Facebook Pixel Code Tinggi Badan Anak 1 Tahun yang Ideal dan Cara Cepat Tinggi

Tinggi Badan Anak 1 Tahun yang Ideal dan Cara Cepat Tinggi

Tinggi Badan Anak 1 Tahun yang Ideal dan Cara Cepat Tinggi

 

Penting bagi Bunda mengetahui berapa tinggi badan anak 1 tahun yang ideal. Yuk, kita ketahui bersama jawaban dan cara agar anak cepat tinggi di tahun pertama kehidupannya ini!

Tinggi Anak Usia 1 Tahun yang Ideal

Menurut Standar Antropometri Anak Kemenkes RI, tinggi badan anak 1 tahun yang ideal, memiliki ambang batas (z-score) -2 SD s/d +3SD, yaitu:

  • Anak laki-laki: 71 - 82,9 cm, dengan berat badan 7,7 - 10,8 kg. 

  • Anak perempuan: 68,9 - 81,7 cm, dengan berat badan 7,0 - 20,1 kg.

Memantau pertumbuhan tinggi badan anak penting guna mengetahui apakah si Kecil sudah bertumbuh dengan baik atau belum.

Maka, pastikan Bunda tetap memantau pertumbuhan anak secara berkala melalui Grafik Tumbuh Kembang Anak di website Generasi Maju.

Cara agar Anak Tumbuh Tinggi

Ada beberapa cara yang dapat Bunda lakukan untuk memaksimalkan tinggi badan anak 1 tahun. Berikut penjelasannya:

1. Penuhi Asupan Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi penting yang dapat bantu anak agar tumbuh tinggi. Kedua jenis nutrisi ini dikenal baik untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. 

Selain dari susu, Bunda dapat menemukan kalsium dalam berbagai jenis bahan makanan, seperti:

  • Keju. 

  • Yogurt

  • Brokoli.

  • Ikan tuna & sarden. 

  • Kacang kedelai. 

  • Jeruk. 

2. Minum Susu Pertumbuhan

Selain dari makanan, asupan kalsium juga bisa diperoleh melalui pemberian susu pertumbuhan terfortifikasi seperti susu SGM Eksplor 1+.

SGM Eksplor 1+ adalah satu-satunya susu pertumbuhan mengandung IronC™, yakni kombinasi dari Zat Besi & Vitamin C, untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi hingga 2x lipat.

Diperkaya DHA, Omega 3&6, minyak ikan, serta nutrisi penting lain, bisa bantu si Kecil tumbuh optimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani. 

3. Berikan Makanan Tinggi Protein

Protein merupakan nutrisi penting dalam membangun struktur tulang dan membantu pertumbuhan ototnya. 

Tanpa protein cukup, pertumbuhan dan perkembangan tulang dapat terganggu. Bunda dapat memberikan makanan tinggi protein yang berasal dari: 

  • Bayam.

  • Daging merah. 

  • Daging ayam & telur.

  • Tahu & tempe. 

  • Ikan & makanan laut.

  • Kacang dan biji-bijian. 

Baca Juga: Berat Badan Ideal Anak Usia 1 Tahun dan Cara Menambahnya

4. Berjemur di Pagi Hari

Pemenuhan asupan vitamin D sehari-hari dapat dilakukan melalui aktivitas rutin berjemur di pagi hari. Langkah ini juga menjadi cara agar anak tumbuh tinggi

Idealnya, berjemur dilakukan pada pukul 08.00 - 10.00 pagi, kurang lebih 15-20 menit lamanya. Jangan lupa mengoleskan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, Bun.

5. Pastikan Anak Tidur Cukup

Hormon pertumbuhan (HGH) yang memengaruhi tinggi badan anak bekerja maksimal saat ia tidur. Maka itu, penting memastikan anak cukup tidur di masa-masa pertumbuhannya.

Idelanya, anak usia 1 tahun ke atas membutuhkan waktu tidur selama 11-14 jam per hari (termasuk saat tidur siang). 

6. Rutin Jogging

Jogging ternyata bermanfaat baik untuk bantu meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan sekaligus memperkuat tulang kaki, sehingga si Kecil dapat tumbuh lebih tinggi.

Bunda dan Ayah bisa mengajak anak jogging bersama di sekitar rumah setiap pagi atau sore hari. 

7. Berlatih Bergelantungan

Latihan bergelantungan dapat bantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang belakang anak. Dengan begitu, si Kecil dapat tumbuh tinggi dengan cepat. 

Tak hanya itu, latihan bergelantungan bisa memperkuat otot lengan dan punggungnya, sehingga anak bisa tetap sehat dan bugar.

8. Berenang

Ide aktivitas fisik berikutnya yang bisa dijadikan sebagai cara agar anak cepat tinggi adalah berenang.

Berenang mampu memicu pertambahan tinggi badan anak dengan cara meregangkan otot-otot dan tulang tubuh, sehingga membuat anak tumbuh lebih tinggi.

Baca Juga: Kenali 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini yang Perlu Diketahui

Demikian penjelasan mengenai tinggi badan anak 1 tahun. Melalui asupan nutrisi dan berbagai stimulasi fisik, si Kecil bisa mencapai tinggi badan yang ideal. 

Jangan lupa daftar di Klub Generasi Maju untuk dapatkan tips parenting dan panduan tumbuh kembang anak usia dini yang lengkap!

 

Referensi:

  1. Nair, A. (2018, June 26). How to Increase Height in Kids? FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-8-ways-to-increase-height-in-children/
  2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf.
  3. Silver, N. (2017, April 17). How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height#how-to-increase-height
  4. Barrell, A. (2020, January 17). What factors influence a person’s height? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327514#how-to-increase-height-during-development

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut