Facebook Pixel Code 8 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak 4 Tahun

8 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak 4 Tahun

8 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak 4 Tahun

 

Di usia yang ke-4 tahun, bermain pasti jadi kegiatan yang paling mengasyikkan bagi si Kecil. Namun ternyata selain untuk mengisi waktu, bermain juga dapat menjadi cara belajar yang menyenangkan. Dengan mainan yang tepat, anak bisa belajar untuk mengembangkan keterampilan kognitif, motorik, psikososial, emosional, dan bahkan kemampuan bahasa. Hal ini pun menjadi penting karena si Kecil sudah mulai masuk sekolah.  Oleh karena itu, Bunda dapat memberikan pilihan mainan edukasi yang bisa mengasah kemampuan anak di usia 4 tahun ini. 

Pentingnya Bermain untuk Anak

Mainan sangat penting untuk anak, karena bermain merupakan salah satu proses belajar untuk anak. Dengan bermain, si Kecil bisa tumbuh menjadi anak yang berpikir cepat, percaya diri, berani, dan lebih terampil sehingga ia bisa lebih siap untuk belajar di sekolah nanti.  Selain itu, mainan juga mengajari si Kecil, memperkuat imajinasi mereka, dan melatih keterampilan motorik kasar dan halus anak.

Dalam memilih mainan untuk si Kecil, penting juga lho Bun, untuk mempertimbangkan mainan yang sesuai dengan usia, perkembangan, dan keamanan si Kecil.

Terutama karena perkembangan anak usia 4 tahun sudah semakin meningkat. Mereka mulai merasa penasaran pada lingkungannya, mahir melakukan percakapan, dan siap untuk bersosialisasi. Proses berpikir anak 4 tahun juga berkembang, mereka sudah mampu menjawab pertanyaan sederhana dengan mudah dan logis.

Meski demikian, anak usia 4 tahun belum bisa mengelola emosinya dengan baik. Untuk itu, bermain dengan mainan favoritnya diharapkan bisa membantu anak mengungkapkan emosinya dengan lebih baik. 

Selain itu, di usia ini, si Kecil suka bermain dengan anak-anak lain. Nah, ketika anak bermain, si Kecil jadi mempunyai kesempatan untuk belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Dalam permainan juga biasanya ada konsep menang dan kalah, konsep ini baik untuk mengelola emosi anak, lho.

Begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh si Kecil melalui permainan. Oleh karena itu, Bunda harus menyiapkan mainan yang bermanfaat dan edukatif agar perkembangan si Kecil semakin optimal. 

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Ajarkan Anak Belajar Menulis Sejak TK

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 4 Tahun

Nah, agar permainannya semakin seru, berikut ini berbagai rekomendasi mainan edukasi anak usia 4 tahun yang baik untuk mendorong perkembangan anak:

1. Monopoli

Rekomendasi mainan anak yang pertama adalah permainan papan, seperti ular tangga, monopoli, dan halma. Mungkin Bunda bertanya-tanya, apakah mainan jenis ini cocok untuk anak usia dini?

Jawabannya, ya! Permainan monopoli membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak, karena merangsang daya pikir, serta membantu si Kecil mengenal lambang huruf. Hal ini karena media permainan ini memiliki bentuk yang besar dan warna menarik, sehingga anak pun antusias dalam memainkannya. 

Kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf dan berhitung, serta memecahkan masalah pun dapat berkembang secara optimal melalui permainan ini. Tak hanya itu, bermain monopoli juga dapat membantu si Kecil dalam mengumpulkan informasi yang masuk dan menyimpannya ke memori.

Dari sisi perkembangan emosionalnya, anak jadi belajar dalam membuat strategi dan makna bermain secara bergiliran.

2. Bermain Peran

Bermain peran juga bisa menjadi pilihan mainan edukasi anak usia 4 tahun, Bun. Sama seperti contoh di atas, bermain peran atau role play ternyata bermanfaat untuk perkembangan kognitif si Kecil. Bagaimana bisa? 

Permainan ini dapat meningkatkan imajinasi anak. Bunda bisa memberikan boneka, dapur mainan, atau main dokter-dokteran. 

Ambil contoh saat bermain dokter-dokteran, si Kecil bisa belajar untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, mengingat, dan memecahkan masalah. Terlebih, anak sebetulnya juga sudah memiliki “bayangan” akan bagaimana seorang dokter bekerja dengan melihat langsung ketika Bunda membawanya berobat saat sakit.

Misalnya, Bunda yang berperan sebagai pasien dan si Kecil adalah dokternya. Ketika Bunda “mengeluhkan” sakit demam, sebagai seorang dokter anak bisa mulai berpikir dan “memecahkan masalahnya” dengan memeriksa badan Bunda terlebih dahulu dengan stetoskop, kemudian mengecek suhu dengan termometer, dan memberikannya resep obat.

3. Puzzle

Puzzle termasuk salah satu mainan yang bisa dimainkan segala usia. Nah untuk anak 4 tahun, coba naikkan levelnya menjadi 20-40 keping puzzle yang berukuran sedang.

Dengan bermain puzzle, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah. Permainan ini juga mampu melatih daya ingat seperti misalnya dalam mengenal bentuk kepingan puzzle. 

Si Kecil pun bisa belajar kata-kata baru, seperti “atas”, “bawah”, “kiri”, “kanan”, “di samping”, dan lainnya saat Mama membantu ia mencari potongan yang tepat untuk menyusun puzzle. 

Anak-anak juga akan lebih sering mendengar dan belajar tentang bilangan urut dan kata-kata yang menunjukkan posisi dalam urutan, seperti pertama, kedua, ketiga, dan terakhir ketika Bunda membantu mereka menyatukan potongan-potongan puzzle tersebut.

Puzzle juga mengajarkan anak tentang cara berpikir logis dan hubungan spasial, yaitu di mana segala sesuatu saling berhubungan dengan hal lain.

Selain itu, koordinasi antara mata dan tangan si Kecil semakin meningkat.  Setelah si Kecil semakin mahir, jumlah kepingan puzzle bisa ditambahkan sesuai dengan kemampuannya, Bun.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Supaya Anak Cerdas di Masa Prasekolah

4. Meronce

Aktivitas ini memang terlihat sederhana, namun banyak juga manfaat yang diberikan, Bun. Meronce adalah aktivitas merangkai manik-manik ke dalam tali atau benang.

Kegiatan ini membutuhkan banyak kontrol motorik halus, sehingga bermanfaat untuk kegiatan pra-menulisnya nanti saat si Kecil mulai sekolah.

5. Permainan Gunting dan Tempel

Permainan gunting dan tempel juga pilihan yang tepat untuk melatih kepresisian dan kekuatan tangan anak usia prasekolah untuk memegang benda. Bunda bisa siapkan karton yang sudah ada gambar favorit si Kecil, origami, gunting, dan lem.

Ajarkan si Kecil untuk memotong origami berbentuk kotak, lingkaran atau segitiga. Setelah itu tempelkan potongan origami pada karton. Pastikan gunting yang dipakai memang dikhususkan untuk anak-anak, ya, Bun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

6. Permainan Kartu Memori

Selanjutnya, mainan edukasi untuk anak 4 tahun yaitu permainan kartu memori. Jika tidak punya satu set kartu di rumah, Bunda bisa mencetak sepasang gambar kecil pada sebuah karton yang sudah dipotong persegi, pastikan setiap gambar memiliki pasangannya, ya.

Permainan ini baiknya dimainkan oleh dua orang atau lebih, Bun. Pertama, kocok kartu memori lalu letakkan semua kartu menghadap ke bawah meja. Pemain bergantian memilih masing-masing dua kartu dan membalikkannya. Jika dua kartu yang dipilih sama, pemain harus menyimpan kartu tersebut. 

Selain mendorong daya ingat anak, permainan ini juga dapat membangun keterampilan sosial dan kemampuan untuk bekerja sama. Si Kecil juga diajarkan mengambil keputusan melalui permainan edukasi ini.

7. Mainan Bowling

Apakah si Kecil suka main bola, Bun? Coba deh berikan permainan bowling untuk anak 4 tahun. Mainan ini ternyata bermanfaat untuk anak-anak, salah satunya untuk membangun koordinasi antara mata dan tangan si Kecil.

Selain itu, permainan bowling juga melatih kesadaran spasial atau kemampuan untuk berpikir dalam memvisualisasikan sesuatu. Tujuan kemampuan ini adalah untuk menilai seberapa besar kekuatan yang dibutuhkan anak untuk meluncurkan bola agar mencapai target.

8. Menyusun Kubus

Mainan menyusun balok dapat menjadi pilihan si Kecil, Bun. Nantinya dalam permainan ini, anak akan menyusun kubus setinggi mungkin seperti menara.

Anak akan berpikir bagaimana caranya agar kubus tidak terjatuh saat disusun. Permainan ini dapat mengajarkan anak untuk pemecahan masalah serta membantu koordinasi antara mata dengan tangannya. 

Nah, itu dia beragam mainan edukasi untuk anak 4 tahun yang bisa Bunda pilih. Jangan lupa untuk sesuaikan mainan dengan usia si Kecil, ya, Bun!

Baca Juga: Cara Belajar Berhitung yang Menyenangkan untuk Anak 3 Tahun

Nah, supaya waktu bermainnya lebih maksimal jangan lupa dampingi dengan asupan nutrisi dari makanan bergizi dan susu pertumbuhan yang terfortifikasi seperti SGM Eksplor 3+, ya!

SGM Eksplor 3+ dilengkapi dengan IronC™, yaitu kombinasi unik zat besi & vitamin C, serta minyak ikan, DHA, Omega 3&6, tinggi kalsium & vitamin D, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu teruskan nutrisi si Kecil agar ia siap belajar!

Dengan stimulasi yang tepat dan nutrisi yang optimal, Bunda bantu mendukung si Kecil siap masuk sekolah, serta tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani. ​

Tertarik mencoba? Yuk, daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju untuk dapatkan akses ke banyak informasi parenting terbaru serta beragam promo menarik lain seputar susu SGM Eksplor. Gratis!

Jika ingin mencari inspirasi kegiatan lain yang juga seru untuk menemani si Kecil bermain, yuk kunjungi Sekolah Generasi Maju. Ada berbagai kegiatan seru dan edukatif yang mudah untuk dilakukan bersama-sama di rumah agar si Kecil makin siap bersekolah.

Referensi:

  1. Cetin Dag, N. (2020). Children’s Only Profession: Playing with Toys. Northern Clinics of Istanbul. https://doi.org/10.14744/nci.2020.48243
     
  2. ‌Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html#:~:text=Pegboard%20puzzles%2C%20nesting%20cups%20or,teach%20cause%2Dand%2Deffect.
     
  3. ‌Choosing toys for children. (2020, August 10). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/getting-play-started/choosing-toys#:~:text=Toys%20can%20be%20a%20great,creativity%20and%20problem%2Dsolving%20skills.
     
  4. ‌IDAI | Pemilihan Mainan Anak sesuai Fase Perkembangan. (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/cerdas-memilih-mainan-anak
     
  5. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/122/ayo-jenis-permainan-apa-yang-cocok-untuk-balita-anda
     
  6. ‌Marks, H. (2010, November 9). 4- to 5-Year-Olds: Developmental Milestones. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/4-to-5-year-old-milestones
     
  7. Smith, L. (2022, May 13). How to Choose Toys for Preschoolers. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/how-to-choose-toys-for-preschoolers
     
  8. Mcilroy, T. (2019, August 2). A Teacher’s Guide to 10 Must-Have Educational Toys for 4 Year Olds. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/educational-toys-for-4-year-olds/
     
  9. It’s a Strike! Physical Activities like Bowling with Water Bottles Build Skills. (2023). Kindercare.com. https://www.kindercare.com/content-hub/articles/2018/may/physical-activities-preschool-bowling
     
  10. ‌Kurniasi, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Bermain Monopoli Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk An-Nahl Duri Kosambi Cengkareng - INSTITUTIONAL REPOSITORY. Ptiq.ac.id. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/275/1/2019-DEDEH%20KURNIASI-2015.pdf
     

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline