Facebook Pixel Code Minyak Ikan Kod dan Tuna, Mana yang Lebih Baik?

Minyak Ikan Kod dan Minyak Ikan Tuna, Mana yang Lebih Baik?

Minyak Ikan Kod dan Minyak Ikan Tuna, Mana yang Lebih Baik?


Nutrisi memiliki peran penting dalam mendukung proses tumbuh kembang si Kecil. Di antara berbagai asupan nutrisi yang penting untuk anak, Bunda jangan sampai melewatkan asupan minyak ikan, ya! Karena, manfaat minyak ikan untuk anak sangatlah banyak, terutama bagi proses perkembangan otak yang optimal.

Minyak ikan itu sendiri bisa diperoleh dari berbagai jenis ikan laut berlemak, yang umumnya berasal dari ikan kod. Namun, tahukah Bunda kalau minyak ikan tuna adalah salah satu minyak ikan terbaik untuk anak? 

Lalu, apa perbedaan minyak ikan kod dan minyak ikan tuna? Yuk, simak penjelasannya berikut ini! 

Perbedaan Minyak Ikan Kod dan Minyak Ikan Tuna

Bunda mungkin sudah tidak asing lagi dengan minyak ikan kod. Bahkan, produknya kini sudah banyak di pasaran sehingga mudah ditemukan. Tak jarang, banyak orang tua yang memberikannya pada si Kecil karena dipercaya dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. 

Tidak sedikit dari kita yang mungkin terkecoh dengan minyak ikan kod dan minyak ikan tuna. Padahal meski sama-sama merupakan sumber lemak baik bagi tubuh, minyak ikan kod dan minyak ikan tuna ternyata memiliki perbedaan. 

Minyak ikan kod adalah minyak yang diekstraksi dari hati ikan kod. Jenis ikan kod yang sering digunakan adalah ikan kod Atlantik dan ikan kod Pasifik. 

Selama ini, minyak hati ikan kod telah dipercaya banyak orang dapat meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Ini karena minyak ikan kod merupakan sumber vitamin A, vitamin D, serta asam lemak omega-3 seperti asam eikosapentanoik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA). 

Minyak ikan kod menyimpan minyak di dalam organ hati, berbeda dengan ikan tuna yang menyimpan minyak dalam dagingnya. Jadi dalam proses pengolahannya, ikan tuna akan menghasilkan minyak yang lebih banyak dan lebih kaya nutrisi dibanding hasil ekstraksi dari organ hati saja. 

Baca Juga: Anak Susah Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Minyak ikan tuna memiliki protein, zat besi, zinc, fosfor, magnesium, vitamin A, D, E, B12, B3, B6, B2, dan B1 yang lebih tinggi ketimbang minyak ikan kod. Tidak percaya? Berikut perbandingan nutrisi dalam 100 gram ikan kod dan ikan tuna. 

Nutrisi ikan kod:

  • Omega-3: 3 mg.

  • DHA: 2 mg. 

  • EPA: 1 mg.

  • Vitamin A: 401 IU.

  • Vitamin D: 0,9 mcg. 

  • Vitamin E: 0,64 mg.

  • Zat besi: 0,38 mg. 

  • Zinc: 0,1 mg. 

Nutrisi ikan tuna:

  • Omega-3: 5 mg.

  • DHA: 4 mg. 

  • EPA: 1 mg.

  • Vitamin A: 2520 IU.

  • Vitamin D: 3,2 mcg. 

  • Vitamin E: 1 mg.

  • Zat besi: 1,02 mg. 

  • Zinc: 5,7 mg. 

Minyak ikan tuna juga merupakan salah satu minyak ikan terbaik untuk anak karena kandungan DHA yang tinggi. Bahkan, minyak ikan tuna memiliki rasio DHA:EPA 4:1 yang menurut Functional Neurological Center pada tahun 2022 adalah yang bagus untuk perkembangan & pertumbuhan otak anak.

Untuk itu, ini adalah kesempatan terbaik Bunda guna meminimalisir atau bahkan mencegah efek merugikan pada perkembangan otak anak dengan memastikan kebutuhan nutrisi si Kecil terus terpenuhi seoptimal mungkin.

Lebih Baik Mana, Minyak Ikan Tuna atau Kod?

Minyak ikan kod dan minyak ikan tuna kaya akan sumber vitamin A dan D. Kedua vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anak dalam jangka panjang. Akan tetapi, kandungan nutrisi minyak ikan tuna memang lebih banyak daripada minyak ikan kod. 

Selain vitamin A dan D, kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam minyak ikan tuna juga dapat membantu menjaga aliran darah ke mata. Hal ini membuat penglihatan normal anak tetap sehat dari waktu ke waktu.

Kandungan vitamin D yang tinggi pada minyak ikan juga dapat membentuk tulang yang kuat. Jika tubuh kekurangan asupan vitamin D, anak akan berisiko mengalami rakitis. Kondisi ini membuat tulang menjadi lunak dan rapuh, sehingga muncul kemungkinan tulang tumbuh dengan bentuk yang tidak normal. Nah, minyak hati ikan yang akan kaya vitamin D disebut dapat membantu mencegah penyakit ini.

Tak berhenti sampai di situ, minyak ikan tuna ternyata juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga si Kecil menjadi tidak mudah sakit. Bahkan, sebuah penelitian melaporkan bahwa minyak ikan dapat mengurangi risiko penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). 

Jika dikonsumsi secara teratur, manfaat minyak ikan tuna dapat dirasakan tak hanya untuk menjaga kesehatan, tetapi juga mendukung setiap tahapan tumbuh kembang anak

Oleh karena itu, peran minyak ikan tuna tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, kandungannya dapat bantu memaksimalkan penyerapan nutrisi penting yang anak dapatkan dari makanan sehari-hari serta dampingan susu pertumbuhannya.

Baca Juga: Kebutuhan Gizi Anak Usia 3-5 Tahun

Inilah yang menjadi salah satu landasan dari formulasi minyak ikan di dalam susu SGM Eksplor. Susu SGM Eksplor merupakan satu-satunya susu pertumbuhan anak yang mengandung IronC™, kombinasi unik zat besi dan vitamin C dengan rasio 2:1 untuk mendukung penyerapan nutrisi penting hingga 2x lipat. 

SGM Eksplor 1+ juga sudah dilengkapi dengan DHA, minyak ikan, omega 3&6, zinc, vitamin D, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu si Kecil tumbuh maksimal menjadi Generasi Maju yang berpikir cepat dan berani. 

Tertarik mencoba? Yuk, daftarkan diri di Klub Generasi Maju sekarang juga dan dapatkan berbagai penawaran serta promo menarik seputar susu SGM Eksplor. Gratis!

Referensi tambahan:

  1. Tuna. (2016). Cod vs Tuna - In-Depth Nutrition Comparison. Food Struct. https://foodstruct.com/compare/cod-vs-tuna
  2. Cafasso, J. (2016, March 16). Cod Liver Oil for Kids: 5 Healthy Benefits. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/cod-liver-oil-kids#The-Health-Benefits
  3. Omega-3 Fatty Acid Content in Fish φ. (n.d.). https://seafood.oregonstate.edu/sites/agscid7/files/snic/omega-3-content-in-fish.pdf
  4. Sci-Hub | Fish oils and lipids from marine sources. Modifying Lipids for Use in Food, 56–79 | 10.1533/9781845691684.1.56. (2023). Sci-Hub.se. https://sci-hub.se/https://doi.org/10.1533/9781845691684.1.56
  5. DeBusk, C. (2022, February 16). Choosing the best omega-3 supplements: what is the best ratio of DHA to EPA? Chiropractic Economics; Chiropractic Economics. https://www.chiroeco.com/what-is-the-best-ratio-of-dha-to-epa/
  6. Cod Fillet vs Tuna: 2 Nutrition Facts To Know. (2023). Calories-Info.com. https://calories-info.com/cod-vs-tuna/
  7. Innis, S., Koski, K., Lucas, M., Nutritionist, E., Montgomery, A., O'connor, D., Yee, K., Qu', R., & Health, A. (n.d.). Retrieved April 27, 2023, from https://www.canada.ca/content/dam/hc-sc/migration/hc-sc/fn-an/alt_formats/hpfb-dgpsa/pdf/pubs/omega3-eng.pdf

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline