Facebook Pixel Code 9 Cara Anak Cepat Tinggi yang Efektif dan Aman

9 Cara Anak Cepat Tinggi, Bunda Perlu Tahu!

9 Cara Anak Cepat Tinggi, Bunda Perlu Tahu!

 

Bagaimana sih cara anak cepat tinggi? Bunda mungkin mempertanyakan ini, karena pertambahan tinggi badan dianggap sebagai tanda pertumbuhan anak yang sehat. 

Bila Bunda ingin anak cepat tinggi, ada ada beberapa cara yang bisa dilakukan dari sekarang. Simak penjelasannya di artikel ini, ya, Bun!

Cara Anak Cepat Tinggi

Sebenarnya, apa yang memengaruhi tinggi badan anak? Salah satu faktor yang paling menentukan tinggi badan anak adalah genetik. 

Diperkirakan faktor genetik berpengaruh sekitar 80% terhadap tinggi badan anak, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh hormon dan faktor eksternal lain. 

Jadi selain genetik, asupan nutrisi yang optimal dan aktivitas sehari-hari anak juga memainkan peran penting dalam pertambahan tinggi badannya, 

Berdasarkan faktor-faktor di atas, berikut adalah beberapa cara anak cepat tinggi yang bisa Bunda lakukan: 

1. Perbanyak Makan Daging dan Telur

Kemenkes RI menganjurkan Bunda untuk memberikan lebih banyak protein (30-35%/porsi piring sekali makan) untuk mendukung pertumbuhan fisik anak dalam 2 tahun pertama usianya. 

Memberikan daging dan telur efektif sebagai cara anak cepat tinggi karena kandungan kaya protein.

Sebuah penelitian dari tahun 2019 membuktikan pola makan tinggi protein sejak dini mempengaruhi pertambahan tinggi badan anak, asa tetap diimbangi dengan serat dan vitamin dari buah dan sayuran. 

Selain berprotein tinggi, daging dan telur juga memiliki beberapa kandungan nutrisi lain, seperti vitamin D, fosfor, asam lemak omega-3, selenium, zat dan yodium yang semuanya bekerja sama mendorong pertumbuhan fisik anak secara keseluruhan.

Yang paling penting, pastikan memasaknya sampai benar-benar matang, ya!

2. Makan Buah dan Sayur

Jangan lupakan buah dan sayur, karena dua jenis makanan ini dapat memaksimalkan cara anak cepat tinggi.

Selain protein, zat gizi yang juga berperan paling penting untuk pertumbuhan tulang dan tinggi badan anak adalah kalsium. Oleh karena itu, penting agar si Kecil bisa memenuhi kebutuhan kalsiumnya dari makanan sehari-hari.

Nah, si Kecil bisa dapatkan asupan kalsium dari jeruk, kiwi, nanas, brokoli, kubis Brussel, sawi, kangkung, dan sayuran hijau lainnya. Kacang juga menjadi makanan yang bisa bantu si Kecil cepat tumbuh tinggi karena sama-sama tinggi protein dan kalsium.

Selain itu, kacang juga memiliki asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. Beberapa contoh kacang-kacangan yang mengandung jumlah protein tinggi adalah almond, pistachio, dan kenari.

Kuncinya, jangan lupa untuk mengombinasikan dengan makanan lain untuk menyeimbangkan asupan gizinya, seperti dari kandungan protein hewani, zat besi, vitamin D, magnesium, fosfor, dan karbohidrat agar si Kecil mencapai pertumbuhan yang optimal.

Yang perlu diingat adalah, tidak ada makanan yang bisa menambah tinggi badan anak melebihi potensi yang dimiliki faktor genetiknya. Meski demikian, menambahkan makanan tertentu dapat membantu anak mencapai potensi optimalnya dengan mudah. 

Baca Juga: 7 Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

3. Tidur yang Cukup

Tahukah Bunda kalau memastikan anak tidur cukup setiap hari juga merupakan cara anak cepat tinggi? 

Tidur bisa membuat anak cepat tinggi karena hormon pertumbuhan (HGH) yang mempengaruhi pertambahan tinggi badan bekerja optimal hanya saat anak tidur. Jadi, pastikan si Kecil tidur cukup di masa-masa pertumbuhannya.

Idealnya, waktu tidur anak usia 3-6 tahun adalah 11-13 jam (termasuk juga tidur siang).

4. Minum Susu Pertumbuhan

Minum susu adalah cara anak cepat tinggi berikutnya, karena susu tinggi akan kalsium. Susu juga mengandung nutrisi yang mendorong pertumbuhan seperti protein dan IGF-1, yaitu hormon yang terlibat erat dalam pertumbuhan dan perkembangan jaringan tulang serta otot.

Jadi selain nutrisi dari makanan dan stimulasi yang tepat, Bunda bisa bantu pastikan kebutuhan gizi anak terlengkapi dengan memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi SGM Eksplor 1+. 

SGM Eksplor 1+ adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik zat besi & vitamin C, untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi hingga 2x lipat.

Ada pula kandungan DHA, minyak ikan, Omega 3&6, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu dukung si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani.

5. Rutin Berenang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kegiatan fisik yang rutin dilakukan si Kecil juga dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi badannya. Nah, salah satu aktivitas fisik yang bisa jadi cara anak cepat tinggi adalah berenang.

Berenang membuat seluruh tubuh anak akan bergerak dan meregang secara alami, serta dapat memperkuat tulang anak, terutama tulang belakang. Efek ini pada akhirnya dapat membuat postur tubuh anak lebih tegap dan kokoh sehingga tampak lebih tinggi.

6. Jogging Bersama 

Jogging memiliki banyak manfaat untuk anak karena dapat memperkuat tulang di kaki yang membuat si Kecil bisa lebih mantap berdiri tegap sehingga terlihat lebih tinggi.

Olahraga juga membantu meningkatkan jumlah HGH (human growth hormone). HGH adalah hormon yang memiliki peran penting dalam masa pertumbuhan dan pembentukan tubuh di masa anak-anak dan pubertas.

Bunda bisa mengajak Ayah untuk jogging bersama si Kecil. Tentunya si Kecil akan semakin semangat berolahraga jika ditemani dengan kedua orang tuanya.

Baca Juga: Cara Menambah Berat Badan Anak 1 Tahun yang Ideal

7. Rutin Berjemur

Sinar matahari juga berperan penting untuk pembentukan vitamin D, yang berfungsi mendukung pembentukan tulang. Vitamin D juga dapat membantu tubuh si Kecil menyerap kalsium dari makanan yang sudah ia konsumsi.

Jadi, ajaklah si Kecil untuk berjemur setiap hari. Idealnya, lama berjemur di bawah sinar matahari cukup sekitar 15-20 menit di antara pukul 08.00 - 10.00 pagi saja.  Jangan lupa menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari.

8. Latihan Peregangan

Latihan peregangan memang terlihat sederhana, namun memiliki dampak besar sebagai cara anak cepat tinggi.

Latihan ini bisa membantu anak memanjangkan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuhnya. 

Cara melakukannya mudah, ajak anak untuk duduk di lantai dengan kaki yang terbuka lebar. Biarkan anak untuk memegang ujung jari kaki dengan kedua tangannya. Yang terpenting, jangan memaksakan si Kecil jika ia belum bisa. Latihan ini bisa Bunda lakukan dengan bertahap sesuai kemampuannya.

9. Latihan Bergelantungan

Latihan pull-up atau bergelantungan juga membantu pertumbuhan tulang belakang si Kecil semakin optimal. Latihan ini juga dapat memperkuat otot lengan dan punggung, serta membantu anak agar tubuhnya tetap bugar. 

Nah, itu dia berbagai cara anak cepat tinggi yang bisa Bunda lakukan. Yuk, daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju untuk dapatkan berbagai informasi tumbuh kembang anak dan tips parenting lainnya secara gratis! 

 

Referensi:

  1. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://promkes.kemkes.go.id/protein-hewani-cegah-stunting

  2. ‌IDAI | Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1

  3. ‌Arora, M. (2019, July 17). Factors That Affect Growth and Development in Children. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/factors-that-affect-growth-and-development-in-children/

  4. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/595/hormon-pertumbuhan#:~:text=Hormon%20pertumbuhan %20manusia%20atau%20yang,masa%20anak%2Danak%20dan%20puberitas.

  5. Cukup vitamin D dan sinar matahari agar mencapai kepadatan tulang yang optimal - Direktorat P2PTM. (2013). Direktorat P2PTM. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-gangguan-metabolik/cukup-vitamin-d-dan-sinar-matahari-agar-mencapai-kepadatan-tulang-yang-optimal

  6. Nair, A. (2018, June 26). Top 10 Ways to Increase Height in Children. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-8-ways-to-increase-height-in-children/

  7. Swati Patwal. (2015, January 6). 11 Best Foods That Help Increase Height In Kids. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/foods-for-increasing-height-in-children_00121489/

  8. Ward, E. M. (2005, March 28). Round Out Your Child’s Plate. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/kid-nutrition-nutrients

  9. ‌Silver, N. (2022, July 25). How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height#other-factors

  10. Link, R. (2020, March 9). 11 Foods That Make You Taller. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-make-you-taller

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline