Facebook Pixel Code Bantu Perkembangan Sensori Si Kecil dengan Main Bola, Yuk Coba!

Yuk, Coba Bantu Perkembangan Sensori Si Kecil dengan Main Bola!

Yuk, Coba Bantu Perkembangan Sensori Si Kecil dengan Main Bola!

 

Memasuki usia 3 tahun, kemampuan sensori si Kecil sudah berkembang dengan pesat. Meski demikian, perkembangan sensori anak masih perlu terus didukung. Bunda bisa melakukan aktivitas stimulasi sensori dengan bola untuk mendukung perkembangan anak. 

Sensori merupakan kemampuan yang berkaitan dengan indra, seperti melihat, meraba, mendengar, mengecap, dan penciuman. Merangsang kemampuan tersebut bisa mendorong rasa ingin tahu, kreativitas, kemampuan pemecahan masalah, dan eksplorasi. Manfaat lain dari mengasah sensori adalah mendorong perkembangan kognitif dan mengajarkan interaksi sosial. Stimulasi yang baik akan mendukung kemampuan sensori yang baik pula. Yuk coba stimulasi sensori dengan bola berikut ini! 

Stimulasi Sensori dengan Bola untuk Anak 3 Tahun

Bola merupakan salah satu mainan yang umum dimiliki oleh anak. Mainan ini juga mudah didapat dengan harga terjangkau. Bunda bisa memanfaatkan bola untuk membantu mengasah sensori anak. Bagaimana caranya? Yuk, simak! 

1. Gunakan Bola Bertekstur untuk Stimulasi Indera Peraba

Menyentuh permukaan bola dengan berbagai tekstur dapat membantu mengasah indra peraba si Kecil. Bunda bisa memberikan berbagai jenis bola dengan tekstur berbeda untuk mengasah indera peraba anak. Ada berbagai jenis bola dengan tekstur permukaan yang berbeda-beda baik yang halus maupun bergerigi. Biarkan si Kecil mengeksplorasi bola-bola tersebut untuk mengasah kreativitas dan berpikir kritis. 

2. Ajak Si Kecil Meremas-remas Bola

Bun, pernah dengar apa itu stress ball? Stress ball adalah bola kecil, lunak, dan biasanya berisi gel. Bola ini kerap diremas-remas sebagai terapi untuk menghilangkan stres. Bunda bisa mengajak si Kecil untuk meremas-remas bola ini. Selain melatih motoriknya, aktivitas ini juga baik untuk mengasah sensori taktil, yakni merasakan lewat telapak tangannya.

3. Lihat, Raba, dan Cium Bola 

Berikan si Kecil sebuah bola kemudian biarkan dia mengeksplorasi bola tersebut. Bunda bisa memintanya untuk melihat, menyentuh, atau mencium aroma bola tersebut. Coba tanyakan bentuk, warna, tekstur, bahkan bau bola. Dengan cara ini, Bunda bisa mengembangkan indera penglihatan, peraba, dan penciuman si Kecil. 

Baca Juga: Mengenal Tahap Perkembangan Anak Menurut Umur 3-5 Tahun

4. Memilih Bola Warna-Warni 

Gunakan bola berwarna-warni untuk bermain bersama si Kecil. Minta ia untuk memilah bola sesuai dengan warnanya. Bunda juga bisa meminta si Kecil mengambil bola dengan warna tertentu dan memasukkannya ke wadah. Aktivitas ini baik untuk stimulasi kognitif maupun indera penglihatan anak. 

5. Stimulasi Pendengaran dengan Bola

Beberapa jenis bola terutama mainan anak-anak dilengkapi dengan lonceng yang mengeluarkan bunyi ketika digerakkan. Bunda bisa memanfaatkan bola ini untuk menstimulasi pendengaran si Kecil dengan membuat bunyi-bunyian. Gulirkan bola dan biarkan menggelinding ke setiap sudut ruangan. Bunda juga bisa meminta si Kecil untuk mengguncang-guncang bola tersebut agar mengeluarkan suara. 

6. Letakkan Bola di Pasir atau Air 

Messy play atau bermain kotor-kotoran bisa memberikan pengalaman sensorik yang membantu si Kecil memahami cara penggunaan alat inderanya. Salah satu caranya Bunda bisa meletakkan bola ke dalam pasir atau air dan biarkan si Kecil memainkannya. Dengan demikian, si Kecil akan mengeksplorasi bagaimana sebuah benda, terasa atau tercium lewat alat inderanya. 

7. Bermain Sembunyikan Bola 

Bunda bisa menyembunyikan bola di antara tumpukan mainan si Kecil kemudian minta ia untuk mencarinya. Si Kecil mungkin akan membuat seluruh mainan tersebut berantakan. Namun, aktivitas ini bisa membantu mengasah sensori si Kecil ketika menyentuh dan memindahkan mainannya. 

Baca Juga: 5 Inspirasi Permainan untuk Mengembangkan Kognitif Anak

8. Bermain dengan Bola Bergerigi 

Bila memiliki bola pijat, biasanya berukuran kecil dengan tekstur bergerigi pada permukaannya, Bunda bisa memanfaatkan ini untuk merangsang indera peraba si Kecil. Cobalah untuk menggulirkan bola tersebut di telapak kaki, lengan, maupun telapak tangannya. Biarkan si Kecil merasakan sensasinya. 

Demikian berbagai ide stimulasi sensori dengan bola yang bisa Bunda praktikkan bersama si Kecil di rumah. Perlu diingat, tidak semua anak tertarik untuk bermain dengan bola. Jadi, jangan terlalu memaksa si Kecil bila ia tidak ingin bermain. 

Dukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil dengan memberikan susu pertumbuhan SGM Eksplor 3+. SGM Eksplor 3+ merupakan satu-satunya susu pertumbuhan anak 3-5 tahun yang dilengkapi dengan IronCâ„¢, yakni kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi penting hingga 2x lipat. Dilengkapi juga dengan DHA, Minyak Ikan Tuna, Omega 3 & 6, serta nutrisi penting lainnya. Yuk dukung tumbuh kembang si Kecil agar maksimal!

Referensi: 

  1. School House Team. (2023, October 6). 5 Reasons Why Messy Play Is Important and Benefits Children. https://schoolhouse-daycare.co.uk/news/why-messy-play-benefits-children/#
     
  2. Rauzam.(2023, October 6). 10 Ways To Use Sensory Balls For Special Needs Kids. Special Needs Essentials. Specialneedsessentials.com. 
     
  3. Special Needs Essentials Blog. (Diakses Oktober 2023). 10 Ways To Use Sensory Balls For Special Needs Kids. https://blog.specialneedsessentials.com/2015/03/16/10-ways-to-use-sensory-balls-for-special-needs-kids/
     
  4. Growing Little Brain. (2023, October 6). Play to Learn: 30 Fun Ball activities for kids. https://growinglittlebrains.com/blog/play-to-learn-30-fun-ball-activities-for-kids
     
  5. Only About Children. (Diakses Oktobere 2023). Exploring the Benefits of Sensory Play for Children. www.oac.edu.au/news-views/sensory-play/#:~:text=Sensory%20play%20encourages%20learning%20through,of%20language%20and%20motor%20skills.
     
  6. BabySparks. (2019). The Many Benefits of Ball Play. babysparks.com/2019/11/07/the-many-benefits-of-ball-play/#:~:text=Ball%20play%20builds%20hand%2Deye,play%20as%20early%20as%20possible.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut