Facebook Pixel Code Manfaat Serat untuk Dukung Tumbuh Kembang si Kecil

Dukung Tumbuh Kembang Optimal si Kecil dengan Makanan Tinggi Serat

Dukung Tumbuh Kembang Optimal si Kecil dengan Makanan Tinggi Serat

Pada usia 1 tahun, si Kecil sedang mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan otak yang pesat. Ia sedang belajar berjalan sendiri dan mulai menunjukkan ketertarikan dengan dunia sekitarnya. Si Kecil juga mulai mampu memperlihatkan emosi dan menyampaikan keinginannya pada Bunda. Masa ini adalah masa yang tepat bagi Bunda untuk mendampingi si Kecil mengasah 5 potensi prestasi yang ada di dalam dirinya yaitu cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri, dan percaya diri. 

Untuk itu, tentu si Kecil membutuhkan tubuh yang sehat. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesehatan si Kecil adalah asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang, termasuk asupan serat pangan. Kementerian Kesehatan menganjurkan agar si Kecil mengonsumsi 19gr serat setiap hari dari makanan. Bunda, mari kita simak manfaat apa saja yang tersimpan dalam serat dan dari mana Bunda bisa memperolehnya.

Manfaat Serat untuk Tubuh si Kecil

Tubuh yang prima membutuhkan saluran cerna yang sehat dan berfungsi dengan baik. Saluran cerna adalah salah satu bagian penting dalam tubuh si Kecil yang berperan dalam pertumbuhan, perkembangan, daya tahan tubuh, dan kesehatan si Kecil secara keseluruhan. Singkatnya, saluran cerna merupakan sistem perlindungan terdepan sekaligus cermin kesehatan anak. 

Manfaat sSerat pangan yang banyak terkandung dalam sayur dan buah dapat membantu perkembangan bakteri yang baik dalam usus. Bakteri baik di saluran cerna berkaitan erat dengan kesehatan si Kecil. Keberadaan bakteri baik sangat menguntungkan karena ia selalu berkompetisi dengan bakteri merugikan. Oleh karena itu, bakteri baik di dalam usus perlu dipelihara agar dapat menekan pertumbuhan bakteri merugikan.  Selain itu, manfaat serat juga membantu proses pembersihan racun atau detoksifikasi di dalam saluran cerna4. 

Selain memelihara kesehatan saluran cerna, manfaat serat lainnya juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengatur keseimbangan gula darah. Tak heran, pola makan kaya serat kerap dikaitkan dengan penurunan risiko sejumlah penyakit seperti jantung dan diabetes4. Serat yang menjaga kesehatan saluran cerna juga dinilai berperan menurunkan risiko terkena kanker usus. Tak hanya itu, serat juga dapat membantu mengatasi anemia atau penyakit kurang darah4.  

Makanan Sumber Serat untuk si Kecil

Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang sangat penting untuk mendukung perkembangan anak 1 tahun, Bunda. Kementerian Kesehatan menganjurkan agar si Kecil yang berusia 1 tahun makan 3 kali sehari disertai 2-3 kali makan selingan di antaranya. Menu makan si Kecil dianjurkan agar mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.  

Untuk mendapatkan manfaat serat, Bunda bisa berikan makanan pada si Kecil yang terbuat dari asupan serat, Bunda sebaiknya membiasakan si Kecil mengonsumsi serat dari berbagai jenis sumber termasuk makanan berbahan gandum, kentang dengan kulitnya, sayur dan buah-buahan, kacang-kacangan, polong-polongan, dan lain sebagainya. Salah satu jenis serat yang baik untuk tubuh adalah serat pangan inulin yang termasuk ke dalam serat larut dalam air. Serat pangan inulin bisa Bunda temukan pada bawang putih, bawang bombai, asparagus, dan pisang. Selain itu, si Kecil juga bisa memperolehnya dari makanan atau minuman yang telah diperkaya dengan serat pangan inulin.  

Guna melengkapi nutrisi harian si Kecil, Bunda bisa memberikan segelas susu SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC atau SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC. Keduanya diperkaya dengan kombinasi zat besi dan vitamin C atau bisa disebut IronC.

IronC bantu dukung penyerapan maksimal nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil, seperti minyak ikan, Omega 3 & 6, kalsium, serta nutrisi penting lainnya. Dengan nutrisi lengkap dan seimbang serta istirahat cukup dan aktivitas fisik teratur, dukung 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju agar si Kecil tumbuh menjadi anak kreatif yang siap mencoba banyak hal baru.

 

Sumber :

Peraturan Menteri Kesehatan RI No28/2019 (Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia) retrieved from: http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_

ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf Accessed Aug 27, 2020

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/saluran-cerna-benteng-kesehatan-anak-bagian-i Accessed Aug 27, 2020

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/saluran-cerna-benteng-kesehatan-anak-2 Accessed Aug 27, 2020

Manfaat Makanan Berserat (2). Jakarta: P2PTM Kementerian Kesehatan RI;2018. Retrieved from: http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/page/29/manfaat-makanan-berserat-2 Accessed Aug 27, 2020

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/peran-mikroflora-saluran-cerna-pada-kesehatan-anak Accessed Aug 27, 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319176#what-are-the-benefits-of-fiber Accessed Aug 27, 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/318593#Other-potential-benefits Accessed Aug 27, 2020

Tips 4 Agar Jantung Tetap Sehat. Jakarta: P2PTM Kementerian Kesehatan RI;2018.

Retrieved from: http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/

tips-4-agar-jantung-tetap-sehat Accessed Aug 27, 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/146935#benefits Accessed Aug 27, 2020

 

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline