Facebook Pixel Code 15 Camilan Anak 2 Tahun yang Tinggi Zat Besi dan Vitamin C

15 Camilan Anak 2 Tahun yang Tinggi Zat Besi dan Vitamin C

15 Camilan Anak 2 Tahun yang Tinggi Zat Besi dan Vitamin C

 

Bunda kehabisan ide untuk membuat camilan anak 2 tahun? Daripada jajan di luar yang belum jelas bahannya, coba bikin sendiri!

Dengan begitu Bunda bisa membuat camilan yang kaya vitamin C untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya, serta zat besi yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak. 

Camilan Anak 2 Tahun yang Sehat Bergizi

Pada usia 2 tahun, anak sudah bisa dilibatkan kegiatan Bunda di dapur, meski hanya tugas sederhana. Berikut resep camilan anak 2 tahun bisa coba bikin bersama si Kecil!

1. Spinach Scramble Egg

Selain sebagai camilan, menu ini juga bisa dijadikan sarapan. Rebus sebentar bayam atau rendam dengan air panas selama 20 detik. 

Masukkan bayam tersebut lalu dikocok dengan 1 butir telur, goreng menjadi orak-arik telur. Siap disajikan dengan topping parutan keju atau saus favorit anak.

2. Puding Buah Naga

Cacah setengah potong buah naga dengan garpu. Di dalam panci berisi 150 ml air, masukkan bubuk agar-agar tawar.

Aduk sampai mendidih lalu matikan kompor. Segera masukkan buah naga dan aduk. Tuangkan agar-agar di cetakan hingga mengeras. 

Dapatkan sejumlah kebaikan dari buah naga. Mulai karbohidrat untuk sumber energi, serat untuk kesehatan pencernaan, vitamin C dan K untuk penyerapan zat besi, serta antioksidan untuk menjaga sel-sel yang sehat.

3. Brokoli Krispi

Sudah tahu belum brokoli termasuk sayuran tinggi zat besi? Mari kita olah menjadi camilan anak 2 tahun!

Simpel saja, rebus sebentar brokoli yang telah direndam garam. Masukkan brokoli secara bergantian ke kocokan telur lalu ke tepung serba guna. Goreng hingga kecoklatan. 

4. Puding Mangga

Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan resep puding buah naga di atas. Hanya saja ganti buah naga dengan mangga yang telah dipotong kecil-kecil.

Mangga termasuk makanan tinggi serat dan karbohidrat, selain vitamin A, B6, C, E, dan K. Mangga juga mengandung kalium, folat, dan berbagai antioksidan. Nutrisi ini bekerja sama untuk memberikan energi pada si Kecil.

Baca Juga: Ketahui Porsi Makan Ideal Anak 2 Tahun dalam Sehari

5. Bola Goreng Bayam

Blender 100 gram ayam, campur secukupnya garam, gula, dan air. Rebus bayam sebentar lalu cincang halus.

Campur gilingan ayam dengan bayam, 2 butir telur, 1 bawang bombay, dan 2 siung bawang putih. 

Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil, lalu goreng hingga keemasan. Sajikan sebagai camilan anak 2 tahun bersama saus atau mayonaise.

6. Egg Muffin 

Kocok 6 butir telur, 60 ml susu, kaldu bubuk, lada bubuk, dan keju parut hingga rata. Di tempat yang lain, tumis 1 bawang bombay hingga harum, lalu masukkan smoked beef dan sosis yang telah dipotong-potong. 

Siapkan cup muffin lalu olesi dengan margarin. Di dalam cup, bagi rata potongan brokoli, tumisan bawang, lalu tuang kocokan telur. 

Beri parutan keju mozarella dan tomat sebagai topping. Panggang di oven selama 30 menit dengan api atas bawah. Bunda juga bisa menggunakan air fryer agar lebih cepat matang. 

7. Salsa Dip

Rendam 4 tomat di air panas, diamkan selama 15-20 menit. Potong dadu tomat, lalu cincang halus 1 siung bawang putih, ½ butir bawang bombay, dan sedikit jalapeno --bila anak telah terbiasa makan makanan pedas.

Campur semua bahan lalu beri perasan jeruk lemon/nipis, garam, lada hitam. Koreksi rasa. Salsa dip ini bisa dimakan bersama tortilla plain.

8. Pancake Stroberi

Campurkan 170 ml susu dengan 1 butir telur, 1 sdm gula pasir, 1 sdm minyak sayur,1/4 sdt vanili cair, 1/4 sdt baking powder, dan 1/4 sdt soda kue. Aduk adonan hingga merata.

Di wadah lain, haluskan 5 buah stroberi dengan chopper atau blender hingga menjadi pasta. Campur dengan adonan lalu goreng di teflon anti-lengket. 

Baca Juga: 10 Ide Resep Makanan Anak 2 Tahun yang Susah Makan

9. Strawberry Sando

Kocok whipped cream dengan air es hingga kaku, lalu sisihkan. Siapkan satu lembar roti tawar yang telah dibuang pinggirannya. Oles roti dengan whipped cream lalu susun 5 buah strawberry di atasnya. 

Oles lagi whipped cream di atas strawberry, lalu tutup dengan satu lembar roti tawar. Bungkus dengan plastik wrap dan simpan di kulkas semalaman. Potong roti jadi dua lalu sajikan.

Strawberry Sando ini juga ideal jadi bekal sekolah anak.

10. Tahu Isi Daging

Campurkan 250 gram daging cincang, 3-4 siung bawang putih, secukupnya garam dan daun bawang. Masukkan ke dalam tahu coklat yang sudah dipotong jadi dua. 

Goreng tahu isi daging dengan posisi daging di bawah. Setelah matang, balik tahu agar matang merata. Angkat dan tiriskan. Sajikan sebagai camilan anak 2 tahun.

11. Martabak Daging Kulit Lumpia

Siapkan wajan lalu tumis bumbu gulai siap pakai dengan potongan daun bawang pre. Masukkan daging yang telah direbus. Angkat.

Di wadah terpisah, kocok telur dan masukkan daun bawang pre hingga rata. Campur dengan daging yang telah dibumbui gule tadi.

Masukkan adonan ke kulit lumpia dan lipat kotak satu per satu. Goreng di minyak panas  hingga kecoklatan dan sajikan.

12. Spinach Smoked Beef Bakwan

Campurkan tepung bakwan, tepung serba guna, secukupnya air, ketumbar bubuk, dan lada. Masukkan smoked beef yang telah dipotong dan bayam. Aduk merata. 

Goreng di minyak panas. Jika kedua sisi bakwan sudah kecoklatan, angkat dan tiriskan.

13. Edamame Cheese

Panaskan oven 200 derajat Celcius, lalu siapkan loyang yang diberi alas kertas baking. Tata keju parut di atas loyang, bentuk kotak-kotak dan cukup tebal. 

Kemudian tata edamame di atasnya. Oven selama 15 menit dengan api atas bawah. Sajikan untuk camilan setelah anak makan siang.

14. Martabak Tahu Kulit Lumpia

Hancurkan 10 tahu dengan garpu, lalu iris halus daun bawang. Sisihkan. Haluskan 4 siung bawah merah, 2 siung bawang putih, 2 butir kemiri, dan lada. Campurkan ke tahu.

Beri secukupnya garam dan gula, koreksi rasa lalu tambahkan 1 telur. Masukkan satu sendok adonan ke kulit lumpia. Lipat seperti amplop. Lakukan hingga adonan habis.

Goreng di minyak panas hingga kecoklatan. Simpel tapi camilan anak 2 tahun ini pasti laris manis begitu disajikan.  

15. Puding Susu Pepaya

Campurkan susu yang telah dicampur 100 ml air. Masak di atas kompor lalu tambahkan bubuk agar-agar plain. Aduk hingga mendidih.

Masukkan potongan pepaya ke dalam cetakan, lalu tuangkan adonan agar-agar. Simpan di dalam lemari es sampai mengeras. Camilan anak 2 tahun siap disajikan!

Sambil menikmati camilan buatan Bunda, sajikan pula segelas SGM Eksplor 1+. satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik zat besi & vitamin C.

IronC bisa membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi hingga 2x lipat lho! SGM Eksplor 1+ juga dilengkapi DHA, minyak ikan, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya.

Semua nutrisi itu bantu si Kecil tumbuh maksimal!

Referensi:

  1. IDAI | Perlukah suplementasi vitamin dan mineral pada bayi dan anak? (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/perlukah-suplementasi-vitamin-dan-mineral-pada-bayi-dan-anak
     
  2. Dragon Fruit (Pitaya) for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/dragon-fruit-pitaya/
     
  3. Mango for Babies - Can Babies Eat Mangoes? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/mango/

 

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut