatan bicara yang tidak sesuai dengan usia anak. Ditandai dengan...

4 Cara Mendidik Anak agar Menjadi ...

Mendidik anak memang bukan perkara mudah. Tapi, jangan pernah kelewatan sampai ​​pakai...

Anak Takut Berinteraksi dengan Orang ...

Anak yang takut berinteraksi dengan orang lain mungkin membuat Bunda bingung. Jangan khawatir, ada...

Tinggi Badan yang Ideal untuk ...

Tinggi badan anak idealnya bertambah terus tiap tahun. Jadi, berapa tinggi badan yang normal untuk...

Berat Badan yang Ideal untuk ...

Anak yang berat badannya yang ideal tentu menjadi harapan orang tua. Lalu, berapakah berat badan...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Tahapan Perkembangan dan Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut