Facebook Pixel Code Gejala Tipes pada Anak dan Cara Pengobatan yang Tepat

Gejala Tipes pada Anak dan Cara Pengobatan yang Tepat

Gejala Tipes pada Anak dan Cara Pengobatan yang Tepat

 

Penyakit tipes disebabkan infeksi bakteri Salmonella typhi. Gejala tipes pada anak bisa muncul mendadak atau bertahap. Maka, Bunda harus kenali ciri-ciri tipes dan cara mengobatinya.

Gejala Tipes pada Anak

Gejala tipes dapat muncul sekitar satu sampai dua minggu setelah anak mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella. 

Berikut adalah ciri-ciri tipes pada anak yang perlu diwaspadai:

  • Demam tinggi lebih dari 1 minggu yang tidak turun meski sudah minum obat.

  • Suhu tubuh naik bertahap. Misalnya hari ini 38oC, besok jadi 38,5oC, lalu hari ketiga naik jadi 39oC.

  • Demam tinggi terutama menjelang sore hari. 

  • Merasa sangat kelelahan. 

  • Sakit kepala. 

  • Nyeri otot dan sendi.

  • Sakit perut atau kembung.

  • Diare atau BAB berdarah

  • Sembelit.

  • Mual dan muntah. 

  • Batuk kering. 

  • Muncul ruam bintik merah muda di area dada dan tubuh si Kecil.

Seperti penyakit infeksi pada umumnya, gejala tipes pada anak dapat membuat nafsu makan berkurang dan berat badannya menurun.

Tipes juga dapat menyebabkan bintik kehitaman muncul di seluruh bagian tubuh, kecuali wajah serta telapak tangan dan telapak kaki. Biasanya lebih banyak muncul pada area perut dan dada.

Gejala tipes ini biasanya muncul setelah anak demam tinggi selama 5–6 hari. 

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Anak Demam Tinggi di Malam Hari

Berapa Lama Tipes pada Anak Akan Sembuh?

Gejala tipes bisa berlangsung kurang lebih 4 minggu. Umumnya, gejala tipes berangsur membaik setelah 3-5 hari dirawat lalu pulih secara bertahap dalam beberapa minggu.

Apabila tidak cepat diobati dan tidak pulih selama lebih dari 2 minggu, tipes bisa menyebabkan komplikasi.

Komplikasi yang umum terjadi akibat tipes pada anak adalah perdarahan lambung dan perlubangan pada usus (perforasi usus).

Maka saat Bunda menyadari gejala tipes pada anak, segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat agar ia bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Apakah Gejala Tipes Harus Rawat Inap?

Pengobatan tipes tidak harus rawat inap di rumah sakit.

Langkah ini biasanya diambil dokter jika gejala tipes anak sangat parah, seperti mengalami diare dan muntah terus-terusan yang bisa menyebabkan anak dehidrasi.

Rawat inap juga disarankan sebagai tindakan preventif untuk mencegah penyebaran bakteri ke orang lain yang mungkin rentan.

Namun jika penyakitnya terdeteksi cepat dan gejala yang dialami si Kecil tergolong ringan, Bunda boleh merawat si Kecil di rumah.

Cara Mengobati Tipes pada Anak

Jika dokter membolehkan si Kecil istirahat di rumah, Bunda bisa bantu meringankan gejala tipes pada anak agar cepat sembuh dengan beberapa cara berikut ini:  

1. Berikan Obat Antibiotik

Cara mengobati tipes pada anak hanya bisa dengan obat antibiotik resep dokter untuk melawan infeksi bakteri. 

Konsultasikan kondisi si Kecil dengan dokter terlebih dulu untuk mendapat jenis antibiotik yang tepat beserta dosis dan cara pemberiannya agar tidak salah langkah.

Jika si Kecil sudah diresepkan antibiotik, obat harus diminum sesuai jadwal dan sampai habis, ya, Bun, meski si Kecil sudah tampak membaik.

Tujuannya agar bakteri penyebab tipes benar-benar mati dan hilang sepenuhnya.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Gejala tipes pada anak rentan menyebabkan dehidrasi karena kehilangan banyak cairan tubuh. Jadi, segera isi ulang cairan tubuh si Kecil dengan berikan minum air putih secara rutin. 

Bunda juga boleh memberikan minuman lain seperti jus, susu, atau sup kaldu hangat yang kaya gizi.

3. Berikan Makanan Tinggi Zat Besi dan Vitamin C

Untuk membantu imun si Kecil lebih cepat melawan infeksi, Bunda perlu memberikan makanan sehat yang kaya gizi seperti protein hewani, zat besi, vitamin C, dan serat.

Beberapa contohnya adalah daging sapi, ikan, ayam, telur, jeruk, mangga, tomat, jambu biji, brokoli, kembang kol, dan kentang.

Olah makanan-makanan ini menjadi menu yang mudah dicerna seperti sup, bubur, atau lauk nasi tim.

4. Turunkan Demam

Tempelkan kompres hangat di dahi, leher, ketiak, serta area selangkangan untuk menurunkan demam anak yang membandel. Kompres 10–15 menit dan boleh terus ulangi hingga demam turun. 

Jika suhu tubuh anak meningkat, berikanlah obat penurun panas. 

5. Redakan Gejala Penyerta

Selain obat demam, Bunda juga dapat memberikan si Kecil obat-obatan yang sesuai untuk mengatasi gejala tipes lainnya. Contoh, obat mual, muntah, sakit perut, dan masalah pencernaan.

Namun, pastikan Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikan ragam obat-obatan tersebut pada anak.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Mengatasi Sakit Perut dan Muntah pada Anak

6. Pastikan Anak Banyak Istirahat

Selama si Kecil sakit, kurangi waktu bermainnya karena kelelahan bisa membuat demam naik lagi dan memperlambat proses penyembuhan penyakit.

Agar anak cepat sembuh dari gejala tipes, kuncinya adalah banyak tidur. Selama tidur, sistem kekebalan tubuhnya akan bekerja maksimal melawan infeksi penyakit.

Jadi, usahakan si Kecil bisa tidur siang lebih lama dan tidak tidur larut malam agar demamnya dapat mereda. 

Baca Juga: Anak Sedang Radang Tenggorokan? Obati dengan Cara Ini

Jika dalam 3 hari gejala tipes pada anak tak kunjung membaik, bawa berobat ke dokter. Si Kecil mungkin perlu dirawat inap di rumah sakit untuk diberikan cairan infus dan suntikan antibiotik.

Jika masih punya kekhawatiran dan pertanyaan mengenai kondisi kesehatan si Kecil, jangan ragu juga bertanya pada Sahabat Bunda, ya. Semoga si Kecil cepat sembuh!

 

Referensi: 

  1. IDAI | Mengenal Demam Tifoid. (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/mengenal-demam-tifoid
  2. Typhoid Fever (for Parents). (2023). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/typhoid.html
  3. Clinic, C. (2020). Typhoid Fever: Causes, Symptoms & Treatment. Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17730-typhoid-fever
  4. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/656/kenali-tanda-dan-gejala-typus
  5. Tipus (Penyakit Tipes). (2023). Kemkes.go.id. https://ayosehat.kemkes.go.id/topik-penyakit/pencegahan-infeksi-pada-anak/tipus-penyakit-tipes

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut