Facebook Pixel Code 11 Cara Agar Anak Cepat Gemuk dan Tinggi

11 Cara Agar Anak Cepat Gemuk dan Tinggi

11 Cara Agar Anak Cepat Gemuk dan Tinggi

 

Bagaimana cara agar anak cepat gemuk dan tinggi sering jadi pertanyaan Bunda. Lalu, berapa BB dan TB anak usia prasekolah yang ideal dan bagaimana caranya agar si Kecil tumbuh ideal?

Berat dan Tinggi Badan Ideal Anak Usia Prasekolah (4-5 Tahun)

Tinggi badan anak idealnya bertambah tiap tahun. Menurut Kemenkes RI, tinggi badan anak usia 4 tahun adalah:

  • Anak perempuan 4 tahun: 94,1–115,7 cm dengan berat badan 12,3–18,5 kg,

  • Anak laki-laki 4 tahun: 94,9–115,9 cm dengan berat badan 12,7–18,6 kg.

Sementara anak usia 5 tahun pada umumnya memiliki rata-rata tinggi badan sekitar:

  • Anak perempuan 5 tahun: sekitar 99,9–123,7 cm dengan berat badan 13,7–21,2 kg.

  • Anak laki-laki 5 tahun: 100,7-119,2 cm dengan berat badan 14,1-24,2 kg.

Penting untuk memantau pertambahan tinggi badan anak di setiap tahapan usianya guna memastikan si Kecil bertumbuh kembang dengan maksimal sesuai jalurnya.

Cara Agar Anak Cepat Gemuk dan Tinggi di Usia Prasekolah

Melihat patokan di atas, berikut adalah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan agar anak cepat tinggi dan gemuk sesuai usianya:

1. Makan dengan Gizi Seimbang 

Agar BB dan TB anak ideal di usia prasekolah, Bunda jangan sampai luput melanjutkan pemberian nutrisi yang optimal dari makanan bergizi.

Beberapa zat gizi penting yang berperan penting menambah berat dan tinggi badan anak adalah kalsium, vitamin D, protein, zinc, fosfor, dan magnesium.

Protein bisa Bunda berikan dari sumber hewani seperti daging ayam dan sapi, telur, ikan, dan sumber nabati seperti tahu dan tempe.

Kalsium bisa didapatkan dari susu, keju, ubi jalar, brokoli, kedelai, bok choy, hingga ikan seperti sarden. Sedangkan vitamin D banyak terkandung dalam susu, telur, daging merah, dan minyak ikan.

Semua jenis nutrisi ini idealnya harus dikonsumsi secara seimbang agar manfaatnya optimal untuk menambah BB dan TB anak.

Kadang anak tidak mau makan karena bosan atau malas. Jadi, ciptakan pengalaman makanan yang seru agar anak mau makan supaya BB dan TB-nya juga cepat naik.

2. Optimalkan Asupan Zat Besi dan Vitamin C

Cara agar anak cepat gemuk dan tinggi selanjutnya adalah penuhi asupan zat besi. Pasalnya, defisiensi zat besi akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Tidak tercukupinya zat besi juga membuat anak jadi cepat lemas dan tidak berenergi sehingga jadi mudah lelah saat beraktivitas fisik yang bisa membantunya cepat tinggi dan gemuk.

Sebaliknya, anak yang menerima tambahan asupan zat besi mengalami peningkatan laju pertambahan berat badan dan tinggi badan lebih cepat dari yang diharapkan.

Asupan zat besi untuk anak bisa didapat dari hati ayam dan hati sapi, serta seafood seperti tuna, salmon, dan udang.

Vitamin C juga tidak kalah penting untuk maksimalkan penyerapan zat besi, kalsium, dan vitamin D untuk optimalkan pertumbuhan fisik si Kecil. 

Baca Juga: Cara Cukupi Gizi Seimbang dalam Makanan Anak Prasekolah

3. Tingkatkan Asupan Kalsium dan Vitamin D

Kalsium merupakan salah satu komponen mineral utama pembentuk jaringan tulang yang kuat. penting untuk pembentukan tulang yang memadai.

Makanan sumber kalsium untuk anak adalah brokoli, kacang merah, jeruk, sawi sendok (bok choy), dan susu

Namun agar penyerapan kalsium maksimal, pastikan juga si Kecil mendapat asupan vitamin D dari ikan salmon, minyak ikan, dan telur.

4. Dukung dengan Susu Pertumbuhan

Selain dengan makanan, teruskan melengkapi asupan nutrisi si Kecil dengan susu pertumbuhan terfortifikasi, seperti SGM Eksplor 3+.

Susu SGM Eksplor merupakan satu-satunya susu pertumbuhan anak yang mengandung IronC™, kombinasi unik zat besi dan vitamin C untuk mendukung penyerapan nutrisi penting hingga 2x lipat. 

SGM Eksplor juga sudah dilengkapi dengan kalsium, DHA, minyak ikan, omega 3&6, zinc, vitamin D, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu si Kecil tumbuh maksimal.

Bunda juga bisa mempelajari panduan lengkap seputar pemenuhan nutrisi yang optimal untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil di Sekolah Generasi Maju, lho.

5. Hindari Junk Food 

Agar berat badan si Kecil bertambah dengan cara yang sehat, hindari memberikan makan junk food

Makanan seperti mie instan, burger, kentang goreng, dan minuman soda memang bisa membuat anak gemuk karena tinggi kalori.

Sayangnya, kandungan gizi makanan-makanan ini sangat rendah dan justru sarat lemak jahat yang merugikan kesehatannya secara jangka panjang.

6. Pastikan Si Kecil Aktif Bergerak 

Sering-seringlah ajak olahraga dan beraktivitas fisik sebagai cara agar anak cepat gemuk dan tinggi.

Misalnya dengan bermain lompat tali, bergelantungan di monkey bar, dan meloncat-loncat.

Aktivitas fisik yang rutin membantu memperkuat tulang dan meningkatkan massa otot sehingga perawakan tubuh si Kecil jadi lebih tinggi dan padat berisi, serta lebih sehat.

Tidak ada salahnya juga mencoba stretching untuk menambah tinggi badan anak dan memperbaiki postur tubuh. 

Misalnya mengajak anak berdiri menyender ke tembok, lalu regangkan tangan ke atas setinggi-tingginya.

Gerakan stretching ini juga bisa dilakukan sambil duduk, lalu minta anak gapai ujung kaki dengan tangannya. 

Peregangan juga bagus untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan otot, dan melancarkan peredaran darah.

Baca Juga: 9 Ide Permainan Seru untuk Anak Usia 4-5 Tahun

7. Pastikan Tidurnya Cukup 

Tidur sangat penting untuk pertumbuhan si Kecil.

Jadi, memastikan anak 4 tahun tidur lebih awal dan cukup selama 10-13 jam (termasuk tidur siang) tiap hari juga tidak boleh dilewatkan sebagai cara agar anak cepat gemuk dan tinggi. 

Ini karena tubuh anak melepaskan atau hormon pertumbuhan (HGH) dalam jumlah yang lebih banyak selama tidur untuk menstimulasi pertumbuhan dan metabolisme anak. 

Agar si Kecil tidur cukup, pastikan Bunda membuat jadwal tidur, bangun, dan tidur siang rutin. Kalau si Kecil tidak suka tidur siang, berarti kualitas tidur malamnya harus ditingkatkan.

Pastikan kamar sunyi, nyaman, dan suhunya tidak terlalu panas atau dingin. Kalau ia takut kegelapan, bisa gunakan lampu tidur. Matikan gadget dan TV 1 jam sebelum tidur agar ia siap terlelap.

Membiasakan anak aktif bergerak di siang hari juga membantunya lebih mudah tidur di malam hari.

8. Berjemur 

Cara agar anak cepat gemuk dan tinggi dengan sehat bisa didapatkan dengan berjemur. Sebab, berjemur sinar matahari pagi dapat membantu meningkatkan asupan vitamin D anak.

Asupan vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga tulang jadi lebih kuat. Dengan tulang dan otot yang kuat, tinggi badan ideal anak pun akan tercapai.

Sebaliknya, kekurangan vitamin D pada anak dapat melemahkan pertumbuhan otot dan tulang.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan anak berjemur selama 15-20 menit saja di antara pukul 10.00 sampai 15.00. Tapi, sinar matahari paling baik antara pukul 9-10 pagi.

Jangan lupa oleskan sunscreen agar kulit anak tetap terlindungi dan tidak terbakar.

9. Berenang

Berenang juga aktivitas fisik yang bagus sebagai cara agar anak cepat gemuk dan tinggi.

Berenang membuat anak tumbuh tinggi karena gerakannya bantu meregangkan tulang belakang yang dapat memperbaiki postur tubuh jadi lebih tegap sehingga si Kecil terlihat tinggi.

Selain itu, berenang rutin juga bagus untuk menambah berat badan karena gerakannya yang berulang ​​membantu mengencangkan dan menguatkan otot.

Beberapa manfaat lainnya dari berenang untuk anak adalah: 

  • Menyehatkan jantung dan memperlancar sirkulasi darah di seluruh tubuh.

  • Meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh.

  • Membuat anak lebih ceria dan bisa mendapatkan banyak teman.

Baca Juga: 10 Contoh Kegiatan Motorik Kasar dan Halus untuk Anak TK (4-5 Tahun)

10. Beri Makan Porsi Kecil Tapi Sering

Bagi anak yang kesulitan menambah berat badan, Bunda bisa sedikit melonggarkan waktu makannya. 

Dibanding membatasi konsumsi makannya hanya di waktu sarapan, makan siang, dan makan malam, biarkan si Kecil makan setiap ia merasa lapar. 

Untuk anak picky eater, berikan makanan dalam porsi kecil agar ia tidak langsung menolak habiskan makanannya. Ia bisa dapatkan lebih banyak kalori dengan makan 6–8 kali makanan porsi kecil. 

Sediakan juga camilan-camilan sehat yang bisa si Kecil makan kapanpun ia lapar

11. Berikan Minuman Tinggi Kalori

Tidak cuma makanan, minuman tinggi kalori juga bermanfaat sebagai cara agar anak cepat gemuk dan tinggi. 

Berikan si Kecil minuman tinggi kalori di antara jeda makanan utama, seperti milkshake atau smoothies yang bahan dasar utamanya susu padat kalori dan tinggi kalsium.

Selain susu, Bunda juga bisa membuat smoothies tinggi kalori dengan campuran buah pisang, selai kacang, dan yogurt.

Jika mengacu pada Grafik Pertumbuhan Anak, berat badan dan tinggi badan si Kecil saat ini masih masuk kategori “kurang, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter ya! 

Referensi:

  1. Ajmera, MS, RD, Rachael . “Here Are 11 Foods That Make You Taller.” Healthline, 9 Mar. 2020, www.healthline.com/nutrition/foods-that-make-you-taller.

  2. Araiza, Victor. “Importance of Stretching for the Young Athlete - CHOC Children’s Blog.” CHOC Health, 22 Mar. 2017, health.choc.org/importance-stretching-young-athlete/.

  3. Boldt, Andrea . “Weight-Gain Shakes for Kids.” LIVESTRONG.COM, www.livestrong.com/article/379272-weight-gain-shakes-for-kids/. Accessed 15 Feb. 2024.

  4. Cleveland Clinic. “HGH (Human Growth Hormone): What It Is, Benefits & Side Effects.” Cleveland Clinic, 21 June 2022, my.clevelandclinic.org/health/articles/23309-human-growth-hormone-hgh.

  5. Garone, Sarah. “Weight Gain Foods for Kids: Best Options and Tips.” Healthline, 12 Mar. 2021, www.healthline.com/health/childrens-health/weight-gain-foods-for-kids.

  6. “Growth and Your 4- to 5-Year-Old (for Parents) - Nemours KidsHealth.” Kidshealth.org, kidshealth.org/en/parents/growth-4-to-5.html?ref=search. Accessed 15 Feb. 2024.

  7. Mayo Clinic. “Is Your Child Getting Enough Iron?” Mayo Clinic, 2019, www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/iron-deficiency/art-20045634.

  8. Miles, Karen. “Helping a Child Who’s Underweight (Ages 5 to 8).” BabyCenter, www.babycenter.com/child/food-and-nutrition/helping-a-child-whos-underweight-ages-5-to-8_66923. Accessed 15 Feb. 2024.

  9. Mody, Priya. “Developmental Milestones: 4 to 5 Year Olds (Preschool).” CHOC Children’s, 2021, www.choc.org/primary-care/ages-stages/4-to-5-years/.

  10. Nair, Anisha. “10 Simple Tips to Help Your Child Grow Taller.” Parenting.firstcry.com, 7 July 2023, parenting.firstcry.com/articles/top-8-ways-to-increase-height-in-children/.

  11. Nash, Tamara. “10 Benefits of Swimming for Kids.” WHYCOS, 6 July 2022, whycos.org/guides/benefits-of-swimming-for-kids/.

  12. Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dalam PMK No 2 Tahun 2020 Tentang Standar Antropometri Anak. 2020.

  13. “Perlukah Suplemen Vitamin D?” IDAI, www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/perlukah-suplemen-vitamin-d.

  14. “Sleep and Your Preschooler (for Parents) - KidsHealth.” Kidshealth.org, June 2020, kidshealth.org/en/parents/sleep-preschool.html.

  15. “Vitamin c in Your Child’s Diet | BabyCenter.” BabyCenter, www.babycenter.com/toddler/feeding/vitamin-c-in-your-childs-diet_10324695.
    “Vitamin D: What You Need to Know.” Raising Children Network, 5 Sept. 2017, raisingchildren.net.au/teens/healthy-lifestyle/nutrients/vitamin-d.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline