Facebook Pixel Code Radang Tenggorokan pada Anak: Penyebab, Ciri, dan Obatnya

Penyebab, Gejala, dan Obat Radang Tenggorokan pada Anak

Penyebab, Gejala, dan Obat Radang Tenggorokan pada Anak

 

Radang tenggorokan pada anak biasanya sembuh sendiri, tapi dalam prosesnya mungkin anak jadi tidak mau makan karena sakit saat menelan. Yuk, cari tahu penyebab, ciri, dan cara mengatasinya!

Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak

Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi virus penyebab batuk pilek atau infeksi bakteri Streptococcus.

Radang tenggorokan juga bisa dipicu oleh paparan polusi udara yang mengandung zat iritan serta berbagai kuman pemicu penyakit saluran pernapasan.

Gejala Radang Tenggorokan pada Anak

Ciri khas radang tenggorokan adalah sensasi gatal pada tenggorokan atau rasa sakit saat menelan yang membuat anak tiba-tiba tidak mau makan dan minum. Ciri lainnya adalah:

  • Batuk kering.
  • Suara serak.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di leher.
  • Pembengkakan pada amandel.
  • Napas tidak lega.
  • Demam atau badan menjadi menggigil.
  • Sakit kepala.
  • Badan pegal.
  • Mual hingga muntah-muntah.
  • Tenggorokan atau amandel mungkin mengeluarkan cairan berwarna putih.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak 

Radang tenggorokan biasanya bisa sembuh dalam waktu 7-10 hari. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika anak radang tenggorokan? Berikut beberapa caranya: 

1. Istirahat yang Cukup

Untuk mengurangi gejala radang tenggorokan yang dialami si Kecil, sangat penting bagi Bunda untuk memastikan bahwa anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Sebab saat tidur, tubuh memiliki kesempatan untuk memulihkan dan memperbaiki setiap sel dan jaringannya sendiri. 

Anak usia 1-2 tahun butuh tidur setidaknya 11-14 jam sehari (termasuk tidur siang). Sedangkan anak usia 3-5 tahun butuh tidur 10-13 jam sehari (boleh ada tidur siang, boleh tidak).

2. Minum Air Putih Hangat

Radang tenggorokan pada anak membuat leher terasa seperti tertusuk-tusuk. Untuk bantu mengurangi rasa sakit tersebut, Bunda bisa memberikan air putih hangat.

Air putih hangat akan memicu tubuh memproduksi air liur dan membantu melembabkan tenggorokan. Dengan demikian, tenggorokan jadi lebih rileks dan nyaman. 

3. Berikan Makanan Berkuah

Radang tenggorokan membuat leher terasa sakit untuk menelan makanan. Hal ini sering membuat si Kecil menolak makan. 

Padahal anak yang sedang radang tenggorokan membutuhkan lebih banyak asupan makanan bergizi agar lekas sembuh. Lantas, apa yang bisa dilakukan? 

Bunda bisa memberikan makanan berkuah seperti sup ayam, bubur, atau soto daging. Selain kaya gizi, kuah hangatnya juga bisa bantu melegakan nyeri tenggorokan. 

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi Flu pada Anak

4. Berkumur Air Garam

Memberikan air yang telah dicampur garam termasuk salah satu metode alami yang sudah lama digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak. 

Garam, yang biasanya tersedia di dapur, memiliki sifat antibakteri yang dapat mendukung proses penyembuhan.

Bunda bisa melarutkan ½ sdt garam ke dalam air hangat lalu aduk hingga larut. Selanjutnya, minta si Kecil untuk berkumur menggunakan larutan ini sekitar 5 - 6 kali sehari.

5. Tawarkan Madu 

Menurut hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2021, madu terbukti lebih efektif dalam meredakan gejala gangguan saluran pernapasan akut daripada obat-obatan. 

Oleh karena itu, jika anak telah berusia 1 tahun ke atas, Bunda bisa berikan madu untuk bantu tenggorokannya terasa lebih nyaman. Pastikan madu asli tanpa tambahan gula, ya. 

Jika si Kecil tidak suka madu yang diminum langsung, Bunda bisa mencampurkannya ke dalam air putih hangat atau teh jahe. 

6. Berikan Es Loli

Bunda bisa membekukan cairan bernutrisi tinggi menjadi es loli untuk bantu meredakan rasa sakit yang muncul akibat radang tenggorokan pada anak.  

Rasa sakit bisa berkurang karena es loli bisa menurunkan suhu ujung saraf yang ada di tenggorokan sehingga sinyal rasa sakit yang dikirimkan berkurang. 

Cairan apa saja yang bisa dibuat menjadi es loli? Bunda bisa membuatnya antara lain dari susu pertumbuhan, full-fat yogurt, atau puree buah.  

7. Tawarkan Permen Pelega Tenggorokan

Jika usia si Kecil sudah 4 tahun ke atas, Bunda bisa berikan permen hisap khusus anak-anak yang tersedia di apotek untuk melegakan tenggorokannya.

Minta si Kecil duduk tenang dan tidak berbicara selama mengemut permennya sampai habis  karena teksturnya keras dan rawan membuat tersedak. 

8. Pasang Pelembap Ruangan 

Kalau udara di kamar si Kecil kering, Bunda bisa menggunakan pelembab ruangan alias humidifier untuk meredakan gejala radang tenggorokan anak. 

Sebab udara yang kering dapat membuat leher si Kecil semakin nyeri, pilek semakin parah, dan intensitas batuknya meningkat. 

Ketika menggunakan humidifier, pastikan Bunda membersihkan alat dan mengganti airnya secara berkala agar bakteri dan jamur tidak tumbuh di dalamnya. 

9. Minum Obat Antibiotik

Apabila si Kecil menderita radang tenggorokan karena infeksi bakteri Streptococcus, biasanya langkah pengobatan yang akan diambil oleh dokter adalah memberikan antibiotik.

Nantinya, antibiotik yang diberikan dokter harus diminum sampai habis. Walaupun si Kecil sudah tampak sehat seperti sedia kala. 

Sebab, antibiotik yang tidak dihabiskan dapat membuat bakteri jahat kebal (antibiotic resistant) sehingga penyembuhan infeksi berikutnya membutuhkan dosis antibiotik yang semakin besar.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit

10. Jaga Kebersihan Udara

Udara yang terkontaminasi debu, asap rokok, dan partikel lain yang berbahaya dapat memperburuk radang tenggorokan si Kecil. 

Oleh karena itu, pastikan Bunda rajin membersihkan rumah dari debu, membuka ventilasi agar sirkulasi udara baik, dan mengedukasi keluarga agar tidak merokok. 

Nah, itulah beberapa hal penting tentang radang tenggorokan pada anak yang perlu Bunda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Bun!

Untuk informasi lebih lanjut seputar kesehatan dan tumbuh kembang anak, Bunda bisa berkonsultasi langsung dengan Sahabat Bunda Generasi Maju yang siap selama 24/7 untuk menjawab pertanyaan Bunda. 

Referensi:

  1. Unit Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Kemkes.go.id. https://upk.kemkes.go.id/new/mengenal-penyebab-radang-tenggorokan
  2. ‌5 Penyebab Radang Tenggorokan. (2022). Kemkes.go.id. https://ayosehat.kemkes.go.id/5-penyebab-radang-tenggorokan
  3. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1750/faringitis
  4. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1892/cegah-faringitis-dan-kenali-faktor-risikonya
  5. ‌Pharyngitis and Tonsillitis in Children - Health Encyclopedia - University of Rochester Medical Center. (2023). Rochester.edu. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=90&contentid=p02069
  6. Gerber, M. A. (2005). Diagnosis and Treatment of Pharyngitis in Children. Pediatric Clinics of North America, 52(3), 729–747. https://doi.org/10.1016/j.pcl.2005.02.004
  7. ‌‌Learn about allergic pharyngitis. (2019). Vinmec.com. https://www.vinmec.com/en/news/health-news/learn-about-allergic-pharyngitis/#google_vignette
  8. ‌Fernandez, J. (2022, October 6). Overview of Allergic Reactions. MSD Manual Consumer Version; MSD Manuals. https://www.msdmanuals.com/home/immune-disorders/allergic-reactions-and-other-hypersensitivity-disorders/overview-of-allergic-reactions
  9. When is a Sore Throat a More Serious Infection? (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/ear-nose-throat/Pages/When-a-Sore-Thoat-is-a-More-Serious-Infection.aspx
  10. What to Do About a Sore Throat (for Parents). (2023). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/sore-throat-sheet.html
  11. Yella Hewings-Martin, Ph.D. (2017, October 27). Are hot drinks or ice pops better for sore throat? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319896#Cold-stops-the-pain
  12. Story, C. M. (2017, March 29). Sore Throat Remedies That Work (and What Not to Do). Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/cold-flu/sore-throat-natural-remedies#home-remedies
  13. Clinic, C. (2024, June 4). How Much Sleep Kids Need: Recommended Hours by Age. Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/recommended-amount-of-sleep-for-children
  14. Antibiotics: Are you misusing them? (2024). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/consumer-health/in-depth/antibiotics/art-20045720

Artikel Terpopuler