Facebook Pixel Code 10 Manfaat Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak

10 Manfaat Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak

10 Manfaat Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak

 

Ada banyak manfaat minyak ikan untuk kecerdasan otak anak. Oleh karena itu, Bunda jangan sampai melewatkan asupan yang satu ini dalam keseharian anak. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak

Minyak ikan mengandung dua jenis asam lemak yang penting untuk otak, yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Berikut manfaatnya:

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Kandungan DHA pada minyak ikan sangat penting untuk meningkatkan fungsi kognitifnya. Terutama dalam hal pembelajaran, fokus, konsentrasi, serta penguatan memori anak usia dini.

Studi melaporkan konsumsi DHA 400-1.200 mg tiap hari dapat tingkatkan aktivitas otak bagian depan yang bertanggung jawab mengatur fungsi perhatian, kontrol impuls, dan perencanaan. 

2. Menguatkan Sambungan Saraf Otak

Kandungan omega-3 dalam minyak ikan dapat membantu mendukung pertumbuhan sel-sel saraf dan membentuk sinapsis atau sambungan antar serabut-serabut saraf di otak. 

Hubungan antar sel saraf ini yang membuat anak bisa belajar dan beradaptasi dengan informasi-informasi baru.

Semakin banyak dan semakin kuat sambungannya, anak bisa belajar makin maksimal. Sebaliknya, kekurangan omega-3 bisa melemahkan sambungan sinapsis yang mempengaruhi kemampuan belajarnya.

3. Mendukung Pembelajaran Verbal

Salah satu manfaat omega-3 dalam minyak ikan untuk kecerdasan otak anak adalah mengoptimalkan kemampuan pembelajaran secara verbal.

Kemampuan belajar verbal adalah proses belajar abstrak yang terdiri dari pemecahan masalah, kemampuan menalar untuk merumuskan konsep, dan kemampuan menghubungkan dua hal berbeda.

Sederhananya, pembelajaran verbal membantu anak lebih lancar menyampaikan pemikirannya secara verbal dan mampu mengingat sebuah teori atau prinsip tertentu untuk disampaikan kembali dengan kata-kata.

Baca Juga: Minyak Ikan Kod dan Tuna, Mana yang Lebih Baik?

4. Mengurangi Masalah Fokus pada Anak

DHA dan omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan mampu mengendalikan gejala gangguan fokus dan perhatian, serta mengurangi hiperaktivitas pada anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). 

Dengan begitu, si Kecil dapat lebih fokus dan perhatian dalam mempelajari sesuatu. 

5. Meningkatkan Kemampuan Membaca

Manfaat minyak ikan untuk kecerdasan otak anak juga berkaitan dengan keterampilan membaca.

Studi membuktikan, anak-anak usia prasekolah yang mendapat asupan 600 miligram omega 3 setiap hari selama empat bulan berturut-turut lebih cepat belajar membaca

Dengan kemampuan membaca yang baik, anak dapat memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik untuk berkomunikasi dengan lancar dan dimengerti oleh orang lain.

6. Maksimalkan Kemampuan Anak Berpikir Logis

Asupan omega-3 yang lebih tinggi dikaitkan dengan volume hipokampus yang lebih besar. Hipokampus adalah sebuah struktur di otak yang memainkan peran utama dalam pembelajaran dan memori.

Mengonsumsi asam lemak omega-3 meningkatkan aliran darah ke otak yang berpengaruh terhadap kemampuan anak belajar serta menyimpan memori dan mengingat kembali.

Mengonsumsi lebih banyak omega-3 juga dikaitkan dengan penalaran abstrak yang lebih baik, atau kemampuan memahami konsep kompleks menggunakan pemikiran logis.

7. Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak

Peran DHA dalam minyak ikan untuk kecerdasan otak anak juga termasuk keterampilan sosialnya. 

Memiliki keterampilan sosial yang baik membantu anak lebih mahir mengekspresikan diri, mengontrol emosi negatif, dan memahami perasaan orang lain agar bisa bersosialisasi dengan baik.

Baca Juga: 7 Jenis Ikan yang Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak

8. Bantu Anak Tidur Nyenyak

Omega-3 dan DHA dari minyak ikan diketahui dapat membantu anak tidur lebih nyenyak dan teratur. Manfaat ini ada hubungannya dengan kecerdasan otak anak, lho!

Penelitian menemukan bahwa area abu-abu di otak anak yang tidur kurang dari sembilan jam per malam lebih sedikit daripada anak yang tidurnya cukup setiap malam.

Area abu-abu di otak bertanggung jawab atas keterampilan konsentrasi, perhatian (atensi), dan penyimpanan memori.

9. Mencegah Kerusakan Sel Otak

Hasil studi menyebutkan manfaat minyak ikan untuk kecerdasan otak anak dapat bantu mencegah kerusakan sel otak yang berkaitan dengan masalah pada perkembangan kognitif.

Studi tersebut menjelaskan kalau minyak ikan dapat bantu menjaga sel hippocampus dari kerusakan dan mengurangi stres oksidatif. 

10. Jaga Fungsi Otak Sampai Tua

Mulai mengonsumsi makanan tinggi omega-3 sejak usia yang sangat muda bantu melindungi fungsi otak anak dari radikal bebas dan stres oksidatif yang memicu penuaan otak di usia paruh baya. 

Efek radikal bebas pada otak di masa tua nanti sering berwujud sebagai penyakit Alzheimer atau demensia yang gejalanya ditandai dengan pikun.

Untuk itu, melanjutkan pemenuhan nutrisi dari minyak ikan dan makanan mengandung DHA dapat membantu si Kecil tumbuh dan berkembang maksimal menjadi anak yang siap belajar.

Baca Juga: Pilihan Menu Makan untuk Anak 3 Tahun yang Lezat Bergizi

Bunda dapat bantu lengkapi kebutuhan omega 3 dengan memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti SGM Eksplor 3+

SGM Eksplor 3+ diperkaya IronC, kombinasi zat besi & vitamin C unik, serta minyak ikan, DHA, Omega 3&6, tinggi kalsium & vitamin D, serta nutrisi penting lain untuk bantu teruskan nutrisi si Kecil agar ia siap belajar!

Daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju sekarang, yuk! Dengan jadi member, Bunda bisa dapatkan akses mudah dan gratis ke berbagai konten parenting terbaru serta promo berhadiah menarik dari setiap pembelian produk SGM!

 

 

Referensi:

  1. Ajmera, R. (2019, October 9). Should Kids Take Omega-3 Supplements? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids#benefits-for-kids
  2. Nutri Advanced. (2022). Nutriadvanced.co.uk. https://www.nutriadvanced.co.uk/news/top-10-reasons-to-give-your-kids-omega-3/
  3. Sun, L.-J., Hou, X.-H., Xue, S.-H., Yan, F., Dai, Y.-J., Zhao, C.-H., Wang, F., & Yang, R.-H. (2014). Fish oil modulates glycogen synthase kinase-3 signaling pathway in diabetes-induced hippocampal neurons apoptosis. Brain Research, 1574, 37–49. https://doi.org/10.1016/j.brainres.2014.05.050

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline