Facebook Pixel Code 10 Cara Belajar Berhitung Anak TK yang Sederhana

10 Cara Belajar Berhitung Anak TK yang Mudah dan Menyenangkan

10 Cara Belajar Berhitung Anak TK yang Mudah dan Menyenangkan

 

Meski sebetulnya keterampilan berhitung sudah tidak lagi dijadikan syarat untuk masuk SD, tetap penting bagi Bunda mulai mengajarkan anak berhitung. Cara belajar berhitung anak TK bisa dengan kegiatan atau permainan yang menyenangkan tapi tetap efektif, kok. Yuk, cari tahu lebih lanjut di artikel ini, Bun!

Manfaat Belajar Berhitung Anak TK

Pada dasarnya, konsep belajar berhitung pada anak-anak biasanya diajarkan ketika mereka memasuki sekolah dasar (SD). Namun, Bunda juga bisa memulai mengajarkan keterampilan berhitung kepada si Kecil sejak dini.

Proses belajar berhitung ini mulai muncul saat anak berusia sekitar 18 bulan, walaupun pada tahap ini, si Kecil mungkin belum memahami arti sebenarnya dari angka-angka tersebut, Bun. 

Ketika mencapai usia sekitar 2 tahun, anak mulai belajar berhitung hingga angka 10 dengan cara menghafal atau menghitung benda di sekitarnya, meskipun mungkin ada beberapa angka yang terlewatkan juga. 

Mengajari anak berhitung juga mempunyai banyak manfaat, Bun, antara lain:

  • Meningkatkan kesiapan anak terhadap konsep matematika yang akan diajarkan di kemudian hari, seperti penjumlahan dan pengurangan.

  • Mendukung anak dalam belajar matematika melalui aktivitas bermain.

  • Mencegah timbulnya rasa "takut" terhadap matematika sejak dini.

  • Mendorong perkembangan kognitif anak, termasuk kemampuan dalam memecahkan masalah, berpikir logis, dan kreatif.

Baca Juga: 9 Cara Seru Belajar Menulis Huruf dan Angka untuk Anak TK

Cara Seru Belajar Berhitung Anak TK

Usia 4-6 tahun menjadi masa emas bagi anak dalam perkembangan kognitifnya. Pada saat ini, anak memiliki kemampuan yang cepat dalam menerima setiap pelajaran dan meniru hal-hal baru. 

Karena itulah, ini waktu yang tepat untuk Bunda mengajarkan berbagai hal, terutama berhitung. Melatih berhitung dapat Bunda lakukan kapan saja dan di mana saja, bahkan tanpa perlu peralatan atau buku khusus juga bisa dilakukan lho, Bun.

Berikut ini beberapa cara mengajarkan berhitung pada anak:

1. Belajar Berhitung dengan Bernyanyi

Banyak sekali lagu anak-anak yang dibuat untuk membantunya belajar berhitung. Cara belajar berhitung anak TK sambil bernyanyi merupakan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti si Kecil. Bunda bisa menyanyikan lagu-lagu seperti "Satu-Satu Sayang Ibu" sambil membentuk jari angka 1, 2, dan 3. 

Ada juga lagu  “Dua Mata Saya” yang dapat mengajari si Kecil berhitung sekaligus belajar mengenai anggota tubuh yang sesuai dengan lirik lagunya. Menyanyi bersama juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri si Kecil dalam belajar, bahkan membantu perkembangan bahasa dan memorinya, Bun.

2. Kumpulkan Batu dan Hitung Bersama

Selanjutnya, Bunda dapat mengajak si Kecil untuk mengumpulkan batu-batu kecil di sekitar area luar rumah sebagai cara lain belajar berhitung anak TK. Setelah mengumpulkan batu-batu tersebut, Bunda dapat bersama-sama membantu anak untuk menghitungnya. Cara belajar seperti ini membantu mencegah rasa bosan karena memberikan pengalaman yang lebih menarik daripada hanya berada di dalam ruangan.

3. Menghitung Benda-Benda di Sekitar

Lingkungan sekitar menjadi alat bermain dan belajar yang baik untuk anak-anak. Bunda bisa memanfaatkan kegiatan sehari-hari si Kecil untuk mengajarkan berhitung. Pilihlah benda-benda yang menarik perhatian si Kecil untuk mulai belajar berhitung.

Misalkan, saat si Kecil sedang makan dan berada di meja makan, Bunda dapat melatih berhitung dengan menggunakan sendok, kemudian mulailah berhitung bersama, “Coba dihitung ada berapa sendoknya, satu, dua, tiga. Untuk Bunda, Ayah, dan Adik.”

Saat mulai berhitung pastikan Bunda menyebutkan setiap angka dengan jelas dan perlahan. Selain itu, pastikan benda-benda yang dihitungnya merupakan benda yang dapat dipegang langsung saat si Kecil mulai menghitung sendiri.

4. Menghitung Sambil Bermain Bola

Siapa sangka, Bun, bermain bola juga bisa menjadi kesempatan untuk cara belajar berhitung anak TK . Caranya sangat sederhana, ajak si Kecil untuk bermain bola bersama, dan selama permainan, ajak anak untuk menghitung bersama setiap kali si Kecil atau Bunda menggulirkan atau melemparkan bola. Dengan cara ini, si Kecil dapat belajar berhitung secara alami sambil tetap menikmati serunya bermain bola. 

5. Belajar Berhitung saat Melangkah

Saat Bunda dan si Kecil berjalan atau menaiki tangga bersama, ada cara lain yang seru untuk melibatkan anak dalam belajar berhitung. 

Bunda dapat meminta anak untuk menghitung setiap langkah atau setiap tangga yang mereka naiki. Nah, Bunda dapat memulainya terlebih dahulu setiap kali si Kecil melangkah maju, dan kemudian si Kecil akan mengikuti ucapan Bunda. 

Baca Juga: 7 Metode Pembelajaran PAUD yang Harus Bunda Ketahui

6. Menghitung Tumpukan Cangkir

Melatih si Kecil berhitung bisa Bunda lakukan dengan menggunakan mainan tumpukkan cangkir atau gelas susun.

Permainan ini sangat bagus untuk kegiatan belajar berhitung anak TK dan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Mintalah si Kecil menghitung setiap cangkir satu persatu ketika menumpuk, memasukkan, atau meletakkannya dalam satu baris.

Permainan ini tidak hanya bagus untuk belajar berhitung anak TK, tetapi juga dapat meningkatkan daya ingat dan melatih konsentrasinya. Sebab, jika dilakukan berulang-ulang si Kecil akan terus berusaha menyusun setiap cangkir agar dapat bertumpuk hingga tinggi.

7. Memasukkan Makanan ke Toples

Memasukkan makanan ke dalam toples juga bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk belajar berhitung bersama si Kecil. Coba minta anak untuk memasukkan 10 kue ke dalam toples sambil berhitung bersama. Latihan sederhana ini membantu anak merasa terbiasa dalam mengurutkan bilangan, dan seiring berjalannya waktu, anak akan semakin terampil dalam berhitung.

8. Berhitung Sambil Mewarnai

Anak-anak pastinya menyukai kegiatan mewarnai, dan ini bisa menjadi kesempatan untuk mengajarkannya tentang berhitung. 

Ketika si Kecil sedang mewarnai, Bunda dapat memberikan krayon satu per satu sambil mengatakan, "Ini krayon satu untuk adik," dan setelah itu memberikan dua krayon sambil mengucapkan, "Ini dua krayon." 

Bunda juga bisa meminta anak untuk mewarnai angka satu dengan warna hijau, misalnya. Cara ini tidak hanya membantu anak memahami konsep angka, tetapi juga mengenalkan si Kecil pada berbagai warna. 

9. Menghitung Mainan

Saat anak bermain, Bunda dapat mengajaknya untuk bermain sambil belajar berhitung. Salah satu caranya adalah dengan meminta anak untuk menghitung mainan miliknya. Bunda dapat memulai dengan membantu anak untuk memisahkan mainan yang berwarna merah atau biru, kemudian mengajaknya untuk menghitung satu per satu.

10. Menggunakan Jari Tangan 

Cara terakhir untuk mengajari anak berhitung adalah dengan menggunakan jari tangan sebagai alat bantu, yang juga dikenal sebagai jarimatika. Metode ini sangat bagus untuk membantu anak menghitung angka dari 1 hingga 10 dengan lebih mudah. 

Bunda dapat memulai dengan memberi tahu anak tentang usianya sambil menunjukkan jumlah jari yang sesuai, misalnya, "Umur kamu 5 tahun," sambil menunjukkan lima jari. 

Selanjutnya, Bunda bisa meminta anak untuk melakukan hal yang sama sambil bertanya, "Berapa umur adik?" Jika si Kecil menjawab dengan benar kalau mereka berusia lima tahun, Bunda bisa sambil mengajaknya untuk menunjukkan jari tangan sekaligus berhitung, "satu, dua, tiga, empat, lima."

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak Mandiri Sejak Usia Dini

Nah, itu dia berbagai cara mengajari anak TK berhitung dengan mudah dan seru. Yang terpenting, jadikanlah berhitung sebagai bagian alami dari interaksi sehari-hari antara Bunda dengan si Kecil. Dengan cara ini, anak akan belajar berhitung tanpa merasa terbebani atau terpaksa, bahkan tanpa menyadari bahwa anak sebenarnya sedang belajar. 

Kunjungi Sekolah Generasi Maju juga ya, Bun, untuk mendapatkan pedoman lengkap seputar tips stimulasi dan cara memaksimalkan perkembangan kognitif si Kecil untuk siapkan prestasinya.

Supaya semakin mengoptimalkan perkembangan otaknya, Bunda bisa bantu lengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan SGM Eksplor 3+. SGM Eksplor 3+ dilengkapi dengan IronC, kombinasi unik zat besi & vitamin C, serta minyak ikan, DHA, Omega 3&6, tinggi kalsium & vitamin D, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu teruskan nutrisi si Kecil agar ia siap belajar.

Referensi:

  1. Verywell. (2021). Teaching Preschool Kids How to Count With Simple Strategies. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/teaching-your-preschooler-how-to-count-2162482
  2. ‌How and when to teach your child numbers. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/toddler/development/how-and-when-should-i-teach-my-child-her-numbers_6899
  3. ‌PAUDPEDIA (2020). Mendampingi Ananda Bermain Matematika di Rumah. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20221223_134658.pdf
  4. DIREKTORAT PMPK. (2023). Lewat Kerikil dan Manik-Manik, Akhiri Miskonsepsi Calistung ala TK Cikal Cahaya. Website Direktorat PMPK; WEBSITE DIREKTORAT PMPK. https://pmpk.kemdikbud.go.id/read/post/lewat-kerikil-dan-manik-manik-akhiri-miskonsepsi-calistung-ala-tk-cikal-cahaya
  5. ‌DIREKTORAT PAUD KEMDIKBUD (2020). Bermain Matematika yang Menyenangkan dengan Anak di Rumah. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/anggun/images/2020/12_buku_BDR/Bermain_Matematika_yang_menyenangkan_dengan_anak_dirumah.pdf
  6. Labuz, M. (2020, July 24). 16 Activities to Introduce Counting and Math to Your Toddler. Teaching Littles. https://www.teachinglittles.com/16-activities-to-introduce-counting-and-math-to-your-toddler/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline