Facebook Pixel Code 15 Ciri Anak Pintar Sejak Dini dan Cara Stimulasinya

15 Ciri Anak Pintar Sejak Dini dan Cara Stimulasinya

15 Ciri Anak Pintar Sejak Dini dan Cara Stimulasinya

 

Orang tua sering memuji anaknya pintar setiap kali berhasil melakukan sesuatu. Tapi pernahkah Bunda penasaran, seperti apa sih ciri-ciri anak pintar? Simak juga bagaimana cara menstimulasinya

Ciri Ciri Anak Cerdas Seperti Apa?

Orang tua mana yang tidak berharap anaknya terlahir cerdas? Mari pahami ciri-ciri anak pintar agar tepat memberi stimulasi yang ia butuhkan!

1. Punya Ingatan Kuat

Si Kecil menerima begitu banyak informasi baru setiap harinya. Anak yang pintar biasanya punya memori yang kuat untuk memahami dan menyimpan informasi itu cukup lama.

Dengan begitu, ia bisa menggunakan informasi tersebut untuk mengambil keputusan dan memproses ilmu baru di kemudian hari.

2. Bisa Membaca Lebih Cepat

Ciri-ciri anak pintar bisa dilihat dari perkembangannya yang pesat, termasuk dalam hal membaca.

Mereka biasanya sudah bisa membaca sebelum usia 4 tahun. Padahal rata-rata anak baru bisa membaca mendekati usia 6 atau 7 tahun.

Namun bukan berarti Bunda perlu memburu-buru si Kecil untuk cepat-cepat belajar membaca. Biarkan anak berproses sesuai waktunya.

3. Volume Otak Lebih Besar

Satu ciri ini tentu tidak bisa dilihat lewat mata saja, Bunda. Jika dites lewat CT scan, anak-anak berbakat atau jenius dikaruniai lebih banyak ‘grey matter’ di otaknya. Apa itu?

Gray matter adalah bagian otak yang bertanggung jawab menghitung dan memproses informasi. Ia bertugas mengarahkan perhatian, memori, bahasa, persepsi, dan interpretasi.

Baca Juga: Perkembangan Anak 1 Tahun, Sudah Bisa Apa Saja?

4. Lebih Sensitif Secara Emosional

Coba Bunda perhatikan. Apakah si Kecil termasuk anak yang sensitif secara emosional? Apakah ia termasuk anak yang mudah memahami perasaan orang lain di sekitarnya?

Ciri-ciri anak yang pintar adalah ia mudah berempati dengan kondisi orang lain. Misalnya ketika Bunda sedih, anak langsung cepat menyadarinya dan bertanya.

5. Lebih Cepat Tanggap

Selain memiliki grey matter lebih banyak, anak cerdas juga dikaruniai ‘white matter’ yang lebih aktif di otaknya. White matter ini bertanggung jawab menghubungkan berbagai bagian otak.

Karena koneksinya lebih baik dibandingkan rata-rata, alhasil anak pintar terkesan lebih cepat tanggap saat mendapat informasi baru dan menghasilkan pemikiran kompleks. 

6.  Rasa Penasaran Tinggi

Bunda harus sabar bila anak sering bertanya. Mungkin ia sering bertanya di waktu yang kurang tepat atau pertanyaannya terlampau abstrak, tapi itu artinya anak Bunda pintar, lho!

Anak-anak sering bertanya berarti punya keinginan besar untuk belajar. Saat anak mencari kesempatan mempelajari hal baru di mana pun ia berada, artinya pikiran dan kecerdasannya semakin berkembang.

7. Berbakat Musik 

Menurut penelitian psikolog Crystal Gibson, Bradley Folley and Sohee Park dari Universitas Vanderbilt, ada hubungan antara musik dan kecerdasan. 

Para peneliti percaya anak-anak bisa mendapat manfaat akademis jika belajar musik secara rutin.

Karenanya, Bunda perlu memperkenalkan musik kepada si Kecil sejak usia dini. Para peneliti percaya bahwa pelatihan musik mempengaruhi otak dan merangsang kemampuan berpikir kreatif.

8. Cerewet dengan Orang Dewasa

Ciri-ciri anak pintar yang sudah terlihat sejak dini adalah si Kecil doyan ngobrol dengan orang dewasa. Bahkan tidak jarang gaya berbicaranya sudah seperti orang dewasa!

Hal ini berhubungan dengan rasa penasarannya yang besar. Anak bisa mengikuti alur obrolan dengan orang dewasa, bahkan memunculkan topik baru!

Di sekolah misalnya, anak pintar kadang lebih suka berbicara dengan gurunya daripada teman-teman sebayanya.

10. Humoris

Jangan beranggapan anak pintar itu selalu kaku atau serius. Justru, ciri-ciri anak pintar adalah ia punya selera humor yang unik.

Bila si Kecil sering melontarkan guyonan dan sering membuat Bunda tertawa, bisa jadi ia anak yang cerdas!

11. Seorang Problem Solver

Ciri-ciri anak pintar selanjutnya adalah ia tertantang untuk menyelesaikan masalah.

Anak cerdas cenderung lebih imajinatif. Alhasil, ia mampu menemukan solusi kreatif terhadap masalah di sekitarnya. Anak cerdas pasti banyak idenya!

12. Lancar Berbicara

Anak pintar biasanya punya banyak fans. Selain selera humornya tinggi, ia juga menunjukkan kemampuan berbahasa anak yang baik. Siapa yang tidak jatuh cinta?

Mereka biasanya lebih awal berbicara dibandingkan anak seusianya. Perbendaharaan katanya juga cepat bertambah.

13. Punya Banyak Ketertarikan

Hal ini berhubungan dengan rasa penasarannya yang tinggi. Karena ingin terus mempelajari hal baru, anak cerdas terlihat punya banyak ketertarikan.

Mulai dari belajar musik, menggambar, bahkan menari. Apapun ia coba!

14. Suka Diberi Pertanyaan

Ciri-ciri anak pintar yang lain adalah ia suka diberi tantangan secara intelektual. Coba beri tebak-tebakan, pasti si Kecil langsung semangat!

Selain itu, Bunda juga bisa bertanya tentang keseharian si Kecil sudah melakukan apa saja dan hal-hal yang jadi favoritnya. Pancing ia untuk terus bercerita.

15. Tidak Mudah Puas

Anak cerdas biasanya punya standar yang tinggi, bahkan untuk diri mereka sendiri. Secara alami, mereka tidak mudah puas dan ingin mengusahakan yang terbaik untuk hal yang dianggap penting.

Dorongan inilah yang membuat anak mempelajari keterampilan baru dan menunjukkan performa baik di sekolah. 

Apa yang Membuat Anak Jadi Pintar?

Kenapa ada anak yang dianggap pintar, ada yang biasa-biasa saja? Salah satu yang berkontribusi adalah genetika. Ada beberapa gen tertentu yang memengaruhi kekuatan intelektual seseorang.

Pengaruh genetik juga turut berpengaruh pada motivasi, kepercayaan diri, dan sifat-sifat lain anak.

Hal-hal psikologis itu tentu berdampak pada performa anak di sekolah atau tes yang mengukur kecerdasannya, Bunda bisa dukung stimulasi kecerdasan anak setiap hari.

Cara Membuat Anak Pintar dan Rajin Belajar

Peran lingkungan dan pengasuhan juga memengaruhi kepintaran anak lho, Bunda! Jangan lupa terus stimulasi anak agar terus semangat belajar. Ini caranya:

1. Belajar Musik

Seperti yang telah disebutkan di atas, mengenalkan musik sejak dini merangsang anak untuk berpikir kreatif. Hal ini bahkan berlaku untuk orang dewasa hingga lansia lho!

Ajari anak bermain musik sejak usia balita. Bila perlu daftarkan anak ke kursus musik.

2. Rajin Olahraga

Bunda juga harus sering mengajak anak jalan pagi, bersepeda, atau berenang. Olahraga apapun bisa membantu anak lebih pintar!

Menurut penelitian, rajin olahraga meningkatkan kemampuan belajar. Bahkan setelah olahraga, anak bisa belajar kosakata baru 20% lebih cepat daripada biasanya.

3. Ajak Membaca Bersama

Ingin anak lebih cepat membaca? Sebelum tidur alih-alih membacakan anak buku cerita, lebih baik Bunda ajak ia membaca bersama.

Hal ini lebih efektif dalam membantu anak mengembangkan skill membacanya.

Selain cara di atas, tidur cukup dan mengajarkan anak tentang kedisiplinan juga membantu anak lebih pintar.

Anak dianggap pintar biasanya bila memiliki hasil tes IQ di atas 130-144. Lebih dari itu, anak dianggap berbakat.

Meski begitu IQ bukan satu-satunya indikator. Ciri-ciri anak pintar seperti yang telah disebutkan di atas, bisa Bunda perhatikan

Baca Juga: Penyebab, Ciri, dan Cara Mengatasi Keterlambatan Perkembangan Anak

Jangan lupa dukung dengan beri asupan nutrisi yang cukup, untuk menunjang kecerdasannya. Untuk anak usia 1-3 tahun, Bunda bisa memberikan SGM Eksplor 1+.

Satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi hingga 2x lipat.

Selain itu Bunda juga bisa mengetahui pedoman tumbuh kembang si Kecil sesuai umurnya, demi memaksimalkan periode emasnya lewat Sekolah Generasi Maju. Cek sekarang, yuk.

 

Referensi:

1. https://www.facebook.com/verywell. (2023). Do You Have a Genius IQ Score? Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-a-genius-iq-score-2795585

2. https://www.facebook.com/WebMD. (2021, May 25). What Are Signs of Genius? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/balance/what-are-signs-of-genius

3. 7 Sure Signs Your Child Has a High IQ - Learning Liftoff. (2017, March 21). Learning Liftoff. https://learningliftoff.com/students/gifted-students/7-signs-your-child-has-a-high-iq/

‌4. Barker, E. (2014, March 4). How To Make Your Kids Smarter: 10 Steps Backed By Science. TIME; Time. https://time.com/12086/how-to-make-your-kids-smarter-10-steps-backed-by-science/

5. Robinson, G. (2014, June 18). Is your child gifted? Parenting; GreatSchools. https://www.greatschools.org/gk/articles/gifted-and-talented-children/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut