Facebook Pixel Code 13 Pilihan Obat Pilek Anak 1 Tahun yang Alami

13 Pilihan Obat Pilek Anak 1 Tahun yang Alami

13 Pilihan Obat Pilek Anak 1 Tahun yang Alami

 

Ada berbagai obat pilek anak 1 tahun alami yang dapat Bunda berikan pada si Kecil sebelum terburu-buru pergi ke apotek. Apa saja pilihannya? Yuk, cari tahu daftarnya di bawah ini!

Apa Obat Tradisional Pilek untuk Anak?

Anak-anak sering kena pilek karena imunnya belum kuat dan virus penyebab pilek rentan menyebar di PAUD, taman bermain, atau tempat penitipan anak. Apa obat pilek anak 1 tahun yang alami?

1. Jahe

Jahe bisa menjadi pilihan obat alami pereda pilek anak karena memiliki sifat antiradang untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan menghilangkan lendir di paru-paru.

Jahe juga dapat mempercepat waktu pemulihan karena senyawanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Bunda bisa merebus beberapa ruas jahe yang sudah digeprek, lalu saring dan diamkan sebentar. Aduk dengan sedikit madu, lalu berikan pada si Kecil untuk diminum. 

2. Air Putih Hangat

Redakan gejala pilek anak secara alami dengan memberikan air putih hangat, karena suhu hangatnya bisa bantu mengencerkan lendir ingus yang menyumbat hidung si Kecil. 

Jika si Kecil tidak suka minum air putih hangat, coba larutkan 1 sendok teh madu untuk memaniskan rasanya.

Minum air putih juga membantu mencegah risiko dehidrasi yang membuat kondisi si Kecil semakin lama sembuhnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

3. Madu

Setelah genap berusia 1 tahun, anak baru boleh minum madu. Manfaat madu untuk kesehatan ada banyak, termasuk sebagai obat pilek anak 1 tahun.

Madu mengandung zat antimikroba dan antibakteri yang mampu menenangkan saluran hidung dan tenggorokan yang teriritasi, juga meluruhkan lendir.

Bunda juga bisa menambahkan 1 sdt madu ke dalam segelas susu hangat untuk diminum si Kecil.

4. Lemon

Lemon termasuk makanan kaya vitamin C yang bisa dijadikan obat pilek anak.

Tingkat keasaman jus lemon dapat bantu memecah lendir di hidung. Manfaat vitamin C-nya bantu memperkuat sistem kekebalan tubuh supaya cepat sembuh dari pilek. 

Campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air hangat dan larutkan dengan 1 sdt madu untuk si Kecil minum.

5. Bawang Putih

Obat pilek anak selanjutnya adalah bawang putih. Kandungan allicin dari bawang putih bersifat antiradang dan antimikroba yang membantu sistem imun melawan virus penyebab pilek. 

Bunda bisa mencampurkan bawang putih yang dicacah kasar ke dalam menu makanan anak sehari-hari, untuk bantu meringankan gejala pilek.

6. Kunyit

Kunyit juga bisa dijadikan sebagai obat pilek anak 1 tahun yang disebabkan flu karena sifat antiseptik dan anti radangnya membantu membuka saluran hidung yang tersumbat.

Caranya, didihkan irisan kunyit kurang lebih selama 10-15 menit. Jika sudah, tuang ke dalam gelas dan larutkan dengan 2 sendok teh madu. Biarkan si Kecil meminumnya. 

Bunda juga dapat mencampurkan kunyit yang sudah diiris tipis-tipis ke dalam segelas susu hangat yang biasa ia minum tiap malam sebelum tidur.

7. Air Garam

Minta si Kecil berkumur air garam untuk bantu melegakan saluran napas dan mengeluarkan lendir dari hidungnya. 

Cukup campurkan 1 sendok teh garam ke dalam gelas berisi air hangat. Minta anak berkumur dengan menengadahkan kepalanya sedikit ke atas, kemudian buang air bekas kumurnya.

8. Sop Kaldu Ayam

Ketika si Kecil tidak enak badan karena pilek, berilah makanan berkuah hangat guna melegakan pernapasannya. Misalnya, sop kaldu ayam dengan ragam sayuran.

Kandungan nutrisi seperti protein serta vitamin dan mineral yang berasal dari sayur-mayur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus melawan infeksi. 

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

9. Yogurt

Gejala pilek seperti hidung berlendir dan berair merupakan respons peradangan tubuh akibat infeksi. 

Maka itu, mengkonsumsi yogurt dapat menjadi obat pilek anak 1 tahun karena efeknya membantu menekan respon peradangan sehingga gejala tidak makin parah. Anak pun bisa cepat sehat.

Bunda juga mulai dapat rutin memberikan yogurt guna mengurangi risiko si Kecil terkena pilek di kemudian hari.

10. Uap Hangat

Minta si Kecil menghirup uap hangat sebagai cara alami mengatasi pilek anak. Langkah ini dapat meredakan gejala pilek yang dialami seperti hidung tersumbat. 

Cukup siapkan baskom berisi air panas. Kemudian, minta anak mendekatkan wajahnya ke atas baskom dan contohkan ia cara menghirup uap hangat dalam-dalam. 

Selain menggunakan air panas di dalam baskom, coba nyalakan pancuran air hangat. Lalu, dudukkan si Kecil di kursi supaya ia bisa menghirup uap hangatnya.

11. Daun Mint

Daun mint ternyata dapat digunakan sebagai obat pilek anak 1 tahun. Daun mint mengandung mentol yang cara kerjanya mirip dengan dekongestan. 

Dekongestan dan zat menthol pada daun mint dapat bantu mengencerkan lendir yang menyebabkan hidung anak mampet akibat pilek.

12. Wortel

Wortel dapat membantu mengatasi pilek anak di rumah berkat kandungan antioksidan, beta karoten, vitamin A, C, dan K1, serta potasium yang baik.

Antioksidan diketahui dapat mengurangi peradangan pada sinus sehingga meredakan gejala hidung tersumbat akibat pilek

Untuk si Kecil, Bunda bisa olah wortel menjadi jus segar tanpa gula. Jika rasanya kurang bersahabat di lidah anak, coba tambahkan perasan air lemon dan madu.

Baca Juga: Ketahui Ciri-Ciri Anak Sehat dari Fisik dan Psikisnya!

13. Cuka Sari Apel

Zat antioksidan dan antibakteri pada cuka sari apel bermanfaat sebagai obat pilek alami untuk anak 1 tahun. Tapi, perhatikan cara tepat melarutkannya supaya aman diminum si Kecil.

Bunda dapat melarutkan cuka sari apel ke dalam segelas air hangat dengan perbandingan 1:5. Lalu, minta anak untuk berkumur menggunakan larutan tersebut.

Jika Bunda ingin tahu lebih banyak lagi soal alternatif obat pilek anak 1 tahun yang aman dan efektif, coba tanyakan langsung yuk pada Sahabat Bunda Generasi Maju yang siap menjawab pertanyaan Bunda.

 

Referensi:

  1. Jovinally, J. (2023, February 28). Cold and Flu Home Remedies. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies#ginger
  2. Richards, L. (2020, April 6). Is apple cider vinegar an effective cold remedy? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/apple-cider-vinegar-for-colds#how-it-might-work
  3. WebMD. (2008, February 12). Children and the Flu. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/children-and-flu-influenza
  4. Colds (for Parents). (2020). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/cold.html
  5. Romita P. (2019, June 25). 11 Home Remedies for Cold and Flu in Babies & Kids. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/13-home-remedies-for-cold-and-flu-in-babies-kids/
  6. Medicover Hospitals. (2024). 8 Home Remedies For Cold and Cough For Kids. Best Hospitals in India | Medicover Hospitals. https://www.medicoverhospitals.in/articles/8-home-remedies-for-cold-and-cough-in-kids
  7. Peppermint Information | Mount Sinai - New York. (2016). Mount Sinai Health System. https://www.mountsinai.org/health-library/herb/peppermint

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut